Cara Mengganti Nomor WA Untuk Android dan iOS

Cara Mengganti Nomor WA – Whatsapp sudah menjadi salah satu aplikasi online chatting yang ternyata saat ini banyak digunakan banyak orang, terutama di Indonesia. Melalui aplikasi ini seseorang bisa saling bertukar pesan, panggilan, foto hingga dokumen. 

Pada beberapa kesempatan, Whatsapp bahkan bisa digunakan sebagai media video conference melalui fitur panggilan video yang bisa dilakukan hingga beberapa orang. Bisa dikatakan, Whatsapp atau lebih dikenal dengan sebutan WA, sudah menjadi bagian penting dalam berinteraksi.

Untuk menggunakan aplikasi ini Anda hanya perlu mendaftarkan nomor ponsel yang digunakan. Setelah verifikasi melalui kode yang dikirim melalui SMS, Whatsapp bisa digunakan untuk kebutuhan komunikasi Anda.

Tapi terkadang, Anda perlu mengganti nomor yang digunakan karena suatu alasan. Namun Anda ragu ketika harus mengganti nomor baru karena bisa jadi keluar dari satu grup atau harus membagi kembali nomor Anda kepada teman-teman.

Sebenarnya ada suatu cara supaya ketika Anda mengganti nomor tidak harus sampai keluar dari suatu grup atau menghapus chat lama. Selama cara mengganti nomor WA tahapan yang dilakukan benar, grup, chat dan nomor kontak yang tersimpan akan aman.

Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi supaya ketika mengganti nomor semua itu tetap tersimpan adalah kedua nomor berada dalam keadaan aktif.

Cara ganti nomor WA di ponsel berbasis iOS dan Android sebenarnya agak berbeda. Oleh karena itu, setiap tahapan pengubahannya harus diikuti dengan baik supaya semua yang tersimpan di Whatsapp lama bisa tetap digunakan di nomor yang baru.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa ikuti tahapan penggantian nomor Whatsapp pada ponsel Android atau iOS Anda sebagai berikut.

Cara Mengganti Nomor WA Pada Android

Cara Mengganti Nomor WA Pada Android
Image: play.google.com

Pertama-tama, ketika akan mengganti nomor WA maka terlebih dahulu puka aplikasi Whatsapp yang terdapat pada ponsel Android Anda. Kemudian, tekan tanda titik tiga yang berada di pojok atas layar ponsel.

Pilih menu setting atau pengaturan pada tampilan menu tersebut. Lalu pilih menu account atau akun dan pilih menu change number atau ganti nomor.

Di bagian change number Anda akan melihat dua kolom yang harus diisi. Kolom pertama diisi dengan nomor lama yang ingin diganti. Kolom kedua diisi dengan nomor yang akan menggantikan nomor lama.

Tahapan ini merupakan tahapan penting dalam cara mengganti nomor WA tanpa kehilangan satu pun data. Apabila kedua nomor sudah dimasukkan maka klik tombol next atau selanjutnya.

Pada bagian ini akan ada pernyataan yang bisa Anda pilih atau tidak. Pernyataan tersebut adalah untuk memberitahu kontak atau grup yang terdaftar di ponsel Anda untuk diberitahu mengenai perubahan nomor atau tidak.

Dengan menggunakan cara ini maka Anda tidak perlu repot-repot memberi tahu satu per satu grup atau kontak yang ada. Jika sudah selesai menandai siapa saja yang diberitahu klik tombol done atau selesai.

Sebelum nomor baru benar-benar bisa digunakan, nomor harus diverifikasi terlebih dahulu. Tahapan ini sama seperti pertama kali Anda mendaftarkan nomor pada aplikasi WA atau Whatsapp.

Untuk memverifikasi nomor, Whatsapp akan mengirim kode khusus melalui SMS dan harus dimasukkan ke bagian verifikasi. Ketika pesan terkirim, bagian ini biasanya terisi otomatis. Jika tidak terisi otomatis ketik secara manual.

Dengan mengikuti cara mengganti nomor WA di atas maka dijamin semua kontak, chat dan grup di WA lama akan aman. Anda bisa menggunakannya langsung layaknya nomor lama.

Anda juga tidak perlu repot-repot lagi memberi tahu orang lain tentang nomor baru Anda jika sudah membuat pengaturan pemberitahuan nomor ketika akan mengganti nomor. Cara ini sangat mudah dan praktis untuk dilakukan.

Cara Mengganti Nomor Whatsapp di iOS

Bagi Anda yang mempunyai ponsel berbasis sistem operasi iOS maka Anda harus mengikuti tahapan cara ganti no WA berikut ini.

Walaupun sebenarnya, tahapan penggantian nomornya tidak jauh berbeda dari penggantian di ponsel Android. Akan tetapi, karena ada beberapa perbedaan pada tampilan pengaturannya, sebaiknya Anda ikuti tahapan berikut supaya lebih detail.

Seperti ketika akan mengganti nomor WA di ponsel Android, langkah pertama saat akan mengganti nomor WA di ponsel iOS adalah membuka aplikasi Whatsapp yang terpasang di ponsel.

Selanjutnya, pilih menu setting atau pengaturan yang letaknya berada di bagian pojok kanan bawah, bukan di atas. Setelah itu baru pilih account atau akun kemudian pilih change number atau ganti nomor.

Cara Mengganti Nomor Whatsapp di iOS

Tekan next atau selanjutnya untuk menuju laman penggantian nomor atau change number. Masukkan nomor WA lama di kolom bagian atas dan nomor WA baru di bagian kolom bawah setelah itu klik tombol next.

Langkah selanjutnya pada cara mengganti nomor WA adalah konfirmasi pemberitahuan penggantian nomor pada kontak yang ada, sama seperti pada ponsel Android. Jika tidak akan membagikan informasi penggantian nomor baru bisa langsung menekan tombol done atau selesai.

Tahap terakhir adalah tahap verifikasi nomor Whatsapp yang baru didaftarkan. Sama halnya verifikasi pada ponsel Android, pesan akan dikirimkan lewat SMS dan nomor verifikasi akan langsung terisi otomatis.

Jika pesan verifikasi tidak muncul dalam beberapa menit atau Anda terlalu lama memasukkan kode verifikasi maka diperlukan kode baru. Untuk mendapatkannya bisa meminta kirim pesan kembali atau menggunakan telepon.

Fakta yang Perlu Diketahui Saat Mengganti Nomor WA

cara ganti nomor wa

Ada beberapa fakta yang perlu Anda ketahui ketika mengganti nomor ponsel pada aplikasi Whatsapp Anda. Dengan mengetahui fakta-fakta ini setidaknya Anda tidak akan terkejut atau kebingungan dengan yang terjadi terhadap WA Anda.

Mungkin akan ada beberapa perubahan, tapi ada juga yang tetap sama. Supaya tidak bingung maka perhatikan hal-hal yang terjadi pada ponsel Anda seperti berikut ini.

Setelah menyelesaikan tahapan cara mengganti nomor WA, maka grup di mana Anda adalah anggotanya akan mendapat pemberitahuan kalau nomor Anda sudah diganti.

Pemberitahuan ini diatur ketika akan mengkonfirmasi perubahan nomor. Dengan begitu Anda tidak akan keluar dari grup meskipun Anda sudah mengubah nomor Anda yang dulu masuk sebagai anggota grup.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Chat Wa yang Terhapus

Jika Anda berstatus sebagai admin dari suatu grup dan mengubah nomor yang digunakan maka Anda tetap akan menjadi admin. Penggantian nomor ini tidak akan mempengaruhi status Anda sebagai admin grup.

Akan tetapi, jika ada orang yang mengirim pesan pribadi atau personal chat ke nomor WA lama Anda maka pesan tersebut tidak akan sampai atau diterima. Status nomor lama itu bisa dikatakan sudah tidak aktif di aplikasi Whatsapp.

Anda bisa tenang mengenai semua kontak dan WA yang dimiliki karena dengan mengganti nomor maka kontak WA tidak akan hilang. Selama Anda menyimpan nomor kontak tersebut di ponsel bukan di kartu SIM.

Namun, jika ada nomor yang Anda blokir maka nomor tersebut akan terbuka kembali saat ganti nomor. Apabila ingin tetap blokir maka lakukan lagi proses pemblokiran.

Cara mengganti nomor WA juga aman bagi dokumen, foto, video dan chat terdahulu. Selama Anda tidak mengganti ponsel Anda, maka semuanya akan tersimpan di dalam percakapan Whatsapp.

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan. Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *