cara mempercepat koneksi wifi
Tutorial

Cara Mempercepat Koneksi Wifi, Internetan jadi Bebas Lemot

Cara Mempercepat Koneksi Wifi – Munculnya teknologi wifi sangat membantu kehidupan manusia. Jika dulunya internetan harus dibantu dengan sambungan kabel, kini tidak lagi. Tanpa kabel, jaringan internet tetap bisa didapatkan.

Jaringan pun disediakan bukan hanya di area umum saja, tapi di cafe, kantor hingga di rumah sudah banyak orang yang memasang jaringan wifi. Padahal tahun 2017 lalu, Indonesia masih berada di peringkat 102 soal kecepatan dengan rata-rata download 9,94 Mbps kini sudah naik di peringkat 94.

Meningkatkan kecepatan jaringan ini juga berkat peranan perubahan jaringan yang menggunakan router wifi. Ditambah lagi pengguna internet kini semakin meningkat. Bagi kamu yang mungkin sudah menggunakan wifi sejak sepuluh tahun lalu pasti merasakan perubahannya.

Meskipun meningkat, dalam keadaan tertentu internet bisa saja terasa lemot. Jaringan yang melambat ini bisa disebabkan berbagai macam sebab. Oleh karena itu jangan langsung menyalahkan provider. Masalah mungkin saja terjadi karena alat yang rusak atau lainnya.

Nah bagi kamu yang ingin tahu cara mempercepat koneksi wifi supaya internetan nggak lemot lagi, ada kok caranya.

Aneka Cara Mempercepat Koneksi Wifi

Salah satu alasan yang seringkali membuat jaringan wifi jadi lemot karena padatnya lalu lintas. Ketika banyak perangkat yang tersambung ke satu wifi pastilah kinerjanya menurun. Oleh karena itu biasanya kalau kamu pergi ke cafe yang ramai, jaringan lambat itu sudah biasa.

Tapi kalau kamu menggunakan wifi di rumah sendiri dan tiba-tiba lemot, kemungkinan besar ada orang yang mencuri jaringan. Jadi sebaiknya gantilah password wifi agar lebih aman dan tidak ada yang mencuri. Apabila kamu mengalami masalah dengan jaringan wifi lambat, cara-cara mempercepat koneksi wifi berikut ini perlu diikuti.

1. Ganti dengan router berkualitas

Masalah jaringan yang lambat bisa disebabkan karena router yang digunakan telah usang. Jika usia router sudah terlalu lama, kemungkinan rusak pun lebih tinggi. Tak heran kalau kinerjanya menurun. Atau karena router yang digunakan berada di kelas low end, sehingga tidak awet dan kualitasnya buruk.

Lebih baik kamu menggantinya dengan router dengan kualitas high end. Dengan begitu tingkat awetnya lebih tinggi dan awet. Walaupun mungkin harganya sedikit lebih mahal, tapi tidak masalah bukan kalau router bisa memberikan jaringan tercepat dan tahan lama.

2. Memeriksa kekuatan sinyal

Kekuatan sinyal harus diperiksa terlebih dahulu sebelum akhirnya kamu mengganti router atau mengatasinya dengan cara lain. Karena kekuatan sinyal yang dipancarkan bisa saja melemah karena alasan lain. Pengecekan kekuatan sinyal bisa dilakukan dengan aplikasi pihak ketiga yang gratis untuk diunduh.

Kamu bisa menggunakan Wireshark, Amped, Cloudcheck dan masih banyak lainnya. Pada saat pengecekan, pastikan bahwa kekuatan sinyal berada di -60 decibel milliwatt (dBm) hingga -50 dBm. Apabila sinyal menunjuk angka -70 maka sinyalnya terlalu lemah dan inilah yang membuat koneksi jadi buruk.

3. Cek kecepatan internet

Selain kekuatan sinyal, kamu juga harus tahu bagaimana kecepatannya apakah normal. Untuk mengeceknya kamu bisa langsung masuk ke beberapa situs gratis yang memberikan layanan pengecekan. Salah satunya adalah speedtest.net dan cek berapa kecepatan internetmu.

Kecepatan yang dimiliki harus sesuai dengan paket yang kamu dapatkan. Misalnya 10 Mbps. Apabila ternyata kecepatannya berubah jadi lebih lambat maka ada masalah di dalamnya. Bisa karena dari ISP atau masalah lainnya. Jadi sebelum kamu komplain ke ISP bisa melakukan beberapa langkah lainnya.

4. Mengatur posisi dan antena router

Pengecekan kekuatan dan kecepatan sinyal wifi adalah hal penting untuk mengetahui kesalahan yang terjadi sehingga tindakan yang dilakukan nantinya lebih tepat. Apabila selesai mengecek yang terjadi karena sinyal tidak kuat atau kecepatannya buruk maka kamu bisa mencoba mengubah posisi router serta antenanya.

Meletakkan router tidak bisa dilakukan sembarangan karena bisa menghambat sinyal wifi. Beberapa orang meletakkan di dekat stop kontak atau ada juga yang meletakkan di tempat rendah. Apalagi jika router terhalang oleh benda tertentu maka sinyal wifi sudah pasti akan melemah.

Router tidak boleh diletakkan di tempat yang terhalang dinding atau besi. Kemudian jika ruangan sangat luas sebaiknya pasang repeater yang akan menguatkan sinyal. Hindari juga untuk mendekatkan router dengan microwave yang akan mengganggu sinyal wifi.

Jika letak router sudah dipilih dengan tepat, cara selanjutnya adalah dengan mengubah posisi antena router. Posisi yang tepat adalah antena berdiri sehingga memancarkan sinyal wifi yang lebih kuat.

5. Rutin melakukan reboot router

Kebanyakan orang pasti hanya melakukan reboot ketika internet sedang lemot saja, padahal cara ini salah. Router yang sudah bekerja 24 jam nonstop perlu di reboot secara rutin sehingga alat tidak rusak dan sinyal pun lebih lancar. Sebaiknya kamu membuat jadwal yang rutin untuk melakukan reboot.

Jadwal yang tepat untuk reboot adalah sekitar dua hingga satu minggu sekali. Kamu bisa merefresh router sehingga kinerjanya kembali kencang. Sama seperti komputer atau laptop yang sering digunakan harus rutin untuk beristirahat sejenak.

Cara reboot yang harus kamu lakukan pun sangat mudah yaitu dengan menekan tombol power dan matikan selama 12 menit. Kemudian nyalakan kembali dan router akan bekerja dengan baik kembali.

6. Konfigurasi wifi dengan CMD

Cara mempercepat koneksi wifi yang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan pengaturan pada CMD komputer. Tidak perlu aplikasi tambahan dan sebelumnya pastikan jika komputer atau laptop sudah terhubung dengan wifi.

Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  • Masuk command prompt pada komputer kemudian klik kanan pada status wifi.
    cara mempercepat jaringan wifi
  • Maka akan muncul status Wireless Network Connection dan alamat IP wifi akan terlihat dan klik detail.

Jika bingung, kamu bisa juga dengan mengetik ipconfig pada CMD untuk melihat hasilnya.

Selanjutnya kamu bisa ketik ping -I kemudian jumlah request bandwidth dan IP address dan dilanjutkan dengan -t. Sebagai contoh : ping -I 1000 192.167.1.1 -t.

Koneksi akan berubah lebih cepat karena kamu sudah menambahkan bandwith. Selain itu, agar koneksi terus cepat, kamu harus selalu membuka koneksi CMD.

Kamu bisa mengatur berapa jumlah bandwidth yang dibutuhkan ke dalam CMD.

Menentukan kanal yang tepat

Sinyal yang tumpang tindih adalah salah satu penyebab wifi publik selalu lemot. Karena berada di ruang terbuka maka sering terjadi data loss dan perlu masuk ke rebroadcast. Untuk masalah yang muncul karena kanal kamu bisa menggunakan aplikasi.

Baca Juga: Aplikasi Penguat Wifi

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah free inSSIDer utility. Untuk menggunakannya, kamu bisa membuka aplikasi terlebih dahulu, kemudian melihat jaringan wifi yang tersedia. Baru setelah itu akan terlihat kanal dalam bentuk grafik dengan berbagai macam warna’.

Supaya kamu bisa menggunakan wifi dengan sinyal kencang, bisa memilih grafik yang jarang digunakan. Buka alamat IP di browser dan ketik ipconfig di command prompt. Masuk ke setting wifi dan pilih kanal pada menu dropdown. Pindah kanal ke kanal yang sedikit digunakan.

Mengatur IRPStackSize agar tinggi

Cara mempercepat koneksi wifi selanjutnya adalah dengan meningkatkan IRPStackSize . Biasanya IRPStackSize secara default adalah 15, namun angka ini bisa ditingkatkan sampai 50. Ada beberapa pengaturan yang bisa dilakukan melalui komputer dengan langkah berikut ini:

  • Klik start kemudian Run dan ketik regedit dan buka Registry Editor.
  • Setelah Registry terbuka, kamu bisa masuk ke: HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\LanmanServer\Parameters.
  • Pada folder Parameter, kamu bisa klik kanan di file DWORD dan pilih menu Modif, ganti nilai menjadi 50. Setelah itu klik OK dan tutup Registry Editor.

Mengubah Pengaturan QoS

Pengaturan QoS ini bisa dilakukan untuk Windows 8 ke atas. Adapun cara mengaturnya adalah sebagai berikut ini.

  • Klik Start kemudian Run dan ketik gpedit.msc baru masuk ke Local Computer Policy dan Computer
  • Configuration terakhir Administrative Templates.
  • Klik Network dan masuk ke QoS Packet Schedulers.
  • Double klik pada Limit Reservable Bandwidth dan Enable dan isi 0 pada limitnya.
  • Terakhir klik Apply dan kamu tinggal restart komputer.

Semua cara mempercepat koneksi internet wifi ini bisa dilakukan satu per satu hingga akhirnya koneksi jadi cepat kembali. Caranya mudah dan tidak ada yang sulit.

Yuliarti Swan
Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

    Comments are closed.