Cara Membuat Podcast di Spotify Terlengkap untuk Diikuti

Cara Membuat Podcast di Spotify – Spotify, aplikasi layanan untuk streaming musik serta podcast kini sangat digandrungi oleh masyarakat khususnya kaum muda. Bahkan tidak sedikit yang berlomba-lomba untuk bisa membuat podcast yang menarik.

Apa itu podcast? Bagaimana cara membuat podcast di Spotify? Buat kamu yang penasaran atau berencana membuat podcast, wajib simak artikel ini sampai akhir ya.

Apakah Podcast Itu

Apakah Podcast Itu?

Pengertian podcast adalah audio non streaming yang cukup berbeda dengan radio. Banyak yang menyangka bahwa podcast adalah radio, tapi bukan karena berbentuk rekaman. Isinya pun berbeda.

Radio berisi tentang acara memutar musik, membacakan pesan-pesan dari pendengar dan juga bisa kirim salam hingga berita. Sedangkan podcast sendiri berisi tentang banyak sekali tema. Bisa berupa ilmu pengetahuan, cerita atau acara bincang-bincang.

Tidak ada interaksi langsung yang dilakukan antara pendengar dan host karena bentuknya rekaman. Karena formatnya rekaman, maka siapa saja bisa mengunduh podcast dan mendengarkannya berulang kali.

Selain itu tema yang diangkat juga begitu luas, kamu bisa mencari manakah tema menarik untuk diulas. Setiap podcast memiliki topik berbeda, ada yang khusus bercerita tentang hantu, ada yang tentang curhat bahkan ada juga yang cerita tentang sejarah.

Fleksibilitas podcast yang bisa didengar berkali-kali membuat siapa saja bisa mendengarkan kapanpun diinginkan. Bisa pada saat jam istirahat kerja, di kereta, pesawat, atau di manapun.

Spotify sendiri baru memulai tambahan fitur podcast di tahun 2018. Sebelumnya aplikasi ini khusus memutar lagu digital saja. Sebenarnya ada banyak platform yang menyediakan layanan podcast seperti Procast, iTunes untuk pengguna iphone hingga Stitcher.

cara membuat podcast spotify

Persiapan Alat untuk Membuat Podcast

Cara membuat podcast di Spotify sebenarnya sangat mudah, yang terpenting adalah kamu telah menentukan tema dan juga mempersiapkan alat untuk rekaman. Karena formatnya adalah audio, maka kejernihan suara jadi hal utama yang penting.

Perekamanan digital kini semakin mudah, alat yang kamu bisa gunakan pun tersedia dari harga murah hingga mahal. Kalau kamu masih pemula, nggak perlu membeli alat yang mahal dulu.

Nanti kalau sudah banyak followers baru kamu meningkatkan kualitas dengan beli alat yang sedikit mahal. Untuk peralatan yang wajib dipersiapkan adalah sebagai berikut:

1. Microphone

Mic adalah alat yang sangat penting harus disediakan. Karena alat ini fungsinya untuk menyaring suara dan menyalurkannya ke alat rekaman. Semakin jernih hasilnya lebih baik. Biasanya harga lebih mahal menentukan kejernihan suaranya.

Ada banyak pilihan mikrofon, jika ingin mudah kamu bisa memilih mic USB. Tinggal tancapkan saja ke laptop proses perekaman bisa dilakukan.

2. Laptop atau komputer

Alat kedua yang wajib adalah komputer di mana nantinya suara kamu akan disimpan menjadi file serta masuk ke tahapan pengeditan. Laptop ini juga digunakan untuk proses upload podcast yang sudah jadi ke Spotify.

3. Webcam

Pastikan webcam di laptop atau komputer berjalan dengan baik. Karena podcast saat ini sudah menyertakan gambar rekaman. Apalagi jika podcast yang akan kamu buat menghadirkan bintang tamu.

4. Software audio editing

Alat terakhir yang kamu butuhkan adalah menginstal software editing audio. Kamu perlu menginstal software ini karena berfungsi untuk mengedit suara sebelum akhirnya diupload.

Apalagi jika kondisi ruang rekaman berisik, banyak noise yang harus dihilangkan. Cukup dengan empat alat ini, kamu sudah bisa melakukan rekaman podcast.

Langkah-Langkah Cara Membuat Podcast di Spotify

Selanjutnya adalah bagaimana cara membuat podcast di Spotify. Tentu saja sebelum upload kamu harus membuat podcast terlebih dahulu. Kamu bisa mewujudkan ide-ide menarik untuk tema-tema per episodenya.

Akan lebih baik jika kamu sudah menentukan tema untuk 10 episode sehingga tinggal proses rekaman saja. Dengan begitu kamu tinggal masuk ke proses upload saja jika bahan sudah selesai dipersiapkan.

Secara garis besar, berikut ini cara buat podcast di Spotify sampai proses uploadnya.

1. Penentuan topik

Siap untuk membuat podcast? Kamu harus tahu topik apa yang akan diangkat pada acara podcast yang hendak dibuat. Dengan adanya topik yang sudah ditentukan, kamu akan lebih mudah menentukan tema setiap episodenya.

Pilihlah topik yang sudah dikuasai dan disukai agar tidak menyulitkan proses pembuatan. Karena podcast membahas lebih mendalam akan topik yang diangkat. Jika kamu mampu, pilihlah topik yang banyak disukai tetapi belum banyak dibuat.

2. Menyusun narasi

Membuat narasi dan menuliskannya akan memudahkan kamu saat proses perekaman. Kamu mungkin belum terbiasa dengan bercerita dari poin-poin, jadi membuat naskah narasi sangat penting. Naskah akan jadi panduan ketika kamu mulai melenceng dalam membahas.

Baca Juga: Cara Mengecek Gaji Youtuber

3. Melakukan rekaman

Sebelum memulai rekaman, pastikan semua peralatan berfungsi dengan baik. Jangan lupa juga menekan tombol recording sebelum mulai. Lakukan rekaman sesuai dengan naskah yang telah kamu buat.

Apabila sudah selesai merekam lanjutkan dengan proses editing. Dengarkan kembali hasil editing yang sudah dibuat dan ukuran rekaman tidak boleh lebih dari 200 MB.

4. Siapkan nama dan cover image

Jangan lupa untuk menentukan nama podcast yang panjangnya tidak boleh lebih dari 20 karakter. Nama podcast sebaiknya juga berkaitan atau bisa memperkenalkan topik.

Selain itu siapkan juga cover image yang dibuat sendiri. Jangan menggunakan gambar mlik orang lain karena bisa terkena copyright yang bisa terjadi kapan saja.

Cara buat Podcast di Spotify

5. Menentukan hosting web

Sama seperti hendak membuat blog atau web, podcast juga membutuhkan hosting. Karena semua file akan disimpan secara online, kamu harus menyewa hosting. Tapi karena ringan harganya pun tidak semahal untuk pembuatan web.

Sebaiknya pilih host yang berada di Indonesia agar lebih mudah mendapatkan layanan selanjutnya jika terjadi masalah. Setelah menentukan host kamu akan mendapat Rich Site Syndication atau RSS ketika sudah upload podcast.

6. Mengupload podcast ke spotify

Langkah terakhir cara membuat podcast Spotify adalah upload. Proses ini adalah memasukan podcast ke aplikasi sehingga banyak orang bisa mengunduh dan mendengarkan podcast yang telah kamu buat. Caranya adalah sebagai berikut:

Masuk ke website Spotify, kamu harus membuat akun terlebih dahulu dan login. Setelah itu pilih menu untuk Podcast.

  • Kamu bisa klik pilihan get Started di halaman Submit Your Podcast. Jika muncul kotak Terms dan Condition kamu bisa centang kotak dan klik Continue.
  • Masukkan RSS feed yang kamu dapatkan dari hosting.
    Masukan judul dan cover yang sudah dibuat dan jika sudah selesai klik Next.
  • Setelah itu masukan info podcast pada menu Add Podcast Info. Di sini kamu bisa menambahkan berbagai informasi seperti kategori podcast, bahasa, negara dan lain sebagainya.
  • Jangan lupa review kembali Podcast yang hendak diupload sebelum menguploadnya ke Spotify. Baru deh klik Submit.

Mudah kan cara membuat podcast di Spotify, kini Sahabat Tedas.id bisa membuat podcast sendiri dan membahas tema-tema menarik untuk didengarkan.

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.