cara membuat link grup wa
Tutorial

Cara Membuat Link Grup WA agar Mudah Dibagikan

Cara Membuat Link Grup WA – Tak dapat dipungkiri dengan hadirnya Whatsapp semua komunikasi jadi lebih mudah.

Salah satu aplikasi chat yang banyak digunakan ini mampu membuat komunikasi lebih lengkap.

Melalui Whatsapp seseorang bisa mengirim pesan teks, foto, video, lokasi hingga dokumen. Whatsapp juga memiliki fitur untuk mengetahui seseorang sedang online dan telah membaca pesan yang dikirim.

Fitur lain yang banyak disukai juga adalah WA grup. Di mana fitur ini menciptakan ruang-ruang dalam bentuk grup untuk bisa saling berkomunikasi.

Untuk bisa mengikuti grup, seseorang harus diundang melalui link.

Jika kamu berencana membuat grup maka harus tahu bagaimana cara membuat link grup WA.

Sehingga jika ingin mengundang seseorang dalam sebuah grup mereka tinggal masuk melalui link tersebut agar permintaan bergabung bisa segera diproses oleh admin grup.

Cara Mudah Membuat Link Grup WA

Cara Mudah Membuat Link Grup WA untuk Dibagikan

Apa untungnya membuat grup? Adanya grup ini mempermudah informasi yang harus disampaikan dalam satu kali saja. Kamu tidak perlu melakukan broadcast ke setiap orang sehingga menghindari miskomunikasi.

Namun dengan adanya grup semuanya jadi lebih mudah, kamu bisa menyapa banyak orang dalam grup. menyampaikan informasi juga tidak perlu berulang. Sangat penting kini untuk memperhatikan grup penting khususnya pekerjaan atau tugas.

Untuk cara membuat link grup WA sendiri hanya bisa dilakukan kalau kamu adalah admin grup.

Jadi kalau kamu hanya sebagai anggota, sebaiknya mintalah admin grup untuk membagikan link.

Biasanya admin akan mengundang anggota yang ingin dimasukan ke dalam grup dengan cara manual yaitu dengan memasukan nomor hp. Cara ini bisa dilakukan jika dalam satu grup kamu hanya berniat mengundang lima atau maksimal 10 orang.

Tapi bagaimana kalau yang diundang itu ratusan orang? Apa kamu mau satu per satu memasukan nomor telepon mereka? Tentu tidak kan. Oleh karena itu, WA sendiri memudahkan penggunanya dengan membagikan link grup WA saja.

Dengan begitu kamu tidak perlu memasukan nomor satu per satu dan orang yang diundang tinggal klik tautan itu saja. Efektif bukan? Nah, untuk cara buat link grup WA yang bisa kamu lakukan ada di langkah berikut ini.

Membuat Grup Whatsapp dan Menjadi Admin

Untuk bisa membuat link pertama-tama kamu harus memiliki grup terlebih dahulu. Jangan lupa, kamu juga harus bertindak sebagai admin grup tersebut.

Apabila ternyata pembuat grup tersebut bukan kamu, maka mintalah admin untuk menjadikanmu admin grup tersebut.

Dengan begitu kamu memiliki akses untuk membuat link tersebut. Tapi jika kamu ingin membuat grup baru, ikuti beberapa langkah berikut ini:

Buka aplikasi Whatsapp dan ketuk menu yang ada di pojok kanan bawah.
cara buat link grup wa

Pilih menu new grup untuk membuat grup baru.
cara membuat link grup wa dengan mudah

Pilih siapa saja dari kontak yang hendak dijadikan anggota dalam grup tersebut.
membuat link grup wa

Setelah pilih anggota, kamu bisa memberikan nama grup dan selesai.

Otomatis kamu akan menjadi admin grup dan bisa membuat link grup WA jika ingin membagikan atau mengundang anggota baru untuk bergabung.

Masuk Halaman Info Grup
cara buat link grup wa

Pada langkah selanjutnya kamu sudah menjadi admin dan grup sudah dibuat. Untuk bisa mencari tahu apa link dari grup tersebut, kamu bisa masuk ke bagian info grup. Caranya adalah dengan masuk ke grup chat.

Ketuk bagian info grup yaitu di bagian chat atau nama grup tersebut. Maka kamu akan dialihkan ike info grup yang berisi siapa saja anggota dan bagaimana cara membuat link grup WA.

Masuk ke Link Mengundang melalui Tautan
Masuk ke Link Mengundang melalui Tautan

Langkah selanjutnya adalah memilih menu Undang via Tautan. Ketika hendak mengundang, sebenarnya ada dua cara yang disediakan oleh WA. Pertama adalah Add Participant yaitu mengundang melalui kontak yang sudah tersimpan di ponsel.

Cara pertama ini akan membuat orang lain otomatis masuk ke dalam grup setelah kamu memilih kontak mereka. Syaratnya kamu harus tahu kontak orang tersebut dan menyimpannya ke dalam ponsel.

Cara kedua adalah dengan membagikan link seperti yang dijelaskan langkah-langkahnya di sini. Kamu bisa klik Undang via Tautan hingga terlihat link apa yang tersedia di sana.

Memilih Tindakan Pembagian Link

Pada halaman selanjutnya, kamu akan disuguhkan beberapa pilihan menu. Pada bagian pertama, kamu akan melihat link dari grup tersebut.

Jika ingin membagikan melalui aplikasi yang tersedia di smartphone, kamu bisa ketuk link tersebut.

Biasanya akan muncul berbagai aplikasi yang bisa langsung dihubungkan atau membagikan link grup WA. Pada bagian kedua, kamu bisa membagikan link melalui chat di Whatsapp. Misalnya saja jika kamu hendak membagikannya ke kontak yang belum disimpan.

Ketiga adalah menyalin tautan tersebut, kamu tinggal ketik salin tautan tersebut dan paste di aplikasi lain untuk membagikan link.

Keempat adalah membagikan tautan ke aplikasi lain, hampir mirip dengan cara pertama.

Kelima adalah menu QR code di mana kamu bisa membagikan bahkan print barcode tersebut jika ingin membagikan link melalui media cetak atau elektronik.

Semua pilihan ini dibuat untuk memudahkan siapa saja untuk bergabung ke dalam grup yang sudah dibuat.

Apa Keuntungan dan Kekurangan Adanya Link Grup WA?
Keuntungan dan Kekurangan Adanya Link Grup WA

Mudah adalah istilah yang bisa menggambarkan adanya fitur link grup WA ini. Kamu bisa membagikannya dengan mudah dan jadi suatu keuntungan terbesar.

Misalnya jika kamu ingin membuat grup perkumpulan pecinta tanaman kaktus.

Bagi kamu yang sedang mencari anggota pecinta kaktus, bisa dengan mudah membagikannya ke Instagram, Facebook, bahkan poster agar banyak yang bergabung.

Mengulas soal keuntungan adanya link grup ini sebenarnya ada banyak lainnya seperti:

Tidak perlu ada kontak yang disimpan

Belum tentu semua orang sempat untuk menyimpan kontak di smartphone. Beberapa orang bahkan malas untuk melakukannya. Nah dengan adanya pembagian lionk grup ini, kamu tak perlu menyimpan terlalu banyak kontak.

Kamu juga tidak perlu mengundang orang lain masuk grup dan harus tahu kontak mereka. Jadi memori ponsel tidak akan penuh dengan kontak dari grup.

Anggota baru masuk otomatis

Tidak terlalu banyak proses untuk masuk ke dalam grup. Siapa saja yang sudah klik atau scan barcode akan langsung masuk ke dalam grup. Admin grup juga tidak perlu mengecek siapa saja anggota yang baru masuk.

Dengan begitu keleluasaan siapa saja ingin bergabung tidak jadi masalah. Karena proses untuk bergabung sangat cepat dan langsung.

Siapapun bisa memilih untuk bergabung

Ketika admin grup mendaftarkan anggota untuk bergabung maka kontak tersebut akan langsung masuk. Dengan kata lain, admin grup akan memasukan anggotanya. Kamu otomatis akan menjadi anggota.

Berbeda jika kamu mendapatkan link, keputusan untuk bergabung atau tidak ada di tangan yang ingin menjadi anggota. Jadi tidak ada unsur paksaan untuk bisa bergabung ke dalam grup tersebut.

Ada kelebihan tentu ada juga kekurangannya. Cara membuat link grup WA memang mudah dan kamu bisa membagikannya dengan cepat. Tapi cara ini pun memiliki beberapa kelemahan yang harus dipahami sebagai berikut:

Tidak ada kontrol siapa yang bergabung

Sekali klik link grup, maka seseorang akan bergabung ke dalamnya. Hal ini memang mudah tetapi tidak ada sortir siapa saja dan bagaimana orang tersebut bergabung. Apakah mereka tahu peraturan dalam grup atau tidak.

Dengan begitu admin grup harus terus memantau atau memberikan pengumuman soal grup tersebut dalam info grup yang harus dipatuhi semua anggotanya. Karena grup ini tidak sama dengan grup FB yang bisa diatur siapa saja yang boleh bergabung.

Keanggotaan yang terbatas

Grup WA memiliki keterbatasan kuota anggota yang bisa bergabung. Tidak jarang banyak yang akhirnya kecewa karena kuota pada grup tersebut sudah penuh. Sehingga tidak bisa bergabung dengan grup tersebut.

Solusi yang bisa dilakukan oleh admin adalah membuat beberapa grup sehingga kuotanya mencukupi. Apalagi jika grup tersebut menjaring anggota dari banyak negara. Otomatis akan banyak orang yang berminat untuk mendaftar.

Apabila ternyata kamu merasa grup sudah penuh dan tidak ingin menjaring lebih banyak anggota ada cara untuk mematikan link. Apalagi jika ternyata link tersebut sudah menyebar ke media lebih luas.

Caranya adalah dengan ketuk Reset Link pada menu undangan tautan di atas. Dengan begitu link yang sudah disebar akan mati. Jika seseorang klik link tersebut maka tidak akan diarahkan bergabung ke grup.

Yuliarti Swan
Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

    Comments are closed.