5 Cara Membuka Situs yang Diblokir Tanpa Aplikasi

Cara Membuka Situs yang Diblokir Tanpa Aplikasi – Selama ini, situs web atau yang lebih Anda kenal sebagai website selalu menawarkan informasi-informasi mulai dari fashion, gaya hidup, analisis tentang sesuatu hingga pemberitaan suatu peristiwa.

Situs web memang menjadi salah satu tipe komunikasi yang banyak diminati oleh berbagai kalangan.

Alasan yang paling mendasar adalah karena penggunaan website yang sangat praktis dan bisa mendapatkan informasi dari website, kapanpun dan dimanapun.

Namun, sebagai pengguna setia situs web, pernahkan Anda mengalami kendala dalam menggunakannya?

Salah satu kendala yang paling sering terjadi dan dialami oleh banyak orang adalah tidak bisa mengakses suatu situs tertentu.

Hambatan tersebut bisa saja terjadi bila situs yang kita inginkan sudah diblokir oleh pihak pemerintah atau penyedia jasa ISP.

Jika hal ini terjadi, maka pastinya akan sangat menyebalkan bukan? Apalagi jika Anda sedang dalam keadaan mendesak, ingin membaca informasi di situs tersebut.

Misalnya untuk membuat resep obat herbal dengan mencari informasinya di web tertentu.

Untuk menghindari berbagai kemungkinan karena hal yang di atas terjadi, maka Anda juga harus mengetahui bagaimana cara membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi sejak dini.

Memang terlihat sangat sepele, namun apa salahnya mengantisipasi sejak awal.

Sayangnya sampai saat ini tak banyak yang mengetahui bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Namun setelah membaca tulisan ini, pastinya Anda akan segera mengetahui cara-caranya.

Cara Membuka Situs yang Diblokir Tanpa Aplikasi

web proxy
Image: play.google.com

Ada kabar baik untuk Anda yang sedang kebingungan karena situs yang ditku sudah terblokir oleh pemerintah.

Sebab di bawah ini akan dijelaskan berbagai cara membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi.

1. Dengan Menggunakan Web Proxy (Android dan PC)

Cara pertama yang bisa Anda coba untuk membuka situs yang terblokir adalah dengan memanfaatkan web proxy.

Web proxy adalah salah satu layanan yang bisa membantu Anda menyembunyikan alamat IP Anda dari situs yang akan dikunjungi.

Penggunaan web proxy sebagai salah satu cara membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi yang cukup ampuh.

Pasalnya, ketika Anda sedang menggunakan web ini, web yang akan Anda kunjungi tidak akan bisa melihat data lokasi Anda saat itu.

Inilah yang menjadi keunggulan web proxy, yaitu bisa membuat lokasi Anda tak terdeteksi dengan benar dan malah membuat seolah-oah Anda mengakses halaman atau situs tersebut dari tempat yang sangat jauh.

Sampai saat ini, masih banyak yang menyediakan layanan web proxy secara gratis. Tentunya dari banyaknya web tersebut, pasti akan memiliki kekurangan dan kelebihan.

Anda bisa membuat pilihan yang tepat dengan mencoba salah satunya.

Adapun cara membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi dengan menggunakan web proxy adalah:

* Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuka google chrome.

* Kemudian tulislah web proxy dan klik tombol enter.

* Nantinya akan muncul beberapa web proxy yang muncul, Anda bisa menggunakan web ProxySite.

* Selanjutnya Anda harus memilih server yang berada di bagian kiri dan masukkanlah URL situs yang diblokir tadi, kemudian klik GO.

* Anda harus menunggu hingga ProxySite membuka situs yang terblokir tersebut.

Yang membuat ProxySite menarik untuk dijadikan sebagai salah satu cara membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi adalah di bagian home page dari ProxySite ini terdapat shortcut yang bisa mengarahkan Anda menuju ke beberapa situs populer yang sering diblokir oleh pemerintah.

Baca Juga  Cara Screenshot di Laptop dan PC yang Gampang Ditiru

Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi repot-repot untuk menuliskan link URL jika salah satu situs yang Anda inginkan terdapat di ProxySite.

2. Opera Browser (Android dan PC)

Image: play.google.com

Cara membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi yang kedua adalah dengan memanfaatkan opera browser.

Opera merupakan salah satu browser yang tertua di dunia, maka tak heran jika opera melakukan banyak sekali perkembangan dan juga membuat inovasi-inovasi terbaru untuk membuat para penggunanya agar merasa bahagia.

Salah satu yang terbaru adalah dengan dikeluarkannya versi terbaru yaitu browser opera atau biasa disebut juga opera browser. Versi ini dilengkapi dengan VPN bawaan dan dukungan Ad-blocker dengan fitur modern lainnya.

Untuk fitur VPN pada opera browser ini merupakan inovasi yang sangat luar biasa. Namun sayangnya, VPN pada opera browser ini tidak secepat VPN independen.

Meski demikian, adanya VPN pada versi opera browser ini sudah cukup membantu Anda mencapai tujuan.

Baca Juga: Cara Membersihkan RAM

Opera VPN juga menawarkan bandwidth tanpa batas dengan menggunakan VPN opera. Anda juga bisa dengan mudah untuk mengatur apakah ingin menggunakan VPN atau tidak pada situs tertentu.

Pemaparan diatas hanya segelintir kelebihan yang dihadirkan oleh opera browser.

Salah satu kelebihan dari opera browser yang belum banyak diketahui orang adalah opera browser bisa digunakan sebagai salah satu cara membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi.

Adapun langkah-langkah yang harus Anda tempuh untuk bisa membuuka blokiran pada situs yang Anda inginkan yaitu:

* Jika Anda belum memiliki aplikasi opera browser, maka terlebih dahulu Anda harus membuka aplikasi play store atau aplikasi app store.

* Kemudian tulislah opera pada kolom pencarian.

* Tak butuh waktu lama, Anda akan menemukan banyak sekali opera browser yang muncul pada layar hp Anda.
Kemudian pilihlah browser opera dengan VPN gratis dan install.

* Jika sudah terinstall, maka cara membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi adalah dengan cara membuka aplikasinya.

* Nanti akan muncul halaman awal dari opera, kemudian pilihlah menu Tab yang ada di bagian kanan bawah.

* Klik tombol Tambah yang juga ada di bagian bawah.

* Anda akan masuk ke dalam mode pribadi atau masuk ke ikon opera mini yang ada di bagian bawah.

* Pilih opsi setting.

* Di sana Anda kan menemukan tombol VPN yang masih dalam keadaan mati. Untuk menghidupkannya, Anda harus mengubah tombol off tersebut menjadi tombol on.

* Jika VPN sudah dalam keadaan aktif, silahkan Anda memasukkan alamat situs web yang ingin dibuka namun terblokir pada kolom yang sudah disediakan.

* Dengan begitu, Anda hanya tinggal menunggu beberapa saat saja untuk menuju situs yang Anda inginkan.

Perlu diketahui bahwa VPN pada opera browser ini hanya akan aktif pada mode pribadi. Ketika Anda menggunakan mode normal, maka VPN tidak akan berfungsi lagi.

Setelah mempelajari cara di atas, apakah Anda sudah yakin bisa melakukannya? Jika masih belum sepenuhnya yakin, Anda bisa mencoba cara membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi dengan opera browser menggunakan PC atau laptop.

Caranya sangat mudah, Anda harus mengikuti langkah-langkah berikut ini:

* Bukalah laptop Anda dan pastikan bahwa laptop Anda sudah terhubung dengan jaringan internet.

* Kemudian pilihlah menu download yang sesuai dengan OS PC yang Anda gunakan.

Baca Juga  Cara Membuat Podcast di Spotify Terlengkap untuk Diikuti

* Jika sudah terinstall, maka bukalah opera tersebut dan klik ikon opera yang terletak di bagian pojok kiri atas.

Kemudian Anda harus menggeser ke bawah hingga menemukan setting. Jika sudah ketemu, maka klik tulisan setting tersebut.

* Cara membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi dengan opera browser ini yaitu dalam menu setting tersebut, Anda harus memilih menu privacy dan security. Kemudian aktifkan VPN dengan cara mencentang enable VPN.

* Untuk memastikan bahwa VPN Anda sudah aktif, Anda bisa mencoba membuka tab baru dan nantinya akan muncul tuisan VPN di samping bar pencarian URL. Anda hanya tinggal memasukkan URL dari situs yang sudah diblokir oleh pemerintah tersebut.

Bagaimana, cara membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi di atas sangat mudah bukan?

3. Dengan Ekstensi VPN (Laptop)

vpn untuk ios

Cara yang ketiga yaitu dengan memanfaatkan fitur ekstensi yang ada di google chrome.

Dengan adanya fitur ini akan sangat membantu siapa saja yang ingin membuka situs yang sudah diblokir oleh pemerintah.

Untuk mengakses situs yang sudah terlanjur diblokir oleh pemerintah dengan menggunakan google chrome, maka langkah pertama dari cara membuka situs yang diblokir di google chrome hp yang harus dilakukan yaitu menginstall ekstensi VPN ke dalam google chrome di laptop Anda.

Anda bisa mendownload ekstensi VPN pada chrome web store. Sangat disarankan untuk menggunakan ekstensi browsec VPN sebab browsec VPN lebih cepat daripada VPN yang lainnya.

Browsec VPN memberikan penawaran berupa kecepatan hingga 100Mb/s. Namun meski demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa kecepatan dari browsec VPN ini menjadi 10-15Mb/s.

Meskipun browsec VPN ini sangat membantu Anda untuk membuka situs yang sudah diblokir oleh pemerintah, namun perlu diperhatikan untuk tidak pernah menggunakannya dalam kegiatan yang sensitif.

Misalnya tidak menggunakannya saat Anda melakukan transaksi apapun.

Anda harus memastikan bahwa VPN Anda sudah dalam keadaan mati ketika sudah digunakan atau ketika akan menggunakan hp Anda untuk bertransaksi. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan.

Perlu diperhatikan bahwa cara yang akan dijelaskan di bawah ini bukan merupakan cara membuka situs yang diblokir di google chrome di hp melainkan menggunakan laptop atau PC.

Adapun cara-caranya adalah:

* Yang paling pertama yang harus dilakukan jika Anda belum menginstall browsec VPN yaitu membuka browser google chrome yang terdapat di komputer atau PC Anda.

* Kemudian klik ikon menu yang berupa titik tiga yang ada di bagian pojok kanan atas.

* Pilihlah opsi fitur lainnya.

* Kemudian carilah opsi ekstensi. Klik, lalu akan terbuka tab baru dengan sendirinya.

* Cara membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi yang selanjutnya yaitu Anda harus mengklik ikon menu yang berupa garis tiga yang terletak di pojok kiri bagian kiri atas.

* Langkah selanjutnya yaitu Anda juga harus mengklik tulisan buka browser webstore. Opsi tersebut akan Anda temukan di bagian bawah layar. Jika sudah memencet atau mengkliknya, maka akan terbuka tab baru lagi.

* Selanjutnya ketikkan browsec pada kolom pencarian yang terdapat di bagian atas ekstensi. Lalu klik enter.

* Nantinya akan muncul tulisan browsec VPN free and unlimited VPN. Jika itu sudah muncul, Anda harus mengklik opsi tambahkan ke chrome.

* Cara membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi yang selanjutnya yaitu akan muncul notifikasi, kemudian Anda harus memilih opsi tambahkan ekstensi. Anda harus menunggu hingga proses instalasi selesai.

Perlu diketahui bahwa dalam hal ini, kualitas jaringan laptop Anda juga sangat menentukan seberapa lama VPN tersebut bisa terpasang di laptop Anda.

Baca Juga  Anti Ribet, Ini 8 Cara Download Video Youtube Tanpa Aplikasi 

* Setelah proses intalasi selesai, maka nantinya akan muncul ikon baru tepatnya di sebelah kanan atas browser chrome. Kemudian kliklah ikon tersebut.

* Untuk melanjutkan proses mengakses situs yang sudah terblokir maka Anda harus mengklik tulisan protect me atau bisa juga dengan menggeser tombol off sehingga berubah menjadi tombol on.

* Jika langkah-langkah tadi sudah dilakukan dengan benar, maka Anda sudah berhasil membuka situs yang sudah diblokir.

Yang perlu diingat dari cara yang ketiga ini, bahwa cara di atas bukan cara membuka situs yang diblokir di google chrome di hp melainkan di laptop atau PC.

Anda juga bisa memilih server browsec VPN, sangat disarankan untuk menggunakan server yan Singapore sebab jarak antara singapore terbilang cukup dengan Indonesia.

Jika Anda ingin mematikan browsec VPN, Anda hanya perlu mengklik ikon browsec yan terdapat pada bagian kanan atas. nantinya Anda akan menemukan tampilan menu browsec.

Selanjutnya, Anda bisa menggeser tombol ON menjadi OFF agar VPN tersebut mati.

4. Dengan Menggunakan Tor Browser (Android dan PC)

aplikasi tor
Image: play.google.com

Cara membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi selanjutnya yaitu dengan mengunakan Tor.

Tor ini adalah browser yang bisa digunakan di hp ataupun di laptop yang berfungsi untuk melindungi privasi salah satunya data Anda dari pengintaian dan juga mengakses situs dan konten yang dibatasi oleh wilayah.

Bahkan jika terjadi kemungkinan bahwa tor Anda diblokir oleh ISP, maka Anda tetap dapat mengkonfigurasi tor untuk tetap terhubung ke jembatan selama proses pengaturan.

Selain bisa digunakan sebagai salah satu cara membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi, tor merupakan satu-satunya browser yang bisa membuat Nada tetap bisa mengakses situs meskipun memiliki akhiran .onion.

Tor juga bisa memungkinkan Anda untuk membuka situs-situs yang terlarang dan tor juga memiliki browser dengan alat anti pengawasan yang efektif.

Jika Anda mengira bahwa tor sama dengan VPN, maka anggapan tersebut sepenuhnya salah.

Yang menjadi perbedaan antara tor dan VPN adalah pada layanan VPN mengenkripsikan lalu lintas internet Anda dari agen internal tetapi tetap memiliki kemampuan untuk mengekstrak informasi sendiri.

Sedangkan di sisi lain, jaringan tor terdesentralisasi dan benar-benar anonim. Lalu lintas dalam jaringan sepenuhnya akan terenkripsi.

5. Aloha Browser (Android)

Image: play.google.com

Cara membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi selanjutnya yaitu dengan menggunakan aloha.

Aloha merupakan browser android yang memiliki fitur lengkap dan juga yang menjadi keunggulannya adalah aloha memiliki VPN bawaan.

Aloha adalah browser yang sangat direkomendasikan karena memungkinkan penggunaan VPN tanpa batas dan juga gratis. Namun VPN ini hanya bisa diakses dalam aplikasi saja.

Terlepas dari keunggulannya yaitu fitur VPN, aloha juga menawarkan jasa untuk melakukan pemblokiran iklan, pemutar media yang memiliki pemutaran latar belakang, VR Player, mode penghemat data dan tentunya masih banyak lagi.

Anda juga bisa menggunakan aloha versi premium. Namun jika Anda menggunakan versi ini, maka Anda harus mengeluarkan biaya tambahan.

Demikianlah beberapa cara membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi. Meskipun cara di atas terbilang sangat mudah, namun jangan sampai Anda menggunakannya untuk mengakses situs yang tidak diperbolehkan di Indonesia.

Cobalah untuk bijak menggunakan segala kemudahan yang ada, termasuk kemudahan dalam mengakses situs yang sudah diblokir oleh pemerintah.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan. Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *