Begini Cara Membuat Link WA di IG yang Mudah dan Cepat

Artikel terakhir diperbaharui 11-06-2021 oleh Aldy Amrillah

Menempatkan link Whatsapp di Instagram tentu akan mempermudah pengguna lain untuk mengirim pesan kepada Anda. Apalagi jika Instagram tersebut digunakan untuk keperluan jualan atau bisnis lainnya. Oleh karena itu, di sini akan dibahas cara membuat link WA di IG.

Biasanya link wa pada instagram di tempatkan pada bagian biografi, sehingga pengguna lain akan langsung bisa mengaksesnya. Sebenarnya cara membuat link tersebut sangatlah simpel dan hanya perlu beberapa tahapan. Berikut akan dijelaskan tahapan-tahapan tersebut.

Membuat Link dengan Api.whatsapp

Cara membuat link WA di IG pertama yang harus Anda lakukan dalam membuat link WA di Instagram yaitu buat linknya terlebih dahulu.

Caranya Anda bisa menggunakan api.whatsapp. Melalui api.whatsapp Anda bisa membagikan link agar orang lain bisa mengirim pesan tanpa menyimpan nomor Anda.

Selain itu, dengan api.whatsapp Anda juga bisa memberikan format teks secara otomatis agar memudahkan pelanggan yang ingin mengirim pesan atau memesan barang. Berikut langkah untuk membuatnya.

cara membuat link WA di IG

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu membuat link yang dibelakangnya diikuti oleh nomor WA Anda. Masukkan nomor HP dengan menggunakan kode negara, yaitu 62. Jadi, semisal nomor Anda 082255020255, maka akan menjadi 6282255020255. Kemudian, link whatsappnya akan seperti ini

https://api.whatsapp.com/send?phone=6282255020255

  • Buat Link untuk Pesan Teks

Link di atas dibuat hanya untuk mengarahkan pengguna lain agar bisa mengirim pesan tanpa menyimpan nomor Anda. Jika Anda ingin menambahkan format pesan teks sekaligus, isi pesan perlu ditambahkan dalam link.

Format penulisannya pada bagian belakang link harus ditambah &text=pesan. Penggunaan spasi diganti %20, membuat baris baru dengan %0A, dan titik dua dengan %3A. Berikut contoh pembuatan pesan teks otomatis tersebut.

https://api.whatsapp.com/send?phone=6282255020255&text=Saya%20pesan%20produk%20ini

Jadinya akan seperti ini: Saya pesan produk ini

Kemudian, salin link Whatsapp yang telah Anda buat. Mudah bukan cara membuat link WA di IG, tapi ini baru langkah pertama. Anda masih bisa memperpendek linknya dan menggunakan alternatif cara lainnya. 

Cara Memperpendek Link WA dengan Bitly

Cara membuat link WA di IG yang berikutnya yaitu memperpendek link dengan Bitly. Link yang dibuat menggunakan api.whatsapp di atas mungkin terkesan cukup panjang, apalagi jika hendak dimasukkan dalam biodata di Ig. Agar link URL lebih pendek atau bahkan mudah untuk dihafal, Anda perlu melakukan shortener.

Bitly merupakan salah satu penyedia layanan untuk memperpendek atau istilahnya shortener pada link URL. Langkah-langkah yang bisa Anda gunakan untuk melakukan shortener pada Bitly adalah sebagai berikut.

  • Buka Website Bitly

Website Bitly ada di alamat https://bitly.com/ atau Anda bisa melakukan pencarian pada Google. Cukup mengetik kata kunci Bitly, website Bitly biasanya akan muncul pada posisi paling atas hasil pencarian. Setelah ketemu langsung klik link tersebut.

  • Masukkan Link Whatsapp Pada Kotak Yang Tersedia

Jika Anda telah menyalin link Whatsapp yang telah dibuat, selanjutnya link tersebut bisa Anda tempel pada kotak atau kolom yang tersedia di laman Bitly. Setelah itu, Anda tinggal klik ‘Shortener.

  • Klik ‘Shortener’

Setelah meng-klik ‘Shortener’, maka Anda akan melihat hasil link URL yang lebih pendek. Dengan demikian, link akan lebih ringkas untuk dimasukkan dalam biografi Instagram.

  • Salin Link Baru

Jangan lupa untuk menyalin link yang telah Anda perpendek. Biasanya, di bawah link tersebut ada perintah ‘copy’ sehingga Anda bisa langsung memilihnya.

Cara Memasukkan Link WA di Ig

Setelah mengikuti cara membuat link WA di IG di atas dan link telah jadi, langkah selanjutnya yaitu membuka Instagram. Di sini Anda harus memasukkan link tersebut pada biografi.

Tentunya agar para pelanggan bisa dengan mudah menghubungi Anda lewat link yang tertera di biografi tersebut. Caranya sebagai berikut.

  • Buka Profil Instagram

Langkah pertama tentunya Anda harus login ke akun Instagram yang hendak dimasuki link URL.. Selanjutnya, pilih bagian profil di mana ada menu untuk melakukan edit profil.

  • Pilih Menu ‘Edit Profil’

Menu ini biasanya berada di atas, di bawah foto profil dan deskripsi biografi Instagram Anda. Pada bagian ‘Edit Profil’ terdapat beberapa kolom, seperti nama lengkap, nama pengguna dan website.

  • Tempel link Whatsapp pada kolom ‘Website’

Langkah terakhirnya yaitu memasukkan link URL Whatsapp Anda pada kolom ‘website’. Jangan lupa untuk memilih ikon centang atau simpan agar perubahan tersebut bisa tersimpan di biografi Instagram Anda.

Cara Membuat Link WA di Linktree

Di atas sudah dijelaskan bagaimana cara buat link WA di IG. Akan tetapi, kadang Anda mungkin butuh memasukkan beberapa link sekaligus.

Sedangkan pada bagian biografi Instagram hanya terbatas satu link saja. Misalnya, Anda ingin memasukkan link media sosial lain, seperti Facebook atau Twitter.

Disini, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya telah ada cara untuk mengatasi masalah tersebut. Anda bisa memasukkan beberapa link sekaligus di link Instagram dengan mengandalkan Linktree. Cara membuatnya adalah sebagai berikut.

  • Buka Website Linktree

Sebelumnya, jangan lupa untuk menyalin link Whatsapp Anda. Buka website Linktree, https://linktr.ee/. Pilih bagian ‘Sign Up Free’ bagi yang belum memiliki akun. Jika sudah, Anda tinggal melakukan ‘Login’.

  • Pilih ‘Add New Link’

Ikuti langkah-langkah yang ada hingga masuk ke halaman https://linkte.ee/admin. Selanjutnya, Anda pilih ‘Add New Link’ untuk menambahkan link baru. Tempel link Whatsapp yang telah Anda salin tadi dan beri judul yang sesuai.

  • Tambahkan Link Lain

Anda bisa menambahkan link lainnya dengan memilih ‘Add New Link’, kemudian menempel berbagai link yang hendak dimasukkan.

  • Salin Linktree

Jika semua link yang dibutuhkan telah dimasukkan, Anda tinggal klik tombol ‘Share’ dan menyalin link tersebut untuk dimasukkan dalam biografi instagram.

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara membuat link WA di IG? Sekarang Anda tak perlu bingung untuk melakukan branding produk di Instagram.

Hanya dengan menyematkan link tersebut, Sahabat Tedas.id bisa mempermudah pelanggan dalam melakukan komunikasi untuk pembelian produk.

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *