Cara Membuat Tabel di Excel Praktis Bagi Pemula

Excel merupakan aplikasi lunak pengolah angka dilengkapi dengan fitur membuat tabel. Cara membuat tabel di Excel sangat mudah dipraktekkan oleh pemula. 

Produk buatan Microsoft ini terus mengalami perkembangan di setiap versinya, seperti penambahan fitur hingga perubahan interface.

Microsoft setiap 3 tahun sekali selalu mengeluarkan Excel versi baru. Meski terbaru, cara penggunaan Excel hampir sama dengan versi sebelumnya. Jadi, kamu tetap bisa membuat tabel di Excel dengan cara yang sama di semua versi Excel.

Sebelum membuat tabel, ada hal penting yang perlu kamu tahu. Tampilan bawaan Excel sudah seperti tabel, ada kolom dan barisnya tetapi bukan tabel sebenarnya.

Apabila kamu print tanpa membuat tabel yang sebenarnya, maka tidak ada hasil bergaris pada cetakannya.

cara buat tabel di excel

Bagaimana Cara Membuat Tabel di Excel?

Ada 2 cara praktis membuat tabel di Excel. Kamu bisa memilih cara  yang paling cocok dengan gaya kamu. Kedua cara praktis dapat kamu ikuti meski baru pertama kali belajar Excel.

Langkah-langkah membuat tabel hampir mirip seperti kamu membuat tabel di Microsoft Word. Perbedaannya hanya pada tampilan menunya saja. Hal ini berlaku pada versi Excel 2007, Excel 2010. Excel 2013, Excel 2016, dan Excel 2019.

Agar lebih mudah dipahami, sebaiknya kamu mengetahui versi Excel yang terpasang di laptop. Hal ini akan memudahkan dalam memahami tutorial. 

Tutorial membuat tabel Excel yang akan kamu ikuti menggunakan 2 versi  yaitu Excel 2007 dan Excel 2013. Bagi kamu pengguna Excel 2010, cara membuat tabel sama dengan Excel 2013.

versi excel

Cara Mengecek Versi Excel

Saat membeli laptop baru atau bekas, aplikasi Excel sudah terpasang dalam laptop. Karena sudah tersedia, terkadang kita tidak tahu versi berapa Excel yang terpasang. Lalu, bagaimana cara mengetahuinya?

Ada dua cara singkat mengetahui versi Excel, yaitu:

excel cek desktop 1

  • Melalui Desktop Laptop atau Komputer
Baca Juga  Jangan Khawatir, Ini Cara Registrasi Kartu XL yang Gagal

Cukup dengan membuka tampilan utama laptop. Kemudian cari lambang (icon) Excel seperti gambar berikut. Versi Excel tertera pada nama lambangnya.

  • Melalui Menu start 

Selain cara pertama, kamu juga bisa mengecek versi excel dengan cara Klik menu start. Lalu scroll ke bawah, hingga menemukan aplikasi  microsoft office.

Baca dengan lengkap Microsoft office dengan angka di belakangnya. Angka tersebut menunjukkan versi Excel yang terpasang pada laptop atau komputer kamu.

excel cek desktop 2

excel cek desktop 3

Cara Praktis Pertama Membuat Tabel Excel 2007

  1. Siapkan lembar kerja yang akan di tambahkan tabel
  2. Temukan menu insert di perkumpulan menu bagian atas
  3. Pilih lambang tabel seperti gambar berikuttutorial excel 2007
  4. Klik lambang tabel, maka akan muncul kotak perintah Create Table seperti gambar berikut
  5. Tentukan penempatan tabel dengan klik gambar tabel pada kotak Create Table
  6. Arahkan kursor pada area yang ingin ditambahkan tabel. Tekan kiri mouse tarik seluas yang kamu inginkan. Lepas mouse. 
  7. Lalu tekan OKtabel di excel 2007 - 1
  8. Tabel sederhana sudah jaditabel di excel 2007 - 2

Cara Praktis Kedua Membuat Tabel Excel 2007

  1. Siapkan lembar kerja Excel yang akan kamu buat tabel
  2. Blok area dengan cara klik kiri pada mouse dan tahan, tarik ke area yang kamu inginkan. Lepas.cara kedua tabel di excel 2007 - 1a
  3. Lalu cari menu Home pilih lambang border seperti gambar berikut
  4. Pada area kanan, klik panah kecil, pilih All Borderscara kedua tabel di excel 2007 - 2
  5. Tampilan tabel akan jadi seperti inicara kedua tabel di excel 2007 - 3

Cara Praktis Pertama Membuat Tabel Excel 2013

  1. Tentukan area yang akan di buat Tabel pada lembar kerja Excel
  2. Temukan menu INSERT di perkumpulan menu bagian atas
  3. Pilih lambang tabel seperti gambar berikutcara praktis tabel excel 2013 - 2
  4. Klik lambang tabel, maka muncul kotak perintah Create Table
  5. Tentukan penempatan tabel dengan klik gambar tabel pada kotak perintah Create Tablecara praktis tabel excel 2013 - 3
  6. Tentukan area peletakan tabel dengan melakukan blok. Lalu tekan Enter pada keyboard
  7. Tabel sederhana sudah jadi. Kamu bisa mengubah kata Column dengan kata lain sesuai kebutuhan pada kotak pengetikan seperti pada gambarcara praktis tabel excel 2013 - 4

Cara Praktis Kedua Membuat Tabel Excel 2013

  1. Siapkan lembar kerja Excel yang akan kamu buat tabel
  2. Blok area dengan cara klik kiri pada mouse dan tahan, tarik ke area yang kamu inginkan. Lepas.
  3. Lalu cari klik menu Home pilih lambang border 
  4. Klik panah kecil pada lambang, pilih all border seperti gambar berikutcara praktis tabel excel 2013 - 5

Selain membuat tabel di Excel, tentu kamu perlu mengatur lebar tabel, menghapus tabel, dan menambahkan tabel. Lalu, bagaimana caranya? Simak cara praktisnya berikut.

Mengatur Lebar Tabel Excel Cara Pertama

Mengatur lebar tabel di Excel lebih mudah dibandingkan dengan tabel di Word. Ada beberapa pilihan pengaturan yaitu manual dan sekali klik. Agar memudahkan kamu memahami langkahnya, perhatikan contoh tabel Excel berikut

  1. Cara mengatur lebar tabel Excel manual
  2. Arahkan kursor di garis antara kolom B dan kolom C. Hingga kursor berubah seperti salib.
  3. Klik kiri mouse dan tahan, tarik sesuai lebar yang kamu inginkan.
  4. Lepaskan.cara praktis tabel excel 2013 - 6

Cara tersebut juga bisa diterapkan untuk mengatur tinggi tabel, hanya berbeda pemilihan garisnya saja, yaitu:

  1. Arahkan kursor di garis antara angka 2 dan angka 3.
  2. Klik kiri mouse dan tahan, tarik sesuai lebar yang kamu inginkan.
  3. Lepaskan.

Selain merapikan tampilan tabel, mengatur lebar tabel juga berfungsi menyesuaikan kalimat yang hanya terlihat sebagian. Ketika kita mengetik huruf di Excel, terkadang ada kalimat atau kata yang menghilang. Cara menampilkan kalimat atau kata tersebut dengan mengatur lebar dan tinggi tabel.

Mengatur Lebar Tabel Excel Cara Kedua

Jika kamu cepek mengatur satu per satu garis, gunakan saja cara otomatis dengan  menggunakan menu Home>Cells. Begini langkah singkatnya

  1. Pilih area tabel yang akan disamaratakan lebarnya 
  2. Klik menu Home> Cells> Format
  3. Pilih panah kecil>lalu klik Columns Width untuk lebar tabel atau klik Rows Height  untuk tinggi tabel
  4. Tentukan ukuran lebar pada kotak, biasanya ukuran cm.
  5. Klik ok. Tabel otomatis menyesuaikan.cara praktis tabel excel 2013 - 8

Selamat, kamu sudah bisa membuat tabel sederhana dan mengatur lebarnya. 

Menghapus Tabel di Excel

Membuat tabel perlu ketelitian jumlah kolom dan baris agar sesuai kebutuhan. Namun, apabila jumlahnya lebih atau kurang, bisa kamu atur tanpa mengulangi lagi dari awal.

Tabel yang sudah jadi, bisa kamu tambahkan atau kurangi jumlah kolomnya, karena Excel menyediakan fitur menghapus dan menambahkan tabel yang kamu inginkan. 

Cara menghapus beberapa baris tabel Excel

  1. Blok dulu tabel yang ingin di hapus seperti gambar di bawah.
  2. Cara blok tabel dengan menekan tombol kiri mouse dan tahan, seret ke area yang ingin dihapus lalu lepaskan.
  3. Klik kanan pada area blok
  4. Pilih Delete> Table Rows jika  akan menghapus baris tabel 
  5. Pilih Delete> Table Columns jika ingin menghapus tabel kolom
  6. Selesai. Kamu berhasil membuat tabel Excel sekaligus bisa menghapusnya.cara praktis tabel excel 2013 - 9

Cara Menambahkan Beberapa Baris Tabel Excel

Langkah awal penambahan baris tabel sama seperti menghapus tabel.  Kamu hanya perlu memanfaatkan menu setelah klik kanan pada mouse. Agar mudah dipahami, simak cara lengkapnya berikut 

  1. Blok dulu area tabel yang ingin kamu tambahkan seperti gambar di bawah.
  2. Cara blok tabel dengan menekan tombol kiri mouse dan tahan, seret ke area yang ingin dihapus lalu lepaskan.
  3. Klik kanan pada area blok
  4. Pilih menu insert, pilih salah satu fungsi menu
  5. Table Columns to the Left = menambahkan kolom di samping kiri area yang kamu blok
  6. Table Rows Above = menambahkan baris di atas area yang kamu blok
  7. Table Rows Below = menambahkan baris di bawah area yang kamu blok 
  8. Selesai. Baris atau kolom tabel sudah ditambahkancara praktis tabel excel 2013 - 10

Demikian cara buat tabel di Excel dengan mudah. Bagi kamu yang pertama kali belajar Excel, ikuti cara tersebut perlahan-lahan dan berulangkali.

Agar tidak lupa, ada tips untuk kamu agar selalu ingat yaitu dengan membagikan kepada orang lain yang membutuhkan.

Membuat tabel di Excel akan membantu banyak orang dalam melakukan pekerjaannya. Hampir semua profesi membutuhkan Excel. Misal, para guru bisa menghitung nilai muridnya dengan lebih mudah dengan penggunaan tabel di Excel.

Para karyawan kantor bahkan bisa lebih mudah menghitung gaji atau presensi dengan memanfaatkan tabel di excel. 

Maka jika kamu membagikan tips praktis cara membuat tabel di Excel kepada banyak orang, dijamin tak akan rugi.   Ilmu kamu tak akan berkurang malah bertambah berkali-kali lipat. Selamat mencoba.

Marita Ningtyas

Marita Ningtyas

A Writerpreneur, tinggal di kota Lunpia. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *