Tutorial 6 Cara Membuat Tulisan Unik di WhatsApp

Artikel terakhir diperbaharui 03-05-2021 oleh Aldy Amrillah

Cara Membuat Tulisan Unik – Bercengkrama melalui chat WhatsApp bersama sahabat dan keluarga memang menyenangkan. Tapi kadang ini bisa membuat bosan dengan karakter tulisan WA yang itu-itu saja.

Kini ada banyak cara membuat tulisan unik yang dapat Anda terapkan untuk variasi gaya tulisan di WhatsApp. Anda dapat menambahkan efek pada tulisan seperti bercetak tebal, miring, bergaris, terbalik, dan berbagai variasi unik lainnya.

Cara Membuat Tulisan Unik di WhatsApp

Simak penjelasan mengenai cara membuat tulisan unik di WhatsApp. Berikut ini cara agar chatting Anda semakin menyenangkan.

Cara Membuat Tulisan Tebal di WhatsApp

Membuat tulisan tebal atau bold juga dapat dilakukan pada aplikasi WhatsApp. Anda dapat menggunakan variasi tulisan ini untuk memperjelas atau menekankan suatu pesan. 

Penebalan tulisan ini baik berupa kata maupun kalimat pernyataan yang membutuhkan suatu penekanan khusus.

Cara membuat variasi tulisan tebal atau bold pada WhatsApp sangat mudah. Anda hanya perlu mengapit kata atau kalimat pesan yang ingin Anda tekankan dengan tanda bintang (*).

Tuliskan tanda tersebut pada awal dan akhir pesan, maka tulisan tersebut akan berubah menjadi tebal, contohnya adalah seperti gambar dibawah ini.

Cara Membuat Tulisan Tebal di WhatsApp

Misalnya, Anda ingin menuliskan kalimat “Pengumuman Penting Terkait Pengadaan Bakti Sosial” dengan tebal.

Pada pesan WhatsApp, Anda harus menulis *Pengumuman Penting Terkait Pengadaan Bakti Sosial*. Selanjutnya kalimat tersebut secara otomatis akan tercetak tebal atau bold.

Cara Membuat Tulisan Miring di WhatsApp

Tidak hanya bold, format Italic yang biasanya terdapat pada Microsoft office kini dapat Anda temukan pada whatsapp. Format ini membuat tulisan pada pesan whatsapp Anda tercetak miring. Pada umumnya, format tulisan miring digunakan pada kata atau kalimat asing.

Anda yang terbiasa berkirim pesan dengan alih kode dan campur kode tentunya membutuhkan format tulisan ini agar lawan bicara Anda lebih memahami apa yang Anda maksud. Anda dapat menuliskan kata atau kalimat dari bahasa yang tidak dominan dengan format tulisan miring.

Cara membuat tulisan unik ini terbilang sangat mudah. Anda cukup mengapit pesan yang ingin Anda tulis dengan format miring dengan tanda garis bawah (_). Tuliskan tanda underscore pada bagian depan dan belakang kata atau kalimat yang ingin dimiringkan. 

cara membuat tulisan unik di whatsapp

Misalnya, Anda ingin menuliskan kalimat “Bhineka tunggal ika, tan hana dharma mangrwa” dengan format tulisan miring. Pada pesan WhatsApp, Anda harus mengetik Bhineka tunggal ika, tan hana dharma mangrwa maka secara otomatis kalimat tersebut akan tercetak miring atau Italic.

Cara Membuat Tulisan Coret Tengah di WhatsApp

Tulisan dengan coretan pada bagian tengah atau disebut dengan strikethrough biasanya dibutuhkan untuk kebutuhan revisi atau koreksi. Kini Anda dapat melakukan revisi atau koreksi pada pernyataan Anda dalam pesan WhatsApp.

Cara membuat tulisan dengan coretan tengah pada aplikasi whatsapp sangat simpel. Anda hanya harus mengapit pernyataan baik berupa kata maupun kalimat yang ingin Anda koreksi dengan tanda tilde (~). Ketik tanda ini di depan dan belakang pernyataan yang ingin Anda bubuhi coretan pada bagian tengah.

Cara Membuat Tulisan Coret Tengah di WhatsApp

Contohnya apabila Anda ingin menuliskan kata “keliru” dengan format coret tengah, maka harus mengetik ~keliru~ pada pesan aplikasi whatsapp. Tanda tersebut akan membuat tulisan pada pesan yang muncul secara otomatis akan berformat strikethrough atau bercoretan di bagian tengah.

Cara Membuat Tulisan Beda Font di WhatsApp

Cara yang satu ini tidak kalah unik dari langkah-langkah sebelumnya. Kali ini, Anda dapat mengetik pesan pada WhatsApp dengan menggunakan font yang berbeda. Anda tidak perlu menggunakan font default Android dan WhatsApp untuk menambah jenis font lain ketika berkirim pesan via WA.

Font lain yang dimaksud yaitu font Monospace atau FixedSys. Font ini terlihat seperti kode komputer, sehingga membuat pesan yang Anda kirim terlihat lebih keren, unik, dan berbeda.

Cara membuat tulisan unik di WhatsApp ini dapat dilakukan dengan mengapit pesan yang Anda tulis dengan font berbeda menggunakan tanda apostrof penutup atau back quotes tiga kali. Ketik apostrof penutup tiga kali pada bagian depan dan belakang pesan.

Cara Membuat Tulisan Beda Font di WhatsApp

Melalui cara sederhana tersebut, Anda akan menghasilkan pesan dengan gaya tulisan yang berbeda. Namun sayangnya, tidak semua keyboard memiliki tanda baca tersebut, sehingga penggunaan cara ini cenderung terbatas. 

Misalnya Anda ingin menulis pesan “Monospace and FixedSys” dengan font yang berbeda. Anda dapat menulis ’’’Monospace and FixedSys’’’ pada pesan aplikasi whatsapp Anda. Dengan demikian, pesan Anda tersebut akan tertulis dengan font yang berbeda.

Cara Membuat Tulisan Terbalik di WhatsApp

Berkirim pesan di WhatsApp dengan gaya tulisan terbalik bukan hal yang mustahil. Anda dapat mengirim pesan dengan tulisan yang terbalik bagian atas bawahnya. Hal ini membuat gaya chatting Anda menjadi lebih unik dan menarik. Tulisan yang terbalik tentu saja juga bisa membuat si penerima penasaran.

Tulisan unik yang satu ini dapat Anda gunakan saat berkirim pesan dengan teman Anda. Variasi tulisan terbalik dapat Anda tambahkan pada pesan whatsapp Anda. Variasi tulisan yang unik ini sangat cocok untuk berkirim sandi dengan teman Anda.

Cara membuat tulisan unik yang satu ini membutuhkan bantuan dari aplikasi Android tambahan. Download aplikasi Upside Down (Flip Text) melalui playstore maupun apple store. Setelah aplikasi tersebut terpasang pada perangkat, Anda bisa membuka upside down.

Cara Membuat Tulisan Terbalik di WhatsApp

Langkah berikutnya ketik pesan Anda dengan huruf normal pada kolom bagian atas. Aplikasi ini akan membalik tulisan tersebut secara otomatis yang tertera pada bagian bawah. Copy tulisan terbalik tersebut dan tempel atau paste pada aplikasi WA Anda, maka pesan teks akan tertulis secara terbalik.

Cara Membuat Tulisan Alay di WhatsApp

Sesekali menampakkan image alay dalam berkirim pesan tidak ada salahnya. Sekarang Anda dapat membuat tulisan alay atau fancy di WhatsApp. Gaya tulisan ini dapat Anda gunakan untuk menceriakan obrolan bersama teman, sehingga menjadi semakin seru.

Keunikan font ini dapat Anda peroleh dengan memasang aplikasi Fancy Text for Chat pada perangkat. Aplikasi ini dapat Anda download melalui playstore maupun apple store. Jika sudah terpasang, buka aplikasi untuk membuat pesan dengan tulisan fancy.

Cara membuat tulisan unik di WhatsApp melalui aplikasi ini dapat Anda lakukan dengan menekan tombol “Fancy Text”. Setelah itu, Anda akan diarahkan pada sebuah fitur untuk menulis pesan. Tulis pesan Anda ada kolom “Enter Text Here”.

Cara Membuat Tulisan Alay di WhatsApp

Kemudian, Anda dapat memilih gaya tulisan fancy yang ingin digunakan. Pilih bagikan ke WhatsApp untuk meneruskan pesan kepada teman maupun grup Anda. Dengan demikian, gaya tulisan Anda menjadi lebih bervariasi dan unik.

Cara Membuat Tulisan Berwarna

Untuk membuat obrolan semakin asyik, Anda dapat menggunakan tulisan berwarna pada aplikasi WhatsApp. Cara ini tidak hanya digunakan sekadar untuk iseng saja, tapi dapat juga dimanfaatkan sebagai penanda pesan yang penting, namun tidak terlalu formal.

Menulis pesan berwarna melalui WhatsApp bukan suatu hal yang sulit. Anda dapat menggunakan aplikasi bernama Blue Text-Black Text to Blue Form yang dapat ditemukan melalui di Playstore. Unduh dan pasang aplikasi tersebut pada perangkat Anda.

Cara MembuCara Membuat Tulisan Berwarnaat Tulisan Berwarna

Aplikasi ini akan membantu untuk mengubah warna tulisan pada teks pesan Anda WhatsApp menjadi berwarna biru. Font tulisan yang digunakan juga berbeda daripada teks WA pada umumnya. Cara menggunakan aplikasi ini cukup mudah.

Buka aplikasi Blue Text, kemudian Anda hanya tinggal mengetik pesan yang ingin ditulis dengan warna berbeda. Setelah itu, salin pesan Anda dengan memilih ikon “Copy”, lalu paste teks pada WhatsApp., Secara otomatis pesan Anda akan berubah warna, sehingga teks menjadi lebih bervariasi.

Cara Membuat Chat Kosong

Ingin berkirim pesan tapi bingung memulainya? Anda dapat mengirim pesan atau chat kosong melalui aplikasi WhatsApp. Cara ini sangat ampuh untuk menjahili teman atau sekadar menimbulkan rasa penasaran pada penerimanya.

Chat kosong ini dikirim tanpa ada satu karakter bahkan titik sekalipun. Caranya mudah, yaitu pertama Anda harus memiliki aplikasi Empty Chat terlebih dahulu. Sesuai dengan namanya, aplikasi Empty Chat digunakan untuk mengirim chat atau pesan kosong melalui WhatsApp.

Cara Membuat Chat Kosong

Download aplikasi tersebut melalui playstore maupun apple store. Jika sudah terpasang sempurna, buka aplikasi tersebut. Pilih nomor kontak WhatsApp yang ingin Anda kirimi pesan kosong, kemudian tekan tombol Send. Maka teman Anda akan segera menerima pesan kosong dari nomor WhatsApp Anda.

Setiamah Setya

Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.