Cara Mengeluarkan Akun Gmail di HP Android dan Laptop

Artikel terakhir diperbaharui 21-02-2021 oleh Aldy Amrillah

Cara Mengeluarkan Akun Gmail di HP – Mengalahkan perusahaan pesaing lainnya, Google memberikan begitu banyak layanan.

Melalui akun Google, ada banyak layanan yang terintegrasi seperti Gmail, Google Drive, Google Photo dan masih banyak lagi.

Gmail adalah pengiriman surat elektronik yang sudah ada sejak tahun 2004 dan mulai banyak digunakan publik tahun 2007.

Gmail yang merupakan singkatan Google Mail ini tersedia gratis bukan hanya untuk mengirim surat, tetapi juga foto hingga video.

cara logout gmail di hp

Apa yang membuat layanan Google ini memuaskan sehingga banyak digunakan?

Tentu ada beberapa alasannya seperti menyaring spam, terintegrasi dengan Google Hangouts, bisa diakses secara offline, dan masih banyak lagi.

Tapi jika sudah menggunakannya, tahukah kamu cara mengeluarkan akun Gmail di hp? Banyak yang kebingungan ketika akan keluar dari akun Gmail karena keperluan tertentu.

Cara membuat Gmail cukup mudah hanya dengan membuat akun Google, tapi bagaimana dengan keluarnya?

Daripada kamu bingung, ikuti beberapa pilihan caranya berikut ini.

Cara Mengeluarkan Akun Gmail di HP dengan Mudah

Cara keluar atau yang lebih sering dikenal dengan logout ini tak hanya dilakukan pada akun Gmail. Semua akun sosial media juga memiliki cara logout yang berbeda-beda. Khusus untuk Gmail, terkadang orang tidak tahu bagaimana caranya.

Karena pengaturannya biasanya sedikit tersembunyi dan ada proses persetujuan yang harus dilakukan. Tujuannya demi keamanan akun agar tidak disalahgunakan oleh orang lain.

Hal yang sama juga ketika menghapus akun Gmail. Mengingat akun Gmail biasanya juga akan terbuka di perangkat lain. Maka sekali keluar di satu perangkat, kamu harus mengeceknya juga di perangkat lainnya.

Ada dua cara logout Gmail di hp, yaitu melalui aplikasi Gmail dan juga browser.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk logout di aplikasi Gmail:

1. Masuk ke aplikasi Gmail yang ada di hp kamu. Setelah terbuka carilah ikon profil yang berisi foto milikmu. Biasanya terdapat pada pojok kanan atas.

cara logout akun google di hp

2. Kemudian akan muncul pesan pop up yang isinya beberapa akun Gmail lain dan pengaturan. Ketuk pada menu Manage Account on this device.

logout gmail di hp

3. Setelah itu kamu akan diarahkan ke halaman baru, lalu ketuk menu Google.

4. Maka kamu akan diarahkan kembali pada halaman baru yang isinya alamat email yang tersimpan. Kemudian pilih salah satu akun yang ingin dikeluarkan dan klik pada menu More dan ketuk Remove Account.

mengeluarkan akun gmail dari hp

Selesai pada langkah tersebut berarti kamu sudah keluar dari akun Gmail di hp. Caranya sangat mudah bukan?

Jika kamu memiliki lebih dari satu alamat Gmail di hp android, maka ulangi langkah tersebut satu per satu dari semua alamat email yang ada.

Cara mengeluarkan akun Gmail di hp android yang kedua adalah melalui browser. Jadi kamu bukan hanya bisa membuka Gmail melalui aplikasi tetapi juga browser, dan dari situlah logout Gmail juga bisa dilakukan.

Berikut ini langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengeluarkan alamat Gmail di hp melalui browser:

1. Bukalah browser di hp kamu kemudian masuk ke alamat gmail yang kamu miliki. Setelah itu ketuk ikon garis tiga di bagian pojok kiri atas dan ketuk kembali alamat email.

logout gmail di laptop

2. Maka akan keluar beberapa pilihan alamat Gmail dan pada bagian bawah terdapat menu Manage account on this device. Ketuk menu tersebut dan ketuk Gmail yang hendak di logout.

9. cara mengeluarkan akun gmail di hp

3. Apabila sudah selesai, kamu tinggal ketuk menu More pada bagian bawah dan ketuk remove account untuk logout.

Setelah selesai mengikuti cara logout akun google di hp melalui browser di atas, maka akun akan keluar.  Data yang tadinya tersimpan di hp akan terhapus. Tetapi tenang saja, karena semuanya masih tersimpan di Google. Jadi jika sewaktu-waktu hendak masuk lagi, file akan pulih.

Proses mengeluarkan akun Gmail dari hp ini wajib kamu lakukan jika ingin mengganti hp. Sehingga data yang tersimpan di hp akan terhapus dan data pribadi tidak diketahui oleh orang lain.

Cara Mengeluarkan Akun Gmail di Laptop atau PC

Jika kamu sudah selesai mengeluarkan akun Gmail di hp, maka akun di laptop atau PC akan tetap aktif. Cara mengeluarkannya pun cukup berbeda dan harus dilakukan ulang jika memang kamu ingin logout.

Cara keluar akun Gmail dari laptop justru lebih mudah dibandingkan melalui hp.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

1. Buka browser Google Chrome kemudian masuk ke Gmail.

2. Setelah itu klik ikon profil yang terdapat di bagian pojok kanan atas. Biasanya kamu sudah memasang foto.

10. cara mengeluarkan akun gmail di hp

3. Setelah klik, akan muncul beberapa pilihan menu baru untuk mengelola akun. Nah untuk keluar kamu tinggal klik menu Keluar, maka otomatis kamu akan langsung keluar dari Gmail.

Langkah mengeluarkan akun Gmail dari laptop tentunya lebih mudah dibandingkan melalui hp android. Langkah ini sangat penting kamu lakukan jika ingin menjual laptop sebelum digunakan oleh orang lain.

Karena pasti banyak data penting yang ada di dalam akun kita. Tidak mau bukan data kita dipakai dan disalahgunakan oleh orang lain?

Cara Membuat Akun Gmail Melalui HP Android

Jika akun Gmail sudah keluar dari hp, bagaimana cara untuk masuk kembali? Misalnya saja kamu sudah membeli hp baru, maka langkah pertama adalah menginstall aplikasi Gmail terlebih dahulu melalui Google Play Store.

logout akun gmail dari laptop

Beberapa pabrikan hp biasanya tidak menyediakan aplikasi bawaan dari Google, jadi kamu harus menginstallnya terlebih dahulu.

Setelah selesai install, kamu bisa mengikuti langkah berikut ini:

1. Masuk ke aplikasi Gmail kemudian klik Add Account.

2. Setelah itu akan muncul pilihan menu Sign In untuk masuk jika kamu sudah memiliki alamat email. Tapi jika belum, kamu bisa klik Create New Account.

3. Bagi kamu yang sudah memiliki alamat email tinggal isi nama email dan password yang digunakan.

4. Sedangkan jika kamu membuat Gmail baru, maka bisa mengisi data yang dibutuhkan dari nama, alamat email yang baru hingga username. Jangan lupa untuk membuat password dari kombinasi angka dan huruf.

5. Jika sudah selesai dan berhasil maka kamu akan langsung masuk ke halaman utama Gmail dan bisa langsung menggunakannya.

Biasanya bagi pembuat email baru, akan muncul email dari Google yang memberitahukan bahwa kamu telah berhasil untuk membuat email baru.

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *