Cara Mengatasi Google Drive Limit dengan Cepat dan Mudah

Cara Mengatasi Google Drive Limit – Kini dengan adanya penyimpanan Google Drive pekerjaan dan tugas sekolah semakin mudah untuk dikerjakan.

Semuanya menjadi mudah karena Google Drive memberikan penyimpanan gratis sebanyak 15 GB.

Tak hanya untuk menyimpan, Google juga memberikan layanan Google Doc, Google Spreadsheet hingga formulir dan pembuatan slide. Dengan adanya fitur ini, pengolahan data untuk segala kebutuhan menjadi mudah.

Bagaimana cara mengatasi Google Drive limit? Pertanyaan ini pasti akan muncul ketika akses terhenti atau proses download sebuah file tidak bisa dilakukan. Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Buat kamu yang mengalami masalah limit, bisa cari tahu cara mengatasinya di sini.

Alasan Mengapa Muncul Limit pada Google

Google Drive menjadi tempat penyimpanan paling favorit karena ruang yang diberikan secara gratis cukup luas.

Selain itu setiap orang bisa mengakses file yang tersedia di dalamnya. File yang tersedia bisa beragam mulai dari document, file film, foto  hingga file slideshow.

Sebuah masalah yang seringkali muncul adalah ketika ruang penyimpanan yang tersedia masih banyak, tetapi file tidak bisa diunduh.

Biasanya akan muncul tulisan ‘’Sorry, you can’t view or download this file at the moment. Bisa juga tulisannya Google Drive can’t connect.

Hal ini bukan karena jaringan internet yang terputus, tetapi juga penyebabnya adalah limit Google. Limit yang dimaksud ini bukan karena ruang Google Drive yang penuh.

Google memiliki bandwith maksimum untuk pengunduhan dari setiap file yang telah diunggah. Ketika batas maksimum yang dimiliki telah habis, maka file tidak bisa diunduh kembali.

Berapakah batas maksimal yang diberikan pada waktu pengunduhan, tidak ada angka yang pasti. . Google memberikan batasan ini tergantung dengan kesibukan server.

cara mengatasi limit google drive

Pada beberapa forum ada yang mengatakan bahwa pengunduhan maksimal adalah 6,6 GB tetapi tidak ada yang tahu dengan pasti.

Pengunduhan yang jumlahnya besar ini biasanya terjadi untuk file video seperti film. Jika yang diunduh hanya dokumen, biasanya tidak akan mengalami masalah limit.

Alasan mengapa Google memberikan batas limit tentu saja berhubungan dengan profit. Terlalu banyak pengunduhan dilakukan akan membuat server overheated, khususnya akun gratis.

Jika kamu membeli ruang tambahan, tentu saja masalah limit ini tidak akan terjadi. Proses pengunduhan bisa dilakukan tanpa limit dan ruang penyimpanan menjadi lebih besar.

Lalu bagaimana dengan akun gratisan? Apakah tidak ada cara untuk mengatasi limit yang terjadi di Google Drive? Tentu saja ada, yuk simak beberapa caranya berikut ini.

Cara Mengatasi Limit Google Drive dengan Cepat

 Bagi kamu pemilik akun gratisan pasti sering bingung bagaimana cara untuk mengakali limit yang muncul pada Google Drive. Padahal kamu harus mendapatkan file penting tersebut secepatnya.

Google akan menghilangkan limit setelah pengguna akun gratisan menunggu selama satu hingga dua hari. Karena Google membutuhkan waktu agar server tidak kelebihan beban.

Bagi kamu yang mau menunggu cara mengatasi Google Drive limit yang bisa dilakukan adalah dengan mengunduh file di pagi hari keesokannya. Tapi jika ternyata limit masih belum dibuka, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengubahnya.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk mengatasi limit yang terjadi Google Drive.

1. Masuk ke Preview File

limit google drive

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan masuk ke halaman preview file. Caranya adalah memiliki akun Google dan terhubung ke Google Drive. Setelah itu kamu bisa mencari file yang hendak di unduh.

Cara mengetahui file yang sudah dibagikan adalah dengan masuk ke menu Share file atau ‘’Dibagikan kepada saya’’. Setelah masuk ke halaman tersebut, kamu bisa menemukan file yang ingin di download.

Jika file sudah ketemu, klik kanan pada file dan pilih menu ‘’Get shareable link’’. Maka akan muncul ‘’link copied to clipboard’’. Jika sudah, buka tab baru dan paste link yang tadi sudah dicopy.

Maka kamu akan langsung diarahkan ke halaman preview file. Tapi jika ternyata kamu tidak mendapatkan file dari sharing teman atau mendapatkannya dari situs maka cara preview file adalah klik link download yang tersedia.

Ada beberapa situs download yang tidak memiliki halaman preview. Untuk itu kamu harus mencermati pada bagian URL nya.

Apabila URL setelah nama Google Drive terdapat UC maka kamu harus menggantinya dengan tulisan open.

Setelah itu enter maka kamu akan masuk ke halaman previewnya.

google drive limit kuota

2. Menggunakan shortcut

Pada saat sudah masuk ke halaman preview, maka kamu akan melihat pada bagian pojok kanan atas halaman menu ‘’Add to My Drive’’. Ikon yang tersedia berbentuk segitiga.

Fitur ini memiliki fungsi untuk membuat file bisa tersimpan ke halaman utama Google Drive di akun Google kamu. Cara mengeceknya adalah dengan melihat di halaman recent.

Jika Add to my drive tidak ada, maka menunya adalah shortcut. Menggunakan shortcut akan memungkinkan satu file sama berada di cloudstore sama. Maka menu ini sebaiknya dipilih.

Ketika kamu klik menu ini, maka pengguna akan diarahkan langsung ke file aslinya.

Cara mengatasi limit Google Drive sendiri adalah dengan membuat file duplikat melalui shortcut ini. Kamu tinggal klik menu tersebut dan lanjut ke proses selanjutnya.

3. Membuat copy file

google drive limit

Kamu sudah masuk ke file aslinya, kemudian kamu bisa mengcopynya agar bisa memindahkan langsung ke Google Drive milikmu.

Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah memastikan ruang di Google Drive masih tersedia cukup besar dibandingkan file yang hendak di copy.

Jika ruang Google Drive masih terlalu sedikit, kamu bisa menghapus file di menu Trash. Biasanya masih banyak file yang belum terhapus di sana.

Selain itu, file yang hendak diunduh harus memiliki izin duplikasi terlebih dahulu.

Ada beberapa file yang tidak bisa diunduh karena pemilik file memberikan pembatasan pengunduhan terhadap file tersebut.

Kamu akan kesulitan untuk mengunduhnya walaupun limit dari Google Drive sudah teratasi.

mengatasi limit dari google drive

Untuk membuat file duplikasi cukup dengan klik kanan pada file kemudian pilih menu Make a copy atau membuat salinan. Maka biasanya file copy akan langsung terbuat.

4. Mengunduh file

google drive kuota

Apabila langkah ketiga sudah selesai, maka masalah google drive kuota terlampaui sudah bisa teratasi. File copy biasanya memiliki nama yang berbeda yaitu memiliki nama copy di bagian depannya.

File tersebutlah yang bisa kamu download. Cara menggunakannya adalah dengan klik kanan pada file yang sudah tercopy kemudian pilih menu ‘’download’’. Apabila ukurannya lebih dari 100MB, maka akan muncul tulisan ‘’Can’t scan file for viruses’’.

Kamu bisa pilih menu ‘’Klik Download Anyway’’ dan proses download akan berlangsung.

Semua cara mengatasi limit google drive bisa dilakukan dengan cepat asalkan ruang Google Drive tersedia dan tidak ada limit pengunduhan dari pemilik file.

Tips agar Pengunduhan File Limit di Google Drive Berjalan Mudah

Kamu sudah tahu tahapan apa saja yang harus dilakukan. Jika mencermati dan melakukan sesuai dengan perintah, maka prosesnya bisa berjalan dengan cepat.

Jika ingin mudah lagi dan bebas hambatan, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.

1. Jangan lupa mengubah nama file pecahan

Apabila kamu hendak mengunduh file pecahan, maka ubah dulu namanya. Misalnya file pertama telah diunduh tanpa masalah limit bernama 1234.part1. Kemudian kamu akan mengunduh file kedua, maka hapus terlebih dahulu nama depan Copy of sebelum masuk proses download.

Tujuannya adalah supaya Winrar tidak gagal dalam menemukan file pecahannya dan tidak perlu mengekstrak filenya.

2. Membuat akun Google baru

Tidak ada yang salah untuk membuat akun Google baru, justru akan membantu cara mengatasi limit google drive. Dengan memiliki akun Google baru maka kamu bisa mendapatkan ruang penyimpanan 15 GB baru.

Sebagai saran buatlah lebih dari satu akun dan gunakan khusus untuk ruang mengunduh. Tujuannya agar tidak kesulitan untuk menghapus file yang tidak terpakai satu per satu.

3. Memanfaatkan IDM

Kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan seperti Internet Download Manager untuk mengunduh file dari Google Drive. Dengan begitu proses pengunduhan akan lebih cepat dan tak perlu takut untuk masalah koneksi jika terputus.

Kini jika kamu mengalami masalah limit, tak perlu bingung lagi karena tinggal mengikuti beberapa langkah di atas. Atau bagi kamu yang mau tahu cara share link Google Drive, juga dapat bisa di baca di Tedas. Selamat mencoba!

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *