Tutorial

Mudah! Ini Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus

cara mengembalikan aplikasi yang terhapus

Terhapusnya aplikasi dari handphone adalah hal yang sebenarnya cukup wajar dialami oleh banyak pemilik HP, entah karena faktor ketidaksengajaan, kendala sistem, atau memang karena sengaja dihapus oleh orang lain.

Bagi yang tidak mengetahuinya, tentu akan membuat mereka cukup panik sehingga mereka akan mencari cara mengembalikan aplikasi yang terhapus itu.

Penyebab Aplikasi Handphone Terhapus

Ya, ada beberapa hal yang dapat membuat sebuah aplikasi menjadi terhapus. Yang pertama adalah dari faktor ketidaksengajaan.

Sering kali, banyaknya aplikasi membuat handphone menjadi lamban.

Beberapa orang kerap menghapus memori dan sebagian aplikasi yang dianggap tidak penting. Namun, pada saat menghapus aplikasi tersebut, ternyata ada satu atau beberapa aplikasi lain yang tidak sengaja terhapus.

Ada juga kendala dari terhapus oleh orang lain. Biasanya hal ini dapat terjadi ketika handphone sobat menjadi mainan anak-anak yang mana mereka kemudian memencet tombol-tombol tertentu sehingga tidak jarang membuat aplikasi di handphone menjadi terhapus dan menghilang.

Tidak sedikit pula aplikasi yang terhapus karena adanya kendala sistem. Kendala ini banyak disebabkan oleh file yang corrupt atau bug virus yang menyerang sistem handphone.

Bugs inilah yang kemudian membuat aplikasi menjadi terhapus sendiri dan atau malah menjadikan aplikasi tersebut tidak dapat diakses sehingga terpaksa harus diinstal ulang.

Lantas, apakah aplikasi yang terhapus tersebut bisa dikembalikan?

Jawabannya, bisa. Hanya saja, perlu diperhatikan kembali dari manakah aplikasi tersebut berasal, apakah download dari website atau PlayStore.

Mengapa hal ini perlu diketahui, tentu saja supaya metode pengembalian aplikasi bisa disesuaikan kembali.

Cara Mengembalikan Aplikasi Terhapus Tanpa Mendownload

Sobat pernah mendownload aplikasi dalam bentuk apk sebelumnya?

Tentu saja hal tersebut tidak perlu dipusingkan kembali. Sebab, dengan latar belakang seperti itu, sobat dapat menginstal ulang aplikasi yang terhapus menggunakan file master apk tersebut.

Jadi, bisa dibilang cara ini merupakan salah satu cara mengembalikan aplikasi yang terhapus paling cepat dan mudah, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pertama, silakan masuk ke dalam aplikasi File Manager pada smartphone yang sobat miliki untuk mencari file aplikasinya. Biasanya, ikon untuk file manager di sejumlah handphone adalah sebagai berikut.

  • Selanjutnya, akan muncul sejumlah folder seperti gambar berikut. Pilih folder Download atau APKs seperti ini. Di beberapa handphone, sobat bahkan cukup mengetikkan nama aplikasi yang ingin diinstal kembali tanpa perlu mencari dari folder satu ke folder lainnya.

  • Jika sudah klik folder aplikasi tersebut dan menemukan file apk yang dimaksud, klik saja pilihan Pasang. Secara otomatis, aplikasi sobat yang sebelumnya sudah terhapus akan terinstal kembali dan sobat dapat mengoperasikan ulang seperti sedia kala.

Perlu dipahami, cara-cara yang telah kami sampaikan di atas dapat dilakukan apabila sobat sebelumnya mendownload aplikasi menggunakan pihak ketiga terutama website atau memiliki file apk dari aplikasi tersebut.

Jika mendownload dari tempat lain, tentu perlakuannya akan cukup berbeda.

Menemukan Aplikasi yang Hilang Menggunakan Playstore

Tidak sedikit di antara pengguna handphone mendownload aplikasi kegemarannya melalui Playstore. Terlebih, memang Playstore ini merupakan gudangnya aplikasi resmi dan bisa dibilang merupakan aplikasi bawaan handphone yang sangat vital fungsinya.

Jika sobat mendownload aplikasi menggunakan Playstore, di dalamnya akan memuat riwayat pengunduhan tersebut. Dengan begitu, apabila terdapat aplikasi yang ternyata terhapus namun sebelumnya sobat download melalui Playstore, tidak perlu risau dan merasa khawatir. 

Berikut beberapa cara mengembalikan aplikasi yang terhapus yang dapat sobat lakukan.

Langkah pertama yang harus sobat lakukan adalah masuk ke dalam aplikasi Playstore tersebut terlebih dahulu. Selanjutnya, klik menu navigasi untuk mencari aplikasi yang diinginkan.

Jika sobat masih menggunakan Playstore versi lama, klik saja ikon garis tiga yang ada di bagian kiri. Namun, jika menggunakan versi Playstore terbaru, maka sobat harus klik ikon Google account seperti yang terdapat pada ikon bulat paling kanan.

Dalam penjelasan ini, kami menggunakan Playstore versi terbaru. Oleh karenanya, jika sobat menggunakan versi yang sama, maka silakan ikuti langkah-langkah berikut.

  • Setelah memilih ikon Google account, sobat akan dihadapkan pada beberapa menu pilihan berikut. Pilihlah Library atau dalam bahasa Indonesia “Koleksi” untuk melihat daftar aplikasi mana yang sebelumnya sudah pernah diinstal.

  • Selanjutnya, klik menu Library lalu pilih aplikasi dari daftar yang tersedia. Daftar inilah yang memuat aplikasi mana saja yang pernah terinstal sebelumnya di handphone sobat. Klik saja tombol Install dan proses instalasi ulang akan dilakukan oleh sistem Playstore.

Setelah semua langkah di atas sobat lakukan, maka kini tinggal tunggu saja proses instalasi selesai. Kalau sudah semuanya, maka sobat bisa menjalankan aplikasinya kembali dan login ulang jika diperlukan.

Namun, jika ada beberapa data yang sempat terhapus, hal tersebut tidak serta merta menjadi jaminan bahwa proses re-install akan mengembalikan data-data tersebut juga.

Mencegah Terhapusnya Aplikasi Penting

Meskipun ada beberapa cara mengembalikan aplikasi yang terhapus yang sangat mudah dilakukan, setidaknya sangat penting untuk senantiasa mencegah dan mengantisipasi supaya kendala aplikasi yang terhapus tidak terjadi.

Nah, sebenarnya ada beberapa cara mudah dan sederhana yang dapat dipraktikkan. Berikut beberapa cara yang dimaksud, diantaranya:

  • Rutin membersihkan file-file sampah

Banyak file yang tidak digunakan kerap menjadikan ponsel mengalami kendala, entah itu corrupt file, adanya virus aplikasi, atau hal lainnya. Hal ini tentu saja akan sangat berisiko bagi sobat yang memiliki sejumlah aplikasi penting.

Tentu sobat tidak ingin aplikasi yang sudah diinstal pada handphone menjadi terhapus sia-sia oleh sistem. 

Tentunya, dalam penghapusan file ini sobat juga musti hati-hati. Jangan sampai terlalu fokus sehingga file dan aplikasi yang sekiranya penting malah tidak sengaja terhapus. Meskipun bisa menggunakan cara-cara yang sudah disampaikan sebelumnya, akan lebih baik jika sobat mencegahnya, bukan?

  • Mendownload aplikasi di platform resmi

Saat ini banyak aplikasi bisa didownload secara mudah baik melalui platform seperti Playstore, Appstore, maupun berbagai website. Apalagi jika sobat ingin mendownload aplikasi yang tidak ada di Playstore, maka memanfaatkan website khusus apk dapat menjadi salah satu solusi.

Sayangnya, tidak banyak website aplikasi yang aman. Oleh karenanya, untuk menghindari terjadinya penghapusan oleh sistem, lebih baik sobat mendownload aplikasi di website yang resmi. Jadi, akses berbagai aplikasi tersebut juga akan lebih aman dan nyaman.

  • Menghindarkan ponsel dari anak kecil

Tidak jarang aplikasi sobat terhapus secara tidak sengaja karena handphone dipegang oleh anak-anak. Oleh karenanya, akan lebih baik jika sobat menghindarkan ponsel dari jangkauan mereka supaya aplikasi lebih aman.

Meskipun bisa menggunakan cara mengembalikan aplikasi yang terhapus melalui apk ataupun Playstore, namun pencegahan tetap menjadi hal yang perlu diperhatikan.

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan pengembalian aplikasi yang sebelumnya terhapus secara sengaja maupun tidak. Pernah mencobanya?

Yuliarti Swan
Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *