Cara Membuat Lokasi Di Google Maps Android dan Manfaatnya

Cara Membuat Lokasi di Google Maps – Tahukah Sahabat Tedas.id Google maps merupakan layanan perpetaan yang sering sekali digunakan oleh seseorang saat ingin menjangkau suatu tempat.

Peta online ini memiliki banyak fitur canggih di dalamnya yang tak jauh dari kegunaannya untuk menjangkau sebuah lokasi.

Selain untuk menjangkau sebuah lokasi penggunaan biasanya juga menggunakan maps untuk melihat informasi yang lebih detail.

Sehingga anda dapat menjangkau suatu tempat dengan mudah dan cepat tanpa harus pergi ke tempat tersebut untuk mendapatkan sebuah informasi. 

Cara Membuat Lokasi Di Google Maps Terbaru

Anda akan mendapatkan informasi seperti nomor telepon, jam buka, website resmi hingga ulasan dari beberapa orang yang sudah pernah berkunjung di tempat tersebut.

Hal ini tentunya sangat menguntungkan para pelaku bisnis agar usaha yang dimiliki bisa dijangkau oleh semua orang.

Selain itu para pengguna yang lain juga dapat mencoba menambahkan lokasi alamat rumah atau tempat kerja agar memudahkan teman atau kerabat untuk datang. 

Nah mungkin anda tidak tahu terkait bagaimana cara membuat lokasi di Google Maps, tenang saja karena pada kesempatan kali ini saya akan membagikan informasi terkait bagaimana sih cara membuat lokasi di Google Maps dengan mudah. 

Cara Membuat Lokasi Di Maps Lewat Android

Berikut dibawah ini adalah tutorial singkat mengenai cara membuat lokasi di Maps lewat android:

  • Cara membuat lokasi di Google Maps yang pertama tentu saja adalah pastikan anda telah menginstall aplikasi google maps di AppStore atau play store anda. 
  • Login pada akun Google anda dan buka aplikasi maps. 
  • Selanjutnya untuk cara membuat lokasi di Google Maps adalah dengan Ketuk pada tab Contribute yang memiliki ikon (+).
    Cara Membuat Lokasi Di Maps Lewat Android
  • Setelah itu akan muncul halaman baru dan pilih opsi add place.
    cara membuat lokasi di google map dengan android
  • Anda bisa mengisi formulir dengan data yang akan digunakan nantinya.

  • Kolom add name untuk membuat nama lokasi, add category untuk mengubah kategori yang akan anda gunakan dan add address untuk menambahkan alamat anda nantinya.
  • Anda bisa klik add phone, website, house, opening, data and photos bagi anda yang mendaftarkan tempat bisnis anda guna melengkapi informasi yang diperlukan. 
  • Setelah data yang diisi telah komplit dan juga benar, anda bisa langsung klik send yang ada pada pojok kanan atas.

Keuntungan Memiliki Lokasi Di Google Maps

Tentu saja saya memberikan informasi terkait bagaimana cara membuat lokasi di Google Maps ini bukan tanpa alasan.

Dengan kita mengetahui cara membuat lokasi di Google Maps, ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan. 

Untuk anda yang ingin tahu apa saja sih manfaat memiliki lokasi di Google Maps, berikut adalah beberapa manfaatnya :

Untuk Memasarkan Produk Kita

Dengan memiliki lokasi di Google Maps tentu saja sangat berguna untuk bisa memasarkan produk yang kita miliki.

Misalnya saja kita memiliki jasa tertentu, dengan lokasi kita yang berada di Google Maps tentunya bisa semakin memudahkan pengguna jika mencari sesuatu terutama jasa yang berkaitan dengan jasa kita. 

Mempermudah Orang Menemukan Lokasi Kita

Tujuan dari kita mempelajari cara membuat lokasi di Google Maps tentu saja adalah agar bisa mempermudah orang lain dalam menemukan lokasi kita. Tentu saja ini sangat bermanfaat jika kita memiliki usaha di rumah atau memiliki toko fisik. 

Jadi kita tidak perlu repot-repot memberikan share location kepada calon konsumen kita. Cukup membagikan lokasi di Google Maps saja sudah bisa membantu calon konsumen untuk menemukan lokasi kita. 

Manfaat Google Maps

Manfaat Google Maps

Tidak bisa kita pungkiri bahwa saat ini Google Maps sangat membantu segala urusan kita. Terutama untuk kita yang sedang berada di luar kota sehingga kita tidak paham dengan rute atau jalannya.

Oleh sebab itu manfaat Google Maps ini sangat membantu kita. Namun selain itu semua, berikut ini adalah beberapa manfaat Google Maps. 

Untuk Mengecek Kondisi Transportasi Umum

Dengan google maps para pengguna bisa mengetahui informasi secara real time, seperti jadwal transportasi umum yang beroperasi.

Google maps juga dapat memberikan informasi kepada anda tentang cara menggunakan transportasi umum.

Orang orang bisa menggunakan google maps untuk mereview tentang transportasi umum sehingga kita dapat memiliki gambaran tentang transportasi umum yang akan digunakan. 

Bisa Membooking Tempat Layanan Tertentu

Dengan menggunakan google maps anda dapat melakukan pemesanan tempat, selain itu google maps akan memberikan informasi lengkap mengenai sebuah tempat. Sehingga anda dapat langsung menghubungi tempat tersebut tanpa harus pergi kesana.

Sehingga ini dapat mempercepat anda untuk melakukan berbagai hal dan hal ini dapat meminimalisir anda telah sampai ditempat namun tempat tersebut malah tutup. 

Menerjemahkan Berbagai Hal

Google maps akan sangat membantu anda saat anda berlibur di dalam negara atau luar negara. Hal ini karena google maps dapat menerjemahkan berbagai hal seperti nama jalan, arah dan masih banyak lainnya apalagi jika anda tengah berlibur di luar negeri yang mayoritas menggunakan bahasa Inggris. Caranya dengan anda tap pada ikon speaker dan anda tinggal menanyakan pada seseorang yang anda tanya. 

Memesan Makanan

Hampir sama dengan sebelumnya anda dapat memesan makanan dengan google maps. Caranya cukup anda mencari restoran yang menyediakan jasa untuk mengantarkan makanan anda.

Setelah itu anda dapat menelepon restoran tersebut untuk memesan menu. Hal ini sangat amat membantu anda apabila anda sedang berlibur atau bahkan anda tidak dapat keluar rumah. 

Reservasi Saat Travelling

Jika anda ingin merencanakan sebuah liburan anda dapat dibantu oleh google maps. Dengan google maps anda akan dapat berbagai informasi mengenai tempat yang akan anda kunjungi. 

Anda bisa memesan tiket pesawat, booking hotel hingga yang lainnya hanya dengan google maps. Hal ini dapat memudahkan anda untuk tidak membuka berbagai macam aplikasi hanya untuk berlibur saja, dengan cukup menggunakan google maps anda dapat berlibur dengan baik. 

Unggah Peta

Apabila anda sedang berlibur ke suatu tempat atau negara, namun anda tidak sempat membeli paket internet atau anda tidak memiliki paket internet untuk wilayah tersebut. 

Anda dapat mengunggah peta yang anda tuju nantinya, dengan begitu hal tersebut dapat digunakan untuk menjelajahi peta tanpa menggunakan paket data internet. 

Membagikan Lokasi 

Membagikan lokasi atau biasa disebut dengan share location ini mungkin sering digunakan oleh banyak orang.

Hal ini dilakukan untuk mempermudah seseorang untuk bertemu anda. Hal ini bisa dilakukan dengan biaya whatsapp, anda cukup tap lokasi anda di google maps.

Dengan begitu anda bisa membagikan lokasi anda ke teman atau saudara yang akan menemui anda tanpa harus anda menjelaskan dimana lokasi anda.

Anton Wahyu

Nama Saya Anton Wahyu biasa dipanggil Anton. Saya adalah Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Swasta di Solo. Saya juga merupakan penulis artikel, punya hobi mendengarkan musik, di website ini Saya mencoba membagikan informasi yang semoga bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *