3 Cara Membuat Tanda Tangan di Word agar Tampak Profesional

Artikel terakhir diperbaharui 18-05-2021 oleh Aldy Amrillah

Cara Membuat Tanda Tangan di Word – Tanda tangan adalah bagian penting untuk surat-surat resmi. Namun dengan hadirnya era digital semua tanda tangan harus diubah menjadi bentuk digital pula. Tapi bagaimana caranya? 

Untungnya Ms Word sudah mempersiapkan fitur ini. Jadi jika kamu ingin tahu bagaimana cara membuat tanda tangan di Word yang perlu memanfaatkan fitur ini saja. Tapi ada persiapan pula yang harus kamu dilakukan. 

Kamu perlu mempersiapkan tempat untuk meletakkan tanda tangan dan Ms Word juga sudah menyediakan fiturnya. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mempelajari cara kerjanya saja. 

Cara Membuat Tanda Tangan di Word

Ms Word adalah jenis program yang tak lepas dalam dunia kerja. Apalagi jika kamu bekerja sebagai sekretaris atau admin. Banyak dokumen yang perlu ditandatangani dan diubah dalam bentuk digital. 

Berbeda dengan bank yang memiliki alat khusus agar tanda tangan bisa langsung diubah ke dalam bentuk digital. Jika kamu hanya memiliki laptop, ada sedikit usaha yang harus dilakukan. 

Ada tiga pilihan cara yang bisa kamu ikuti, pertama dengan mengunggah gambar langsung dengan data lengkap, kedua mengunggah gambar kemudian mengeditnya, ketiga hanya menambahkan tanda tangan saja. 

Hal yang perlu diperhatikan sebelum menambahkan tanda tangan adalah kamu telah membuat file signature terlebih dahulu. Kamu bisa membuat tandatangan diatas kertas putih, kemudian scan atau foto tanda tangan tersebut. 

Jika sudah maka jadilah file tantangan yang nantinya bisa langsung dimasukan ke dalam dokumen atau diedit terlebih dahulu. 

Cara Menambahkan Tanda Tangan di Word dengan Signature Line

Cara buat tanda tangan di Word yang pertama ini adalah dengan mengunggah gambar dan menambahkan data lengkap seperti nama, jabatan, dll. Berikut ini langkah-langkah yang bisa diikuti.

  • Buka program Ms Word kemudian persiapkan dokumen yang membutuhkan tanda-tangan digital.

  • Siapkan kursor pada area yang nantinya hendak dibuat tanda tangan, kemudian klik Insert pada toolbar.
  • Kemudian pilih menu Teks dan berlanjut ke Signature Line. Maka otomatis kotak dialog Signature Setup akan muncul.
  • Baru setelahnya kamu bisa mengisi nama, jabatan, alamat dan instruksi lainya. Jika sudah selesai kamu bisa tekan OK.
  • Setelah itu baru unggah tanda tangan yang sudah dipersiapkan. Maka hasilnya tanda tangan lengkap dengan informasi sudah masuk ke dokumen. 

Jika memilih cara ini artinya file dokumen tanda tangan sudah dibuat terlebih dahulu. Pastikan file tersebut sudah bagus dan bersih. Jika perlu kamu bisa mengeditnya terlebih dahulu sebelum diedit. 

Cara Menambahkan Tanda Tangan di Word dengan Mengeditnya

Apakah kamu tak sempat punya waktu untuk mengedit file tanda tangan terlebih dahulu? Bukan masalah karena walaupun kamu tidak memiliki fitur tersebut, Word sudah menyediakannya. 

Melalui menu format yang ada di toolbar setelah kamu insert file tanda tangan bisa langsung mengeditnya. Berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan. 

  1. Buka Ms Word kemudian klik Insert dan pilih picture kemudian cari file tanda tangan yang ingin kamu masukkan.

  2. Apabila file sudah muncul, kamu bisa pilih menu Format kemudian pilih Color. Pilih menu Black dan White 50%. Biasaya noise dari gambar akan berkurang.

  3. Jika tidak ada noise yang berkurang maka kamu harus menghilangkannya terlebih dahulu. Pertama pilih menu Remove background.

  4. Kemudian klik Mark Area to Keep dan kamu perlu menandai area yang tidak ingin dihilangkan. Biasanya proses ini cukup sulit, tapi jika sudah selesai ditandai, kamu bisa klik Mark Areas to Removes. 
  5. Terakhir klik menu Keep Changes. Maka hasil akhir akan tersimpan. Jangan lupa untuk save as picture sehingga file bisa digunakan kembali. 

Cara membuat tanda tangan di Word dengan mengeditnya langsung melalui program ini memang tidak mudah. Hanya saja cara ini bisa jadi alternatif paling mudah jika kamu kebetulan tidak memiliki program editing lainnya. 

Apabila kamu ingin cepat dalam mengedit file tanda tangan ini akan lebih baik untuk mempersiapkan file mentah dalam kualitas yang bagus. Jadi tak perlu banyak bagian yang harus diedit. 

Cara Menambahkan Tanda Tangan di Word Melalui Ponsel 

Tak sempat membuka laptop dan membubuhkan tanda tangan atau mengeditnya? Ada cara lain yang cukup praktis yaitu dengan memanfaatkan smartphone. Untungnya lagi adalah smartphone memiliki layar touch screen sehingga kamu bisa langsung membuatnya. 

Kamu tak perlu lagi untuk membuat tantangan di secarik kertas kemudian memotret atau menscan. Cara praktisnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yaitu Adobe Fill & Sign. Melalui aplikasi ini kamu bisa langsung membuat tanda tangan. 

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

 

  1. Unduh terlebih dahulu aplikasi Adobe Fill & Sign kemudian buka aplikasinya. Klik menu pena dan teka Create Signature. 
  2. Setelah itu pada layar, kamu bisa membuat tanda tangan dan jika sudah selesai pilih Done. Jika salah, kamu bisa menghapusnya dan mulai dari awal. 
  3. Pastikan kamu memiliki program Ms Word, kemudian buka file yang ingin diberikan tanda tangan. 
  4. Pilih menu Select a form to fill out, dan pilih menu pena yang terlihat dan tab signature. 
  5. Setelah itu file tanda tangan yang tadi telah dibuat akan masuk. Kamu tinggal mengatur peletakan tanda tangan saja. 

Cara membuat tanda tangan di Word melalui smartphone adalah yang paling praktis karena adanya fitur touch screen. Hanya saja kamu akan sedikit kesulitan untuk mengedit, jadi diperlukan tanda tangan yang bagus sejak awal. 

Inilah cara yang bisa Sahabat Tedas.id lakukan baik langsung di laptop atau smartphone. Semua caranya mudah dan praktis apalagi Word akan terus mengembangkan fitur yang mereka miliki. 

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *