cara membuat linktree
Tutorial

Cara Membuat Linktree Lengkap Dengan Gambar

Artikel terakhir diperbaharui 11-08-2021 oleh Aldy Amrillah

Cara Membuat Linktree – Apakah anda adalah seorang pelaku bisnis online yang ingin mempromosikan produk atau jasa bisnis online anda tersebut di sosial media seperti Instagram? 

Atau mungkin anda merupakan seorang blogger yang sedang kebingungan terkait bagaimana sih cara meletakan banyak link ke dalam profil akun instagram yang anda miliki.

Nah sebenarnya semua permasalahan anda tersebut bisa terjawab dengan mudah jika anda menggunakan Linktree.

Tentu saja kita sudah tahu jika platform sosial media Instagram ini hanya diberikan satu kolom yang hanya dapat digunakan untuk memasukan URL yang aktif yaitu pada bagian bio.

Jadi pengguna hanya bisa memasukan satu link aktif saja ke dalam profil instagram mereka.

Baca Juga: Apa Itu Link: Pengertian, Cara kerja dan Fungsinya

Pengguna tidak memiliki kesempatan lagi untuk bisa memasukkan link yang bisa digunakan untuk menggiring followers menuju ke website, halaman channel Youtube atau blog yang dimiliki.

Sebenarnya ada cara lain yang bisa kita lakukan untuk menggiring followers ke halaman atau website tertentu, caranya hanya dengan menggunakan fitur swipe up di instastory.

Namun tentu saja kita harus memiliki 10 ribu followers terlebih dulu untuk bisa menggunakan fitur swipe up instastory tersebut.

Jadi tidak ada solusi lain selain menggunakan linktree.

Lalu sebenarnya apa itu linktree? Bagaimana cara membuat linktree? Tenang saja semuanya akan kita bahas bersama-sama pada artikel kali ini.

Apa Itu Linktree?

Lalu apa itu Linktree? Jadi linktree adalah website yang memberikan layanan untuk bisa memudahkan para penjual jasa, para pedagang dan influencer untuk bisa menyematkan link atau tautan di profil instagram mereka dengan lebih sederhana lagi.

Jadi hanya dengan memberikan satu linktree saja, kita bisa menyematkan banyak tombol yang bisa menjadi shortcut sehingga followers kita tidak perlu lagi mengetik ulang URL.

Beberapa waktu belakangan, keberadaan dari layanan Linktree ini menjadi semakin populer sebab sangat relevan sekali dengan kebutuhan dari para pengguna media sosial.

Apalagi untuk anda yang menggunakan instagram, dimana instagram hanya bisa memberikan satu link saja yang ada di bio.

Jadi dengan menggunakan linktree ini kita bisa memasukkan tautan yang berisi kontak Whatsapp, link toko marketplace kita, link akun facebook atau bahkan link channel Youtube yang kita miliki.

linktree adalah

Image: Linktree

Tutorial Cara Membuat Linktree Dengan Mudah

Tidak bisa kita pungkiri lagi bahwa fitur layanan dari Linktree ini adalah solusi yang sangat tepat untuk kita yang ingin mencurangi sistem dari instagram yang hanya dapat meletakkan satu link saja ke dalam profil atau bio Instagram.

Fitur dan juga tampilan dari Linktree yang dapat di custom sesuai dengan warna kesukaan kita tentu saja juga bisa memberikan poin kelebihan tersendiri dari linktree ini.

Jadi kita bisa membuat tautan atau tombol link yang bisa kita sesuaikan sendiri tanpa meninggalkan kesan atau identitas dari brand perusahaan kita.

Sebagai informasi tambahan, cara membuat Linktree ini sebenarnya ada dua pilihan yaitu Linktree versi gratis dan juga linktree versi premium atau berbayar.

Dimana keunggulan dari linktree berbayar ini kita bisa memperoleh fitur-fitur premium tambahan seperti fitur statistik dan juga customer service 24 jam.

Cara Buat Linktree Gratis

Seperti yang sudah kita bahas bersama diatas bahwa, Linktree ini menyediakan dua pilihan akun yaitu akun linktree gratis dan juga akun linktree yang berbayar.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial  tentang bagaimana sih cara membuat linktree gratis dengan mudah dan cepat. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Pertama anda buka dulu halaman atau website resmi dari Linktree disini.
  • Selanjutnya anda isi dulu kolom yang tersedia dengan data diri anda yang benar, hal ini karena nanti berkaitan dengan proses login serta pengelolaan akun linktree yang sudah anda buat tersebut.
    Cara Buat Linktree Gratis
  • Selanjutnya anda harus memasukkan nama anda, misalnya disini saya isi sebagai “Anton Wahyu”. Tidak hanya itu, namun anda juga harus memasukan data bisnis atau kategori yang menggambarkan akun anda tersebut. Silahkan anda pilih kategori yang sesuai dengan bisnis atau menggambarkan anda.

  • Terakhir, karena disini adalah tutorial bagaimana cara membuat Linktree tentu saja anda harus menekan “Continue With Free”.

  • Selesai.

Cara Membuat Linktree Di Whatsapp

Nah berikutnya kita akan membuat Linktree di Whatsapp. Dimana sebenarnya pada bagian links ini kita bisa mengisinya dengan link atau tautan apa saja yang kita inginkan.

Namun kebanyakan atau yang paling umum digunakan adalah link tersebut kita isi dengan tautan yang akan mengarahkan langsung followers ke Chat Whatsapp kita untuk menjadi media komunikasi antara pedagang dan juga pembeli.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Whatsapp adalah salah satu platform chat atau messenger yang paling banyak digunakan oleh mayoritas pengguna smartphone di Indonesia. Oleh sebab itu tentu saja kita wajib memasukkan Linktree Whatsapp di akun Linktree yang kita miliki tersebut.

Sebelum itu, tentu saja kita harus menyiapkan dulu link yang kita gunakan untuk membuat pengguna bisa langsung menghubungi anda lewat Whatsapp. Berikut adalah link yang bisa anda gunakan.

https://api.whatsapp.com/send?phone=62895382856564&text=Halo%20saya%20ingin%20pesan%20Artikel%20untuk%20blog.

Nah, silahkan anda sesuaikan dulu nomor handphone akun Whatsapp anda dan juga kata-kata atau kalimat yang akan anda gunakan agar bisa mempermudah followers untuk mengirimkan pesan ke Whatsapp anda.

Setelah anda menyiapkan link yang akan anda buat untuk memudahkan pengguna atau followers anda menghubungi ke Whatsapp.

Berikutnya adalah cara membuat Linktree Whatsapp.

  • Pertama anda login dulu ke akun Linktree yang kalian miliki.
  • Selanjutnya anda pilih Add New Link, yang berguna untuk menambahkan link atau tautan ke akun Linktree yang kalian miliki tersebut.
    Cara Membuat Linktree Di Whatsapp
  • Nah pada bagian URL, anda isikan link Whatsapp yang sudah anda persiapkan tadi. Berikutnya pada bagian Title anda isikan judul apa yang ingin kalian tampilkan. Jadi title ini nantinya adalah yang akan muncul pada saat linktree dibuka.

Cara Membuat Linktree Website Pribadi

Website atau blog pribadi merupakan media yang bisa kita gunakan untuk mengupload atau berbagi cerita dan artikel lainnya kepada orang lain sesama pengguna internet di dunia. Nah saat ini fenomena blogger sudah mulai marak dan banyak digunakan oleh orang-orang di Internet.

Mungkin anda adalah salah satu orang yang juga memiliki website atau blog pribadi dan ingin memasukkan alamat website anda ke dalam profil Instagram namun juga ingin menambahkan link Whatsapp anda. Untuk itu, anda bisa menambahkan saja alamat atau link website anda pada akun Linktree yang anda miliki tersebut.

Sebenarnya cara membuat Linktree website pribadi ini hampir sama seperti cara membuat Linktree Whatsapp. Namun untuk anda yang penasaran bagaimana langkah-langkahnya, berikut penjelasan singkat dari saya.

  • Pertama anda login dulu ke akun Linktree yang kalian miliki.
  • Selanjutnya anda pilih Add New Link, yang berguna untuk menambahkan link atau tautan ke akun Linktree yang kalian miliki tersebut.
  • Nah pada bagian URL, anda isikan link Website pribadi yang anda miliki. Berikutnya pada bagian Title anda isikan judul apa yang ingin kalian tampilkan. Jadi title ini nantinya adalah yang akan muncul pada saat linktree dibuka.
    Cara Membuat Linktree Website Pribadi

Cara Membuat Linktree Di Instagram

Terakhir, setelah semuanya siap lalu bagaimana cara membuat Linktree di Instagram?

Seperti pembahasan di awal bahwa tujuan dari kita membuat Linktree adalah agar bisa menambahkan link di bio Instagram kita agar bisa mencurangi sistem dari Instagram tersebut.

Untuk itu, bagi anda yang masih kebingungan terkait bagaimana sih cara membuat Linktree di Instagram, berikut adalah beberapa langkah-langkah mudahnya.

  • Pertama anda buka dulu aplikasi Instagram yang anda miliki.
  • Selanjutnya anda login dulu pada akun instagram yang akan anda gunakan, jika sudah anda langsung saja pergi ke halaman profil instagram anda.
  • Berikutnya anda pilih edit profil pada akun instagram anda.
    Cara Membuat Linktree Di Instagram
  • Selanjutnya pada kolom link bio, anda isikan link profil atau link akun Linktree yang kalian miliki tadi.

  • Selesai, terakhir anda hanya tinggal menyimpannya dan linktree sudah terpasang pada akun instagram yang kalian miliki.

Nah itulah bagaimana cara membuat Linktree dengan mudah yang bisa anda lakukan bahkan untuk orang awam sekalipun.

Mudah kan? Dengan menggunakan Linktree tentu saja anda bisa lebih memanfaatkan fitur link bio di akun Instagram yang anda miliki untuk memaksimalkan bisnis atau jualan yang anda miliki.

Sebenarnya kita tidak hanya bisa memasukkan link Whatsapp atau link website yang kita miliki pada akun Linktree yang kita miliki.

Namun kita juga bisa memasukkan link lainnya seperti Link Channel Youtube, Link toko Shopee kita dan link lainnya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Sahabat Tedas.id yang ingin memaksimalkan penjualan atau bisnis online yang sedang anda jalani. 

Anton Wahyu
Nama Saya Anton Wahyu biasa dipanggil Anton. Saya adalah Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Swasta di Solo. Saya juga merupakan penulis artikel, punya hobi mendengarkan musik, di website ini Saya mencoba membagikan informasi yang semoga bermanfaat untuk Anda.

Comments are closed.