Mudah, 10 Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store

Bagi para pengguna Android, Play Store menjadi salah satu komponen penting ketika menggunakan ponsel. Play Store sendiri ibarat sebuah toko aplikasi lengkap yang menjadi tempat rujukan untuk mengunduh aplikasi hingga games.

Namun terkadang muncul kasus seperti download tertunda di Play Store, sehingga membuat kesal para penggunanya.

Namun tak perlu khawatir, karena cara mengatasi download tertunda di Play Store sangat mudah dan tak memakan waktu lama.

Cara Cepat Mengatasi unduhan Play Store yang Tertunda

  1. Perbaiki Jaringan

Meskipun terlihat sepele, namun faktor jaringan sangat memengaruhi lancar tidaknya unduhan Anda di Play Store.

Apabila Anda ingin men-download aplikasi yang ukurannya terbilang besar, pastikan jaringan internet stabil serta kuota cukup untuk mengunduh.

Namun apabila belum berhasil, Anda dapat mencoba mengubah ponsel Anda ke mode pesawat. Tunggu beberapa saat lalu non-aktifkan mode pesawat, cobalah untuk mengunduh kembali ketika jaringan internet Anda telah kembali normal.

android phone cache

  1. Hapus Cache Play Store

Selain karena faktor jaringan, Play Store download tertunda mungkin disebabkan karena memori yang penuh dengan cache.

Cache Play Store sendiri merupakan file yang tidak diperlukan atau file sampah ketika pengguna ponsel mengunduh aplikasi di Play Store.

Cara menghapus cache Play Store pada ponsel pun sangat mudah.

Pertama-tama buka menu pengaturan pada ponsel lalu geser ke bawah hingga Anda menemukan menu “Aplikasi atau Apps”, pilih “Google Play Store” lalu cari menu “Penyimpanan. Klik “Hapus Memori” atau “Hapus Data” aplikasi Play Store untuk menghapus cache.

  1. Periksa Pengaturan Download

Masalah pengaturan download di ponsel Anda juga bisa menjadi salah satu penyebab mengapa unduhan aplikasi tertunda.

Pastikan bahwa Anda tidak mencentang opsi “Unduh hanya melalui WiFi”, karena apabila Anda sedang tidak terhubung dengan WiFi maka secara otomatis unduhan Anda akan tertunda.

update

  1. Perbarui Play Store

Apakah ponsel Anda masih menggunakan Play Store versi lama? Jika iya, ada kemungkinan unduhan aplikasi tertunda karena Android Anda masih menggunakan Play Store versi lawas.

Untuk meng-update Play Store ke versi terbaru, buka Play Store lalu pilih menu pengaturan.

Jika sudah, sentuh “Play Store Version” selama beberapa kali lalu tunggu hingga Play Store berhasil diperbarui ke versi teranyar.

  1. Hentikan Play Store Secara Paksa

Langkah sederhana yang satu ini bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi Play Store download tertunda di Android Anda.

Untuk dapat menghentikan Play Store secara paksa, buka menu setelan lalu pilih “aplikasi”, “Google Play”, lalu klik “Hentikan paksa”.

internal storage

  1. Bersihkan Ruang Penyimpanan Internal

Tak jarang pula ruang penyimpanan internal yang penuh menjadi penyebab mengapa Play Store tak dapat mengunduh aplikasi.

Karenanya Anda perlu menghapus beberapa aplikasi yang jarang atau bahkan tidak pernah lagi digunakan, menghapus video ataupun foto yang berukuran cukup besar, dan juga menghapus cache yang ada di ponsel Anda.

  1. Berganti Mode Jaringan

Mengganti mode jaringan dianggap dapat membantu mengatasi unduhan aplikasi yang tertunda.

Anda dapat memilih mode jaringan berbeda dengan yang sedang Anda gunakan saat ini, misalnya Anda sedang menggunakan WiFi cobalah untuk beralih ke data seluler atau sebaliknya.

  1. Install Ulang Play Store

Cara mengatasi download tertunda selanjutnya adalah dengan meng-install ulang Play Store. Namun sebelum meng-install ulang, ada baiknya untuk me-restart ponsel terlebih dahulu.

Jika perangkat telah di-restart, cobalah untuk meng-uninstall aplikasi Play Store dan memasang ulang aplikasi tersebut.

apps

  1. Install Toko Aplikasi Lainnya

Mengunduh aplikasi dengan toko aplikasi lainnya juga patut Anda coba. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah memang ada yang salah dengan sistem Android Anda.

Beberapa toko aplikasi lain yang bisa Anda gunakan diantaranya Amazon App Store, F-Droid, dan lain sebagainya.

  1. Coba Factory Reset

Jika cara-cara diatas belum berhasil, cara terakhir yakni factory reset dapat Anda coba. Factory reset dapat mengembalikan kondisi ponsel pada keadaan seperti pertama kali Anda membelinya.

Namun perlu diperhatikan metode ini dapat menghilangkan semua data, kontak, serta aplikasi yang tersimpan pada memori internal ponsel.

Sehingga apabila Anda memang ingin menggunakan cara ini untuk mengatasi unduhan yang tertunda di Play Store, terlebih dahulu Anda dapat melakukan backup seluruh data serta kontak Anda.

slow

Apa Penyebab Download Tertunda di Play Store?

Sebenarnya terdapat beberapa penyebab mengapa unduhan aplikasi di Play Store Anda tiba-tiba tertunda.

Berikut ini penyebab umum yang membuat download-an Play Store Anda terhenti, diantaranya:

  • Memori Penyimpanan Penuh

Tanpa disadari, smartphone kesayangan Anda telah terisi dengan banyak aplikasi hingga games menarik yang mungkin memang sangat Anda butuhkan.

Namun rupanya memasang terlalu banyak aplikasi dapat membuat memori penyimpanan internal ponsel Anda menjadi penuh, sehingga secara tak langsung hal ini dapat mengganggu kinerja dari ponsel.

  • Koneksi Internet Buruk

Untuk dapat mengunduh aplikasi Play Store tentu Anda memerlukan koneksi internet yang stabil dan baik, terlebih apabila aplikasi yang ingin Anda download berukuran cukup besar.

Karena itu tak heran jika unduhan dapat tertunda secara tiba-tiba, mungkin saja disebabkan oleh koneksi internet Anda yang buruk.

android apps

  • Sedang Mengunduh Aplikasi Lain

Mungkin saja dalam satu waktu Anda mengunduh dua atau lebih aplikasi secara bersamaan, sehingga tak heran apabila aplikasi lain tertunda karena sedang mengantre untuk di-download.

Jika sudah begitu mau tak mau Anda harus menunggu hingga proses instalasi aplikasi selesai, sehingga nantinya proses unduhan dapat berjalan dengan sendirinya.

  • Terdapat Banyak Cache

Perangkat Android yang memiliki banyak tumpukan cache tentu berdampak pada menurunnya kinerja ponsel, tak terkecuali ketika Anda sedang mengunduh aplikasi.

Terlalu banyak cache yang tersimpan dapat membuat ponsel Anda bingung, karenanya Anda perlu rajin untuk menghapus sampah ponsel yang sudah tidak diperlukan lagi.

control panel

Bonus! Aplikasi di Play Store yang Sebaiknya Dihindari untuk Diunduh

Terdapat ratusan aplikasi yang disediakan oleh Play Store, mulai dari aplikasi desain, edit, edukasi, games, dan beragam aplikasi lainnya.

Namun dari sekian banyak aplikasi yang tersedia, terdapat beberapa aplikasi yang sebaiknya Anda hindari.

  • Aplikasi Penguat Jaringan

Aplikasi-aplikasi penguat jaringan nyatanya tak membawa efek apapun untuk kecepatan internet ponsel Anda.

Sebaliknya, aplikasi-aplikasi ini justru berisi banyak iklan yang merugikan Anda dan hanya menguntungkan pihak developer-nya saja.

  • Aplikasi Ramalan Cuaca

Ada baiknya Anda lebih berhati-hati memilih aplikasi ramalan cuaca, karena tak semua aplikasi ini mendatangkan manfaat sebagaimana mestinya.

Pasalnya justru banyak aplikasi ramalan cuaca yang membawa virus untuk ponsel Anda.

  • Aplikasi untuk Mengoptimalkan RAM

Selain aplikasi penguat jaringan dan aplikasi ramalan cuaca, aplikasi untuk mengoptimalkan RAM juga sebaiknya Anda hindari.

Aplikasi ini rupanya juga tak membawa pengaruh apapun bagi perangkat Android Anda, karena sebenarnya sistem Android akan otomatis mengoptimalkan RAM tanpa perlu bantuan aplikasi pihak ketiga.

Itulah 10 cara ampuh mengatasi download tertunda di Play Store yang bisa Anda coba. Semoga membantu!

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *