Cara Mengganti Wallpaper Laptop Semua Windows dengan Mudah

Artikel terakhir diperbaharui 08-06-2021 oleh Aldy Amrillah

Smartphone, tab dan juga laptop selalu memiliki tampilan layar ketika dinyalakan yang disebut dengan wallpaper. Jika bosan kamu cukup mengetahuinya saja Bagaimana cara mengganti wallpaper laptop yang menggunakan Windows 10? 

Ada banyak cara yang dilakukan untuk bisa mengganti wallpaper laptop kamu. Wallpaper yang digunakan bisa berasal dari bawaan software atau bisa juga kamu download dari internet. Lebih menariknya lagi wallpaper laptop juga bisa kamu atur agar berganti otomatis. 

Kamu tak perlu lagi melihat wallpaper yang itu-itu saja saat menggunakan laptop, karena bisa diubah dengan cepat. 

Cara Mengganti Wallpaper Laptop Windows 10 

Setiap OS Windows dari dulu selalu menyediakan wallpaper bawaan. Hanya saja pada Windows 10 variannya lebih banyak. Kamu bisa menggunakan wallpaper dengan tema-tema tertentu. 

Tidak selalu gambar, ada juga pilihan wallpaper yang menampilkan warna saja atau gambar slideshow. Kamu hanya perlu memilih mana yang disukai. Berikut ini cara mengganti wallpaper laptop pada Windows 10 yang bisa diikuti.

  1. Nyalakan laptop dan kamu bisa langsung klik kanan pada layar desktop di mana saja. Maka akan muncul menu pilihan dan klik Personalize yang ada di bagian bawah sendiri.
    Cara Mengganti Wallpaper Laptop Windows 10 
  2. Setelah itu kamu akan langsung melihat menu background dengan banyak pilihan menu. Jika ingin mengganti wallpaper saja kamu bisa klik Picture yang terdapat dalam kolom.

  3. Setelah itu kamu tinggal memilih gambar yang ada di bagian bawah kolom. Ada wallpaper bawaan dari Windows 10 yang bisa kamu pilih. Tapi untuk tahu lebih lengkap pilihan gambarnya kamu bisa klik Browse.

  4. Kamu tinggal pilih saja mana gambar yang ingin digunakan sebagai wallpaper dari laptop yang sudah disimpan. 

Setelah itu kamu bisa kembali ke tampilan dekstop dan melihat wallpaper telah berubah. Ada hal yang penting perlu diperhatikan. Saat klik menu Picture maka akan muncul tiga menu untuk pengaturan. 

Pertama adalah menu picture yang fungsinya untuk mengganti satu gambar wallpaper saja. kedua adalah solid color, yang pilihan wallpapernya adalah warna solid. Ketiga adakah slideshow di mana kamu akan memilih beberapa gambar untuk ditayangkan slide show. 

Maksudnya adalah wallpaper akan berubah otomatis, jadi kamu tak perlu mengganti wallpaper secara manual. Kamu bisa mengatur berapa interval wallpaper akan berubah. 

Cara Mengganti Wallpaper Laptop pada Windows 7

Meskipun Windows 7 termasuk os lama, beberapa komputer masih menggunakan os ini. Jika kamu salah satunya maka proses penggantian wallpaper akan sedikit berbeda. Di sini tidak ada pengaturan slide show dan caranya hampir mirip dengan Windows 10. 

Kamu perlu masuk ke bagian personalize untuk menggantinya dan langkahnya juga sedikit lebih praktis. Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan. 

  1. Nyalakan laptop kamu kemudian pada bagian dekstop klik kanan mouse. Akan muncul beberapa pilihan menu pop up. Pilih juga menu Personalize. 
  2. Setelah itu akan terlihat pada layar desktop background dan kamu akan melihat beberapa contoh pilihan gambar. Kamu hanya perlu memilih manakah wallpaper yang digunakan. 
  3. Jika kamu ingin mengganti wallpaper yang sudah disimpan pada komputer kamu tinggal klik browse dan mencarinya. 

Pilihan wallpaper pada Windows 7 ini biasanya dibedakan berdasarkan kategori. Wallpaper bawaan seperti tema karakter, lanskap, atau architecture bahkan tampilan Windows 7 juga ada. Setiap tema biasanya terdiri dari beberapa pilihan gambar. 

Cara Mengganti Wallpaper Laptop dengan Windows 8

Para pengguna Windows 8 juga cukup banyak jika dibandingkan Windows 7. Beberapa laptop dengan Windows 8 populer karena fitur touchscreen yang pertama kali muncul. Sekilas jika sudah masuk ke desktop mirip dengan Windows 10. 

Hanya saja menu-menu Windows 8 letaknya sedikit berbeda dengan Windows 10 dan 7.  Lalu bagaimana cara ganti wallpaper laptop pada Windows 8? Kamu bisa mengikutinya dengan mudah berikut ini. 

  1. Buka laptop dan masuk ke desktop. Setelah itu klik kanan pada layar yang kosong dan pilih juga menu Personalize yang tersedia. 
  2. Kamu bisa klik menu Desktop Background yang tersedia. Maka akan muncul menu baru yang berisi wallpaper. 
  3. Kamu tinggal pilih saja mana wallpaper yang tersedia sesuai dengan tema yang tersedia. Biasanya Windows 8 dan 7 memiliki wallpaper bawaan yang sama. 
  4. Jika kamu ingin menggunakan gambar sendiri tinggal klik Browse dan pilih gambarnya. 

Apabila dilihat ketiga Windows tersebut memiliki cara yang sama untuk mengganti wallpaper. Kamu hanya perlu mencari menu personalize untuk menggantinya. Menu ini bisa didapatkan jika masuk ke desktop dan klik kanan pada mouse. 

Cara Mengganti Wallpaper Laptop Melalui Gambar Langsung

Ada lagi cara yang sama bisa digunakan untuk ketiga jenis Windows tersebut. Cara ini bisa kamu lakukan pada gambar bawaan os atau gambar yang sudah diunduh dari internet. Yaitu dengan membuka gambar langsung dan mengaturnya. 

Berikut ini langkah singkat yang bisa kamu dilakukan, pastikan saja kamu sudah mengunduh gambar dan mengetahui lokasi penyimpanannya. 

  1. Masuk ke file gambar yang tadi sudah kamu simpan. Jika ingin menggunakan gambar bawaan os, kamu tinggal masuk ke Windows Explorer dan mencari menu Picture.
  2. Setelah mendapatkan file gambar yang ada di laptop, kamu bisa klik kanan pada gambar tersebut. Pilih menu set as desktop background.

  3. Setelah selesai, kamu bisa close ms explorer kemudian lihat bahwa gambar desktop sudah berubah menjadi gambar yang tadi telah dipilih.

Cara ini sangat mudah dilakukan, hanya saja Anda menggunakan satu gambar saja. Wallpaper harus diubah secara manual jika Anda sudah bosan dengan tampilannya. 

Cara Mengganti Wallpaper Laptop Menjadi Slideshow

Ada sebagian dari kamu yang pasti tak ingin ribet harus mengganti wallpaper setiap kali bosan. Untungnya pada Windows 10 kamu tak perlu merasakan masalah ini. Melalui menu slideshow gambar wallpaper akan diubah secara otomatis. 

Yang perlu kamu lakukan adalah menyediakan kumpulan gambar menarik yang kualitasnya bagus. Kemudian satukan gambar tersebut dalam satu folder agar lebih mudah untuk mengaturnya. Windows 10 sendiri juga sudah memiliki kumpulan gambar bawaan yang menarik untuk dipilih. 

Berikut ini beberapa langkah untuk membuat wallpaper slideshow pada Windows 10. 

  1. Nyalakan laptop kemudian klik pada bagian desktop di area yang kosong. Lanjutkan dengan klik menu personalize.

  2. Setelah itu pada menu pop up background kamu bisa memilih slideshow.

  3. Setelah itu pilih gambar melalui browse. Kamu bisa pilih satu folder untuk menggunakan slideshow wallpaper.

  4. Kemudian pilih waktu penggantian gambar. Yang tersedia adalah setiap 1 menit hingga setiap 1 hari. Pilih yang kamu butuhkan.

  5. Pada bagian bawahnya kamu bisa mengaktifkan shuffle, tujuannya agar gambar yang muncul tidak berurutan.

  6. Bagian bawahnya lagi kamu bisa mengaktifkan slideshow bahkan ketika baterai laptop mulai menurun. Kamu juga bisa mengaktifkannya.

  7. Terakhir kamu pilih bagaimana wallapper akan ditampilkan. Pilih saja fill agar tampilannya penuh.

Usai mengisi semua pengaturan tersebut maka wallpaper akan otomatis berganti sesuai dengan waktu yang tadi telah kamu pilih. Kamu nggak perlu lagi kerepotan untuk menggantinya setiap kali bosan. 

Bagaimana Mengatasi Laptop yang Tak Bisa Diganti Wallpapernya? 

Bisa saja kamu mengalami kesulitan untuk mengganti wallpaper. Masalah ini bisa saja muncul karena beberapa sebab dan biasanya berasal dari laptop. Bisa juga karena Windows belum aktif, kamu juga tak akan menemukan contoh wallpaper bawaan. 

Cara mengatasi paling mudah yang pertama adalah dengan restart laptop dan mengaktifkan Windows. Baru setelah itu kamu bisa mencoba kembali untuk mengatur wallpaper dengan masuk ke menu personalize atau dengan gambar secara langsung. 

Tips Memilih Wallpaper yang Bagus

Kamu sudah tahu bagaimana cara mengganti wallpaper laptop dengan langkah-langkah di atas. Semuanya sangat mudah dan perlu untuk menggantinya secara rutin. Apalagi stock wallpaper kini sangat mudah didapatkan. 

Kamu hanya perlu mengunduhnya melalui internet saja dan semuanya gratis. Tujuan dari mengganti wallpaper bukan hanya mengatasi kebosanan. Wallpaper juga bisa meningkatkan semangat untuk bekerja saat bosan melanda. 

Oleh karena itu memilih wallpaper sangatlah penting. Ada beberapa tips yang bisa kamu manfaatkan ketika memilih wallpaper laptop sebagai berikut ini. 

  • Pilih Tema yang Bagus

Kamu bisa memperhatikan wallpaper sesuai dengan bawaan dari Windows. Tampilannya sangat bagus dan juga memiliki kesan bersih. Baik itu semua temanya seperti tema pemandangan alam bahkan arsitektur. 

Tema yang kamu pilih harus bagus serta bersih, tujuannya agar tidak cepat bosan melihatnya. Tak lupa juga tidak terlalu rumit seperti banyak garis yang ramai. Tema yang bersih ini juga akan menyegarkan mata saat melihatnya. 

Gambar alam, bangunan atau bahkan gambar kumpulan dalam sebuah event tidak masalah. Asalkan kualitasnya bagus. Jika gambar adalah foto akan lebih baik jika memiliki konsep tema yang unik. 

  • Gambar Tidak Boleh Buram

Hindari untuk mengunduh gambar buram saat Anda mencari di internet. Gambar buram akan membuat tampilan laptop tidak menarik dan Anda pasti cepat bosan. Seperti tips pertama, gambar haruslah bersih bebas dari buram. 

Kamu harus berhati-hati saat mengunduh dan harus melihatnya dalam ukuran besar atau melakukan zoom untuk melihat detail gambar. Karena bisa saja saat diunduh kualitasnya sudah HD tetapi setelah dipasang wallpaper tersebut tampak buram. 

  • Tak Lupa Masalah Resolusi

Salah satu hal yang mendukung gambar tidak buram adalah resolusi. Kamu harus menggunakan gambar dengan resolusi HD atau full HD karena mempengaruhi ukurannya. Misalnya saja kamu sudah mengunduh gambar dan ketika menggunakannya gambar terpotong. 

Baik itu terpotong pada bagian kanan kiri atau menjadi ukuran kotak tidak memenuhi layar. Maka akan muncul warna atau bagian hitam di kanan kiri layar. Tentu hal ini sangat mengganggu. Pastikan kamu mencari gambar dari kumpulan wallpaper yang berkualitas. 

  • Tak Lupa Mengatur Tingkat Warna

Baik itu gambar atau warna solid, kamu bisa mengatur tingkat pewarnaannya. Dengan kata lain kamu bisa sedikit mengedit soal kecerahan atau warna pada gambar sebelum digunakan. Caranya ada pada menu personalize kemudian pilih color. 

Di sana kamu bisa mengatur warna hingga tingkat kontras gambar. Ubah warna gambar sesuai dengan yang kamu inginkan agar tidak bosan. 

Inilah cara mengganti wallpaper laptop yang bisa Sahabat Tedas.id ikut. Semua caranya mudah dan pastikan kualitas gambar terbaik sebelum memasangnya..

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.