Tutorial

Begini Cara Mengetahui Judul Lagu melalui PC dan Android

Artikel terakhir diperbaharui 07-06-2021 oleh Aldy Amrillah

Cara Mengetahui Judul Lagu – Mendengarkan lagu memang sangatlah mengasyikkan dan menjadi hobi bagi sebagian orang. Sebab dengan mendengarkan lagu favorit, seseorang bisa menjadi lebih tenang dan bahagia.

Nah Anda mungkin pernah secara tidak sengaja mendengar lagu yang menarik, akan tetapi tidak mengetahui judul lagu tersebut.

Bagi sebagian orang ini memang cukup mengganggu, karena lagu tersebut ingin diunduh dan disimpan di galeri. Kabar baiknya, saat ini sudah banyak cara mengetahui judul lagu dengan cepat.

cara mengetahui judul lagu dari video

Cara Sederhana untuk Mengetahui Judul Lagu

Pada pembahasan kali ini akan diberikan beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk menemukan judul lagu, baik itu di perangkat android maupun PC.

Namun sebelum itu, ada baiknya jika Anda mengetahui cara paling sederhana berikut ini. Cara ini bisa Anda lakukan tanpa harus menginstal aplikasi apapun.

Cara paling sederhana untuk mengetahui judul lagu adalah dengan mesin pencarian serba bisa, yakni Google. Hampir segala informasi bisa ditemukan dengan Google, termasuk informasi tentang judul sebuah lagu.

Untuk melakukannya pun cukup mudah. Pertama, masuk ke halaman pencarian Google. Anda bisa menggunakan browser maupun pintasan pada smartphone.

Kemudian ketikkan beberapa kata yang terdapat pada lirik lagu tersebut. Akan lebih baik lagi jika Anda mengetahui nama penyanyinya.

Selanjutnya, jika berhasil maka akan muncul judul lagu beserta lirik lagu lengkapnya. Untuk memastikan bahwa lagu tersebut benar, Anda bisa mencoba mengunduh lagu tersebut dan mencocokkan apakah sudah betul bahwa itu lagunya.

Selain dengan Google, Anda juga bisa mengetahui judul lagu melalui YouTube. Cara mengetahui judul lagu dari video YouTube ini prinsipnya sama.

Anda hanya perlu mengetikkan cuplikan lirik pada kolom pencarian. Biasanya akan muncul video official dari lagu tersebut. Semakin tepat potongan lirik yang Anda ketik, maka akan semakin akurat hasil pencariannya.

Cara Mengetahui Judul Lagu di Android

Cara di atas memang tergolong lebih cepat dan simpel untuk menemukan judul lagu yang dicari. Akan tetapi, mungkin Anda harus sedikit kerepotan karena harus membuka browser terlebih dahulu.

Untuk mempersingkat dan menjadikan lebih efisien lagi, Anda bisa menggunakan aplikasi.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi untuk mengetahui judul lagu melalui perangkat Android.

1. SoundHound

Aplikasi pertama yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui judul lagu adalah SoundHound. Aplikasi ini bisa Anda unduh secara gratis dan instal di perangkat android Anda.

SoundHound sudah digunakan lebih dari 600.000 pengguna dan sangat efektif untuk membantu menemukan judul lagu yang sedang dicari.

Saat sedang mendengarkan lagu namun lupa dengan judul lagu tersebut, Anda hanya perlu membuka aplikasi SoundHound ini.

Selanjutnya Anda cukup menyanyikan sedikit potongan lirik lagu tersebut dan secara ajaib SoundHound akan mencari lagu tersebut. Tak perlu waktu lama, Anda akan mendapatkan informasi judul lagu tersebut.

2. MusicID

Selanjutnya, Anda juga bisa menggunakan aplikasi MusicID. Aplikasi dari Gravity Mobile ini menawarkan Anda kemudahan ketika sedang lupa dengan judul lagu yang Anda dengarkan.

Hanya dengan satu kali klik saja, aplikasi ini siap mencarikan judul lagu tersebut.

Sebagai contoh, di suatu hari Anda sedang pergi ke kafe atau tempat umum lainnya dan mendengar lagu yang menarik perhatian. Anda pun tertarik untuk mengunduh atau mendengarkan lagu secara lengkap.

Namun, Anda tidak tahu judul lagu tersebut. Solusinya adalah buka aplikasi ini dan dekatkan ke sumber suara lagu. Aplikasi ini akan mencari judul beserta penyanyinya.

cara untuk mengetahui judul lagu

3. Shazaam

Shazaam adalah aplikasi yang cukup populer untuk masalah ini. Sampai saat ini, aplikasi Shazaam sudah diunduh lebih dari 3 juta kali.

Dari jumlah yang fantastis tersebut, sudah bisa dibayangkan betapa membantunya aplikasi ini untuk menemukan judul lagu yang sedang dicari.

Tidak hanya judul, aplikasi ini juga akan menampilkan lirik, penyanyi, dan lagu full. Untuk menggunakan aplikasi ini juga tidak terlalu sulit.

Anda cukup membuka aplikasi Shazaam dan dekatkan pada sumber suara lagu yang hendak di cari. Tunggu beberapa saat. Aplikasi ini akan melakukan pencarian judul lagu dan informasi lainnya.

4. HOUND Voice Search anda Personal Assistant

Secara nama, mungkin aplikasi ini mirip dengan yang pertama. Memang wajar karena keduanya sama-sama sangat membantu untuk menemukan judul lagu. Cara kerja HOUND Voice Search ini mirip dengan OK Google.

Anda cukup klik aplikasi tersebut dan menyanyikan lagu yang ingin dicari. Aplikasi ini akan mencari dan memberikan informasi tentang judul lagu tersebut.

musixmatch

5. Musixmatch Lyrics

Musixmatch mungkin lebih sering dikenal sebagai pemutar lagu. Akan tetapi aplikasi ini memiliki fitur lebih dari itu, yakni bisa membantu Anda menemukan judul lagu yang ingin dicari.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengetikkan cuplikan lirik lagu dan lakukan pencarian di Musixmatch. Dalam beberapa saat, aplikasi ini akan menampilkan lagu yang dicari tersebut.

Cara Mengetahui Judul Lagu lewat PC

Selain melalui aplikasi Android, Anda juga bisa mengetahui judul lagu melalui PC atau laptop. Untuk menggunakannya, Anda cukup mengunduh dan menginstal di perangkat.

Sebenarnya ada banyak aplikasi yang tersedia, namun beberapa di bawah ini adalah yang paling direkomendasikan.

1. Tunatic

Yang pertama adalah Tunatic. Dengan Tunatic Anda akan dimudahkan untuk menemukan judul lagu yang hendak dicari. Caranya pun cukup sederhana. Anda hanya perlu menyiapkan PC atau laptop, microphone, dan juga internet.

Dengan satu klik saja, Tunatic akan mencocokkan nada yang Anda nyanyikan dengan lagu yang ada. Tunggu beberapa saat hingga muncul informasi mengenai judul, penyanyi, dan lirik lengkapnya.

Anda tidak harus menyanyikan lagu tersebut dengan merdu. Hal yang paling penting adalah ketepatan nada yang Anda hasilkan.

Apabila Anda tidak menyanyikan dengan nada yang pas, Tunatic akan sedikit kesulitan untuk menganalisis lagu tersebut.

2. Midomi

Midomi adalah sebuah web browser dan bukan aplikasi. Meski begitu, layanan ini mampu menemukan judul lagu dengan cepat dan akurat.

Fitur ini dikembangkan oleh SoundHound, aplikasi untuk menemukan judul lagu yang telah disebutkan di bagian sebelumnya.

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mengunjungi website Midomi dan nyanyikan potongan lagu yang hendak dicari. Midomi akan mengidentifikasi lagu tersebut dan memberikan informasi mengenai judul lagu.

Sama seperti cara sebelumnya, Anda tidak harus menyanyikan dengan merdu, namun nada yang dihasilkan harus tepat.

3. Audiggle

Web browser ini mempunyai prinsip kerja mirip dengan Tunatic. Anda diminta menyanyikan lagu yang ingin dicari. Akan tetapi, Audiggle mempunyai fitur tambahan yang tak kalah menarik.

Tidak hanya untuk mencari judul lagu, Anda juga bisa mencari berbagai video, film, atau acara TV hiburan. Anda tidak perlu menyanyikan lagu, namun hanya mengetikkan cuplikan lirik saja.

4. WatZatSong

Cara berikutnya untuk mengetahui judul lagu melalui PC atau laptop adalah dengan WatZatSong. Mungkin prinsip kerja WatZatSong cukup berbeda dengan cara sebelumnya.

WatZatSong tidak mempunyai database lagu. Untuk menemukan judul lagu yang dicari, Anda harus memposting cuplikan lagu ke WatZatSong.

Setelah itu, orang lain yang juga merupakan pengguna WatZatSong akan membantu memberikan jawaban dari pertanyaan tersebut.

Jawaban dari WatZatSong akan lebih akurat dan bisa jadi Anda akan menemukan lagu yang langka. Sebagai tambahan, jangan lupa untuk menyiapkan microphone.

cortana

5. Cortana

Aplikasi Cortana hanya bisa digunakan di PC dengan sistem operasi Windows 10. Cortana dapat mencari lagu sesuai dengan database yang dimiliki.

Cara kerjanya memang tidak jauh dengan prinsip mencari lagu melalui Google. Hanya saja, Cortana menggunakan suara untuk melakukan pencarian.

Untuk menggunakannya, instal aplikasi ini di PC dan buka Cortana. Gunakan microphone dan ucapkan “what is this song”.

Lalu nyanyikan potongan lagu yang hendak dicari judulnya. Cortana secara otomatis akan mencari lagu tersebut.

6. AudioTag

Terakhir, Anda juga bisa mencari judul sebuah lagu dengan AudioTag. Untuk mencari judul lagu, Anda perlu mengupload lagu yang ingin dicari.

Setelah mengupload, akan ada halaman konfirmasi untuk memastikan bahwa Anda manusia atau robot. Selanjutnya, AudioTag akan mendeteksi lagu yang diupload dan mencocokkan dengan database AudioTag.

Nah itulah beberapa cara dan aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk menemukan judul lagu. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir lagi ketika lupa akan judul lagu dan bisa menyimpannya di galeri untuk didengarkan di waktu tertentu.

Dika Permana
Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *