cara membuat watermark di word
Tutorial

Panduan, 5 Cara Membuat Watermark di Word Bagi Pemula

Cara Membuat Watermark di Word – Istilah watermark pasti sudah tidak asing lagi didengar.

Watermark adalah cara untuk memberikan tanda pada sebuah file berbentuk dokumen atau foto bahkan gambar. Tujuannya supaya menjaga hak cipta dari si pembuat.

Siapa saja pasti tak ingin karya yang sudah dibuat susah payah dijiplak oleh orang lain tanpa izin.

Ditambah lagi saat ini begitu mudah untuk melakukan penjiplakan. Internet membuat segalanya jadi mudah tapi soal keamanan harus terus dijaga.

Watermark menjadi tingkat keamanan pertama untuk memperlihatkan agar dokumen atau gambar tidak sembarangan digunakan.

Anda bisa mengikuti cara membuat watermark di Word dengan mudah dan menjaga karya tetap aman.

Microsoft Word merupakan software pengolah data yang juga bisa digunakan untuk menciptakan watermark dalam dokumen berbentuk teks.

Anda yang menggunakan Ms Word tapi belum tahu bagaimana cara untuk menggunakannya bisa mencari tahu di sini.

Tujuan Watermark pada Sebuah Dokumen

Tujuan Watermark pada Sebuah Dokumen

Apakah Anda sedang membuat sebuah dokumen perusahaan yang sifatnya rahasia? Atau dokumen tidak ingin dengan mudah dicopy oleh orang lain? Watermark adalah jawaban untuk mengatasinya.

Bentuk dari watermark sendiri adalah seperti tanda air yang transparan tetapi terlihat. Letaknya berada di belakang teks jika Anda menggunakannya pada dokumen Word.

Ada beberapa tujuan dari penggunaan watermark dalam dokumen yang tak boleh dianggap remeh.

Menandakan jenis dokumen

Watermark bisa berupa gambar logo atau teks. Dengan adanya watermark jenis dokumen bisa diklasifikasikan. Apakah dokumen tersebut termasuk copy dari aslinya, dokumen bersifat rahasia atau dokumen dari perusahaan tertentu.

Watermark biasanya akan diberikan pada setiap lembar dari dokumen yang tersedia sehingga akan memudahkan membedakan dengan dokumen lainnya.

Bagian dari copyright

Tujuan digunakannya watermark lainnya adalah sebagai hak cipta atau copyright. Dengan adanya watermark sebuah logo, maka akan terlihat jelas siapa yang membuat dokumen tersebut. Sehingga jika ingin menjiplak atau copy secara cuma-cuma akan sulit.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Tanda Tangan di Word agar Tampak Profesional

Perubahan yang terjadi dari dokumen

Selain identifikasi dan melindungi hak cipta, watermark juga bertujuan untuk menginformasikan bahwa sebuah dokumen telah melalui perubahan. Membedakan manakah dokumen asli dan dokumen yang sudah diubah bisa dilihat dari watermark.

Inilah tujuan dari penggunaan watermark yang tidak bisa dianggap remeh. Jadi adanya watermark ini memegang peranan yang sangat penting. Oleh karena itu Anda harus bisa membuatnya ketika menggunakan Ms Word.

Cara Membuat Watermark di Word dengan Mudah

Bagaimana cara membuat watermark di Ms Word? Bagi Anda yang belum pernah membuatnya jangan khawatir kesulitan. Langkah-langkah membuatnya sangat mudah, Anda bisa melakukannya baik sebelum dan sesudah teks dokumen dibuat.

Ms Word sendiri telah menyiapkan berbagai jenis watermark, ada yang otomatis ada juga custom. Anda tinggal memilih mana saja yang dibutuhkan sesuai dengan dokumen. Berikut ini beberapa pilihan watermark di Word dan cara mengaplikasikannya.

Cara Membuat Watermark di Word Jenis Confidential

Tipe pertama yang bisa Anda pilih adalah watermark Confidential atau rahasia dengan beberapa tipe. Anda bisa memilih dua jenis teks yaitu Confidential dan Do not copy yang sudah disediakan. Masing-masing teks memiliki bentuk yang berbeda.

Panduan untuk membuat watermark di Word tipe Confidential yang pertama adalah sebagai berikut ini:

Bukalah Ms Word, baik itu yang sudah berisi teks dokumen atau halaman baru yang masih kosong. Keduanya bisa langsung diberikan watermark.

watermark di word

Langkah kedua adalah untuk masuk ke menu Design pada bagian bar tool. Kemudian pada pilihan menu di bawahnya Anda bisa mencari menu Watermark.

tutorial cara membuat watermark di word

Klik menu Watermark yang tersedia kemudian akan muncul pilihan menu di bawahnya. Menu pertama adalah watermark Confidential dengan beberapa pilihan menu lagi.

watermark di ms word

Pilihlah salah satu watermark, baik itu Do not copy atau Confidential. Cukup klik salah satu menunya.
Sekali klik, Anda bisa melihat langsung pada bagian lembar kosong atau dokumen yang berisi teks. Otomatis akan muncul watermark di setiap lembar.

Ketika Anda akan mengetik teks di halaman baru pada dokumen yang sama, watermark akan otomatis muncul mengikuti. Jadi Anda tidak perlu berulang kali masuk ke menu Design dan memilih watermark.

Cara Membuat Watermark di Word Jenis Urgent

Pada tipe yang kedua ini Anda bisa menambahkan watermark Urgent atau ASAP pada setiap lembar dokumen. Tujuan dari watermark ini adalah memastikan dokumen segera diproses oleh penerima karena suatu hal yang genting.

Untuk tahapan pembuatannya sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jenis Confidential karena Ms Word telah mempersiapkan watermark ini otomatis. Berikut ini cara membuat watermark di Word jenis Urgent dengan mudah.

Masuk ke dokumen Ms Word yang ingin diberikan watermark, bisa juga membuka dokumen kosong sebelum membuat teks.

watermark di word

Kemudian pilih menu Design yang terdapat pada toolbar, kemudian klik menu Watermark yang muncul di bawahnya.

tutorial cara membuat watermark di word

Maka akan muncul pilihan watermark di bawahnya dan pilih menu Urgent. Di sana ada beberapa pilihan watermark mulai dari ASAP dan Urgent yang bentuk peletakannya berbeda diagonal dan horizontal.

Pilih salah satu menu dengan klik watermark yang sudah tersedia, otomatis hasilnya akan muncul pada halaman dokumen dengan ukuran yang telah disesuaikan.

Watermark otomatis yang telah disediakan Ms Word mempercepat pembuatannya. Untuk ukuran dan peletakannya juga sudah otomatis sehingga Anda tidak perlu bingung mengatur detailnya.

Cara Membuat Watermark di Word Bentuk Teks

Berbeda dengan cara otomatis, Anda bisa membuat watermark di Word dengan cara manual yaitu memasukan teks. Cara ini bisa dilakukan ketika pada bagian otomatis tidak menyediakan teks sesuai yang dibutuhkan.

Misalnya saja Anda ingin menjelaskan bahwa dokumen tersebut adalah asli atau copy. Maka perlu penambahan teks tersendiri untuk menciptakannya. Nah Ms Word sangat paham untuk kebutuhan ini sehingga menyediakan menu watermark custom untuk digunakan.

Cara membuat watermark di Word custom teks adalah sebagai berikut ini:

Bukalah dokumen Word yang sudah dibuat sebelumnya atau buka halaman baru.

watermark di word

Kemudian pilih lagi menu Design yang terdapat pada menu toolbar di bagian atas. Klik Watermark untuk masuk ke menu pilihan custom.

Pada menu yang muncul di Watermark, Anda bisa pilih menu custom watermark untuk mengganti teks dengan mudah.

Maka akan muncul pop up menu dengan beberapa pilihan yang harus diisi. Pertama adalah klik Text Watermark, kemudian isi kolom text, font, dan ukurannya. Jika tidak tahu soal ukuran Anda bisa milih auto. Jangan lupa pilih juga layoutnya.

Apabila semua sudah selesai, Anda bisa klik Ok untuk langsung masuk proses.

Watermark teks yang tadi sudah Anda isi kini akan langsung teraplikasikan pada halaman Word. Prosesnya sangat mudah dan bisa diaplikasikan pada satu file dokumen secara keseluruhan. Tapi beda lagi caranya jika Anda ingin membuat watermark gambar.

Cara Membuat Watermark di Word Bentuk Gambar

Terkadang teks saja tidak cukup apalagi jika Anda ingin memberikan gambar logo perusahaan pada dokumen, atau selain Word bisa gunakan aplikasi untuk membuat logo. Maka ketiga cara diatas tidak bisa diterapkan. Walaupun sama-sama menggunakan menu custom watermark langkah yang digunakan berbeda.

Jangan lupa jika ingin membuat watermark di Word tapi dalam bentuk logo, Anda harus menyiapkan gambar terlebih dahulu.

Baik itu berwarna atau hitam putih tidak akan menjadi masalah, karena hasilnya nanti akan transparan. Berikut ini cara membuat watermark di Word:

Masuk atau buka dokumen yang ingin diberikan watermark, baik itu file yang sudah memiliki teks atau belum.

Kemudian pilih menu Design yang terdapat pada toolbar dan klik menu Watermark yang muncul di bawahnya.

Pada menu Watermark ini Anda bisa klik kembali Custom Watermark di bagian menu bawah hingga muncul menu pop up.

Di menu pop up kali ini Anda klik picture watermark dan select picture yang ada di komputer melalui Windows Explorer.

Cara gambar yang hendak digunakan dan klik gambar tersebut agar tersimpan di Ms Word.
Setelah itu atur skala besar kecilnya gambar dengan klik pilihan scale. Anda bisa memilih Auto jika bingung mengetahui hasil akhirnya.

Terakhir tinggal klik Ok untuk langsung melihat hasil watermark muncul pada setiap halaman dokumen Word.

Ketika gambar sudah diaplikasikan menjadi watermark, maka warna asli dari gambar atau logo akan tetap terlihat. Hanya saja hasilnya akan transparan karena berupa watermark.

Cara Mudah Menghapus Watermark di Word

Apabila Anda tidak menginginkan menggunakan watermark pada dokumen yang sudah diproses, maka cukup hilangkan watermark saja. Anda bisa menghilangkan semua watermark sekaligus dalam satu dokumen.

Caranya pun sangat simpel dan otomatis hanya beberapa klik saja. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

Bukalah dokumen yang sudah memiliki watermark.

Pilih menu Design yang terdapat pada toolbar kemudian pilih kembali menu Watermark.

Pada pilihan menu yang muncul, Anda bisa klik remove watermark yang ada di menu paling bawah.
Sekali klik semua watermark yang dibuat akan langsung hilang.

Cara membuat dan menghapus watermark secara keseluruhan memang sangat mudah. Anda hanya perlu mengikuti setiap langkahnya karena menu Watermark sendiri sangat mudah ditemukan. Langkah ini bisa dilakukan pada berbagai jenis Ms Word.

Cara Membuat Watermark secara Online

Image: products.groupdocs.app

Cara Membuat Watermark secara Online

Selain membuka file Ms Word, Anda juga bisa menciptakan watermark pada dokumen secara online. Ada berbagai aplikasi yang tersedia untuk memberikan tanda air ini pada sebuah dokumen. Anda tinggal membuka website dan memasukan dokumen saja.

Cara ini jadi alternatif yang mudah ketika Anda belum menginstal Ms Word tetapi membutuhkan watermark dengan lebih cepat.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa diikuti.

Masuk ke web browser di komputer dan pastikan sebelumnya sudah tersambung ke internet.

Kemudian masuk ke situs products.groupdocs.app untuk menggunakannya langsung untuk file dengan format .DOCX. Tapi jika file berformat .DOC maka situs yang dikunjungi adalah https://products.groupdocs.app/watermark/doc.

Pada halaman web Anda tinggal memasukan file saja pada kolom yang sudah tersedia.

Kemudian jika ketik teks watermark yang diinginkan dan atiru warna, jenis huruf, serta pengaturan tentang teks lainnya.

Terakhir tinggal tekan Add Watermark dan proses penambahan tanda akan selesai. Sisanya Anda tinggal mengunduh file saja.

Cara ini cukup praktis dan ada banyak pengaturan mengenai teks watermark yang bisa Sahabat Tedas.id gunakan. Inilah cara-cara untuk bisa menambahkan watermark pada file dokumen dengan mudah yang bisa diikuti.

Yuliarti Swan
Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

    Comments are closed.