cara mengecek imei samsung
Tutorial

3 Cara Mengecek IMEI Samsung Asli Dengan Mudah

Cara Mengecek IMEI Samsung – IMEI atau International Mobile Equipment Identity merupakan sebuah kode identitas dari suatu handphone. IMEI adalah nomor atau kode yang terdiri dari 14 hingga 16 angka yang bersifat unik.

IMEI adalah nomor khusus yang dikeluarkan asosiasi GSM untuk setiap slot kartu SIM yang dikeluarkan oleh produsen perangkat smartphone. Apabila smartphone anda memiliki akses dual SIM, maka handphone anda akan memiliki dua nomor seri IMEI yang berbeda.

Berbagai perangkat seluler atau smartphone seperti Samsung, iPhone, Xiaomi, Vivo, Oppo, LG, dan lain-lainnya pasti memiliki nomor seri IMEI. Nomor ini yang menjadi identitas handphone tersebut.

 Cek IMEI Samsung Anda Sekarang

Masing-masing handphone akan memiliki kode IMEI yang berbeda. Nomor IMEI adalah tanda keaslian dari sebuah perangkat handphone. Selain itu, anda dapat melacak ponsel anda yang hilang  dan memblokir smartphone menggunakan kode IMEI.

IMEI bisa menjadi bukti bahwa ponsel yang anda miliki bersifat legal untuk diperjual belikan. Maka, bagi anda yang menggunakan produk HP Samsung yang ilegal, anda perlu waspada jika handphone tidak memiliki nomor seri IMEI.

Kabarnya, pemerintah akan mengeluarkan regulasi terkait pemblokiran nomor IMEI untuk produk smartphone ilegal atau black market yang beredar di Indonesia.

3 Cara Mengecek IMEI Samsung Dengan Mudah

Maka dari itu, sangat penting untuk anda mengecek nomor IMEI sebelum membeli ponsel atau perangkat lainnya. Anda perlu mengetahui nomor seri IMEI dari ponsel yang akan atau sedang anda gunakan.

 3 Cara Mengecek IMEI Samsung Dengan Mudah

Khusus pengguna Samsung, ada beberapa cara mengecek IMEI Samsung dengan sangat mudah.

Anda bisa mencobanya dengan mengikuti langkah-langkah cara mengecek IMEI samsung di bawah ini.

  1. Cara Mengecek IMEI Samsung Di Dus Book dan Baterai HP

Cara mengecek IMEI Samsung yang pertama adalah dengan mencocokan nomor seri IMEI yang terdapat pada box Hp Samsung dengan nomor seri IMEI yang ada di baterai HP Samsung.

Ciri-ciri IMEI pada kardus atau box Hp adalah adanya ikon barcode. Kode IMEI terletak di bagian bawah ikon barcode yang bisa anda cek di kardus ponsel anda.

Khusus untuk smartphone dengan merk Samsung, kode IMEI selalu diawali dengan angka 35. Untuk mengecek keasliannya, anda dapat mencocokan kode IMEI yang ada pada kotak Hp dengan seri IMEI yang ada di baterai Hp.

Baca Juga: Review Samsung Note 10

Jika nomor seri IMEI yang terdapat di kotak Hp dan di baterai Hp sama, berarti kode IMEI smartphone anda asli. Cara ini dapat digunakan untuk perangkat Samsung dengan baterai yang dapat dilepas. Ini dia langkah-langkah mencocokan IMEI Hp Samsung yang asli:

– Pastikan perangkat Samsung anda dalam keadaan mati. Lalu lepas baterai dari body perangkat Samsung.

– Lihat ikon barcode

– Lihat angka di bagian bawah ikon barcode

– Cari barisan kode IMEI yang diawali dengan angka 35

  1. Cara Mengecek IMEI Samsung Melalui Kode Dialing

Cara cek IMEI Samsung yang kedua adalah dengan melalui dial phone atau melalui keypad. Cara mengecek IMEI Samsung melalui kode dialing ini digunakan untuk mengetahui kode IMEI pada sistem perangkat Samsung. Berikut langkah-langkahnya:

– Buka terlebih dahulu menu keypad atau panggilan telepon

– Lalu tekan kode *#06#

– Kemudian tekan tombol panggil atau call

– Informasi nomor IMEI akan muncul secara otomatis pada layar perangkat Samsung anda

Cara mengecek IMEI Samsung dengan kode dialing dapat diterapkan juga pada smartphone merk Xiaomi, Oppo, Realme, LG, dan smartphone android lainnya.

  1. Cara Mengecek IMEI Samsung Melalui Setting

Cara mengecek IMEI Samsung yang ketika adalah melalui menu setting atau pengaturan. Anda dapat melihat nomor IMEI yang terdapat pada sistem ponsel anda melalui menu setting. Ini dia langkah-langkah cek IMEI Samsung melalui menu setting:

– Masuk ke menu aplikasi dan pilih menu setting atau pengaturan

– Lalu pilih opsi Tentang Handphone atau About Phone yang biasanya ada di bagian bawah

– Kemudian pilih opsi Status

– Setelah itu pilih opsi Informasi IMEI

– Nantinya akan muncul dua nomor IMEI yang berbeda untuk handphone dengan dual SIM

Pada menu setting anda juga dapat melihat informasi lainnya terkait perangkat Samsung.

Cek IMEI Samsung Resmi Untuk Memastikan Keaslian Melalui Web

cek imei samsung

Image: imei.kemenperin.go.id.

Setelah anda melakukan pengecekan nomor IMEI ponsel Samsung anda dengan mengikuti langkah-langkah di atas, pastikan semua nomor seri IMEI sama. Mulai dari nomor IMEI pada Dus Book, Baterai Hp, dan Sistem Hp.

Seperti informasi yang sudah disampaikan di atas, bahwa pemerintah akan memblokir nomor IMEI untuk ponsel-ponsel ilegal yang dijual dengan cara black market.

Pemblokiran tersebut akan berlaku untuk smartphone merk Samsung yang kode IMEI-nya tidak terdaftar di database Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin). Maka dari itu, cek IMEI Samsung anda melalui situs web.

Berikut cara mengecek IMEI Samsung melalui web Kemenperin:

– Buka laman web https://imei.kemenperin.go.id/

– Masukkan nomor IMEI Samsung anda pada kotak pencarian lalu klik CHECK. Cek IMEI Samsung dengan cara-cara di atas

– Akan muncul secara otomatis informasi nomor IMEI, perusahaan, merek, model, tahun rilis, dan spesifikasi hardware

 Cara mengecek IMEI Samsung yang sudah dijelaskan di atas dapat menentukan apakah ponsel Samsung anda asli atau tidal, dan ilegal atau resmi. Setelah anda cek IMEI Samsung di laman web Kemenperin, maka akan muncul informasi perangkat.

Jika informasi yang muncul berbeda dengan smartphone yang anda miliki, maka kemungkinan besar smartphone Samsung anda palsu atau ilegal.

 Cara Mudah Cek Keaslian Samsung Sebelum Membeli

 Cara Mudah Cek Keaslian Samsung Sebelum Membeli

Ketika kamu berniat untuk membeli smartphone Samsung, ada beberapa tips untuk mengecek keaslian Handphone yang bisa kamu jadikan penilaian dasar sebelum memutuskan untuk membeli ponsel bermerek Samsung.

Sebenarnya, anda dapat mengetahui keaslian Hp Samsung dengan mudah. Anda dapat melihat langsung built quality nya. Hp Samsung yang asli pasti memiliki built quality yang sangat bagus dan juga kuat serta kokoh saat dipegang.

Simak tips dasar ini untuk mengecek keaslian Hp Samsung yang akan kamu beli:

  1. Harga Yang Masuk Akal

Jangan pernah mudah tertarik dengan penawaran harga yang murah untuk perangkat ponsel. Murah disini dapat diartikan sebagai harga miring yang jauh dari harga pasaran. Maka dari itu, anda perlu hati-hati ketika ditawarkan produk smartphone Samsung dengan harga miring.

Jika harganya terlalu turun dari harga pasaran, maka bisa jadi kualitas Hp tersebut sangat jelek. Hp Samsung palsu atau smartphone yang ditawarkan dengan harga miring bisa jadi terbuat dari komponen kualitas yang sangat rendah.

Maka, lebih baik anda membeli smartphone atau perangkat Samsung lainnya di konter Hp yang sudah terjamin bagus.

  1. Cek Tampilan Luar dan Kamera Hp

Smartphone Samsung memiliki tampilan luar yang sesuai dengan gambar iklan promonya. Selain itu bentuk smartphone Samsung asli juga bagus dan terlihat kokoh saat digenggam.

Lalu, tes kualitas kamera Hp Samsung. Smartphone Samsung yang asli memiliki kualitas kamera yang bagus karena memiliki sensor kamera terbaik sehingga akan menghasilkan foto yang jernih, jelas, dan tajam.

  1. Cek Ketepatan IMEI

Tips paling penting adalah cek IMEI Samsung melalui dusbook dan perangkat samsung. Cocokan nomor IMEI yang tertera pada dus book dan pada perangkat handphone. Apabila memiliki nomor Seri yang sama, maka anda tidak perlu khawatir.

Itulah beberapa cara mengecek IMEI Samsung dan tips memastikan keaslian ponsel Samsung saat anda akan membelinya.

Share artikel ini untuk berbagi informasi dengan kerabat anda yang lain. Ikuti terus informasi bermanfaat lainnya hanya di Tedas.id, portal informasi yang nyata dan jelas.

Fina Fauziyah
Nama saya Fina. Pecinta drama korea genre drama misteri, law, dan politik. Tidak bercita-cita menjadi politikus, hanya mahasiswa tingkat akhir yang sedang mencari talenta.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *