Cara Memperkecil Ukuran PDF Dengan 15 Aplikasi Gratis

Cara Memperkecil Ukuran PDF – Pdf merupakan format file yang banyak digunakan dalam menulis makalah. Baik itu paper, CV, dan lain-lainnya.

Format file ini kadang membutuhkan memori yang besar dalam penyimpanan, hal ini tentu menjadi sebuah pemborosan ruang penyimpan. Kadang anda juga diminta untuk mengunduh dokumen pdf dengan kapasitas yang dibatasi.

Cara Memperkecil Ukuran PDF Dengan 15 Aplikasi

cara mengecilkan ukuran pdf
Image: play.google.com

Untuk itu ukuran dokumen PDF anda harus diperkecil, agar dapat terkirim. Ada banyak aplikasi yang menyediakan fasilitas memperkecil file PDF. Ada yang berbayar ada pula yang gratis. Berikut 10 aplikasi yang bisa anda gunakan untuk kompres file pdf

1. PDF Tools

Aplikasi berukuran 6,4 MB ini memiliki 20 fitur yang bisa anda gunakan. Seperti fitur watermark, mengecilkan file serta fitur yang bisa menggabungkan dan memisahkan beberapa file PDF.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Neno Tech ini telah diunduh lebih dari sepuluh ribu pengguna. Perangkat yang anda haruslah memiliki OS empat ke atas. Anda bisa mengunduhnya di play store.

Penggunaannya mudah. Anda hanya perlu mengklik menu pilih file lalu ambil file yang ingin anda rubah. Selanjutnya tunggu sistem memproses file anda. Hanya beberapa menit file dengan ukuran baru dapat anda temukan.

Baca Juga  4 Cara Mengisi Token Listrik Salah Satunya Lewat Gopay

2. Microsoft word

Aplikasi ini sudah terinstal secara langsung pada microsoft 2013 ke atas. Sehingga tidak perlu diunduh lagi, anda bisa langsung menggunakan fasilitas yang disediakan microsoft.

Pertama anda klik tombol file lalu klik tombol open. Selanjutnya pilih file PDF yang akan anda ubah ukurannya. File anda akan otomatis diubah ke dalam bentuk word.

Jika proses sudah selesai maka simpan kembali dokumen anda. Pilihlah tombol menyimpan Save as, lalu pilih bentuk file pdf. Kini file anda sudah kembali ke bentuk pdf dengan ukuran yang lebih kecil.

3. Compress PDF

Aplikasi besutan cometdocs.com ini memiliki kapasitas yang kecil yaitu sekitar 3,4 MB. Aplikasi bisa di unduh gratis di playstore yang telah digunakan oleh lebih dari lima ratus ribu pengguna.

Penggunaan aplikasi ini sangat mudah karena user interface yang didesain sangat sederhana. Membuat penggunanya tidak bingung dan bisa digunakan untuk file jenis pdf ukuran apa pun.

Kelebihan aplikasi kompres pdf online adalah bisa terhubung langsung secara internal dengan cloud seperti dropbox, google drive dan lainnya. Ini akan memudahkan dalam pengiriman file.

4. Soda PDF online

Aplikasi ini tidak hanya menyediakan fitur memperkecil ukuran PDF, tetapi terdapat berbagai fitur lainnya. Seperti merubah dokumen menjadi PDF atau merubah PDF menjadi bentuk lainnya.

Cara merubahnya pun mudah. Anda hanya perlu memilih file yang akan dikompres, lalu file akan diubah secara otomotis oleh sistem. Jika telah selesai anda dapat diunduh, lalu disimpan pada tempat penyimpanan.

Aplikasi ini juga terintegrasi dengan google drive dan drop box. Sehingga mudah dalam transfer dan penyimpanan file. Aplikasi juga bisa anda gunakan dengan gratis tanpa bayar.

5. Smallpdf

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang mudah digunakan. Versi terbaru dari aplikasi ini menyediakan berbagai fitur lainnya, seperti fitur merubah PDF menjadi bentuk word dan sebaliknya.

cara mengecilkan ukuran pdf adalah Pertama anda anda perlu memilih file yang yang diubah ukurannya. Anda bisa menggunakan fitur pilih file atau langsung men-drag dan drop file pada kotak yang ditentukan.

Selanjutnya anda hanya menunggu proses compres yang akan otomatis dilakukan saat file sudah terupload. Jika sudah selesai unduh file yang sudah diubah lalu simpan.

6. Adobe acrobat XI pro

Anda bisa menggunakan aplikasi yang sudah ada pada komputer anda. Pertama buka Adobe acrobat XI pro, lalu buka file pdf yang akan kecilkan ukurannya. Simpan file yang anda pilih tadi dengan nama yang lain.

Lalu pilih menu reduced size pdf dengan menu make compatible. Lalu klik menu retain existing selanjutnya klik OK. Selanjutnya simpan file yang sudah anda rubah ukurannya.

7. All PDF Reader

mengecilkan ukuran pdf
Image: play.google.com

 

Sesuai namanya aplikasi ini bisa digunakan untuk membaca pdf. Bukan hanya itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengecilkan ukuran pdf anda hingga seratus kilo bite.

Pada aplikasi buatan Robert Londo ini memiliki berbagai fitur lainnya seperti pdf editor, pdf metadata dan pdf splt. Sehingga memungkinkan anda melakukan berbagai pekerjaan dengan satu aplikasi.

Cara Memperkecil Ukuran PDF yaitu dengan menarik file pdf yang sudah anda pilih. Biarkan terunduh utuh, lalu file akan diubah secara otomatis. Selanjutnya anda hanya perlu menyimpan file sudah selesai diubah.

8. Ilovepdf

Menggunakan aplikasi ini, anda bisa mengecilkan file sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Aplikasi ini bisa digunakan pada perangkat internet dengan os lima ke atas.

Cara penggunaannya sangat mudah, klik tombol select PDF file. File akan otomatis terdrag ke laman aplikasi. Selanjutnya anda akan diminta memilih ukuran file yang akan diubah.

Selanjutnya file akan diubah secara otomatis. File anda yang sudah berubah ukuran dapat anda simpan kembali pada tempat penyimpanan dengan nama file baru.

Baca Juga  2 Menit Beres, Ini 4 Cara Uninstall Aplikasi di Laptop

9. Oralis PDF Reducer

Ini menjadi aplikasi reducer PDF terbaik. Itu karena aplikasi ini memberikan kemudahan pada penggunanya tidak hanya mengecilkan ukuran sampai sekecil yang diinginkan.

Anda juga bisa mengatur ukuran gambar yang diinginkan serta menghilangkan konten yang tidak diinginkan. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengkompres banyak file pdf sekaligus.

Cara kompres file pdf juga sangat mudah. Anda hanya perlu memilih satu atau beberapa file yang akan diubah. Lalu tentukan ukuran file yang diinginkan. Selanjutnya klik ok.

File akan berubah secara otomatis menggunakan sistem yang ada. Setelah selesai anda tidak perlu mengunduh file yang telah diubah tadi karena menyimpan file yang telah diunduh akan otomatis dilakukan.

10. Free pdf compressor

Aplikasi ini memiliki cara yang mudah dalam penggunaannya. Anda hanya bisa mengompres satu file tiap satu kali proses. Anda bisa menentukan ukuran file yang ingin dihasilkan.

Caranya dengan masuk kelaman Free pdf compressor lalu klik tombol browser untuk mencari file yang ingin kamu ubah. Jika sudah ditemukan klik tombol compress.

File anda akan otomatis diubah, anda hanya perlu menunggu proses selesai, yang memerlukan waktu beberapa menit tergantung besar file yang akan anda rubah tentunya.

Hasil file yang sudah anda rubah akan tersimpan di tempat penyimpanan yang anda pilih. Hasil perubahan bagus dan tidak pecah, ini menjadi aplikasi yang direkomendasikan untuk compress file berukuran kecil.

11. PDF Utils

Aplikasi ini tidak hanya menyediakan fitur untuk merubah ukuran pdf. Tetapi jika beberapa fitur lainnya seperti fitur rotasi, menambah atau menghilangkan tulisan maupun gambar.

Kemampuan mengecilkan file aplikasi ini cukup baik, anda bisa mengecilkan file hingga ukuran terkecil. Hasil yang didapat pun baik dan tidak pecah pada huruf dan gambar yang ada dalam file.

Cara mengecilkan ukuran pdf dengan aplikasi ini cukup menggunakan fitur yang disediakan, pilih file yang akan diubah, lalu biarkan file diubah secara otomatis. Jika sudah simpan file yang sudah diubah.

Kekurangan aplikasi versi gratis ini adalah banyaknya iklan yang ditayangkan terasa sedikit mengganggu. Jika anda ingin menghilangkannya dapat menggunakan versi berbayar.

12. Reduce PDF Size

Aplikasi yang bisa digunakan pada windows vista, windows XP, windows delapan dan windows sepuluh. Memori penyimpanan dengan kapasitas tujuh koma empat mega bite.

Anda bisa merubah beberapa buah ukuran file sekaligus untuk sekali proses perubahan. Sehingga akan menghemat waktu pengerjaan dengan hasil yang baik tentunya.

Anda hanya perlu memilih file-file yang akan diubah. Lalu biarkan aplikasi bekerja secara otomatis merubah file yang anda pilih. Selanjutnya file yang telah terubah akan tersimpan.

Anda juga bisa mengatur kualitas hasil reduce yang diinginkan seperti default quality, screen view dan berbagai pengaturan lainnya yang membuat file anda memiliki kualitas baik.

13. Easy Pdf

Aplikasi gratis ini biasa anda gunakan tanpa perlu mendaftarkan melalui email. Data yang anda compress melalui aplikasi ini dijamin keamanannya. Anda tidak perlu takut akan pencurian data.

Cara kompres pdf menggunakan aplikasi ini memang di desain mudah. Anda hanya perlu men drag dan drop file yang akan diubah dengan mengklik tombol yang ada pada laman.

Setelah terupload sempurna klik tombol kompres pdf. Sistem akan merubah file yang anda upload secara otomatis. Tunggu beberapa saat dan file baru akan muncul pada laman.

Unduh file yang sudah diubah lalu simpan di tempat penyimpanan yang telah anda pilih. File anda kan hilang dalam beberapa jam setelah proses selesai. Anda tidak perlu diragukan keamanannya.

Aplikasi ini juga memberikan anda akses langsung ke cloud seperti dropbox dan google drive. Sehingga proses pengiriman data dapat langsung dilakukan tanpa perlu memindahkan file terlebih dahulu.

14. Wondershare PDF

Aplikasi ini memberikan anda pilihan untuk menentukan ukuran hasil file yang akan anda kompres. Tentu saja dengan cara yang mudah dan cepat. Semua proses terjamin keamanannya.

File yang anda upload akan terhapus secara permanen satu jam setelah proses selesai. Anda tidak perlu khawatir file anda jatuh ke pihak yang tidak bertanggung jawab.

Cara mengecilkan ukuran pdf pun mudah. Anda hanya perlu mengklik tombol pilih file, lalu pilih file yang akan diubah. Lalu pilih level kompres untuk file tersebut, jika sudah klik tombol mulai kompres.

File akan otomatis diubah dan bila sudah selesai anda hanya perlu mengunduh hasilnya. Lalu simpan file yang baru pada tempat penyimpan dengan judul yang baru pula.

15. PDF 24 Tool

Ini merupakan aplikasi untuk memperkecil ukuran pdf yang harus digunakan secara online. Penggunaannya gratis dan tan harus mendaftar melalui email. Anda hanya perlu masuk ke halaman website nya.

Langkah pertama anda harus memilih file yang akan di kompres lalu letakkan pada kolom yang telah ditentukan. Anda harus memilih ukuran, kualitas gambar sesuai dengan hasil yang diinginkan.

Langkah selanjutnya klik tombol compress dan tunggu proses yang dilakukan oleh sistem. Proses ini hanya membutuhkan waktu beberapa menit tergantung besar file yang anda masukkan.

Setelah proses selesai anda tinggal mengklik tombol download lalu simpan fila yang telah diubah. Simpan pada tempat penyimpanan yang anda inginkan di perangkat internet anda.

Itu adalah beberapa pilihan aplikasi untuk merubah ukuran pdf yang bisa anda gunakan. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Mana yang anda pilih tergantung kebutuhan.

Aplikasi yang Diurutkan Berdasarkan Kemampuannya

kompres pdf online
Image: helpx.adobe.com

Aplikasi berikut ini diurutkan berdasarkan kemampuannya kompres file pdf

* Free PDF Compressor 4 MB dapat merubah menjadi ukuran terkecil 884 KB.

* SmallPDF mampu merubah hingga ukuran 689KB

* ORPALIS PDF Reducer memiliki kemampuan merubah sampai ukuran 830 KB

* Adobe Acrobat XI Pro kemampuan merubah hingga ukuran 833 KB (Gambar pecah-pecah)

* MS Word 2016 kemampuan merubah terkecil 960KB

3 Aplikasi Paling Cepat Saat Mengkompres PDF

kompres file pdf
Image: ilovepdf.com

Jika berdasarkan kecepatan memproses dokumen maka ketiga aplikasi ini menjadi pilihan, yaitu

1. I love PDF

2. Small PDF

3. Compress PDF

Besarnya file yang anda butuhkan tentu menjadi hal penting yang harus dipertimbangkan. Tetapi jika kualitas gambar yang dihasilkan tidak memuaskan ada baiknya anda pertimbangkan kembali.

Baca Juga  Stop Jengkel, Ini 10 Cara Menghilangkan Iklan di Hp Xiaomi

Berbagai aplikasi yang merupakan kecanggihan teknologi ini diadakan agar memudahkan pekerjaan. Anda hanya perlu mencari dan memanfaat segala kecanggihan yang disiapkan.

Menggunakan aplikasi yang tepat sebagai Cara Memperkecil Ukuran PDF bisa membuat pekerjaan Sahabat Tedas.id menjadi lancar dan hasil yang maksimal. Ayo, manfaatkan kecanggihan yang ada.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *