memori hp penuh
Tutorial

Ini Daftar Cara Mengatasi Memori Penuh Pada Ponsel

Cara Mengatasi Memori Penuh – Bagaimana jadinya jika saat ingin menginstall suatu aplikasi atau memotret sesuatu ada pemberitahuan bahwa ruang penyimpanan Anda sudah habis? Pasti akan sangat menjengkelkan, bukan? Berkaitan dengan itu, pastikan Anda tahu bagaimana cara mengatasi memori penuh dengan mudah.

Ketika memori ponsel penuh, maka akan sulit bagi Anda untuk melakukan apapun. Apalagi untuk menginstall aplikasi yang diinginkan. Maka dari itu, berikut ini akan dijelaskan mengenai apa saja penyebab dari memori penuh dan bagaimana cara untuk mengatasinya.

Penyebab Ruang Penyimpanan Penuh

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan ruang penyimpanan dari sebuah smartphone penuh.  Penyebab yang pertama bisa jadi karena terlalu banyak aplikasi yang terinstall dalam satu smartphone.

mengatasi memori hp penuh

Selain itu, hal ini bisa juga disebabkan  file cache dari aplikasi dan hasil browsing yang tidak dibersihkan secara berkala. Terakhir, penuhnya ruang penyimpanan bisa disebabkan karena penggunaan memori untuk kebutuhan penyimpanan foto, video yang berlebih.

3 hal yang telah disebutkan diatas adalah faktor utama dari penuhnya memori internal sebuah smartphone. Jika hal semacam ini terjadi pada ponsel Anda, maka segera lakukan pembersihan sehingga kinerja ponsel tidak terganggu dan bisa digunakan menyimpan data lebih banyak.

Daftar Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan yang Penuh

Mengatasi ruang penyimpanan penuh atau memori penuh ini cukup mudah. Namun, beberapa caranya memang harus dilakukan secara berkala. Disini ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan kemudian Anda jalankan. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Hapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Bagi para pemilik smartphone, menginstall banyak aplikasi untuk memenuhi kebutuhan penggunaan sebenarnya sudah wajar. Namun sayangnya jika terlalu banyak, hal ini dapat membuat memori ponsel Anda cepat penuh.

Tidak hanya itu, banyaknya aplikasi berat seperti game mobile atau lainnya juga bisa membuat ruang penyimpanan Anda terkuras habis. Padahal, biasanya beberapa aplikasi tersebut sudah tidak terlalu penting dan jarang digunakan.

Tapi  disini Anda tidak perlu khawatir lagi, karena ada cara membersihkan ruang penyimpanan yang bisa dengan mudah dilakukan, yakni dengan menghapus beberapa aplikasi yang tidak begitu dibutuhkan. Cara menghapus aplikasi ini adalah dengan langkah sebagai berikut.

Pertama, Anda bisa membuka menu Pengaturan. Setelah itu, cari dan pilih opsi Setelah dan Manajemen Aplikasi.

cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi

Kemudian, carilah aplikasi mana yang akan Anda hapus. Setelah Anda menemukannya, tinggal tap pada pilihan Hapus Instalasi atau Bongkar Aplikasi. Cukup mudah bukan?

cara membersihkan ruang penyimpanan

  • Hapus File Cache

Selain dengan menghapus aplikasi yang sudah tidak diperlukan lagi, ada cara lain yang bisa Anda lakukan dalam mengatasi memori internal penuh pada ponsel. Caranya adalah dengan menghapus semua file cache yang ada pada ponsel Anda.

Cache yang ada pada sistem ponsel ini ada akibat dari penggunaan aplikasi maupun hasil browsing. Membersihkan cache ini bisa dengan menggunakan aplikasi bantuan bernama Clean Master atau aplikasi pembersih cache yang lainnya.

Tapi, ada cara membersihkan memori internal penuh dengan cara yang cepat dan tanpa menginstall aplikasi lainnya lagi yang akan menambah penuhnya ruang penyimpanan pada ponsel Anda.

Langkah pertama adalah, Anda cukup membuka menu Pengaturan pada ponsel. Langkah keduanya adalah memilih opsi Manajemen Aplikasi.

cara mengatasi memori penuh hp

Langkah selanjutnya tinggal Anda pilih aplikasi mana yang cachenya ingin dihapus, kemudian pilih hapus cache.

mengatasi memori penuh

  • Hapus Pesan

Terkadang ada banyak pesan masuk berupa SMS dari nomor yang tidak dikenal maupun pesan dari aplikasi untuk proses verifikasi sesuatu. Pesan ini biasanya akan semakin banyak dan menumpuk, padahal tumpukan pesan tersebut sudah tidak penting lagi dan bisa memenuhi penyimpanan ponsel.

Bukan hanya pesan dari SMS, chatting yang Anda lakukan di beberapa aplikasi media sosial yang tidak segera dihapus dan menumpuk juga akan membuat memori Anda cepat penuh. Oleh sebab itu, usahakan untuk sesering mungkin menghapus pesan masuk jika sudah tidak penting lagi.

Cara mengatasi memori penuh dengan menghapus pesan ini bisa dilakukan dengan memilih opsi hapus semua pesan pada menu SMS di ponsel Anda.

bagaimana cara mengatasi memori penuh

Sedangkan untuk pesan pada aplikasi chatting, maka Anda bisa menghapusnya sesuai ketentuan dan fitur yang disediakan setiap aplikasi tersebut.

Penghapusan pesan ini tentu akan mengurangi penggunaan ruang penyimpanan pada ponsel Anda, sehingga memori internalnya tidak begitu penuh lagi. Ini bertujuan untuk memudahkan Anda jika ingin menginstall aplikasi lain atau menyimpan foto lebih banyak lagi.

  • Memindahkan Aplikasi ke SD Card

Saat ini, untuk menambah jumlah kapasitas penyimpanan dalam ponsel, Anda bisa menggunakan memori eksternal untuk menambahkan ruang penyimpanan internalnya. Hal semacam ini tentu akan sangat membantu ketika memori internal Anda sudah penuh.

mengatasi memori ponsel penuh

Menggunakan SD card juga merupakan salah satu cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi yang bisa Anda coba. Maksud dari penggunaan SD Card ini salah satunya adalah Anda bisa memindahkan aplikasi yang sudah terinstall di ponsel Anda ke memori eksternal yang ada.

Tentunya pemindahan aplikasi ini dapat menolong Anda untuk mengurangi permasalahan dari memori internal pada ponsel yang penuh. Caranya juga cukup mudah, Anda tinggal buka menu Setting, kemudian pilih Setelan Tambahan, lalu pilih Manajemen Aplikasi, dan pilih aplikasi yang diinstall.

Kemudian Anda tinggal mencari dan memilih aplikasi mana yang akan dipindahkan ke memori eksternal. Setelah memilih aplikasi yang akan dipindahkan, kemudian Anda tinggal pilih opsi pindahkan ke SD Card. Secara otomatis, aplikasi Anda akan berpindah penyimpanan ke memori eksternal.

  • Atur Ruang Penyimpanan File Foto

Ada banyak sekali pengguna smartphone yang suka berfoto ria maupun mengambil foto pemandangan yang disukainya. Hal tersebut pun sudah sangat didukung dengan berbagai fitur pengambilan foto dari ponsel-ponsel terbaru. Inilah salah satu hal yang menyebabkan memori handphone Anda cepat penuh.

File foto tersebut memakan kapasitas penyimpanan yang lumayan, terlebih jika kualitas foto yang dihasilkan mempunyai resolusi tinggi. Jelas ini akan sangat berpengaruh terhadap ruang penyimpanan Anda.

Semakin besar resolusi kamera yang Anda miliki, akan semakin besar pula kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan. Maka dari itu, upayakan untuk menghapus beberapa foto yang sekiranya sudah tidak dibutuhkan lagi.

Tapi jika tidak ingin menghapusnya, maka Anda bisa mengubah pengaturan penyimpanannya ke memori eksternal juga.

Caranya dengan membuka aplikasi kamera, lalu Anda tinggal cari dan pilih icon gear. Kemudian cari menu lokasi penyimpanan dan pilih SD Card.

  • Memindahkan File Foto, Video, dan Musik ke SD Card

Selain memindahkan aplikasi yang ada pada ponsel ke memori eksternal atau SD Card ini, Anda juga bisa memindahkan file foto, video, dan musik ke memori eksternal juga. Hal ini bertujuan untuk membuat memori internal Anda menjadi lebih besar.

Semakin lama Anda menggunakan ponsel, maka akan semakin banyak kebutuhan kapasitas penyimpanan. Terlebih untuk penyimpanan yang biasanya Anda butuhkan untuk file berupa foto,  video, maupun file musik yang tentu akan memakan memori lumayan besar.

Nah, berikut ini akan diberikan langkah yang cukup mudah dalam mengatasi memori penuh akibat file-file yang terlalu banyak sehingga membuat ruang penyimpanan Anda penuh.

Langkah pertamanya adalah membuka menu File Manager, lalu buka folder penyimpanan foto, video, dan musik.

cara mengosongkan memori hp tanpa menghapus aplikasi

Sampai disini, Anda tinggal memilih file mana yang akan dipindahkan ke memori eksternal.  Kemudian pilih opsi Move.

bagaimana cara mengosongkan memori hp tanpa menghapus aplikasi

Selanjutnya pilih Paste dengan mengarahkannya ke memori eksternal atau SD Card. Cara ini bisa Anda gunakan untuk mengurangi ruang penyimpanan penuh pada ruang internal, dan menyeimbangkan jumlahnya dengan yang ada di memori internal ponsel.

cara membersihkan memori hp

  • Hapus Data Aplikasi Offline

Anda pasti memiliki aplikasi offline pada ponsel bukan? Nah, aplikasi ini ternyata juga bisa membuat memori internal Anda penuh. Hal ini karena banyaknya cache yang tidak dihapus serta penumpukan data yang dilakukan secara tidak sadar.

Aplikasi offline ini memang memberikan Anda akses tanpa menggunakan jaringan internet untuk menjalankannya. Aplikasi offline ini diantaranya seperti game offline atau aplikasi offline lain seperti Joox dan sejenisnya. Tentu aplikasi ini juga membutuhkan ruang penyimpanan.

Semakin banyak aplikasi, maka akan semakin cepat pula memori internal Anda penuh. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena ada cara mengatasi memori penuh pada ponsel Anda secara mudah dan juga cepat terkait dengan permasalahan ini.

Caranya yakni dengan membuka aplikasi offline Anda, kemudian pilih menu Profil. Setelah itu, masuk ke menu Pengaturan, pilih Unduhan, dan pilih Hapus Unduhan. Atau Anda bisa membuka menu Manajemen Aplikasi, lalu memilih aplikasi yang akan dihapus datanya, dan pilih Hapus Data.

bagaimana cara membersihkan memori hp

Pentingnya Membersihkan Penyimpanan Ponsel Secara Berkala

Penuhnya ruang penyimpanan pada ponsel yang Anda gunakan ini tentu dipengaruhi oleh beberapa faktor. Diantaranya adalah banyaknya aplikasi yang diinstall hingga banyaknya cache yang tidak kunjung dibersihkan.

Tentu hal-hal semacam ini jika dibiarkan dan tidak segera diatasi akan membuat memori internal Anda cepat penuh. Akibatnya, penggunaan smartphone pun tidak akan bisa maksimal. Akibat dari hal ini di antaranya bisa membuat kinerja ponsel tersebut menjadi lambat.

Selain itu, Anda akan kesulitan jika ingin mendownload file maupun menyimpan data dalam ponsel. Karena itu, akan lebih baik jika sampah dalam ponsel maupun file dan aplikasi tidak penting ini dibersihkan secara berkala.

Cara-cara yang sudah dijelaskan di atas bisa Anda gunakan untuk mengatasi memori internal yang penuh dengan cukup mudah. Pastikan untuk melakukannya secara berkala dan cermat, sehingga data yang masih digunakan dan cukup penting tidak ikut terhapus.

Setiamah Setya
Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *