Penulis Masuk, Ini 14 Cara Mengecek Plagiarisme Online

Cara Mengecek Plagiarisme OnlineKeaslian suatu naskah sangat penting dalam dunia penulisan. Ini bisa mempengaruhi keorisinilan suatu tulisan, apakah karya tersebut benar-benar asli milik Anda atau plagiat dari milik orang lain.  

Suatu hasil karya yang dianggap menjiplak karya orang lain sering terjadi, karena dalam tulisan tersebut terdapat ide, gagasan, hasil pemikiran, dan/ atau teori milik orang lain. 

Dan semua itu sudah lebih dulu dipublikasikan untuk mendukung pendapat yang dituangkan dalam tulisan tersebut. Anda tidak bisa sembarangan mencantumkannya pada karya tulis Anda. 

Baik itu berupa artikel, tesis, skripsi, atau karya ilmiah. Itu sebabnya dibutuhkan sebuah alat yang bisa digunakan untuk mendeteksi apakah suatu hasil tulisan termasuk plagiat atau tidak. 

cek plagiat online

Mengenal Apa Itu Plagiat?

 Sebelum membahas lebih jauh tentang cek plagiarisme online, penting bagi Anda untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan plagiat. Ketika ada yang dengan sengaja menjiplak hasil karya orang lain dan dipublikasikan seolah-olah merupakan hasil karya sendiri. 

Baik dilakukan dengan sengaja atau tidak, itulah yang disebut dengan plagiat. Entah itu mengambil sebagian kecil atau bahkan keseluruhan tanpa mencantumkan sumber. 

Semua itu tetap dianggap sebagai bentuk dari plagiat, apapun alasan yang menjadi dasar perbuatan tersebut. 

Misalnya, terlalu sibuk, malas berpikir, tidak punya waktu, dikejar deadline, hingga alasan karena merasa lebih simpel tanpa perlu memeras otak dan berpikir dengan keras. 

Padahal, untuk menghasilkan sebuah karya tulis dalam bentuk apapun tetap butuh perjuangan dari si pemilik konten. 

cek plagiarisme online gratis
Image: smallseotools.com

Cara Mengecek Plagiarisme Online

Aktivitas menjiplak atau plagiat karya orang lain sangat tidak dibenarkan. Bahkan, dalam penulisan konten atau artikel yang mengandung plagiat (automatically generated content, copy-paste, dan duplikat) tidak ditolerir oleh Google

Itu sebabnya kenapa kebutuhan akan alat pendeteksi plagiat semakin meningkat. Metode ini dianggap sebagai satu-satunya cara yang paling akurat, khususnya dalam hal pengecekan keaslian penulisan artikel. 

Saat ini, terdapat beberapa alat pendeteksi plagiat online yang Anda gunakan saat menulis artikel atau karya tulis lainnya.

Beberapa website yang sering dimanfaatkan untuk cek plagiat tersebut diantaranya adalah: 

Website pertama untuk cara mengecek plagiarisme online adalah Plagiarism Checker Small SEO Tools. Ini merupakan salah satu website paling populer jika dibandingkan dengan alat lainnya. Banyak pengguna yang memanfaatkan alat pendeteksi yang satu ini.

Sebab, Plagiarism Checker Small SEO Tools memiliki beberapa keunggulan yang belum tentu Anda temukan di website cek plagiat lainnya. Keunggulan layanan ini adalah bisa dimanfaatkan secara gratis, alias tanpa harus melakukan registrasi sama sekali. 

Selain itu, pada alat ini Anda akan menemukan cara cek plagiarisme secara online yang sangat informatif. Ini artinya, alat pendeteksi ini mampu menghasilkan informasi yang cukup membantu Anda. 

Jadi, ketika melakukan pengecekan artikel, URL website, atau dokumen. Website Plagiarism Checker Small SEO Tools akan memberikan informasi yang Anda butuhkan. Diantaranya adalah persentase lolos tidaknya artikel Anda.

Keunggulan lainnya yang ada pada alat ini adalah hadirnya beberapa fitur pendukung yang sangat bermanfaat, diantaranya adalah: 

  • Plagiarism Checker
  • Grammar Check
  • Article Rewriter
  • Reverse Image Search 
  • Word Counter
  • PDF To Word Converter
  • What is My IP
  • Internet Speed Test 
  • Spell Checker
  • SEO checker
  • Plugin
  • dan sebagainya

Untuk batasan artikel yang akan dicek maksimal 1000 kata. Jika ingin batasannya lebih dari itu, Anda bisa mempertimbangkan cara cek plagiarisme secara online dengan menggunakan versi yang berbayar.  

cek plagiarisme online
Image: copyscape.com

Website kedua untuk cara mengecek plagiarisme online adalah Copyscape, merupakan website pengecekan plagiat yang bisa digunakan secara premium. Kelebihan yang dimiliki oleh website ini adalah munculnya konten yang terkena plagiat lengkap dengan alamat website-nya. 

Jadi, Anda bisa melihat konten mana yang sama dan menghubungi pihak pemilik website untuk menghapus konten tersebut. 

Intinya, Copyscape ini berguna untuk menghindari isi konten Anda tidak dikenali sebagai plagiat. Sayangnya, webste cek plagiat online ini mengharuskan Anda untuk isi saldo terlebih dahulu sebeum menggunakannya.

Agar bisa menggunakan website Copyscape ini sepuasnya, Anda bisa memilih layanan yang premium atau versi yang berbayar. 

Selain berfungsi sebagai pengecekan plagiat, Copyscape juga memiliki layanan lainnya, diantaranya adalah: 

  • Free Plagiarism Banner.
  • Copyscape Premium
  • Premium API
  • Copysentry
  • DupliChecker

Website berikutnya adalah Duplichecker yang memiliki batasan pengecekan maksimal 1000 kata. Cara menggunakan website ini juga sama mudahnya seperti website cek plagiat lainnya. 

Anda hanya perlu memasukkan konten milik Anda ke dalam form yang tersedia. Pada saat proses pengecekan sedang berlangsung, terdapat animasi dan tampilan result checking yang informatif. 

Diantaranya adalah informasi tentang seberapa besar kemiripan isi konten Anda dengan konten lainnya dalam bentuk persen. Jika tidak ditemukan indikasi adanya kesamaan konten atau lolos 100%. Maka, website ini akan memunculkan kalimat “No Plagiarism Detected!”.    

Selain memiliki fungsi sebagai untuk mengecek plagiarisme secara online, Duplichecker juga menyediakan sistem pengecekan lainnya, diantaranya adalah: 

  • Grammar
  • Paraphrasing
  • Backlink checker
  • Keyword position checker
  • Domain authority
  • Dan fitur menarik lainnya

Intinya, website Duplichecker ini dianggap sebagai alat pendeteksi plagiat gratis yang bekerja paling efektif di internet. Walaupun tidak memiliki fitur antarmuka yang terkesan mewah. Namun, proses pengecekan plagiat bisa dilakukan dengan baik. 

cek plagiarisme online dengan web
Image: unicheck.com

Cara mengecek plagiarisme secara online yang bisa Anda gunakan berikutnya adalah Unicheck. Cek plagiat yang satu ini cukup populer karena sering digunakan dalam dunia penulis, dunia pendidikan, peneliti, editor. 

Ada jutaan file yang sudah dicek menggunakan website Unicheck. Bahkan, jumlah file nya mencapai lebih dari 124 juta file. Jumlah penggunanya pun tidak kurang dari 1 juta yang berasal dari berbagai penjuru dunia. 

Jika Anda berencana mencari website yang paling akurat, Unicheck bisa Anda masukkan dalam daftar cek plagiat online paling akurat. Cara menggunakannya juga cukup mudah, Anda bisa langsung masuk ke website dan copy paste artikel Anda di tempat yang tersedia. 

Uniknya, Unicheck ini mampu melakukan pemindaian konten dari format yang berbeda secara bersamaan. Lamanya pemindaian juga termasuk cepat, yaitu hanya sekitar 4 detik per teks pemindaian. 

Itupun tanpa disertai dengan penurunan kecepatan. Hebatnya lagi, website yang satu ini juga mampu untuk memindai bagian terkecil dari hasil plagiat. 

Setidaknya, website Unicheck mampu melakukan pengecekan hingga 16 miliar halaman dan dokumen di Bing dan Google. Setiap kali selesai memindai, Anda akan melihat laporan plagiat dalam bentuk persentase lengkap dengan hyperlink menuju sumber aslinya. 

Dengan tampilan yang cukup interaktif yang menggunakan berbagai variasi warna dan proses pengecekan serta pemberian informasi yang mudah. Tidak heran jika Unicheck termasuk sebagai salah satu website anti plagiat yang paling diminati. 

Sayangnya, untuk bisa menikmati berbagai fasilitas yang tersedia. Anda harus berlangganan ke layanan yang premium dengan biaya sekitar us$ 5. Namun, sebelum memutuskan, Anda bisa mencoba terlebih dahulu secara gratis dengan batasan maksimal 275 kata. 

  • Dustball

Salah satu cara cek plagiarisme secara online yang tampilannya simpel dan user friendly adalah Dustball. Saat masuk di halaman web nya, Anda langsung disuguhi kolom pengecekan konten. 

Cara pengoperasiannya juga cukup mudah. Anda bisa copy paste konten apapun, baik itu artikel, pekerjaan rumah, atau tugas ke dalam kolom tersebut dan tekan tombol “Check the paper”. Secara otomatis, sistem akan melakukan pengecekan terhadap dokumen tersebut. 

Hasil result akan muncul keterangannya “ok” jika tidak ada indikasi plagiat. Sebaliknya, akan muncul keterangan “Plagiarism?” jika konten yang Anda masukkan ternyata terindikasi plagiat.

Selain melakukan pengecekan secara langsung, Dustball juga mampu melakukan pengecekan dokumen Microsoft Word. Namun, fitur yang ada pada Dustball hanya sebatas mengecek plagiarisme saja

Walaupun ada gratis pengecekan plagiat,  itu pun maksimal 1000 user untuk seluruh dunia setiap harinya. Jadi, Anda harus berebut untuk bisa menikmati fasilitas cek plagiat gratis.  

Dan jika ketentuannya sudah tercapai, maka akan muncul peringatan yang berbunyi “Free Limit Reached”. Jadi, untuk tetap bisa menggunakan Dustball, Anda harus berlangganan dengan biaya sebesar 8$ yang digunakan sebagai biaya perawatan.

  • PlagiarismChecker.com

Alternatif yang berikutnya adalah dengan menggunakan Plagiarism Checker.com. Saat menggunakan website ini, Anda akan diarahkan ke hasil pencarian Google

Jika terindikasi plagiat, akan muncul beberapa website atau blog yang mirip dengan konten yang Anda tulis. Walaupun dari segi tampilan terlihat biasa saja dibandingkan website lainnya. Namun, Anda bisa cek plagiat online secara gratis dengan menggunakan PlagiarismChecker.com ini. 

Sayangnya, website ini sudah tidak diperbarui lagi. Jadi, ada beberapa fitur yang bermasalah dan sudah tidak relevan lagi dengan kondisi yang sekarang. 

  • Quetext

Ini merupakan salah satu cara cek plagiat secara online yang tampilan website nya minimalis dengan warna model flat. Sayangnya, Anda bisa menggunakan versi gratisnya dengan batasan 500 kata saja. 

Dan untuk bisa menggunakan website Quetext sepuasnya, Anda harus membayar sebesar 9.99$ per bulan dengan batas maksimal 25.000 kata. Keuntungannya adalah, Anda bisa cek plagiat secara online dengan mudah dan cepat melalui Quetext

  • Plagiarisma

Cara cek plagiat secara online yang berikutnya adalah menggunakan Plagiarisma. Website yang satu ini menyediakan fitur pengecekan artikel dengan support 190 lebih bahasa serta fitur cek url website atau blog. 

Dibagian result, akan muncul website yang terindikasi duplikat seperti yang sedang Anda cek. Dikarenakan website ini gratis, 

heran jika ada batasan kata cek plagiat per harinya. Agar bisa melihat hasilnya dengan lebih lengkap, disarankan untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu. 

  • Plagium

Website cek plagiat online yang berikut ini juga memiliki cara pengecekan yang mudah dan simpel. Seperti website lainnya, Plagium juga memberikan fitur gratis pengecekan dengan batasan hingga 5.000 karakter setiap penggunaan. 

Untuk versi berbayarnya terdapat dua alternatif, yaitu: 

  • Biaya Quick Search : 0.04$/ page (sekitar Rp 500 an)
  • Biaya Deep Search : 0.08$/ page (sekitar Rp 1100 an)

Khusus bagi Anda yang melakukan pendaftaran, Anda bisa unggah file, mengecek, dan menerima laporan penggunaan kata. Sebagai saran, Anda bisa memilih menggunakan Plagium jika jarang mengecek plagiat. Sebab, perhitungannya jauh lebih murah dibandingkan dengan sistem bulanan. 

  • PlagScan

Sebenarnya, cara pengecekan plagiarisme secara online dengan menggunakan PlagScan ditujukan kepada orang-orang yang ada di akademisi. Namun, website ini tetap bisa digunakan untuk mengecek artikel atau konten website sebelum dipublikasikan. 

Cara pengecekannya cukup mudah, Anda hanya perlu melakukan beberapa kali klik untuk mengetahui keaslian sebuah artikel. Laporannya pun bisa disesuaikan dengan yang Anda butuhkan. Sayangnya, Anda hanya bisa menggunakan PlagScan secara gratis selama beberapa hari saja. 

Untuk selanjutnya, akan ada penawaran berlangganan untuk penggunaan yang lebih lama. Terdapat 4 alternatif pilihan penggunaan, yaitu Single User, School (sekolah), Higher Education (pendidikan yang lebih tinggi), dan business (bisnis). 

  • PlagTracker

Cara cek plagiat yang berikutnya bisa menggunakan website PlagTracker yang memiliki fitur pengecekan konten plagiat yang cukup lengkap.

Sayangnya, untuk bisa menggunakan fitur lengkap tersebut Anda harus menggunakan layanan premium. 

Beberapa fitur yang bisa Anda nikmati jika berlangganan adalah pengecekan grammar, pengecekan database, laporan dalam bentuk PDF yang cepat, bisa mengecek banyak file (.doc, docx, .txt), volume pengecekan yang unlimited, dan fitur menarik lainnya. 

Walaupun demikian, Anda masih bisa menggunakan layanan gratis yang ditawarkan PlagTracker.

Hebatnya lagi, jika website cek plagiat lainnya hanya memberikan free 1000 kata. Jika di website ini, pengecekan bisa mencapai hingga 5000 kata. 

cara mengecek plagiarisme online gratis
Image: scanmyessay.com
  • Viper Anti-plagiarism Scanner

Untuk bisa menggunakan cek plagiat yang satu ini, Anda harus mengunduh aplikasi Viper Anti-plagiarism Scanner terlebih dahulu dan memasangnya di perangkat desktop. Aplikasi ini memiliki 10 juta sumberdaya online dengan sistem antarmuka yang cukup sederhana. 

Informasi yang dihasilkan pun sangat jelas dan singkat yang mendukung lebih dari 50 bahasa serta bisa digunakan dengan berbagai tipe file.

Sayangnya, Anda harus membayar jika ingin menggunakan seluruh layanan yang ditawarkan. 

Namun, biaya yang Anda keluarkan tersebut sepadan dengan berbagai fitur menarik yang bisa Anda manfaatkan. Misalnya, bisa mengunggah file dari berbagai sumber (termasuk Google Drive) dan proses pengecekan yang sangat cepat sekitar 30 detik tanpa delay

  • WriteCheck

Untuk cara pengecekan plagiat berikutnya, Anda bisa menggunakan WriteCheck. Website yang satu ini memberikan layanan berupa fitur pengecekan konten, kutipan, dan juga sumber yang digunakan dengan cepat. 

Selain itu, WriteCheck juga menyediakan fitur pengecekan grammar. Anda bisa mendapat umpan balik secara instan perihal ejaan, tata bahasa, dan penggunaan kata di dalam konten yang Anda miliki. 

Menariknya lagi, pada fitur ini terdapat buku panduan bagi penulis yang secara otomatis sudah terintegrasi. Selain pengecekan dengan mesin, website ini juga menyediakan pengecekan secara manual. 

Layanan tersebut dikerjakan oleh beberapa mentor profesional yang akan memberikan masukan kepada Anda secara kritis terhadap konten yang Anda sediakan. Layanan ini bisa Anda nikmati dengan membayar $7.95 per konten. 

  • Grammarly

Cek plagiat berikutnya adalah Grammarly. Sesuai dengan namanya, website ini menyediakan grammar checker dan plagiarism checker juga. Tampilan yang dimiliki website ini cukup simpel dan user friendly. Selain itu, fitur yang tersedia juga lengkap seperti website cek plagiat lainnya. 

  • Plagiarism Detector

Terakhir, Anda bisa menggunakan Plagiarism Detector untuk mengecek keaslian konten yang Anda miliki.

Tersedia dua alternatif yang bisa Anda gunakan, yaitu dengan cara copy paste file atau dengan mengisi link url website. Fitur lain yang ada di website ini adalah fitur Grammar Check.

Ada banyak sekali website yang menawarkan cara mengecek plagiarisme online.

Apakah memilih website cek plagiat gratis atau yang berbayar, pilihlah website yang menurut Sahabat Tedas.id paling lengkap dan sesuai dengan kebutuhan. 

Anton Wahyu

Nama Saya Anton Wahyu biasa dipanggil Anton. Saya adalah Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Swasta di Solo. Saya juga merupakan penulis artikel, punya hobi mendengarkan musik, di website ini Saya mencoba membagikan informasi yang semoga bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *