Cara Mengganti Sandi Instagram Lengkap dengan Gambar

Cara Mengganti Sandi Instagram – Instagram adalah salah satu sosial media yang kini menjadi sosial media paling populer di dunia setelah Tik Tok.

Platform sosial media Instagram ini memungkinkan para pengguna untuk menemukan dan membagikan foto dan video secara singkat dari berbagai negara.

Tidak hanya itu saja, namun Instagram juga bisa kita gunakan membagikan momen atau kegiatan kita sehari-hari dengan fitur instastory.

Dengan adanya fitur instastory tersebut kita bisa membagikan momen atau kegiatan yang kita lakukan sehari-hari melalui foto atau video yang berdurasi 15 detik.

Semenjak pertama kali diluncurkan di tahun 2010 lalu, sebenarnya awalnya Instagram hanya berfokus pada konten foto saja.

Namun sekarang Instagram mengalami beberapa perubahan, apalagi semenjak Instagram ini diakuisisi oleh Facebook di tahun 2012 lalu.

Namun sayangnya peningkatan popularitas dari Instagram ini juga menjadikan Instagram sebagai salah satu platform atau sosial media yang paling banyak diincar oleh peretas.

Para peretas ini sering mengincar akun Instagram dengan pengikut yang berjumlah banyak untuk mengambil alih akun Instagram tersebut dan dimanfaatkan seperti dijual atau disalah gunakan.

Cara Mengganti Sandi Instagram dengan Mudah

Cara Mengganti Sandi Instagram Dengan Mudah

Karena semakin maraknya kasus pencurian dan juga pembobolan akun Instagram ini tentu saja membuat kita sebagai salah satu pengguna sosial media Instagram menjadi was-was dan khawatir jika sampai kasus pembobolan akun Instagram ini menghampiri kita.

Sebenarnya kita bisa dengan mudah mengamankan akun Instagram yang kita miliki melalui proses otentikasi dua faktor.

Artinya jika kita akan login ke akun Instagram kita tersebut, nantinya kita akan mendapatkan sms dari Instagram berupa kode verifikasi.

Jika kita tidak bisa memasukkan kode verifikasi tersebut tentu saja kita tidak akan bisa masuk ke akun Instagram milik kita tersebut.

Namun masalahnya adalah jika sampai Handphone kita hilang, tentu saja jika handphone kita hilang nomor HP yang kita gunakan di akun Instagram kita tersebut juga akan ikut hilang.

Jika sudah begitu tentu saja proses masuk ke akun Instagram kita juga akan semakin sulit. Bahkan kemungkinan kita tidak akan bisa masuk ke akun Instagram milik kita tersebut.

Lalu bagaimana dong cara mengamankan akun Instagram kita? Cara yang paling mudah adalah dengan mengganti password Instagram kita secara berkala.

Paling tidak selama 3 bulan sekali kita harus melakukan pergantian password Instagram kita agar lebih aman.

Namun pertanyaanya bagaimana cara mengganti sandi Instagram? Bagaimana cara ganti sandi Instagram ini sebenarnya bisa kita lakukan dengan sangat mudah dan cepat.

Berikut adalah langkah-langkah cara mengganti sandi IG dengan benar dan mudah.

Cara Mengganti Sandi Instagram Di Aplikasi

Sama seperti kebanyakan sosial media, Instagram ini juga memiliki aplikasi yang bisa kita install dan kita gunakan di smartphone android maupun iOs yang kita miliki tersebut.

Adanya aplikasi ini tentu saja memudahkan kita untuk mengakses akun Instagram yang kita miliki. Artinya kita tidak perlu lagi membuka browser hanya untuk mengakses akun Instagram kita.

Berikut adalah langkah-langkah cara mengganti sandi Instagram lewat aplikasi.

  1. Pertama anda buka dulu aplikasi Instagram yang sebelumnya sudah terinstall di smartphone android atau iOS anda.
  2. Setelah itu jika anda belum masuk ke akun Instagram yang kalian milik, silahkan anda masuk terlebih dahulu ke akun Instagram kalian dengan cara memasukan username atau email dan juga password yang benar. Jika sudah anda tekan tombol Log in.
  3. Selanjutnya setelah berhasil login, anda masuk ke halaman profil dengan cara mengetuk ikon foto profil anda yang terletak di pojok kanan bawah aplikasi.
    cara ganti sandi instagram
  4. Setelah itu anda tekan pada menu titik tiga di bagian pojok kanan atas dari aplikasi.
    cara ganti sandi instagram dengan mudah
  5. Setelah itu anda pilih scroll atau gulir layar ke bawah sampai kalian menemukan bagian keamanan. Disitu akan ada banyak sekali pilihan, namun karena disini fokus pada mengganti sandi Instagram, anda pilih saja Keamanan.

  6. Selanjutnya anda pilih kata sandi akun.
    kata sandi ig
  7. Jika sudah anda masukkan saja password yang lama, pastikan anda memasukan kata sandi Instagram yang lama dengan benar. Dan tidak lupa masukkan juga sandi Instagram yang baru, pastikan anda memasukan kata sandi Instagram yang baru dengan benar dan sama ya.

  8. Terakhir, anda pilih tanda centang yang berada di bagian kanan atas dari aplikasi.
  9. Selesai sekarang kata sandi Instagram anda sudah terganti dengan sandi yang baru.

Cara Mengganti Sandi Ig Lewat Komputer Atau Laptop

Cara Mengganti Sandi Ig Lewat Komputer

Terkadang kita juga akan menemukan situasi dimana kita harus mengganti sandi Instagram lewat komputer atau laptop yang kita miliki.

Salah satu kondisinya adalah disaat handphone kita hilang, tentu saja kita harus segera mengamankan akun Instagram kita tersebut dengan mengganti sandi Instagram lewat komputer.

Untuk itu bagi anda yang ingin mengganti sandi ig tanpa menggunakan aplikasi.

Berikut dibawah ini adalah langkah-langkah untuk mengganti sandi Instagram lewat komputer atau laptop.

  1. Langkah pertama tentu saja anda harus membuka browser yang ada pada komputer atau laptop anda. Bisa menggunakan Google Chrome atau Mozilla Firefox.
  2. Setelah itu anda pergi ke halaman resmi dari Instagram.com
  3. Kemudian anda akan diminta untuk memasukan data untuk login ke akun Instagram anda tersebut. Anda masukkan saja username atau email dan juga password dengan benar. Jika sudah anda klik saja tombol Log In atau masuk.
  4. Langkah berikutnya anda klik pada ikon profil anda yang ada di pojok kanan atas layar agar anda dialihkan ke halaman profil Instagram anda tersebut.

  5. Langkah berikutnya anda setelah dialihkan ke halaman login, anda ketuk saja pada pilihan “Edit Profile”

  6. Selanjutnya anda pilih menu change password atau ubah kata sandi untuk bisa mengganti sandi Instagram anda.

  7. Sama seperti di langkah mengganti sandi Instagram lewat aplikasi. Anda juga akan diminta untuk memasukan kata sandi yang masih berlaku dan juga memasukan kata sandi baru sebanyak 2 kali untuk konfirmasi.

  8. Jika sudah anda tekan saja tombol ubah kata sandi atau change password.
  9. Selesai, sekarang kata sandi Instagram anda sudah diubah dengan kata sandi yang baru.

Itulah tadi bagaimana cara mengganti sandi Instagram dengan mudah dan cepat.

Semoga bisa bermanfaat untuk anda yang ingin mengamankan akun Instagram agar tidak dicuri atau tidak dibobol oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Apakah Bisa Mengganti Sandi Instagram yang Lupa Password?

Terakhir, tentu saja sering muncul di pertanyaan kita apakah kita bisa mengganti kata sandi Instagram kita yang lupa?

Masalah ini sebenarnya seringkali dialami oleh orang-orang yang sebelumnya sudah lupa password Instagram, kemudian harus terpaksa ganti perangkat atau smartphone.

Untuk saat ini sebenarnya sangat mustahil bagi kita yang ingin mengganti kata sandi Instagram yang sudah lupa terlebih dahulu.

Jika dulu kita bisa melakukannya dengan cara menghubungi pihak Instagram, namun sayangnya saat ini fitur untuk melaporkan kasus ini sudah tidak tersedia lagi.

Jadi saat ini kita tidak bisa mengganti kata sandi Instagram yang lupa dengan mudah.

Selesai sudah artikel ini, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk Sahabat Tedas.id.. 

Anton Wahyu

Nama Saya Anton Wahyu biasa dipanggil Anton. Saya adalah Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Swasta di Solo. Saya juga merupakan penulis artikel, punya hobi mendengarkan musik, di website ini Saya mencoba membagikan informasi yang semoga bermanfaat untuk Anda.