cara mengetahui pengguna wifi indihome
Tutorial

5 Cara Mengetahui Pengguna Wifi Indihome di Rumah 

Pasang wifi Indihome di rumah? Pasti sebagai pemilik dan yang membayar Anda ingin tahu siapa saja yang menggunakannya. Karena sinyal wifi tidak hanya bisa digunakan di dalam rumah saja. 

Cakupan sinyal yang cukup luas membuat wifi seringkali bisa diakses dari rumah tetangga. Tapi Anda tentunya tak ingin kan wifi digunakan oleh orang lain yang mereka tidak ikutan membayar. Oleh karena itu Anda harus mempelajari cara mengetahui pengguna wifi Indihome. 

Dari sana Anda akan tahu siapa yang menggunakan wifi. Apakah penggunanya anggota keluarga sendiri atau orang lain yang justru tidak dikenal.

Yuk simak bagaimana cara untuk mengetahui siapa saja pengguna wifi di rumah. 

Mengapa Perlu Tahu Siapa Saja yang Menggunakan Wifi Indihome? 

Wifi Indihome

Apakah tujuan Anda harus rutin cek pemakai Indihome di rumah? Bisa dibilang jarang pemilik wifi yang melakukannya. Sebenarnya ada alasan khusus mengapa Anda harus rutin mengeceknya. 

Pertama karena saat ini ada begitu banyak aplikasi canggih dan hacker yang akan menggunakan saluran internet tanpa seizin pemiliknya. Hal ini bisa disebut sebagai pencurian. Kerugian tentu akan dirasakan pemilik wifi. 

Baca Juga: Cepat dan Praktis! Ini Cara Menyambungkan Wifi ke Laptop

Kedua, hal yang paling merugikan tentu pemilik karena harus membayar tiap bulan padahal penggunanya adalah orang asing. Selama penggunaan juga akan mempengaruhi kecepatan dan stabilitas internet. 

Semakin banyak penggunanya maka kecepatan internet akan berkurang. Oleh karena itulah Anda harus mengikuti cara mengetahui pengguna wifi Indihome yang akan dijelaskan di sini.

Caranya sendiri mudah dilakukan dan bisa dengan berbagai layanan. 

Cara Mengetahui Pengguna Wifi Indihome di Rumah Sendiri

Anda mungkin memilih untuk menggunakan layanan paket wifi Indihome termurah karena hanya akan digunakan oleh beberapa orang di rumah. Tapi ternyata ada yang membobol koneksi internet sehingga menjadi lemot. 

Untuk mengetahui siapa saja yang menggunakan wifi di rumah ada beberapa cara yang bisa dipilih.

Cara ini menyesuaikan dengan jenis modem atau router yang digunakan. Ada juga dengan aplikasi, seperti apa caranya? Pilih di bawah ini. 

1. Cara Melihat Pengguna Wifi Indihome dari Modem Huawei

Huawei adalah jenis modem yang paling sering digunakan Telkom untuk semua pelanggannya akhir-akhir ini. Anda yang memasang wifi di rumah akan dipinjamkan modem untuk mengakses wifi di rumah. 

Harga dari router sendiri sekitar 400 ribuan jika Anda ingin membelinya sendiri. Karena menggunakan modem Huawei maka cara untuk mengecek penggunanya juga berbeda. Anda harus masuk ke IP Address dari modem ini. 

Berikut ini cara melihat pengguna wifi Indihome yang bisa diikuti:

  • Pastikan internet yang digunakan untuk mengecek adalah wifi di rumah. Kemudian masuk ke web browser dan ketik IP Address Indihome. Untuk Huawei biasanya menggunakan IP Address 192.168.100.1 bisa juga 192.168.1.254. 
  • Kemudian Anda akan diarahkan untuk masuk ke halaman utama situs modem Huawei. Dalam halaman ini bisa memasukan username dan juga password yang didapatkan saat pemasangan indihome. 
  • Maka Anda akan melihat halaman utama pemakaian internet. Ada banyak sekali menu pengaturan. Untuk bisa melihat penggunanya Anda bisa ketik User Device Information dan cara informasi di User Device Information. 
  • Setelah klik, maka informasi mengenai pengguna akan terlihat. Informasi yang terlihat adalah Hostname yaitu nama host perangkat apa saja yang tersambung. Kemudian terlihat juga jenis perangkat yang digunakan. ID pengguna kumpulan perintah lainnya. 

Dari sini Anda bisa melihat siapa saja yang menggunakan wifi Indihome di rumah. Jika terdapat perangkat yang tersambung dan tidak dikenal Anda bisa langsung memblokirnya pada halaman yang sama. Tinggal pilih menu Delete pada informasi Host yang tidak dikenal. 

2. Cara Melihat Pengguna Wifi Indihome dari Modem ZTE

Sebelum modem Huawei, Telkom dulunya banyak menggunakan router merk ZTE. Untuk mengetahui jenis modem apa yang digunakan biasanya tertulis dengan jelas pada fisik modem. Tampilannya tentu sedikit berbeda dari Huawei maka cara mengaksesnya pun harus diperhatikan. 

Berikut ini cara mengetahui pengguna wifi Indihome yang masih menggunakan modem ZTE. 

  • Anda bisa mengakses IP Address untuk bisa mengakses situs ZTE yaitu 192.168.1.1 atau bisa juga 192.168.100.1. Masuk melalui web browser di komputer. 
  • Kelanjutannya masih sama yaitu dengan masuk ke situs menggunakan username dan password yang diberikan pada saat pemasangan wifi. Jadi sebaiknya catat username dan password agar tidak lupa. 
  • Setelah berhasil masuk, pilih menu Network dan klik WLAN. Lanjutnya dengan menu Associated Devices. 
  • Pada halaman yang baru akan langsung terlihat informasi siapa saja yang mengakses wifi di rumah. Informasi yang terlihat adalah ID perangkat pengguna saja. 

Apabila Anda ingin menghapus perangkat yang tidak diinginkan maka tinggal copy Mac Address-nya. Kemudian pilih menu Network > WLAN >  Access Control List > Mode > Block. Tinggal isi Mac Address yang tadi sudah di copy dan klik Add. 

cara melihat pengguna wifi indihome

3. Cara Melihat Pengguna Wifi dari Aplikasi

Selain melalui IP Address tersebut, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi di android untuk mengetahui pengguna wifi. Jenis aplikasi yang sangat sering digunakan adalah ping, Anda hanya perlu mengunduhnya melalui Play Store untuk menggunakannya. 

Aplikasi ini gratis jadi Anda tidak perlu menunda lagi untuk mengunduhnya.

Cara cek pengguna wifi Indihome yang bisa Anda ikuti adalah sebagai berikut ini. 

  • Unduh aplikasi Fing melalui Play Store secara gratis. 
  • Buka aplikasi dan pilih menu scan maka proses scanning pengguna wifi akan berjalan. 
  • Informasi akan pengguna wifi bisa dilihat dalam bentuk daftar setelah proses scan selesai. 

Supaya bisa melakukan scan dengan mudah, pastikan bahwa sinya wifi dalam kondisi bagus dan pergunakan wifi yang ingin diketahui penggunanya. Jangan lupakan untuk mematikan paket data internet di smartphone dan gunakan wifi. 

Baca Juga: Sudah Tahu Cara Mengecek FUP Indihome Kamu? Intip Di Sini

Selain ping, ada juga aplikasi lain sama-sama gratis untuk digunakan seperti Wifi Theft Detector. Caranya pun sama hanya perlu scanning setelah membuka aplikasinya. Untuk mengeceknya Anda harus menggunakan hp android. 

Cara mengetahui pengguna wifi Indihome ini cukup efektif bagi Anda yang mungkin saja lupa akan IP Address dari modem yang digunakan. Karena melalui aplikasi Anda tidak perlu mengisi password atau username. 

4. Cara Melihat Pengguna Wifi dari CMD

Cara lain yang bisa digunakan adalah secara manual yaitu melalui Command Prompt atau CMD. Langkah ini biasanya dilakukan di komputer dengan login pada dashboard admin. Caranya pun mudah untuk dilakukan yaitu sebagai berikut ini:

  • Masuk ke cmd yaitu dengan klik Start kemudian ketik cmd pada kolom search. Enter untuk dilihat hasilnya. Bisa juga dengan cara menggunakan keyboard yaitu tekan Windows dan R bersamaan. Kemudian Enter. 
  • Setelah masuk ke CMD Anda bisa mengetikkan perintah net view dan lanjutkan dengan arp -a.  Perlu diingat kode yang digunakan adalah arp(spasi)-a. Jika tidak menggunakan spasi maka tidak akan muncul hasil apapun. 
  • Usai mengetik maka akan langsung muncul perangkat apa saja yang terhubung ke wifi, namun bentuknya adalah IP Address dan bukan nama perangkat. Jadi Anda harus mengecek satu per satu IP Address. 

Cara ini lebih praktis dan Anda tidak perlu mengunduh aplikasi. Hanya saja pengguna yang terlihat dalam bentuk IP Address. Jadi harus meneliti satu per satu IP Address mana yang seharusnya diblokir.  

5. Cara Melihat Pengguna Wifi Indihome melalui TP-Link

Selain wifi Indihome ada juga penyedia internet lain seperti Firstmedia. Keduanya sama, di mana penyelundup bisa menggunakan akses internet milik Anda. Router TP-Link adalah yang paling umum digunakan selain Huawei dan juga ZTE. 

Cara untuk bisa mengetahui siapa pengguna internet dari router TP-Link pun cukup berbeda. Ada aplikasi resmi TP-Link yang bisa Anda unduh untuk mengatur penggunaan wifi di rumah. Anda bisa menggunakan hp untuk mengunduhnya. 

cek pengguna wifi indihome

Aplikasi Tp-Link Tether yang sudah diunduh kemudian bisa dibuka dan ikuti beberapa langkah berikut ini untuk mengaturnya. 

  • Koneksinya ponsel dengan wifi yang ingin di cek. 
  • Kemudian login terlebih dahulu menggunakan username dan password yang digunakan pertama kali saat memasang wifi. 
  • Apabila sudah masuk ke halaman aplikasi maka akan muncul menu Clients bisa langsung dipilih. Maka akan muncul perangkat mana yang terhubung dengan wifi. 

Masih pada menu yang sama Anda bisa langsung memblokir pengguna yang menyelundup. 

Semua cara mengetahui pengguna wifi Indihome ini bisa Anda pilih dan disesuaikan dengan perangkat yang saat ini sedang digunakan. Semua caranya mudah dan tanpa mengeluarkan uang. 

Yuliarti Swan
Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

    Comments are closed.