cara membuat link wa me
Tutorial

Panduan Lengkap Cara Membuat Link WA Me

Artikel terakhir diperbaharui 10-06-2021 oleh Aldy Amrillah

Biasanya, ketika hendak mengirim pesan ke nomor baru di Whatsapp, Anda harus menyimpannya terlebih dahulu. Tapi, tahukah Anda bahwa sekarang bisa mengirim pesan tanpa menyimpan nomor? Hal itu bisa dilakukan dengan cara membuat WA me.

Tentu adanya link WA me sangat membantu pengguna dalam berkirim pesan. Apalagi bagi Anda yang menggunakan WA untuk keperluan bisnis.

Cara Membuat Link WA Me

Memberikan link WA me membuat pelanggan bisa mengirim pesan tanpa harus menyimpan nomor Anda. Berikut beberapa cara membuat link tersebut.

Menggunakan Api.whatsapp

Cara pertama ini terbilang cukup simpel dan mudah untuk membuat WA me. Api.whatsapp ini merupakan shortlink yang nantinya akan membawa pengguna menuju nomor yang ingin dikirimi pesan.

Dengan menggunakan shortlink ini, akan mempermudah Anda ketika ingin mengirim pesan kepada nomor baru tanpa harus menyimpannya. Berikut cara membuat api.whatsapp.

  • Masuk ke Linknya

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah mengetik https://api.whatsapp.com/send?phone=. Anda bisa langsung mengetiknya di media sosial seperti instagram, facebook, atau lewat pesan. Bisa juga langsung pada website toko online serta platform lainnya tempat Anda ingin membagikan link tersebut.

Bagi Anda yang ingin mengirim pesan ke nomor baru tanpa menyimpannya, link ini bisa langsung diketik pada web browser sehingga nanti akan langsung dibawa secara otomatis ke aplikasi whatsapp.
Masukkan Nomor Whatsapp yang Diinginkan

  • Masukkan Nomor Whatsapp yang Diinginkan

Bagi yang ingin membagikan nomor Whatsapp sendiri, langsung saja masukkan nomor Anda tepat di belakang tanda ‘=’ tanpa spasi agar bisa dibaca oleh server. Begitupun dengan nomor lain yang ingin dichat, langsung tulis saja.

Tapi perlu diingat, dalam memasukkan nomor, ganti angka ‘0’ menjadi kode negara. Untuk nomor Indonesia yaitu 62. Misalnya nomor yang ingin Anda masukkan adalah 085233971118 akan menjadi 6285233971118. Berikut contoh link yang telah jadi:

https://api.whatsapp.com/send?phone=6285233971118

  • Bagikan Shortlink

Selanjutnya, Anda bisa membagikan shortlink tersebut ke website, media sosial, atau memasukkan ke web browser agar bisa langsung mengirim pesan ke nomor tujuan.

Cara Membuat Link WA Me Menggunakan wa.me

Cara membuat link wa me berikutnya yaitu dengan shortlink wa.me. Caranya sama dengan menggunakan short link api.whatsapp. Cukup menggantinya dengan wa.me
Cara Membuat Link WA Me Menggunakan wa.me

 

  • Ketik https://wa.me/

Seperti cara sebelumnya, Anda bisa langsung mengetik https://wa.me/ pada platform yang diinginkan. Baik itu di website, media sosial, atau langsung di web browser.

  • Masukkan Nomor Whatsapp

Sama dengan saat menggunakan api.whatsapp, langkah berikutnya, Anda harus memasukkan nomor Whatsapp yang akan dikirimi pesan. Jangan lupa untuk mengganti angka 0 menjadi 62. Jika nomor Anda 085233971118, maka jadinya akan seperti ini:

https://wa.me/6385233971118

Setelah jadi, Anda bisa langsung share wa me tersebut ke media sosial dan lainnya.

Cara Membuat Link WA Me Menggunakan Tautan Gambar

Cara buat wa me berikutnya yakni dengan gambar. Ini akan sangat berguna bagi Anda yang berjualan online. Pasalnya, dengan menggunakan gambar dipercaya akan lebih memikat para pelanggan. 

Link dengan gambar ini biasa diaplikasikan pada website. Cara membuat tautan gambar ini sebenarnya cukup mudah untuk Anda lakukan.

Untuk langkahnya, pertama, cari desain gambar CTA WhatsApp di search engine. Anda bisa mencari gambar CTA Whatsapp yang paling menarik lewat Google atau search engine lainnya.

Setelah gambar siap, masuklah pada website Anda. Jika Anda menggunakan WordPress, maka langsung saja menuju ‘Add Media’. Isi Alt Image serta deskripsi seperti biasanya. 

Selanjutnya, tambahkan pada halaman posting. Jika langkah tersebut telah usai di dashboard WordPress pilih logo ‘Insert and Edit Link”. 

Disini, silahkan masukkan URL, yaitu link WA yang telah Anda buat lewat api.whatsapp https://api.whatsapp.com/send?phone=6285233971118. Kemudian, pilih ‘Add link’. Jika telah selesai, Anda bisa mencoba link di gambar telah aktif atau belum

Seperti itulah cara membuat wa me dengan gambar. Cukup mudah bukan? Agar lebih menarik dan mempermudah pelanggan, Anda bisa menambahkan teks di link tersebut.

Menggunakan Bitly

Cara selanjutnya yang bisa Anda gunakan yaitu lewat bit.ly. Ini bisa menjadi pilihan ketika link api.whatsapp dan wa.me terlalu panjang. Pasalnya, bitly merupakan shortener berfungsi untuk membuat short link. Berikut cara buat link wa me yang lebih singkat.

  • Buka Terlebih Dahulu Website Bitly

Agar lebih mudah, Anda bisa membukanya dengan melakukan pencarian di Google. Kemudian pilih website Bitly. Biasanya, hasil pencarian berada di paling atas.

  • Masukkan link URL yang Akan Diperpendek

Setelah website Bitly terbuka, masukkan link URL yang hendak Anda shortener pada kotak. Misalnya https://api.whatsapp.com/send?phone=6285233971118. Kemudian klik ‘Shortener’

  • Lihat Hasilnya

Setelah diproses, link hasil dari shortener akan tampil di bagian bawah kotak. Anda bisa langsung menyalinnya dan membagikannya ke media sosial maupun website.

Demikian beberapa cara buat wa me yang bisa Anda gunakan untuk berbagai keperluan, baik untuk keperluan bisnis maupun pribadi.

Tentu adanya link wa me tersebut akan memudahkan Sahabat Tedas.id saat ingin mengirim pesan namun, tidak ingin menyimpan nomor dari pengguna tersebut.

Aldy Amrillah
Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan. Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *