Ngebut, Ini Cara Mempercepat Koneksi Internet Android dan PC

Cara Mempercepat Koneksi Internet – Bagaikan kebutuhan pokok, internet selalu diakses segala kalangan. Bukan hanya karyawan kantor saja yang mengaksesnya tapi juga anak sekolah. Dengan adanya sekolah online, pengguna internet pun meningkat tajam.

Urusan koneksi yang lambat menjadi masalah utama yang membuat pekerjaan selesai lebih lama. Apalagi penggunaan internet seperti mesin kasir yang membutuhkan kecepatan dalam transaksi.

Jika kamu mengalami internet lemot, tenang ada cara mempercepat koneksi internet yang mudah untuk dilakukan. Bahkan kamu bisa mempercepat koneksi internet pada laptop atau smartphone. Yuk simak cara lengkapnya di sini.

Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android dan PC

Apa yang membuat internet koneksinya lemot? Bisa karena sinyal yang lemot atau jika kamu menggunakan wifi kuotanya sudah penuh. Hal ini sering terjadi ketika kamu menggunakan koneksi wifi publik seperti di cafe.

Sedangkan jika kamu menggunakan kuota dari provider alasan utamanya adalah sinyal buruk. Lemahnya koneksi ini sering muncul ketika cuaca juga sedang buruk, bahkan untuk wifi di rumah. Walaupun sudah menggunakan fiber tetap saja koneksi lemot sering terjadi.

Nah bagi kamu yang jengkel menghadapi internet lemot, perlu meneliti kembali apakah saat ini penggunaannya sudah benar. Beberapa cara mempercepat jaringan berikut ini bisa kamu lakukan.

Mengecek posisi antena pada router

Apakah kamu menggunakan wifi di rumah? Sebelum mengutak atik laptop atau hp, cara pertama yang harus kamu lakukan adalah mengecek router. Antena pada router mungkin saja berubah posisinya atau tidak memancarkan sinyal yang kuat.

Maka cara mempercepat koneksi internet yang pertama kali bisa kamu lakukan adalah dengan mengubah posisi antena. Coba ubah beberapa posisi dan cek kekuatan sinyalnya di hp. Kamu juga bisa merestart router dengan mematikannya 12 menit sebagai bagian dari perawatan.

Mengaktifkan Adblock

Para pengguna mesin pencari Google pasti sudah paham betul dengan iklan yang bertebaran di mana-mana. Sayangnya iklan seringkali mengganggu, apalagi jenis iklan pop up. Selain mengganggu, iklan juga memperlambat jaringan internet karena digunakan untuk membuka iklan tersebut.

Terlebih lagi jenis iklan bentuk video yang menghabiskan kuota kamu. Untuk mengatasi iklan dan mempercepat koneksi kamu bisa menggunakan aplikasi adblock. Pemblokiran ikalan ini akan mengurangi beban jumlah situs yang dibuka.

Aplikasinya gratis dan bisa digunakan untuk laptop maupun android. Kamu tinggal instal saja dan menggunakannya sebagai ekstensi Google.

apa itu cache

Menghapus cache pada PC dan android

Cache adalah data yang disimpan dalam laptop atau android yang tujuannya untuk mempermudah aplikasi untuk dibuka. Tapi semakin banyak data yang disimpan juga tidak baik karena kinerja alat akan lemot dan koneksi jadi berjalan lambat.

Khusus untuk laptop kamu bisa menghapus data cache ini pada history di mesin pencari. Centang cache untuk dibersihkan baru klik hapus. Sedangkan di ponsel kamu bisa menghapusnya dengan masuk ke pengaturan dan pilih aplikasi. Baru hapus data satu per satu.

Menonaktifkan tethering

Apakah kamu sedang membagikan jaringan internet di hp dengan perangkat lain atau tethering? Kamu mungkin saja lupa telah mengaktifkannya dan ini bisa jadi sumber kebocoran yang membuat koneksi semakin lemot.

Tak hanya pada hp, kamu juga mungkin membagikan koneksi dari wifi portable yang saat ini sedang digunakan. Sebaiknya non aktifkan jaringan tersebut sehingga hanya kamu yang bisa mengaksesnya. Karena bandwidth dari internet tersebut akan terbagi ke banyak perangkat.

Tutup tabs yang sedang dibuka

Penggunaan web browser yang berlebihan bisa jadi penyebab utama mengapa internet kamu lemot. Ada batasan penggunaan tabs ketika sejak awal koneksi kurang baik. Semakin banyak tabs yang dibuka akan menghabiskan banyak jaringan.

Padahal mungkin saja kamu hanya melihat satu atau dua website saja. Jadi lebih baik kamu menutup tabs atau aplikasi lain yang sedang tidak digunakan. Karena hal ini sama saja dengan iklan pop up yang muncul membuat koneksi melemah.

Mengunci jaringan 4G pada ponsel

Bagi kamu pengguna android, cara mempercepat koneksi internet yang bisa dilakukan adalah dengan mengunci jaringan. Pernahkah kamu memperhatikan bahwa jaringan yang muncul pada bagian sinyal sering berubah-ubah? Kadang 4G kadang pula 3G.

Hal ini dikarenakan settingan jaringan pada ponsel adalah default jadi apabila jaringan yang kuat adalah 4G maka jaringan tersebut akan didapatkan. Tapi jika tidak jaringan akan muncul 3G bahkan lebih rendah.

Oleh karena itu kamu sebaiknya mengunci jaringan yang paling kuat yaitu 4G atau 5G sehingga koneksi internet tetap stabil dan juga kuat.

arti vpn

Memanfaatkan VPN

Aplikasi VPN terkenal digunakan untuk membuka situs yang diblokir. Tapi ternyata ada fungsi lainnya yaitu untuk memperkuat koneksi internet. Untungnya aplikasi ini gratis jadi kamu bisa menggunakannya pada android.

Hanya saja karena ada banyak situs yang terblokir bisa dibuka, sebaiknya kamu tambahkan keamanan anti virus pada ponsel. Sehingga alat yang kamu gunakan tetap aman dan koneksi pun lancar.

Mengaktifkan fitur data saver

Setiap android selalu dilengkapi dengan layanan fitur data saver. Layanan ini bertujuan untuk menghemat data internet atau kuota tidak cepat habis. Misalnya saja ketika masuk ke situs yang menampilkan banyak gambar, maka gambar tersebut akan diperkecil otomatis.

Dampak positifnya karena situs yang dibuka menjadi semakin ringan, koneksi internet pun jadi lebih cepat. Fitur ini bisa kamu lihat ketika membuka Facebook. Aplikasi tersebut menyediakan fitur data saver untuk menghemat kuota tapi mempercepat koneksi.

Jangan lupa mengupdate data saver

Virus juga bisa menjadi penyebab utama laptop menjadi lemot begitu juga pada koneksi internet. Kamu mungkin tidak sadar virus menyerang ketika membuka sebuah situs, jadi akan lebih baik jika selalu rutin update anti virus.

Pastikan kamu tidak pernah terlambat mengupdate antivirus dan ketika laptop atau koneksi melambat cobalah untuk scanning. Pasti ada beberapa virus yang menyerang sehingga membuat jaringan melambat.

Menggunakan direct connection dengan LAN

Apakah kamu memasang wifi di rumah? Selain mengecek antena dan posisi wifi, ada baiknya jika kamu menggunakan kabel LAN langsung. Ketika koneksi melambat artinya ada masalah dengan sinyal yang dipancarkan.

Jadi persiapkan kabel LAN dan koneksikan langsung pada laptop. Internet pasti langsung lancar dan cepat karena tidak ada gangguan sinyal. Memasang kabel LAN pun cukup mudah, kamu tinggal colokkan saja dari router ke laptop.

Matikan background program

Penyebab lain mengapa koneksi internet lambat karena banyak background program yang menyala di laptop. Kamu harus sering memantau program mana yang digunakan dan tidak karena akan mengganggu kegiatan bekerja atau belajar.

Untuk mengetahui manakah background program yang harus dimatikan, kamu bisa masuk ke Task Manager. Kemudian pilih networking dan lihat aplikasi mana yang saat ini mengakses internet. Matikan langsung dengan End Task sehingga koneksi kembali cepat.

Manfaatkan aplikasi internet booster

Bagi kamu yang menggunakan laptop dengan internet untuk bekerja maka aplikasi internet booster bisa jadi solusi tepat. Beberapa aplikasi ada yang gratis dan berbayar kamu tinggal pilih mana saja yang sesuai kebutuhan.

Internet booster akan memfokuskan internet pada satu device saja yaitu laptop yang sedang kamu gunakan. Cara ini sangat membantu ketika di rumah, kantor atau di ruang publik banyak yang mengakses internet dari satu sumber misalnya wifi.

Nah inilah berbagai cara mempercepat koneksi internet yang bisa kamu akses dengan mudah. Tak perlu panik ketika internet lemot dan menyalahkan jaringan. Mungkin saja kesalahan terdapat pada alat yang sedang kamu gunakan.

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *