Waspada, Ini 4 Cara Mengetahui HP Disadap dan Cara Mengatasi

Cara Mengetahui HP Disadap – Apakah Kamu pernah merasakan HP Kamu tiba-tiba mengirim pesan atau gambar sendiri ke kontak orang lain yang ada list kontak Kamu maupun tidak? Jika ya maka Kamu perlu mewaspadai hal tersebut karena kemungkinan besar HP Kamu telah disadap orang lain.

Ada banyak faktor mengapa HP seseorang sampai disadap, namun biasanya hal ini dilakukan karena seseorang tersebut ingin mencuri informasi, data-data penting atau ingin memata-matai Kamu dan hal ini bisa saja terjadi kepada siapa saja.

Akan tetapi biasanya seseoang yang dimata-matai adalah orang-orang penting dan bukan orang biasa, akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga bisa terjadi pada dirikamu sendiri, nah untuk itu ada baiknya Kamu mengetahui ciri hp Kamu disadap oleh orang lain.

cara mengetahui hp android disadap

 

Cara Mengetahui HP Disadap Dengan Memperhatikan 4 Hal Ini

Perlu Kamu ketahui bahwa hampir sebagian besar orang awam yang buta akan teknologi tidak mengetahui bahwa HPnya telah disadap atau dimata-matai oleh pihak tertentu dengan berbagai macam cara-cara tertentu.

Baca Juga  Mau Ganti HP? Ini Review Iphone 11 Harga dan Spesifikasinya

Nah, untuk itu maka dengan mengetahui ciri-ciri HP disadap dapat mencegah Kita untuk terhindar dari hal yang sangat merugikan diri Kita sendiri dan berikut di bawah ini adalah ulasannya yang Saya Kutip dari Bullguard.com.

1. Ketika Sedang Telepon Sering Terdengar Suara yang Tidak Biasa

Cara mengetahui hp disadap yang pertama adalah ketika sedang telepon sering terdengar suara yang tidak biasa, seperti suara jauh dari HP Kamu atau suara klik dan hal tersebut bisa mendakan bahwa HP Kamu kemungkinan sedang disadap.

2. Baterai HP Sering Berkurang

Jika HP Kamu tidak digunakan untuk bermain game maupun aktifitas lainnya akan tetapi baterai HP sering berkurang bukan karena baterai HP Kamu bocor, maka Kamu perlu mewaspadi hal tersebut.

Karena jika HP Kamu disadap, maka sipelaku akan merekam segala aktivitas yang ada di HP Kamu dan mengirimkan data-data penting kepihak lainnya, dan hal inilah yang menyebabkan baterai HP Kamu sering berkurang karena adanya peningkatan aktifitas sehingga dapat mengurangi daya baterai HP.

Namun, untuk memastikan apakah baterai HP Kamu sering berkurang karena disadap atau tidaknya, maka cobalah untuk mengganti baterai HP Kamu dan bandingkan apakah hasilnya sama atau tidak.

cara mengetahui handphone disadap

 

3. HP Menunjukan Aktifitas Walau Tidak Kamu Gunakan

Cara mengetahui apakah HP Kamu sedang disadap atau tidak biasnaya HP yang telah disadap itu sering menunjukan aktifitas walau tidak Kamu gunakan, dalam arti kata HP Kamu dapat melakukan aktifitas walau tidak Kamu pegang, rasanya aneh bin ajaib ya?

Dan Kamu jangan berburuk sangka dan menyimpulkan hal tersebut karena adanya mahluk gaib yang memainkan HP Kamu seperti yang ada di film-film horror karena hal tersebut kemungkinan si penyadap sedang meremote HP Kamu dari jarak jauh dan mencuri berbagai informasi berharga di dalam HP Kamu.

4. Butuh Waktu Lama Saat Mematikan HP

Apakah Kamu pernah mematikan HP akan tetapi HP Kamu terasa sangat lemot dan membutuhkan waktu yang sangat lama? Mungkin kebanyakan orang mengira hal tersebut itu sangat wajar terjadi bisa diakibatkan oleh penuhnya memory atau RAM HP.

Akan tetapi perlu Kamu ketahui bahwa sebelum HP Kamu dimatikan HP tersebut harus menyelesaikan semua program-program yang sedang berjalan dan apabila HP Kamu telah disadap seseorang dan Ia sedang mencuri dan mengirimkan data penting maka HP tersebut harus menyelesaikan proses pengiriman data-data tersebut sebelum dimatikan.

Baca Juga  Cara Meredupkan Layar Komputer Pada Windows

Sehingga sangat masuk akal bukan, bahwa HP tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama dari biasanya saat mematikannya.

cara mengetahui hp diretas

 

Cara Menemukan Software Mata-Mata yang Dipasang di HP

Setelah Kamu mengetahui cara mengetahui HP disadap oleh orang lain, maka saatnya Kamu menemukan perangkat mata-mata yang dipasang di HP Kamu dan berikut ini adalah ulasannya:

A. Cara Menemukan Software Mata-Mata Pada Hp Android

Untuk menemukan perangkat software mata-mata di HP berbasis Android caranya adalah dengan melihat ke dalam file di telepon.

Buka Pengaturan – Aplikasi – Kelola Aplikasi atau Menjalankan Layanan, dan lihat secara detail jika HP Kamu disadap Kamu mungkin dapat menemukan file yang mencurigakan.

Software mata-mata yang bagus biasanya menyamarkan nama file sehingga tidak menonjol tetapi terkadang mereka berisi istilah seperti mata-mata, monitor, sembunyi-sembunyi, dan sebagainya.

Sehingga beberapa program software berkualitas buruk masih cukup mudah dikenali dengan mudah.

Tips Mengatasinya Software Mata-Mata Pada Hp Android

Jika Kamu mencari software mata-mata di HP namun salah menhapus file tersebut, jangan khawatir karena Kamu tidak akan merusak ponsel, tetapi mungkin lebih baik tidak menghapus file apa pun kecuali

Kamu benar-benar tahu bahwa software tersebut adalah software mata-mata. Dan jika Kamu telah menemukan software yang mencurigakan, sebaiknya bawa HP Kamu ke seseorang yang tahu betul mengenai HP dan software.

cara mengetahui hp disadap orang

B. Cara Menemukan Software Mata-Mata Pada Hp iPhone

Secara umum, jika Kamu memiliki iPhone dan seseorang ingin menginstal software mata-mata untuk meyadap HP Kamu, maka si penyadap harus melakukan jailbreak pada ponsel iPhone Kamu terlebih dahulu.

Para peretas iPhone mengatakan kerentanan telah ditemukan di masa lalu yang memungkinkan seseorang dengan akses ke jaringan yang digunakan oleh software untuk mengunduh sejumlah besar data pribadi.

Baca Juga  Gamers Masuk, Ini 7 Fitur Terbaru dari Game FIFA 20

Namun, jangan khawatir bagi penguna iPhone karena lubang-lubang ini telah ditambal tetapi Kamu tidak pernah bisa terlalu yakin tentang kerentanan baru yang muncul.

Tips Mengatasinya Software Mata-Mata Pada iPhone

Jika Kamu mungkin menemukan software di iPhone yang tidak Kamu unduh, maka solusinya adalah coba Kamu periksa Apple store dan coba lihat apakah software itu tersedia dan jika tidak maka kemungkinan ponsel Kamu telah diretas.

Perlu Kamu ketahui bahwa mencari lebih dalam di direktori iPhone lebih sulit daripada dengan mencarinya di system Android tetapi ada cara mudah untuk menghapus perangkat lunak mata-mata dari iPhone.

Caranya sangat mudah Kamu cukup meningkatkan ke versi OS terbaru melalui iTunes yang akan menghapus jailbreak dan perangkat lunak eksternal apa pun yang tidak bersumber dari Apple.

Namun, perlu Kamu catat bahwa pastikan untuk membuat cadangan data penting atau backup HP di laptop sebelum Kamu melakukan hal ini.

Sekianlah pembahasan mengenai cara mengetahui HP disadap sampai cara menemukan software mata-mata di HP Kamu, dan apabila dirasa HP Kamu telah disadap segeralah hubungi orang yang mengerti akan hal ini dan semoga saja tips ini dapat bermanfaat.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *