cara mencari filter di instagram
Tutorial

4 Cara Mencari Filter Di Instagram Dengan Mudah

Cara Mencari Filter Di Instagram ­– Instagram telah mengizinkan penggunanya yang menggunakan filter AR untuk menciptakan dan mempublikasikan filter instagram hasil karya sendiri pada bulan Agustus 2019 lalu.

Sehingga banyak bermunculan efek instagram yang beragam, menarik, dan bagus. Pengguna lain dapat mengaplikasikannya dengan bebas untuk mempercantik instagram stories mereka.

Awalnya, filter instagram hanya diluncurkan oleh pihak instagram dalam beberapa filter saja. Kini, setelah pihak instagram mengizinkan penggunanya untuk membuat filter sendiri, sudah semakin banyak filter yang tersebar.

Filter-filter tersebut sangat beragam dan up to date. Ada efek filter yang bisa kamu pilih sesuai dengan keadaan cahaya sekitar, efek wajah yang lucu dan menggemaskan, hingga efek-efek permainan tebak-tebakan yang bisa kamu gunakan.

Namun, ternyata masih banyak pengguna instagram yang belum tahu cara mencari di instagram. Untuk itu, artikel kali ini akan membahas beberapa cara mencari filter instagram yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

 4 Cara Mencari Filter di Instagram

Bagi kalian yang belum tahu cara mencari filter instagram untuk digunakan di instagram story kamu, simak penjelasan di bawah ini yang akan memberikan kamu informasi tentang bagaimana cara mencari filter di instagram dengan mudah.

  1. Cara Mencari Filter Instagram Melalui Pencarian di IG Story

Cara mencari filter instagram yang pertama adalah dengan menggunakan fitur instagram story. Berikut cara mencari filter di instagram story:

  • Buka aplikasi instagram di smartphone kamu
  • Pilih fitur instagram story

  • Pada pilihan filter, geser ke kanan hingga menemukan opsi pencarian filter atau telusuri efek
  • Klik opsi pencarian filter atau browse effect

  • Cari filter yang kamu inginkan

Setelah mendapatkan filter instagram yang kamu inginkan, sekarang kamu sudah bisa mengaplikasikan filter tersebut untuk instagram story kamu.

2. Cara Mencari Filter Instagram Melalui Akun Creator

Cara Mencari Filter Instagram Melalui Akun Creator

Kamu suka dengan salah satu filter dan mencoba mencari filter lain melalui akun instagram creatornya? Bisa!

Cara mencari filter di instagram versi lain adalah dengan mengunjungi akun instagram creator yang membuat filter instagram story. Ini dia langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi instagram di ponselmu
  • Kunjungi profil instagram akun creator yang kamu mau

  • Klik ikon smile di profil akun instagram creator
  • Pilih filter yang kamu inginkan

 Pilih filter yang akan kamu gunakan melalui akun instagram kreator dan silahkan mecoba filter di instagram story kamu!

3. Cara Mencari Filter Instagram Melalui Salah Satu Filter

Cara Mencari Filter Instagram Melalui Salah Satu Filter

Selain cara mencari filter di Instagram yang sudah dijelaskan di atas. Kamu bisa mencari filter instagram melalui filter yang sudah ada di Instagram Story kamu. Simak langkah-langkah cara mencari filter di instagram lewat filter yang sudah tersedia:

Buka aplikasi instagram di smartphone kamu

  • Pilih fitur instagram story
  • Pilih salah satu filter yang sudah tersedia
  • Klik nama filter di pojok kanan atas

  • Pilih ikon browse atau pencarian filter

  • Cari filter instagram yang kamu inginkan

Setelah kamu menemukan filter yang cocok, kamu bisa mencobanya untuk keperluan instagram story di akun instagram kamu.

4. Cara Mencari Filter di Instagram Lewat IG Story Teman

Cara Mencari Filter di Instagram Lewat IG Story Teman

Cara mencari filter di Instagram yang sangat mudah adalah dengan melihat instagram story teman atau orang yang kamu pilih.

Hari ini pasti sudah banyak dari pengguna instagram yang menggunakan bahkan bisa dibilang hampir selalu menggunakan filter di instagram story nya. Karena untuk mempercantik story dan juga banyak kreator yang menciptakan filter yang lucu-lucu seperti filter berbentuk game.

Maka dari itu, jika kamu sedang melihat instagram story dari teman-teman atau orang yang kamu follow, ketika menemukan instagram yang kamu suka, kamu bisa langsung menggunakannya. Ini dia cara mudahnya:

  • Buka aplikasi instagram di Hp kamu
  • Lihat story dari teman-teman yang kamu follow

  • Jika menemukan filter yang kamu sukai, klik nama filter di pojok kiri atas
  • Lalu klik Try It dan filter siap untuk dicoba

Cara mencari filter di Instagram dengan langkah-langkah tersebut memang sangat mudah dan simple bukan?

Cara Mengatasi Filter Instagram Yang Tidak Bisa Digunakan

Beberapa pengguna instagram sering menemukan permasalahan pada fitur instagram. Masalah ini sering dialami ketika pengguna ingin menggunakan filter tersebut tetap filter tidak muncul. Biasanya hanya menampilkan layar hitam.

Baca Juga: Cara Menghubungkan Instagram ke Facebook

Jika kamu mengalami masalah tersebut, jangan khawatir. Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk memulihkan kembali aplikasi instagram milik kamu.

Berikut ini cara mengatasi filter instagram yang tidak bisa digunakan oleh pengguna:

  1. Pastikan Jaringan Internet Stabil

Bisa saja faktor yang membuat filter tidak muncul dan tidak bisa digunakan adalah karena jaringan internet kamu yang tidak stabil. Maka cara pertama yaitu tentunya kamu harus memastikan jaringan internet yang kamu gunakan stabil.

  1. Close Aplikasi Instagram Lalu Mulai Kembali

Lalu cara kedua adalah dengan keluar dari aplikasi instagram. Setelah keluar, kamu bisa menghapus pilihan aplikasi instagram pada multitasking manager.

Multitasking manager digunakan untuk melihat aplikasi yang tengah berjalan atau telah digunakan sebelumnya. Biasanya pada handphone merek iPhone, kamu tinggal klik home button sebanyak dua kali lalu akan muncul multitasking manager.

Setelah itu hapus tab instagram dan coba masuk kembali melalui ikon aplikasi instagram di pilihan menu.

  1. Hapus Cache Pada Aplikasi Instagram

Bersihkan ruang handphone dengan menghapus cache pada aplikasi instagram. Caranya kamu buka Pengaturan lalu ke menu Aplikasi, pilih Manajer Aplikasi dan klik aplikasi instagram.

Setelah itu ketuk Penyimpanan, lalu hapus cache pada aplikasi instagram. Lalu kamu bisa memulai membuka instagram dari awal.

  1. Restart Smartphone Kamu

Merestart Hp kamu menjadi pilihan lainnya untuk mengembalikan fungsi fitur instagram. Jika filter pada instagram masih tidak bisa digunakan, coba untuk merestart kembali handphone kamu.

  1. Update Aplikasi Instagram Ke Versi Terbaru

Siapa yang suka malas untuk update aplikasi dengan versi terbaru? Pasalnya, jika aplikasi sudah menyediakan versi terbaru, maka versi sebelumnya akan terasa bermasalah. Maka, sebaiknya kamu selalu update aplikasi khususnya instagram ke versi terbaru.

  1. Login Ulang Akun Instagram

Cara lain yang bisa kamu coba adalah dengan login ulang akun instagram kamu. Log out terlebih dahulu akun di aplikasi instagram, lalu login kembali. Kemudian periksa apakah filter instagram di fitur instagram story sudah dapat digunakan atau belum.

Itu dia beberapa cara mencari filter di instagram dan tips untuk kamu yang tidak bisa menggunakan filter yang sudah disimpan pada fitur instagram story atau instastory.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jangan lupa untuk tetap baca informasi-informasi mengenai tips lainnya di Tedas.id.

Fina Fauziyah
Nama saya Fina. Pecinta drama korea genre drama misteri, law, dan politik. Tidak bercita-cita menjadi politikus, hanya mahasiswa tingkat akhir yang sedang mencari talenta.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *