Cara Mengembalikan Kontak yang Hilang di HP Ternyata Mudah!

Cara Mengembalikan Kontak yang Hilang di HP – Kontak di hp sangatlah penting, apalagi bagi kamu yang memiliki tuntutan pekerjaan berhubungan dengan banyak orang.

Sayangnya memori dari kartu SIM terbatas sehingga kontak harus disimpan di memori hp. Tapi seringkali banyak yang mengalami kesalahan ‘’delete contact’’.

Kontak yang tersimpan terhapus secara tidak sengaja. Lalu bagaimana cara mengembalikan kontak yang hilang di hp? Ternyata caranya tidak sulit.

Kamu bisa menggunakan banyak cara, mulai dari memanfaatkan aplikasi atau tidak. Mana cara yang paling mudah, bisa kamu pilih sendiri.

restore kontak hp yang hilang

Cara Mengembalikan Kontak yang Hilang dengan Mudah

Kehadiran smartphone menjadikan segala sesuatu jadi lebih mudah. Kamu bisa berbelanja ke toko online hingga berbisnis melalui media sosial.

Kini yang paling memudahkan lagi, jika kontak di hp hilang bukan jadi persoalan yang besar. Baik itu karena tidak sengaja terhapus maupun karena berganti hp.

Karena kini semua kontak di hp bisa disimpan ke akun Google. Bahkan jika kamu tidak memiliki akun Google, kamu juga bisa mengembalikannya melalui aplikasi.

Nomor telepon orang lain tentu saja merupakan bagian yang sangat penting bagi kamu untuk bisa berkomunikasi. Apalagi jika di dalam hp kamu isinya adalah kontak klien.

Supaya tidak bingung lagi, ikuti beberapa cara mengembalikan kontak yang hilang di hp berikut ini:

Mengembalikan Kontak Hilang melalui Google Contact

Ketika pertama kali kamu memiliki smartphone baru, sign in pada akun Google tentu menjadi langkah pertama. Bahkan sebelum kamu mengunduh segala macam aplikasi.

Selesai masuk ke akun Google, maka biasanya kamu disuruh untuk melakukan back up contact.

Karena langkah inilah yang akan membuat semua kontak aman, sebab sudah tersimpan dan jika sewaktu-waktu hilang bisa dipulihkan.

Cara untuk mengembalikan kontak hilang melalui Google Contact adalah sebagai berikut ini:

1. Masuklah ke browser Chrome kemudian kamu bisa mengunjungi Google Contact. Kunjungi alamat contacts.google.com setelah itu kamu bisa log in menggunakan akun yang digunakan untuk back up contact terdahulu atau yang saat ini digunakan pada ponsel.

cara mengembalikan kontak yang hilang

2. Setelah masuk ke halaman home, maka carilah menu Settings yang biasanya terdapat di sebelah kiri foto profil.

3. Klik ikon Settings tersebut kemudian akan muncul dua pilihan menu, kamu pilih saja Urungkan Perubahan.

mengembalikan kontak yang hilang di hp

4. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan waktu. Nah di sini kamu bisa memilih dengan memperkirakan berapa menit yang lalu ketika kontak hilang.

mengembalikan kontak yang hilang

5. Jika sudah lebih dari 24 jam, kamu bisa klik Yesterday dan klik Undo.

6. Tak lama kemudian kontak yang tadinya hilang akan kembali beserta semua kontak yang mungkin saja tidak sengaja kamu hapus.

Cukup dengan lima langkah saja, tanpa aplikasi tambahan kamu bisa mengembalikan dengan cepat semua kontak yang hilang. Sangat mudah untuk dipraktekkan langsung!

 Mengembalikan Kontak yang Hilang dengan Aplikasi Restore Contact

Apabila ternyata tidak berhasil dengan cara pertama, maka aplikasi bisa jadi solusi yang kedua. Salah satu aplikasi yang direkomendasikan adalah Restore Contact.

Aplikasi ini dengan gratis bisa diunduh di Google Play Store. Namun cara ini efektif digunakan jika kamu baru saja menghapus kontak. Karena biasanya kontak masih tersimpan dan bisa dicari lagi di memori hp.

Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan kontak yang hilang.

1. Buka Play Store dan instal terlebih dahulu aplikasi Restore Contact. Aplikasi ini hanya memiliki ukuran 2MB saja, jadi tidak akan memenuhi memori hp.

cara mengembalikan kontak hilang di hp

2. Buka aplikasi Restore Contact, kemudian akan muncul daftar kontak yang telah terhapus.

cara mengembalikan kontak hilang

3. Apabila tidak ada daftar kontak, mungkin kontak sudah lama terhapus sehingga tidak terlacak di sistem.

mengembalikan kontak hilang di hp

4. Untuk mengembalikan kontak, kamu tinggal tekan kontak dan pilih menu restore. Bisa juga dengan cara manual memasukan nomor kembali ke ponsel.

Biasanya aplikasi ini akan memperlihatkan nama sekaligus kontak yang sudah terhapus.

Mengembalikan Kontak di HP yang Hilang dengan Recover Deleted Contacts

Tak hanya menyimpan kontak di Google, biasanya kontak juga akan tersimpan di kartu SIM. Hanya saja penyimpanannya terbatas di masing-masing provider, yaitu sekitar 30 kontak saja.

Maka sebaiknya kontak yang sangat penting disimpan ke dalam kartu SIM. Walaupun begitu, tidak bisa dipungkiri juga kalau kontak bisa terhapus dari kartu SIM.

Alternatif cara lain yang bisa digunakan adalah dengan aplikasi Recover Deleted Contacts.

Aplikasi yang satu ini sangat membantu bukan sekedar mengembalikan kontak yang hilang di kartu SIM, tetapi juga semuanya.

Dalam beberapa keadaan ketika kontak terhapus, kamu bisa mengikuti langkah berikut ini:

1. Unduh dan instal aplikasi Recover Deleted Contacts melalui Google Play Store.

mengembalikan kontak hilang

2. Buka aplikasinya kemudian pilih menu Deleted yang tersedia, otomatis daftar kontak yang terhapus akan muncul.

mengembalikan kontak hp yang hilang

3. Tinggal klik menu recovery yang terdapat di samping kontak untuk bisa mengembalikannya.

Cara ini sangat efektif ketika kamu baru saja menghapus nomor secara tidak sengaja di ponsel. Aplikasi ini juga gratis untuk digunakan loh.

Mengembalikan Nomor Kontak Terhapus dengan EaseUS MobiSaver

Tidak sempat menyimpan kontak di Google Contact karena berbagai hal? Jika memang itu masalahnya, kamu bisa memanfaatkan aplikasi EaseUS MobiSaver.

Aplikasi ini gratis untuk digunakan dan fungsinya ada dua. Pertama mengembalikan semua kontak terhapus atau hilang, baik itu yang baru saja atau sudah lama.

Fungsi kedua adalah mengembalikan semua file yang rusak. Jadi jika kamu baru saja kehilangan dokumen penting di hp, maka tidak perlu panik lagi karena kamu bisa memanfaatkan aplikasi ini.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, kamu bisa mengikuti beberapa langkah ini.

1. Instal aplikasi EaseUS MobiSaver yang ada di Play Store. Aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk hp android saja.

mengembalikan kontak hp yang hilang

2. Buka aplikasi kemudian kamu akan melihat beberapa pilihan menu. Tinggal pilih menu contact maka data recovery akan bekerja.

cara mengembalikan kontak hp yang hilang

3. Jika terdapat kontak yang hilang maka akan langsung terdeteksi, tetapi jika tidak ada maka hasilnya akan kosong.

Sama seperti memulihkan data kontak, jika kamu ingin menggunakan aplikasi ini untuk mengembalikan file tinggal klik menu WhatsApp, SMS, foto hingga call log.

Setelah itu tinggal memilih menu manakah yang diinginkan.

Mengembalikan Kontak dengan Live.com

Bagi kamu yang menggunakan ponsel dengan OS Windows, maka bisa menggunakan situs Live.com. Web ini dirancang khusus untuk mengembalikan kontak yang sudah terhapus di hp.

Syaratnya adalah kamu harus memiliki akun Microsoft terlebih dahulu, jika belum maka daftarlah sekarang.

Nah untuk cara mengembalikan kontak dengan mudah, kamu bisa ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

1. Buka live.com dan setelah masuk ke dashboard kamu tinggal klik menu Manage. Lalu pilih menu restore Deleted Contacts.

2. Prosesnya akan memakan waktu beberapa saat dan daftar kontak yang tadinya hilang atau terhapus akan kembali lagi.

3. Cara mengembalikannya tinggal klik menu Select All atau pilih salah satu kontak yang ingin dikembalikan dan klik restore.

Satu hal yang perlu diingat adalah, jika menggunakan cara ini kamu hanya bisa mengembalikan kontak yang hilang tidak lebih dari 30 hari.

Karena di dalam Windows Phone, kontak yang hilang hanya akan disimpan sampai 30 hari kemudian.

Mengingat penyimpanan kontak hanya di ponsel, jika nomor yang terhapus disimpan di kartu SIM, maka aplikasi ini tidak bisa membantu.

Jadi kamu harus mengetahui terlebih dahulu, apakah nomor yang hilang tersebut tersimpan di kartu SIM atau ponsel.

restore kontak hp

Mengembalikan Kontak Hilang dengan Samsung Cloud

Cara mengembalikan kontak yang hilang berikutnya ini hanya bisa dilakukan bagi pemilik hp Samsung. Hp Samsung memiliki fitur Samsung Cloud yang fungsinya untuk menyimpan kontak hingga file penting lainnya.

Ruang penyimpanan ini sangat bermanfaat ketika kamu kehilangan kontak penting di hp. Cara untuk memulihkan kontak pun sangat mudah sebagai berikut:

1. Masuk ke pengaturan ponsel, kemudian masuk ke cloud dan log in akun.

2. Setelah masuk ke Samsung Cloud, pilih menu pulihkan. Selanjutnya akan muncul menu file, kontak, dll. Pilih menu kontak baru, klik Kembalikan Sekarang.

3. Proses semakin lama jika jumlah kontak sangat banyak, karena sistem akan memperlihatkan daftar kontak keseluruhan sebelum dihapus.

Begitulah cara mengembalikan kontak yang hilang di hp yang bisa kamu ikuti. Semua caranya mudah dan simpel, kamu tinggal memilih cara mana yang kamu inginkan.

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *