Praktis, Ini Cara Menggunakan Google Classroom untuk Siswa

Artikel terakhir diperbaharui 09-03-2021 oleh Aldy Amrillah

Cara Menggunakan Google Classroom untuk Siswa – Mewabahnya virus Covid 19 membuat semua sekolah di Indonesia menjalankan sistem pendidikan dari rumah. Berbagai teknologi pun digunakan sebagai sarana untuk belajar. 

Aplikasi seperti Google Classroom pun banyak digunakan. Oleh karena itu cara menggunakan Google Classroom untuk siswa dan guru pun harus diketahui. Tujuannya agar kegiatan belajar dapat terlaksana dengan baik. 

Cara untuk belajar menggunakan aplikasi pelajar pada dasarnya cukup mudah. Seperti apakah aplikasi Google Classroom? Apa saja fungsi dan bagaimana cara menggunakannya? Simak penjelasannya disini sampai akhir. 

Apa Itu Google Classroom dan Fitur yang Tersedia

cara menggunakan classroom

Sebelum belajar cara menggunakan Classroom kenali dulu apa itu dan apa saja fitur yang didapatkan. Orang tua juga harus tahu akan hal ini agar bisa dengan lebih mudah mengajarkan kepada anak nantinya. 

Google Classroom adalah aplikasi gratis yang jadi layanan Google. Aplikasi ini bisa digunakan melalui komputer dan juga smartphone. Cara memakai Google Classroom sendiri sangat simpel yaitu dengan mengakses laman classroom.google.com. 

Aplikasi yang satu ini bisa diunduh langsung melalui Play Store atau App Store tergantung jenis perangkat yang diunduh. Sebagai sarana belajar, aplikasi ini akan menciptakan sebuah ruang di mana guru dan siswa dapat berinteraksi dengan mudah. 

Semua dokumen materi belajar bisa disimpan ke dalam Google Drive dan bisa diedit. Ada beberapa fitur andalan yang sangat bermanfaat yaitu sebagai berikut:

  • Pembuatan pengumuman 

Aplikasi ini bisa digunakan untuk membuat pengumuman bagi semua kelas. Guru hanya perlu mengetik pengumuman kemudian mengirimkan ke email siswa saja. 

  • Penyimpanan materi belajar

Fitur ini memudahkan guru untuk menyimpan semua materi belajar yang nantinya bisa diakses oleh siswa untuk dipelajari. Materi belajar mulai dari kisi-kisi hingga soal ujian. 

  • Interaksi siswa

Semua siswa bisa melakukan interaksi dengan memberikan komentar pada tugas hingga pengumuman yang diberikan. Siswa juga bisa mengirimkan email ke teman lainnya untuk tugas kelompok. 

Begitu banyak fitur yang diberikan Google Classroom untuk siswa dan guru, layanan ini juga gratis sehingga tinggal mempelajari cara menggunakannya saja. 

Cara Menggunakan Classroom Bagi Siswa dengan Mudah

Setelah mengetahui apa saja keuntungan yang didapatkan, kini saatnya untuk belajar cara menggunakan Google Classroom untuk siswa. Guru dan siswa memiliki cara berbeda dalam menggunakan aplikasi. Penting bagi siswa untuk bisa menggunakan aplikasi ini. 

Setidaknya ada beberapa cara yang perlu diingat yaitu bagaimana cara bergabung dengan kelas dan mengirim tugas. Cermati caranya berikut ini. 

Cara Bergabung ke Dalam Kelas untuk Siswa

Cara menggunakan Google Classroom untuk siswa adalah mendapatkan akses untuk masuk ke dalam kelas. Biasanya guru akan memberikan kode agar siswa bisa masuk. Kode ini sangat penting jadi hanya diberikan kepada siswa sesuai kelasnya. 

Untuk siswa yang ingin bergabung ke dalam kelas bisa mengikuti beberapa langkah mudahnya berikut ini:

  • Buka Google Classroom, jika ingin menggunakan hp maka hanya perlu mengunduh aplikasi terlebih dahulu. Jika menggunakan komputer maka bisa masuk melalui web browser ke classroom.google.com. 
  • Setelah memiliki atau masuk ke dalam aplikasi maka pada halaman pertama yang muncul bisa klik Lets Get Started. Di sana siswa bisa memiliki akun Google yang sudah didaftarkan. Jadi lebih baik aktifkan akun Google terlebih dahulu ya. 
  • Setelah masuk menggunakan akun Google, maka siswa akan diarahkan pada halaman dashboard. Di sini tampilannya masih kosong. Untuk bergabung dengan kelas bisa klik ikon tanda plus di bagian pojok kanan atas. 
  • Pilih menu join class dan klik menu Join di bagian pojok kanan atas. Kemudian akan muncul kolom kode dan bagian inilah yang diisikan dengan kode kelas dari guru. 

Sampai pada langkah cara menggunakan Google Classroom untuk siswa ini maka siswa akan langsung masuk ke dalam kelas. Jika guru sudah memberikan file atau dokumen tugas atau materi maka akan langsung muncul. 

Namun jika belum maka halaman dashboard akan kosong. Ada beberapa pilihan menu yang bisa diperhatikan, yaitu di sebelah pojok kiri berisi berbagai pilihan menu. Untuk bisa masuk kelas klik ikon tersebut kemudian pilih classroom. 

Maka akan muncul beberapa kelas yang diikuti dan di sana akan terlihat materi serta pilihan menu seperti untuk streaming. 

Cara Mengirimkan Tugas melalui Google Classroom

Cara menggunakan Google Classroom untuk siswa di hp atau di komputer sama karena menu-menu yang disediakan tidak jauh berbeda. Selain masuk ke dalam kelas hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah bagaimana cara untuk mengerjakan tugas dan mengirimkannya. 

Bagi siswa yang ingin mengerjakan tugas, maka panduan berikut ini bisa diikuti:

  • Pilih nama kelas yang ingin dikerjakan tugasnya. 
  • Kemudian pada bagian bawah akan muncul beberapa menu dan klik menu Stream. Di jendela ini akan muncul materi seperti pertanyaan, tugas dan pengumuman. 
  • Untuk dilihat tugas tinggal klik saja dan masih pada jendela stream, siswa bisa memberikan komentar mengenai tugas dan bertanya jika merasa kesulitan. 
  • Cara mengerjakannya adalah dengan klik tugas kemudian klik View detail. Di sana akan muncul jendela yang digunakan untuk mengerjakan.
    cara memakai google classroom

Cara Menggunakan Google Classroom untuk Guru

Selanjutnya adalah bagaimana cara untuk guru bisa menggunakan Google Classroom, jadi bukan hanya siswa saja yang harus belajar untuk menggunakan aplikasi ini. Bagi guru ada beberapa cara yang harus diperhatikan. 

Pertama adalah bagaimana cara membuat kelas dan kedua adalah mengundang siswa agar bergabung ke dalam kelas. Cara yang pertama yaitu membuat kelas adalah sebagai berikut ini:

  • Login terlebih dahulu ke aplikasi Google Classroom . 
  • Kemudian pada layar paling atas yaitu classes page bisa di klik dan pilih Add untuk membuat kelas lanjutkan dengan klik create class. 
  • Kemudian akan muncul formulir mengani isi kelas dan subjek serta sesi dan ruangan yang bisa diisi. 
  • Setelah selesai mengisi formulir maka tinggal klik create untuk membuat kelas. 

Kelas pada aplikasi sudah dibuat maka berlanjut pada bagaimana cara untuk mengundang siswa. Karena yang dibagikan adalah bentuk kode yang bisa diakses untuk bergabung. Bagi guru yang ingin mengundang siswa bisa mengikuti langkah berikut ini:

  • Pilih terlebih dahulu manakah kelas yang ingin dibagikan. 
  • Kemudian pada bagian kiri bawah judull pilih menu Kode Kelas dan klik. 
  • Maka Anda tinggal copy kode tersebut baru dibagikan kepada semua siswa. 

Tambahan terakhir adalah bagaimana guru bisa membuat tugas. Berikut ini caranya:

  • Klik menu tugas dan pilih tugas. 
  • Setelah itu buat judul dan petunjuk cara mengerjakan. Apabila ingin melampirkan file tinggal pilih menu tambahkan. 
  • Kemudian atur ketentuan tugas dalam bentuk poin serta keterangan batas waktu pengerjaan. 
  • Jika sudah selesai tinggal klik Tugaskan. 

Panduan cara menggunakan Google Classroom untuk siswa dan guru tidaklah sulit. Semua tergantung bagaimana langkah-langkah ini dilakukan dengan urut agar berhasil. 

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan. Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *