cara membuka facebook lupa kata sandi
Tutorial

Panduan Cara Membuka Facebook Lupa Kata Sandi

Apakah Sahabat Tedas.id pernah mengalami lupa kata sandi Facebook? Tenang, cara membuka Facebook lupa kata sandi ada berbagai pilihan yang bisa diikuti.  

Siapa yang saat ini tak mengenal Facebook? Platform sosial media yang terkenal bahkan kini terintegrasi dengan Instagram dan Whatsapp begitu banyak digunakan, khususnya masyarakat di Indonesia. 

Ada satu hal yang sering terjadi ketika menggunakan platform yang satu ini yaitu ketika lupa kata sandi untuk masuk. Anda mungkin mengingat username atau email, tapi kata sandi terlupakan. 

Tenang saja, ada cara membuka Facebook lupa kata sandi yang bisa diikuti dengan mudah. Secara umum langkahnya adalah dengan memanfaatkan nomor telepon atau email. Facebook telah memberikan cara untuk tetap masuk ke akun ini demi mencegah hacking. 

Bagaimana cara lengkapnya? Anda bisa menyimak panduan lengkapnya di bawah ini. 

Beberapa Pilihan Cara Membuka Facebook Lupa Kata Sandi

Banyak sekali yang pengguna Facebook yang sering dicuri akunnya oleh orang tidak bertanggung jawab. Para pengguna tidak bisa lagi masuk ke akun dan terpaksa harus membuat akun baru lagi. 

Padahal mungkin saja di dalam akun yang lama sudah banyak foto dan kenangan yang tersimpan. Nah mencegah masalah kehilangan akun ini, Facebook memberikan perlindungan untuk memulihkan kata sandi. 

Jadi jika ada orang lain yang berusaha masuk ke dalam akun sembarangan maka bisa mengirimkan kode ke email atau nomor hp. Jika ada kode yang masuk artinya ada yang mencoba masuk ke akun Facebook Anda. 

Cara ini juga yang sangat bermanfaat bagi Anda yang sering lupa dengan kata sandi masuk ke akun Facebook. Entah itu karena memang sudah di hack atau karena terlalu sering mengganti kata sandi sehingga lupa. 

Ada beberapa cara yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasinya. Berikut ini beberapa cara yang bisa dipilih. 

Cara Membuka Akun Facebook Lupa Sandi dengan SMS

Cara membuka Facebook lupa kata sandi tanpa email yang paling bisa diandalkan dengan memanfaatkan sms. Asalkan Anda sudah mendaftarkan nomor hp ke dalam akun yang digunakan. Nomor hp tersebut juga harus aktif. 

Apabila Anda lupa dengan email, Anda hanya perlu memulihkan akun dengan mengirimkan sms ke nomor hp. Sms yang dikirim berupa kode atau kata sandi yang bisa digunakan untuk login. Berikut ini langkah-langkah yang bisa diikuti. 

  1. Masuk ke halaman Facebook kemudian cari akun yang Anda miliki. Caranya adalah dengan klik Lupa Kata Sandi.

  2. Baru setelah itu pada halaman selanjutnya Anda bisa mengetik nama akun dan klik Cari.
    cara membuka facebook lupa kata sandi tanpa email
  3. Maka akan muncul nama akun sejenis dan Anda bisa memilih mana akun yang ingin dipulihkan. Klik Ini Akun Saya untuk masuk ke tahapan selanjutnya. 
  4. Kemudian Anda akan diminta untuk Atur Ulang Kata Sandi Anda. Karena sudah lupa dengan email, maka pilih kirim saya SMS. Baru klik Lanjutkan.

  5. Cek segera sms di nomor hp yang dimaksudkan dan akan muncul sms dari Facebook yang isinya enam digit kode keamanan. 
  6. Ketika kode tersebut pada kolom yang tersedia di layar. Baru klik Lanjutkan. 
  7. Anda bisa mengetik kata sandi baru dan kemudian simpan. Setelah itu cobalah untuk masuk ke akun Facebook dengan kata sandi tersebut. 

Membuka Akun Facebook Lupa Sandi dengan Email 

Cara membuka Facebook lupa kata sandi di atas sangat membantu jika Anda lupa dengan alamat email atau akun sama sekali tidak bisa dibuka. Selama akun belum di hack dan nomor hp Anda tetap sama langkah di atas masih bisa dilakukan. 

Ada cara lain yang bisa dilakukan jika Anda ingin login ke akun Facebook masih dengan sms atau email. Karena Facebook menyediakan layanan ini dan bisa digunakan dengan mudah. Berikut ini langkah-langkahnya. 

  1. Masuklah ke halaman Facebook kemudian tekan Lupa Kata Sandi Anda.

  2. Pada halaman selanjutnya masukan alamat email atau nomor ponsel yang didaftarkan dan klik Cari. 
  3. Maka Anda akan melihat akun Anda dan bisa langsung mengatur kata sandi. Tinggal pilih salah satu yaitu Kirim tautan untuk mengatur ulang kata sandi di email atau mengirim kode ke sms. Pilih salah satunya.

  4. Jika Anda memilih email, maka langsung buka inbox email Anda. Maka akan ada pesan masuk dari Facebook yang isinya tautan untuk di klik supaya bisa mengatur ulang kata sandi. 
  5. Namun jika Anda memilih sms, buka segera hp dan ketik kode yang muncul pada sms ke layar di kolom Facebook. 
  6. Setelah itu ketik kata sandi yang baru sebanyak dua kali dan klik Lanjutkan. Setelah itu Anda bisa mencoba login dengan kata sandi yang baru. 

Cara Membuka Akun Facebook Lupa Sandi dengan Kontak Terpercaya 

Lalu bagaimana jika Anda lupa alamat email, kata sandi dan juga lupa memperbarui nomor hp? Tenang saja karena masih ada alternatif lainnya yaitu dengan memanfaatkan kontak terpercaya. 

Cara membuka Facebook lupa kata sandi ini bisa dilakukan jika sebelumnya Anda sudah mendaftarkan tiga nomor kontak yang terpercaya. Tapi jika belum, maka ganti dengan cara lainnya. Langkah yang harus diikuti dalam cara ini adalah sebagai berikut:

  1. Hubungi terlebih dahulu teman dari daftar kontak yang sudah Anda isi di Facebook sebelumnya. Ceritakan bahwa Anda hendak mengakses akun Facebook memanfaatkan kontak mereka. 
  2. Kemudian masuk ke halaman Facebook dan cari akun milik Anda  yang tidak bisa diakses lagi. Klik Tidak punya akses ke sini lagi yang ada di pojok kiri bawah. 
  3. Maka akan muncul tiga langkah pemulihan. Pertama Anda bisa menghubungi teman dengan telepon atau bertemu langsung. 
  4. Kedua mereka harus mengakses tautan yang muncul dalam Facebook yang saat ini sedang Anda akses. 
  5. Maka mereka akan melihat kode dan catat kode tersebut. 
  6. Masukkan ketiga kode tersebut pada halaman Facebook yang telah disediakan dan klik Lanjutkan. 

Cara Membuka Akun Facebook Lupa Sandi dengan Google 

Ada lagi cara membuka Facebook lupa kata sandi tanpa harus menggunakan cara yang sedikit rumit seperti di atas. Anda pasti memiliki akun Google, akun ini bisa dimanfaatkan untuk mengakses akun Facebook. 

Langkahnya sendiri sebenarnya sudah bisa dilihat dari cara pertama dan kedua di atas. Supaya lebih jelas lagi, berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda dilakukan. 

  1. Masuk ke halaman Facebook dan pilih Lupa kata sandi Anda. 
  2. Setelah itu carilah akun menggunakan nomor hp, email atau username dan klik akun yang ingin Anda akses. 
  3. Setelah itu klik reset kata sandi Anda dan pilih pilihan pertama yaitu Gunakan akun Google saya. Pilih menu Lanjutkan. 
  4. Setelah itu akan muncul tab baru untuk login ke akun Google yang Anda miliki. 
  5. Terakhir adalah tinggal mereset kata sandi dengan yang baru kemudian login dengan kata sandi tersebut. 

Cara Membuka Akun Facebook Lupa Sandi dengan Kartu Identitas

Alternatif cara membuka Facebook lupa kata sandi lainnya adalah dengan memanfaatkan kartu identitas. Biasanya langkah ini banyak dilakukan untuk akun yang sudah di hack. Hanya saja prosesnya sedikit rumit dan hanya bisa dilakukan satu kali. 

Ketika Anda sudah memasukan nomor kartu identitas maka tidak bisa mengulanginya lagi karena akan segera diproses. Selain itu juga harus ada email aktif yang bisa digunakan. Anda juga sebaiknya menggunakan perangkat yang sering digunakan untuk mengakses akun. 

Berikut ini langkah-langkah untuk memulihkan akun milik Anda yang telah dibajak. 

  1. Masuk ke halaman facebook.com/hacked. Kemudian pilih menu Akun Saya Dibobol.
    Cara Membuka Akun Facebook Lupa Sandi dengan Kartu Identitas 
  2. Kemudian pilih lagi menu Lupa kata sandi pada halaman login dan cari akun Anda dengan email atau nama.

  3. Jika nama akun Anda sudah ketemu maka Anda bisa pilih Tidak punya akses ke sini lagi karena email, kata sandi dan juga nomor hp pasti sudah diganti. 
  4. Pada halaman selanjutnya pilih Saya Tidak Dapat Mengakses Email dan klik Selanjutnya. 
  5. Nah pada langkah ini Anda akan diminta untuk mengambil foto kartu identitas dan dikirim ke Facebook. Sisanya Anda hanya tinggal menunggu kode konfirmasi dari Facebook

Proses ini bisa cepat atau bahkan satu minggu. Selama waktu pemeriksaan, akun Anda akan dikunci sehingga tidak bisa digunakan oleh hacker sekalipun. 

Cara Membuka Akun Facebook Lupa Sandi dengan Pusat Bantuan FB

Cara membuka Facebook lupa kata sandi yang terakhir bisa jadi pilihan adalah dengan memanfaatkan pusat bantuan FB. Secara singkat kamu hanya perlu masuk ke pusat bantuan FB kemudian mengisi formulir yang telah disediakan. 

Nantinya formulir ini akan dicek ulang oleh Facebook untuk mengetahui permasalahan apa yang terjadi pada akun milik Anda. Apabila ternyata akun telah dibajak maka pihak FB akan menghubungi melalui email untuk pemulihan. 

Tapi jika kamu lupa kata sandi maka juga akan dikirimkan tautan untuk mengembalikan akun seperti semula. Cara ini lebih mudah tapi biasanya membutuhkan waktu lebih lama. Anda juga tak perlu menggunakan kartu identitas untuk memulihkannya. 

Beberapa  informasi yang dibutuhkan saat mengisi formulir antara lain nama lengkap, email pengguna Facebook, dan melaporkan masalah yang sedang dialami. Anda juga bisa mengirimkan screenshot masalah yang dihadapi sebagai bukti. 

Lupa kata sandi Facebook memang menjadi hal yang cukup mengganggu, apalagi jika Anda menggunakannya sebagai akun bisnis. Tapi sekali lagi, Facebook memberikan banyak kemudahan kepada penggunanya untuk bisa tetap eksis di akun mereka. 

Baik itu pemulihan kata sandi atau mengakses kembali akun yang tidak sengaja dibajak oleh pihak tidak bertanggung jawab. Asalkan Anda mengetahuinya sejak awal maka cara mengatasinya akan lebih mudah dibandingkan menunggu terlalu lama. 

Ikuti langkah-langkahnya dengan benar sehingga proses pemulihan akun bisa berjalan dengan cepat dan semoga bermanfaat Sahabat Tedas.id.

Yuliarti Swan
Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

    Comments are closed.