delete akun di google
Tutorial

Panduan Cara Menghapus Akun Gmail Secara Mudah

Cara Menghapus Akun GmailGoogle Mail atau Gmail saat ini memiliki peran yang cukup penting. Gmail sangat berguna untuk pengiriman pesan, login Android, serta sebagai syarat penggunaan berbagai produk layanan Google. Namun tidak jarang juga orang ingin menghapus akun mereka, hanya saja tidak tahu cara menghapus akun Gmail yang benar.

Apabila Anda ingin menghapus akun Gmail, berikut ini panduan cara menghapus akun tersebut secara mudah. Namun sebelum itu ada baiknya Anda pahami dulu apa yang akan terjadi ketika akun Gmail dihapus.

Resiko Menghapus Akun Gmail

Sebelum mengetahui cara hapus akun Gmail, Anda harus mengerti risiko tindakan Anda ini. Beberapa layanan seperti Play Store, G+, Adwords, dll terhubung dengan akun Gmail. Maka hal-hal yang terkait dengan layanan tersebut otomatis akan ikut terhapus secara permanen.

Google tidak memberikan jaminan untuk pemulihan akun yang dihapus. Anda harus memastikan bahwa akun tersebut benar-benar sudah tidak digunakan.  Berikut risiko yang harus Anda terima ketika akun gmail Anda dihapus.

  • Tidak dapat menginstal dan mengupdate apapun.

Pertama Anda tidak bisa lagi melakukan instalasi maupun update terhadap berbagai produk aplikasi. Hal ini karena Anda tidak akan bisa mengakses Google Play lagi. Akses pada Google Play membutuhkan akun Google, dan Anda tidak bisa melakukannya.

delete gmail

  • Koleksi musik dari Google Play akan hilang.

Apabila Anda menghapus akun Google, maka semua data yang berkaitan dengan layanan produk Google juga akan hilang. Jadi pertimbangkan juga hal yang satu ini.

  • Data dan progress bermain game di Google Play akan hilang.

Hal ini penting untuk Anda pertimbangkan, terutama jika akun tersebut terkoneksi dengan game-game tertentu. Tentu saja Anda tidak mau progress game Anda terhapus secara permanen kan?

  • Kontak yang disimpan dalam akun Google akan hilang.

Akun Google biasanya juga tersinkronisasi dengan Google contact. Seluruh contact di akun ini baik nomer telepon maupun alamat email juga akan hilang.

  • Semua data di Google Drive akan terhapus.

Google Drive biasanya digunakan sebagian orang untuk menyimpan file-file penting. Ada baiknya Anda menyalin data-data tersebut ke tempat lain sebelum menghapusnya. Selain itu, jika akun terhapus maka Anda tidak dapat lagi mengunggah dan mengunduh file dari akun Google Drive.

  • Akun Google tidak bisa digunakan lagi

Sudah pasti bukan, jika Anda menghapusnya, maka akun tersebut sudah tidak bisa digunakan. Selain itu, berbagai data yang tersimpan di sana juga akan terhapus dan tidak bisa dipulihkan.

cara delete gmail

Meskipun ada opsi pengembalian akun apabila tidak sengaja terhapus, Google tidak memberikan jaminan seperti layanan email pada Yahoo. Yahoo bersedia memberikan garansi waktu 30 hari, apabila akun Anda terhapus dan membutuhkan pemulihan. Sedangkan Google tidak.

Mengingat  risiko-risiko tersebut yang cukup tinggi, maka Anda harus mempertimbangkan dengan sangat baik bila ingin menghapus akun Google. Usahakan akun tersebut tidak digunakan lagi serta data-data penting telah di back up atau dipindahkan.

Jangan sampai Anda terlalu terburu-buru menghapus akun Google Anda, namun lupa untuk mengecek data-data yang tersinkronkan dengan akun ini. Jadi pertimbangkan baik-baik sebelum menghapus akun Anda ya! Jangan sampai menyesal, karena data di akun tersebut tidak bisa dikembalikan.

Baca Juga: Bagaimana Cara Masuk Gmail Tanpa Kode Verifikasi?

Daftar Cara Menghapus Akun Gmail

Menghapus akun Gmail dapat dilakukan melalui beberapa cara. Cara menghapus akun Google ini dapat dilakukan di handphone, melalui menu clear data Android, melalui aplikasi Gmail, serta dapat juga dilakukan di komputer.

1. Hapus Akun Gmail Melalui Smartphone

Akun Gmail dapat dihapus dari smartphone Android merk apapun. Caranya juga tidak terlalu sulit, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Pertama, buka menu “Setting” di perangkat Anda. Menu ini biasanya digambarkan dengan icon roda gerigi.
  • Setelah terbuka, cari menu “Account and Backup” atau Anda dapat mencarinya di kolom pencarian. Beberapa smartphone memiliki fitur pencarian pada setting.

cara menghapus akun google mail

  • Pilih menu “Account”. Pada tahap ini akan muncul akun-akun Gmail di hp Anda. Jika hanya memiliki satu akun, maka satu akun itu saja yang akan muncul. Namun jika ada beberapa, silahkan pilih salah satu.

cara hapus akun gmail

  • Kemudian klik pada akun Gmail yang akan dihapus.
  • Pilih “Remove Account”.

cara menghapus akun google

  • Akan muncul pop up yang menanyakan apakah Anda yakin akan menghapusnya, ada dua pilihan yaitu “Remove” dan “Cancel”
  • Pilih “Remove” jika Anda sudah benar-benar yakin akan menghapus akun Google Anda.
  • Akun Google Anda akan terhapus secara otomatis.

2. Cara Menghapus Akun Gmail Melalui Menu Clear Data Android

Anda juga dapat menghapus akun Gmail melalui menu “Clear Data” di hp. Cara hapus akun Google melalui menu ini tergolong mudah. Berikut panduan langkah yang dapat Anda lakukan.

  • Langkah pertama, cari dan buka menu “Setting” atau “Pengaturan” di smartphone Android Anda.
  • Setelah terbuka, klik menu “Manage Application” atau “Application Manager” atau “Manajer Aplikasi”.

cara hapus akun google

  • Pilih “Google Apps”

cara hapus akun google mail

  • Kemudian klik  “Clear Data” pada penyimpanan aplikasi

hapus akun google

  • Selanjutnya, akan muncul peringatan bahwa semua data yang disimpan pada aplikasi akan terhapus secara permanen
  • Klik “Ok” apabila Anda sudah benar-benar yakin untuk menghapus akun Google Mail tersebut dan siap menerima segala resikonya
  • Setelah klik “Ok”, akun Gmail beserta data yang terkait di dalamnya sudah terhapus permanen.

3. Hapus Akun Gmail Melalui Aplikasi “Gmail”

Cara menghapus akun Google Mail tidak hanya bisa dilakukan melalui menu setting Android, namun juga dapat dilakukan melalui aplikasinya sendiri. Caranya tidak begitu sulit, Anda tinggal mengikuti cara berikut ini.

  • Cari dan buka aplikasi “Gmail” dalam smartphone Anda.

hapus akun gmail

  • Klik ikon tiga strip di pojok kiri atas. Pada tahap ini akan muncul informasi email berisi alamat email dan nama. Setelahnya scroll ke bawah hingga menemukan menu setting.

bagaimana cara menghapus akun gmail

  • Setelah itu, pilih opsi “Manage Account”. Anda akan diarahkan pada pengaturan akun Google Mail.

bagaimana cara menghapus akun google mail

  • Pilih “Google”. Kemudian akan muncul akun-akun Gmail pada smartphone Anda. Jika hanya mempunyai satu akun saja, maka akun itulah yang akan muncul.
  • Pilih akun Gmail yang ingin dihapus dari hp Android Anda

bagaimana cara hapus akun gmail

  • Hapus akun melalui pilihan yang sudah tersedia dan selanjutnya akun Gmail yang Anda pilih telah terhapus

bagaimana cara menghapus akun google

3. Cara Menghapus Akun Gmail Menggunakan PC atau Komputer

Tidak hanya melalui smartphone, akun Gmail juga dapat dihapus dari laptop maupun PC. Berikut cara hapus akun Google dari komputer.

  • Login akun Gmail yang akan dihapus melalui website Gmail atau Google
  • Pilih menu “Setting”. Atau Anda bisa langsung ketik laman htps://www.google.com/settings, dan setelah itu scroll hingga bagian bawah
  • Pilih “Account Management” atau “Pengelolaan Akun”
  • Masuk ke menu data dan personalisasi dan temukan pengaturan terkait download dan delete.

delete akun gmail

  • Klik menu “Delete Google Account and Data” atau “Hapus Data dan Akun Google”

delete akun google

  • Anda akan diminta login kembali ke akun Gmail yang akan dihapus
  • Setelah login, Anda akan melihat tulisan “Kami Sedih Melihat Kamu Pergi”. Halaman ini juga memuat informasi bagaimana cara memulihkan akun jika tidak sengaja menghapusnya.
  • Kini akun Gmail Anda beserta datanya telah terhapus.

Meskipun cara menghapus akun Google Mail sangat mudah dilakukan, namun sekali lagi, Anda tidak dapat melakukannya sembarang. Sebab resikonya juga besar, terlebih lagi saat ini data menjadi aspek yang sangat penting bagi kehidupan.

Hampir semua orang di seluruh dunia, menggunakan produk layanan Google ini untuk berbagai hal. Seperti Youtube misalnya, atau aplikasi lain yang bisa disinkronkan dengan akun Google. Walaupun tidak bisa dipungkiri, kebanyakan orang-orang memiliki akun Google lebih dari satu.

Setelah mempelajari cara-cara tersebut, ada baiknya Anda mulai menghapus akun-akun yang tidak Anda gunakan. Hal ini akan membantu Anda dalam memanajemen akun yang memang masih dibutuhkan, agar tidak ada akun yang terlupa.

Setiamah Setya
Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *