cara mengaktifkan shopee paylater
Tutorial

Cara Mengaktifkan Shopee Paylater: Syarat dan Bunganya

Anda pasti kenal dengan e-commerce Shopee, salah satu e-commerce terbesar di Indonesia yang telah digunakan oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia.

Tahukah Anda bahwa Shopee memiliki fitur Shopee Paylater atau SPaylater? Bagaimana cara mengaktifkan Shopee Paylater? Mari simak ulasan berikut.

Apa Itu Shopee Paylater?

Shopee Paylater merupakan fitur pinjaman yang disediakan oleh Shopee agar dapat membantu pengguna dalam melakukan transaksi dan pembayaran di Shopee.

Sistem pembayaran Shopee Paylater berupa sistem cicilan atau pembayaran di bulan berikutnya sesuai limit yang diberikan oleh Shopee.

Anda dapat mengaktifkan Shopee Paylater untuk dapat menikmati transaksi dengan program cicilan yang rendah bunga untuk barang belanjaan Anda.

Fitur ini tentu akan sangat berguna bagi Anda yang ingin membeli kebutuhan namun belum bisa membayar saat itu juga.

Fitur Shopee Paylater adalah sistem peminjaman dana yang digunakan saat melakukan check out atau pembelian, hanya saja Anda perlu membayar tagihan sebelum tanggal 5 pada bulan berikutnya.

Anda dapat memilih berbagai jenis cicilan yang tersedia dengan bunga yang telah ditetapkan oleh Shopee.

Baca Juga: Praktis! Ini Cara Beli Pulsa Pakai Shopee Paylater

Meskipun Anda dapat menggunakan Shopee Paylater secara bebas, namun Shopee menetapkan limit transaksi kepada pengguna.

Hal tersebut untuk membatasi peminjaman yang dilakukan oleh pengguna untuk menghindari pembayaran yang terlalu banyak.

Jumlah limit yang diberikan Shopee kepada pengguna dapat berbeda-beda. Bahkan untuk beberapa pengguna, jumlah limit dapat bertambah secara otomatis pada event tertentu berdasarkan riwayat transaksi dan perilaku pembayaran yang dilakukan oleh konsumen. 

Shopee Paylater telah terjamin legalitasnya sehingga Anda tidak perlu ragu untuk mencoba mengaktifkan fasilitas ini. Keamanan Shopee Paylater telah diawasi dan juga legalitas yang terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Transaksi menggunakan Shopee Paylater terbukti aman untuk dilakukan dalam pembayaran.

Keuntungan Shopee Paylater

Adapun keuntungan dalam menggunakan fasilitas Shopee Paylater bagi pengguna.

Sebelum Anda yakin untuk mengikuti tutorial cara mengaktifkan Shopee Paylater, sebaiknya Anda mengetahui keuntungan-keuntungan Shopee Paylater berikut ini:

  • Pengguna dapat membeli produk-produk di Shopee tanpa membayar terlebih dahulu atau pembayaran dengan sistem hutang. Pembayaran dapat dilakukan sampai batas setiap tanggal 5 di bulan berikutnya.
  • Terdapat berbagai pilihan cicilan yang dapat digunakan dengan bunga yang rendah
  • Pengguna baru bisa mendapatkan limit Shopee Paylater dan penambahan limit hingga Rp 1.800.000 yang dapat diajukan dalam waktu 1×24 jam.
  • Pengguna baru dapat melakukan pinjaman dengan suku bunga 0% pada peminjaman awal
  • Dapat digunakan untuk pembayaran berbagai produk-produk di Shopee.

Syarat Daftar Shopee Paylater

Sebelum mengetahui cara mengaktifkan Shopee Paylater, sebaiknya Anda mengetahui dan memahami syarat dan ketentuan yang berlaku.

Berikut ini syarat pendaftaran Shopee Paylater yang perlu diperhatikan oleh pengguna:

  • Pengguna Shopee Paylater harus merupakan seorang WNI (warga Negara Indonesia) berusia minimal 17 tahun.
  • Memiliki kartu tanda penduduk (KTP)
  • Akun Shopee yang digunakan harus berusia minimal 3 bulan
  • Telah mengaktifkan fitur Shopee pay
  • Belanja atau transaksi di Shopee secara rutin
  • Telah meng-upgrade aplikasi Shopee ke versi terbaru

Tutorial Cara Aktifkan Shopee Paylater

Cara mengaktifkan Shopee Paylater cukup mudah dan dapat dilakukan kapan saja Anda butuhkan. Anda dapat melakukan proses pengajuan melalui smartphone Anda dan pastikan Anda memiliki kuota data yang cukup.

Berikut ini tutorial bagaimana cara mengaktifkan Shopee Paylater yang mudah:

  1. Pertama-tama, buka aplikasi Shopee di handphone Anda
  2. Lalu pilih menu “Saya” yang memiliki ikon orang di pojok bawah sebelah kanan. Saat Anda telah masuk ke laman Saya, Anda dapat melihat beberapa pilihan menu, pilihlah menu “Shopee Paylater” untuk mengaktifkan Paylater. Menu ini hanya muncul jika persyaratan telah terpenuhi
  3. Jika Anda telah masuk pada laman Shopee Paylater, Anda dapat melihat dan tekan tombol “Aktifkan Sekarang”. Bagi pengguna baru biasanya Anda akan mendapatkan limit perdana sebesar Rp 750.000.

  4. Langkah selanjutnya, Shopee akan meminta kode verifikasi yang dikirimkan melalui WhatsApp atau SMS ke nomor pengguna yang terdaftar.

Silahkan masukkan kode verifikasi ke dalam kolom yang tersedia, kemudian tekan tombol “Lanjut”.

  • Langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi kartu tanda penduduk (KTP). Anda dapat mengunggah foto KTP Anda sesuai dengan frame yang telah disediakan Shopee.

    Pastika Anda mengambil gambar KTP secara jelas hingga Nama, NIK, dan Foto Anda dapat terbaca oleh sistem. Kemudian klik Konfirmasi

  1. Selanjutnya adalah melakukan pengisian pada formulir “Informasi Tambahan” yang disediakan oleh pihak Shopee. Anda dapat mengisi informasi yang dibutuhkan dengan benar, kemudian klik Konfirmasi
  2. Langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi wajah, Anda dapat mengambil selfie (foto close up) dengan memegang KTP.


Pastikan untuk mengambil gambar dimana wajah dan foto KTP terlihat jelas, Anda dapat mengambil foto sesuai frame yang disediakan oleh Shopee. Kemudian klik Konfirmasi.

  1. Pengajuan Shopee Paylater akan dievaluasi dan diverifikasi oleh pihak Shopee selama paling lambat 2 hari kerja. 
  2. Apabila pengajuan aktivasi telah disetujui oleh Shopee, maka Anda akan menerima sebuah notifikasi yang menyatakan bahwa Anda berhasil mengaktifkan fitur Shopee Paylater.
  3. Setelah fitur Shopee Paylater aktif, maka Anda dapat menggunakan fitur ini untuk berbelanja dan melakukan transaksi dengan Shopee Paylater.

Jika Anda mengikuti cara mengaktifkan Shopee Paylater di atas dengan baik, maka proses pengajuan aktivasi Shopee Paylater Anda akan dapat disetujui.

Namun jika Anda tidak mendapatkan notifikasi setelah 2 hari kerja maka pengajuan Anda telah ditolak, Anda dapat melakukan pengajuan aktivasi kembali.

Berapakah Limit Shopee Paylater?

Apabila Anda telah berhasil melakukan aktivasi Shopee Paylater, maka Anda akan menerima limit tergantung dari kebijakan Shopee.

Anda dapat menggunakan Shopee Paylater untuk berbagai kebutuhan seperti berbelanja, membayar tagihan, dan membeli pulsa sebanyak batas limit yang ditentukan.

Biasanya bagi pengguna yang baru mengaktifkan Shopee Paylater akan mendapatkan limit pertama sebesar Rp 400-700 ribuan.

Limit akan bertambah secara otomatis berdasarkan dari perilaku konsumen dan riwayat pembayaran.  

Kami sangat menyarankan Anda untuk membayar tagihan Paylater tepat waktu agar bisa memperoleh limit tambahan. Pembayaran Shopee Paylater dapat dilakukan mulai tanggal 25 pada bulan yang sama, hingga tanggal 5 pada bulan berikutnya.

Suku Bunga Shopee Paylater

Fitur pinjaman dari Shopee juga menetapkan suku bunga kepada penggunanya, per tanggal 28 April 202 suku bunga Shopee Paylater adalah sebesar 2.95%.

Suku bunga ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Suku bunga Shopee Paylater dan kebijakan Shopee mengenai Paylater dapat dilihat dan dipahami sebelum Anda mengikuti tutorial cara mengaktifkan Shopee Paylater.

Sehingga Anda tidak kaget saat menggunakan fasilitas Shopee Paylater yang memiliki bunga.

Suku buka dihitung pada saat melakukan transaksi belanja, sehingga akan secara otomatis ditambahkan pada total pembayaran Anda. Selain itu, suku bunga Shopee Paylater berlaku untuk berbagai cicilan yaitu cicilan 2, 3, dan 6 bulan.

Suku bunga Paylater juga ditetapkan untuk pembayaran Shopee Paylater Beli Sekarang Bayar Nanti yang dibayarkan paling lambat tanggal 5 di bulan berikutnya. Selain bunga, pengguna yang membayar dengan Shopee Paylater akan dikenakan biaya penanganan sejumlah 1% setiap transaksi.

Jika Anda terlambat membayar tagihan Shopee Paylater, maka Anda akan dikenakan denda. Denda keterlambatan pembayaran cukup besar yaitu sebesar 5% dari total tagihan. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda tidak telat membayar tagihan Shopee Paylater Anda.

Syarat dan Ketentuan Pembayaran Shopee Paylater

Selain informasi mengenai cara mengaktifkan Shopee Paylater, Anda juga perlu mengetahui syarat dan ketentuan pembayaran saat menggunakan Shopee Paylater.

Berikut ini beberapa syarat dan ketentuan yang perlu Anda perhatikan dengan seksama:

  • Pengguna Shopee dapat melakukan check out belanja dan pembayaran tagihan sebanyak mungkin tetapi tetap memperhatikan jumlah limit yang dimiliki. Sebab pengguna tidak bisa menggunakan Shopee Paylater jika limit telah habis.
  • Saat mendapatkan limit tambahan, pengguna yang telah terlanjur menyelesaikan proses pembayaran tidak dapat merubah metode pembayaran yang digunakan, serta membatalkan pesanan yang telah diproses.
  • Limit Shopee pay tidak dapat digunakan untuk pembelian produk pulsa, tiket, tagihan, serta kategori voucher diskon.

Cara Menggunakan Shopee Paylater

Jika Anda sudah memahami dengan baik cara mengaktifkan Shopee Paylater, selanjutnya Anda juga perlu memperhatikan cara menggunakan Shopee Paylater saat proses pembayaran.

Berikut ini tutorial mudah menggunakan Shopee Paylater pada pembayaran pesanan Anda:

  1. Pertama pilih produk yang ingin Anda beli, lalu klik check out untuk membuat pesanan
  2. Pada halaman pemesanan, Anda dapat merubah metode pembayaran dengan mengklik tombol Pilih Metode Pembayaran
  3. Selanjutnya Anda akan ditampilkan laman metode pembayaran, pilihlah jenis cicilan yang Anda inginkan pada metode pembayaran Shopee Paylater atau SPaylater
  4. Setelah itu Anda akan kembali ke laman pemesanan, klik tombol Buat Pesanan.
  5. Masukkan PIN Shopee Paylater Anda untuk mengkonfirmasi pembayaran.
  6. Selesai, pesanan Anda akan diproses. Anda dapat melihat tagihan Shopee Paylater pada menu Shopee Paylater untuk dibayarkan sejak tanggal 25 hingga tanggal 5 bulan selanjutnya. 

Saat melakukan proses pembayaran, biaya tambahan bunga dan biaya penanganan akan secara otomatis ditambahkan pada jumlah yang harus dibayarkan oleh Anda.

Jika Anda ingin lebih hemat, Anda dapat menggunakan voucher gratis ongkos kirim yang disediakan oleh Shopee.

Voucher gratis ongkos kirim dapat digunakan juga meskipun Anda memilih metode pembayaran dengan Shopee Paylater. Gunakan Shopee Paylater saat Anda butuhkan dan jangan lupa untuk membayar tagihan tepat waktu.

Kesimpulan

Shopee Paylater adalah fasilitas pinjaman yang dapat digunakan oleh pengguna Shopee dalam melakukan transaksi dan pembayaran produk pesanan. Shopee Paylater merupakan fitur yang disediakan oleh PT Lentera Dana Nusantara selaku perusahaan pengembang Shopee. 

Shopee Paylater merupakan pinjaman dana dengan suku bunga yang rendah dan tetap pada semua jenis cicilan yang digunakan. Shopee Paylater sangat mudah diaktifkan dan digunakan oleh pengguna yang telah menggunakan Shopee selama minimal 3 bulan.

Pengguna Shopee dapat memperoleh limit dalam jumlah yang berbeda-beda namun jumlah limit dapat ditambahkan sesuai dengan kebijakan dari Shopee.

Tunggu apalagi segera ikuti cara mengaktifkan Shopee Paylater sekarang juga, dan nikmati kemudahan berbelanja di Shopee dengan Shopee Paylater. 

Dika Permana
Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *