8 Cara Mengatasi WiFi yang Limited dengan Mudah

Artikel terakhir diperbaharui 26-05-2021 oleh Aldy Amrillah

Berlayar di dunia maya dengan lancar merupakan dambaan semua orang. Akan tetapi, kadang terjadi error pada koneksi WiFi pada laptop atau komputer.

Dam pada umumnya koneksi yang terputus tersebut ditandai dengan munculnya tulisan limited access. Dalam kasus ini, tenang, ada berbagai cara mengatasi WiFi yang limited. 

Cara Mengatasi WiFi yang Limited 

Limited WiFi access dapat dialami oleh setiap pengguna WiFi karena berbagai sebab seperti error pada IP yang bertabrakan dengan perangkat lain yang telah terhubung, masalah jaringan, maupun masalah pada perangkat. Untuk mengatasinya, lakukanlah beberapa cara berikut ini, diantaranya:

Ubah IP Address

Cara mengatasi wifi yang limited pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengganti IP Addres. Caranya cukup mudah. Bukalah fitur control panel pada laptop atau komputer Anda, kemudian pilih All Control Panel Items, dan Network and Sharing Center.

Setelah itu, pilihlah menu Connection lalu Wireles Network Connection. Di laman, Anda akan disuguhkan pada nama WiFi yang terjangkau. Klik kanan pada nama WiFi yang ingin Anda gunakan. Pilih menu Properties, kemudian klik Internet Protocol Version 4 (TCP/Ipv4).

Setelah itu, klik pada menu Properties. Anda akan diminta untuk mengisi alamat IP. Isilah sesuai dengan IP yang diberikan oleh provider. Kemudian, klik tombol OK dan Anda dapat kembali menggunakan WiFi dengan lancar.

Reset IP Address

Cara mengatasi WiFi limited juga dapat dilakukan dengan mereset alamat IP. Hal ini dilakukan apabila masalah tersebut disebabkan oleh adanya error pada IP. Caranya cukup simple, yaitu dengan mengetikkan sejumlah perintah pada CMD.

Untuk mengetikkan perintah, Anda harus masuk ke CMD terlebih dahulu dengan run administrator. Anda akan mendapati kotak dialog, dan pada kotak itu masukkan perintah “netsh int ip reset C:/resetlog.txt. Setelah itu, restart komputer Anda dan cobalah koneksi WiFi-nya.

cara mengatasi wifi limited

Aktifkan FIPS pada Windows 8.1

Apabila masalah limited wifi acces dialami pada perangkat dengan windows 8.1, Anda dapat menanganinya dengan mengaktifkan FIPS. Cara ini dinilai ampuh untuk mengatasi WiFi error dan memulihkannya agar dapat diakses kembali.

cara mengatasi wifi yang limited adalah dengan membuka Control Panel. Kemudian pilih Network and Sharing Center, maka Anda akan disuguhkan pada beberapa pilihan nama WiFi yang memungkinkan untuk diakses. 

Disini, Klik pada Wireles Network Connection yang disertai dengan nama WiFi yang ingin digunakan. Setelah itu, klik Wireless Properties, pilih Security, kemudian pilih menu Advance Setting. 

Berilah tanda ceklis atau centang pada pilihan Enable Federal Information Processing Standards (FIPS) compliance for this network. Kemudian, Anda dapat menyambungkan kembali perangkat komputer atau laptop pada Wifi.

Hentikan Bonjour Service

Bonjour Service dapat menjadi salah satu penyebab limited wifi access pada perangkat komputer atau laptop. Cara mengatasi wifi yang limited akibat service ini dapat dilakukan dengan menghentikan service untuk sementara.

Caranya cukup simple. Pertama, Anda harus masuk pada menu Start, kemudian pilih Accessories dan Run. Ketik “services.msc” pada kotak yang telah disediakan, kemudian enter. Anda akan disuguhkan pada kotak dialog yang berisi banyak tulisan berupa kode sistem.

Klik dua kali pada tulisan Bonjour Service, maka Anda akan masuk pada pengaturan Bonjour Service. Pilih Stop, kemudian set menjadi Disable untuk menghentikannya, lalu tekan OK. Setelah itu, cobalah untuk mengkoneksikan kembali perangkat komputer pada WiFi yang Anda inginkan.

Restart Router

Router merupakan perangkat modem WiFi yang digunakan. Apabila Anda mendapati masalah jaringan sedang digunakan pada laptop atau komputer, sedangkan pada kenyataannya tidak demikian, menyalakan kembali router dapat menjadi solusi yang paling mudah.

Anda cukup mematikan router WiFi Anda dengan menekan tombol powernya. Kemudian, diamkan beberapa saat terlebih dahulu sebelum menyalakannya kembali. Cara ini dilakukan agar router dapat kembali bekerja dengan benar.

Restart Komputer

WiFi yang limited tidak hanya dapat disebabkan oleh jaringan yang error, tapi juga pemakaian sistem pada perangkat komputer atau laptop yang terlalu berat atau konfigurasi network yang bermasalah. Untuk mengatasinya, Anda dapat merestart komputer, kemudian menyambungkan WiFinya kembali.

Update Driver Wireless

Driver WiFi yang sudah tidak up to date juga dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya limited wifi access. Oleh karena itu, Anda harus mengupdate driver wireless pada perangkat komputer atau laptop dengan driver terbaru yang dapat didownload melalui internet. 

Salah satu cara update driver ini dapat dilakukan dengan membuka fitur Control Panel terlebih dahulu. Kemudian, tekan All Control Panel Items, lalu pilih System. Masuk pada Device Manager, dan pilih Network Adapters maka Anda akan disuguhkan pada pilihan jaringan WiFi yang tersedia.

Klik kanan pada nama WiFi yang ingin Anda koneksikan, kemudian pilih Driver Software. Setelah itu, tekan pada Browse my computer for driver software. Pilih Let me pick from a list of device drivers on my computer, lalu tekan Browse – Have Disk. Kemudian pilih driver yang telah Anda unduh tadi.

Restart Service

WiFi limited juga dapat diatasi dengan memulai ulang service atau layanan pada perangkat komputer atau laptop. Berbeda dengan restart komputer, restart service hanya akan memulai kembali service atau layanan. Akan tetapi, keduanya sama-sama dapat menjadi alternatif cara mengatasi WiFi limited.

Caranya mudah, Anda hanya perlu membuka fitur Run. Agar lebih mudah, tekan saja tombol windows + r pada keyboard. Setelah berada pada fitur Run, ketik “services.msc”. Kemudian pilih beberapa service seperti DNS Client, DHCP Client, dan Wlan AutoConfig. Klik kanan, dan pilih restart.

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan. Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *