Panduan Praktis Cara Membuat QR Code untuk Keperluan Bisnis

Artikel terakhir diperbaharui 16-03-2021 oleh Aldy Amrillah

Cara Membuat QR Code – Teknologi barcode perlahan mulai digantikan dengan QR code. Hal ini bisa kita lihat dari transaksi belanja yang dilakukan di negara Cina. Sebagian besar kini menggunakan scan kode QR untuk melakukan transaksi. 

Memanfaatkan QR code artinya transaksi cashless diberlakukan. Tentu merupakan sebuah perkembangan yang besar dan kini di Indonesia cara ini mulai diterapkan. Sebagai pemilik bisnis Anda harus tahu bagaimana cara membuat QR code. 

Tujuannya adalah memperbanyak cara transaksi yang bisa dilakukan oleh konsumen. Karena pembayaran dengan uang tunai mulai digantikan dengan pembayaran melalui kartu dan kode QR ini. 

Apa Itu QR Code dan Asal Usulnya

Sebenarnya dari manakah asal muasal munculnya kode QR? Ternyata awal mulanya berasal dari negara Jepang yaitu Denso Wave. Sistem ini juga sudah dimulai dari tahun 1994, menjadi alat pemindai yang responnya sangat cepat.

Singkatan dari QR adalah Quick Response dan sama dengan artinya, teknologi ini bisa digunakan untuk mempercepat informasi dan responnya. Awalnya kode ini diciptakan untuk melacak manufaktur sebuah kendaraan di Jepang. 

Dimana pembacaan kode dilakukan dengan cara memindai dua dimensi yaitu horizontal dan vertikal. QR code juga merupakan perkembangan yang paling baru dari barcode. 

Sistemnya yang secara vertikal dan horizontal inilah yang membuatnya bisa menampung lebih banyak daya. Oleh karena itu kode QR bisa menyampaikan info dan respon yang lebih cepat. 

Mengikuti perkembangan zaman, QR code yang tadinya hanya digunakan untuk melacak manufaktur kendaraan kemudian dimanfaatkan sebagai media promosi. Banyak jasa lain yang memanfaatkan kode QR untuk mempermudah aktivitas khususnya bisnis. 

Dilihat dari bentuk fisiknya, QR code memiliki bentuk persegi dan kemampuannya sangat baik dalam menampung data. Seperti data numeric sampai 4.296 karakter, numerik sebanyak 7.089 karakter dan kode binary 2.844 byte. 

Di Jepang sendiri QR code bisa menampung 1.817 karakter huruf kanji. Saat ini, semua smartphone di Jepang bahkan seluruh dunia menggunakan konsep QR code. 

Bagi Anda yang ingin tahu cara membuat QR code dengan mudah, terus baca artikel ini sampai akhir. 

Fungsi Kode QR dan Jenisnya

Sebelum masuk ke cara pembuatan QR code, Anda harus tahu apa saja fungsi dan jenisnya. Supaya tidak salah dalam membuat kode QR untuk bisnis nantinya. Karena hampir semua perusahaan yang bergerak di bidang jasa, retail, logistik, industrial dan lainnya. 

Secara umum tujuan digunakannya QR code adalah untuk komersial dan demi kepentingan umum di mana mengakses informasi dengan cepat. berikut ini fungsi serta manfaat dari  code. 

Fungsinya sebagai membantu kepentingan umum

Jepang sangat sensitif atau memperhatikan mengenai apa yang mereka makan. Fungsi dari QR code adalah untuk mengetahui kandungan apa saja yang ada pada makanan tersebut termasuk kemasannya. 

Semua produk makanan kemasan di Jepang selalu disertai dengan kode QR dan ini menjadi wajib. Karena dengan memindai kode tersebut orang yang pembelinya bisa mengetahui informasi terkait makanan tersebut. 

Bukan hanya makanan saja yang memiliki QR code tetapi juga posisi bus ketika Anda sedang menunggu di halte. Jadi kode QR ini memiliki fungsi yang sangat luas membantu kehidupan manusia. 

Fungsinya sebagai bisnis komersial

Komersialisasi tentu jadi sasaran utama penggunaan QR code ini. Mulai dari menyampaikan informasi mengenai jasa dan produk sampai iklan. kemudahannya menyimpan serta mengakses data adalah alasannya. 

Misalnya saja, jika ingin mengirimkan iklan berupa brosur atau proposal maka tinggal kirim V code nya saja. Setelah memindai maka Anda akan langsung diarahkan pada situs iklan tersebut. 

Berbagai jenis pemasaran juga memanfaatkan QR code mulai dari film, musik hingga produk lainnya. Ditambah lagi cara membuat QR code yang tergolong sangat mudah membuatnya lebih banyak digunakan. 

Selain mengenai fungsinya, QR code bukan hanya terdiri dari satu jenis saja. Ada dua jenis yang bisa dibuat yaitu Dynamic QR code dan Static QR code. Apa yang dimaksud dengan Dynamic adalah berisi URL singkat dan nantinya usai dipindai akan langsung mengarah ke web tersebut. 

Dynamic QR code juga bisa digunakan secara berulang. Hal berbeda didapatkan ketika menggunakan static QR code yang isinya adalah halaman webs langsung. Kontennya juga tidak bisa diubah. 

Bagaimana Cara Kerja QR Code? 

Tidak sedikit yang bertanya-tanya bagaimana cara kerja dari QR code ini. Bagaimana seseorang bisa mengakses informasi melalui kode QR? Sebenarnya caranya sangat mudah dan modal yang dibutuhkan adalah akses internet dan scanner

Beberapa hp ada yang tidak dilengkapi dengan scanner, jadi bisa mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Sedangkan akses internet yang dibutuhkan sangat beragam seperti GPRS, Wifi bahkan 3G dan 4G

Apabila ponsel sudah memenuhi kedua hal tersebut maka tinggal mengaktifkan aplikasi pemindai atau scanner QR code. Setelah itu arahkan scanner pada kode QR tersebut sesuai dengan arah kamera. 

Setelah beberapa detik maka data-data yang disimpan dalam QR code tersebut akan langsung muncul pada smartphone. Mulai dari iklan, formulir, foto atau dokumen lainnya. 

Apabila si pembuat QR code tersebut melakukannya dengan benar maka situs bisa langsung dikunjungi. Tapi jika cara cara membuat kode QR saja salah maka situs tidak akan langsung bisa dibuka. 

Cara Membuat Kode QR Dengan Website 

Memperhatikan cara kerja dari kode QR tersebut maka cara pembuatannya harus dilakukan dengan benar. Apalagi jika tujuannya adalah untuk kepentingan bisnis sebagai media promosi. 

Anda tentu tidak ingin bukan iklan yang sudah dibuat susah payah justru tidak bisa diakses oleh calon konsumen langsung. Secara umum ada dua cara yang bisa dilakukan untuk membuat QR code yaitu dari website dan yang kedua dari aplikasi. 

Kunci untuk bisa membuat kode QR ini adalah terhubung dengan internet. Jadi Anda harus online terlebih dahulu di laptop atau hp. Jika menggunakan laptop akan lebih mudah untuk melakukannya secara online. 

Ada beberapa website yang menyediakan pembuatan QR code yang bisa Anda gunakan. Diantaranya adalah QR stuff, Visualead dan Kaywa. Secara umum caranya tinggal copy paste link kemudian otomatis situs akan mengubahnya menjadi QR code. Berikut ini cara membuat QR code dengan berbagai macam website. 

Cara Membuat QR Code dengan Kaywa

Kaywa QR  Code adalah salah satu situs berbayar yang menyediakan fitur untuk membuat kode QR. Selama ini beberapa konsumen yang menggunakannya antara lain Ace Hardware, H&M, bahkan Universal. 

Anda bisa membuat QR code Facebook Page, kontak, kupon dan juga alamat website. 

Bagi Anda yang ingin membuatnya bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini:
cara membuat kode qr

  • Buka situs qrcode.kaywa.comhttps://qrcode.kaywa.com/ melalui web browser di laptop atau pc. Pastikan koneksi internet bagus.
    cara membuat qr code berisi gambar
  • Langkah kedua adalah copy situs yang ingin dibuat kode QR nya dan paste pada kolom yang tersedia pada situs kaywa dengan sebelumnya klik salah satu pilihan di atasnya yaitu untuk kontak, URL atau kupon.
  • Kemudian pilih pada bagian bawah kolom untuk menentukan jenis QR code. Baru klik Join & Generate di bagian bawah kolom.

Sampai pada langkah ini maka Anda akan langsung bisa melihat QR code pada halaman yang sama. Karena situs ini berbayar jadi pastikan Anda sudah mendaftar terlebih dahulu pada menu login dan membayar bulanan. 

Cara Membuat QR Code dengan Visualead

Sama seperti Kaywa, Visualead adalah sebuah situs yang akan membantu Anda untuk membuat QR code. Situs ini menyediakan dua jenis kode QR  yang bisa dipilih dan bisa juga membantu Anda untuk langsung print kode. 

Situs ini menyediakan banyak sekali kebutuhkan kode QR seperti untuk halaman bisnis, channel Youtube,  kupon, Twitter, follow Twitter, vCard, URL, dan masih banyak lagi. Untuk bisa menggunakan layanan secara keseluruhan Anda bisa berlangganan terlebih dahulu. 

Cara menggunakan Visualead adalah sebagai berikut:

  • Buka web browser kemudian masuk ke situs visualead.com.
    Cara Membuat QR Code dengan Visualead
  • Kemudian pada halaman utamanya Anda bisa klik menu Create Visual QR.

  • Pada halaman selanjutnya pilih jenis informasi yang ingin ditautkan.

  • Kemudian pada kolom selanjutnya yang muncul Anda tinggal memasukan tautan yang ingin dibuat QR code dan klik next.

  • Pilih salah satu desain gambar yang akan dimasukan ke dalam QR Code.

  • Setelah itu masuk ke bagian editing, di mana Anda bisa merancang desain untuk QR code sendiri. Apabila sudah selesai klik Create QR dan tunggu sebentar baru klik Next.  

Tak perlu menunggu lama Anda akan mendapatkan QR code dari situs atau tautan yang diinginkan. Keunikan lagi dari situs ini adalah Anda bisa mendapatkan desain untuk untuk ditambahkan pada kode. Jadi tampilannya lebih menarik. 

Cara Membuat QR Code dengan goqr.me

Situs lain yang cukup membantu Anda untuk membuat QR code adalah goqr.me. Melalui situs ini gratis dan banyak sekali digunakan. Jika Anda baru merintis bisnis maka situs ini akan sangat membantu. 

Cara menggunakannya pun sangat mudah yaitu sebagai berikut ini:
Cara Membuat QR Code dengan goqr.me

  • Masuk ke situs goqr.me melalui web browser.

  • Kemudian pilih menu pada Tipe yang pertama yaitu URL, atau Anda bisa memilih sesuai dengan tautan yang ingin dibuat pada ikon tersebut.

  • Kemudian pada langkah nomor dua, Anda tinggal memasukan nama URL saja. Bisa langsung copy paste agar tidak salah.

  • Terakhir setelah QR code muncul Anda bisa langsung download.

  • Pada pop up menu yang muncul sesuaikan pengaturannya sesuai QR code yang ingin dibuat. 

Tak perlu menunggu lama maka kode QR yang telah dibuat akan selesai dan terunduh. Anda bisa langsung menggunakannya. 

Cara Membuat Kode QR dengan Aplikasi di Android

Lalu bagaimana cara membuat QR code berisi gambar melalui smartphone?  Berbasis aplikasi, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk membuat QR code. Baik itu URL, gambar atau halaman lainnya. 

Karena menggunakan hp, maka Anda harus menemukan aplikasi yang memenuhi fitur pembuatan untuk berbagai macam jenis tautan. Salah satu aplikasi yang sangat terkenal adalah QR code generator. 

Aplikasi ini gratis dan cara menggunakannya pun sama seperti di website. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi dan copy paste gambar atau URL dari tautannya. Dengan begitu kode QR langsung terbentuk. 

Semua cara membuat QR code bisa Sahabat Tedas.id coba, tinggal dipilih saja manakah yang paling praktis dan mudah. 

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *