cara membuat link Google Meet
Tutorial

Mau Meeting Online? Ikuti Cara Membuat Link Google Meet Ini

Rapat online kini lebih banyak dilakukan semenjak berlakunya work from home. Google Meet menjadi salah satu media yang dimanfaatkan. Apakah kamu sudah tahu cara membuat link Google Meet untuk dibagikan. 

Jika kamu adalah penyelenggara rapat tentu harus tahu bagaimana caranya. Apalagi jika kamu akan menyelenggarakan rapat penting dengan waktu yang terjadwal. Untungnya Google Meet memiliki banyak fitur yang sangat membantu. 

Kamu bisa membuat rapat yang mendadak, dijadwalkan untuk besok atau nanti bahkan untuk beberapa minggu ke depan. Dengan begitu kamu tidak akan lupa jadwal meeting bulanan.

Hanya tinggal membagikan link dan jangan lupa untuk mendaftarkan peserta sesuai alamat email. 

Cara Membuat Link Google Meet untuk Rapat Instan

Google Meet bukan hanya digunakan oleh para pekerja saja tetapi juga dalam dunia pendidikan.

Aplikasi gratis ini dimanfaatkan bagi tenaga pendidik untuk menciptakan ruang berkomunikasi dengan semua muridnya. 

Para mahasiswa juga bisa menggunakan Google Meet untuk mengadakan diskusi dengan teman kuliah. Nah cara buat link Google Meet yang pertama akan dijelaskan adalah ketika hendak melakukan rapat mendadak. 

Misalnya saja kamu mendapatkan tugas kuliah yang harus segera dikumpulkan esok hari. Atau ada permasalahan dengan klien yang menolak proposal.

Segera hubungi teman dan bagikan link Google Meet. Berikut ini langkah yang bisa diikuti.

 

  • Buka laptop dan login ke akun Google. Kamu bisa langsung masuk ke situs Google Meet dengan akun Google. 
  • Setelah masuk, pilihlah menu Rapat Baru yang ada pada halaman utama. 

  • Setelah itu pilih lagi menu Mulai Rapat Instan yang muncul. 

  • Maka kamu akan mendapatkan link yang bisa disalin. Cukup klik ikon copy yang tersedia pada link dalam box yang tersedia. 
  • Kamu juga bisa klik menu Bagikan Undangan jika mengakses menggunakan ponsel. 

Sampai di sini kamu hanya perlu menunggu semua teman klik link yang sudah dibagikan dan bergabung dalam ruang meeting. Mudah bukan. 

Cara Membuat Link Google Meet untuk Rapat Nanti 

Apabila kamu sedang merencanakan meeting untuk nanti malam atau besok pagi, maka ada cara lain yang bisa diikuti. Kamu tak harus membagikan link saat itu juga ketika hendak meeting. 

Google Meet memberikan fitur untuk memulai rapat besok atau nanti dengan waktu yang sudah terjadwal. Caranya pun juga mudah hampir mirip dengan cara membuat link Google Meet di laptop di atas hanya ada beberapa menu yang berbeda. 

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk membagikan link nya. 

  • Masuk ke situs Google Meet dan pastikan kamu sudah login ke akun Google yang dimiliki. Cek kembali akun yang kamu gunakan karena banyak sekali yang sering salah. 
  • Setelah itu kamu bisa pilih menu Rapat Baru kembali yang ada di halaman utama situs Google Meet. 
  • Nah pada bagian selanjutnya, kamu bisa memilih menu Buat rapat untuk nanti Klik menu tersebut. 

  • Kamu akan mendapatkan link yang bisa disalin. Klik ikon copy yang muncul atau langsung bagikan link dengan klik Bagikan undangan jika kamu membuka dengan smartphone. 

  • Setelah itu jika waktu rapat sudah tiba, kamu bisa masuk kembali ke Google Meet dan pilih menu Gabung Pakai Kode. 
  • Setelah klik kamu tinggal paste link yang tadi sudah didapatkan. Kemudian pilih menu gabung yang muncul sebanyak dua kali. 

Maka ruang meeting akan langsung terbuka dan kamu sudah bisa memulai rapat dengan teman lainnya.

Karena waktu meeting hanya kamu yang bisa menentukan sendiri, jangan lupa untuk saling mengingatkan agar tidak ada yang ketinggalan untuk ikut rapat. 

Baca Juga: 3 Cara Agar Kamera Laptop Jernih & HD Saat Meeting Online

Cara Membuat Link Google Meet untuk Rapat Terjadwal 

Inilah keunggulan dari Google Meet yang banyak disukai yaitu kamu bisa membuat waktu meeting yang terjadwal.

Jika pada cara kedua kamu hanya mendapatkan link tanpa mengatur jadwal, di sini kamu bisa mengandalkannya. 

Misalnya kamu akan mengadakan meeting harian setiap sore dengan rekan kerja.

Nah kamu bisa mengaturnya sekaligus menjadi pengingat untuk meeting. Bagaimana caranya? Mudah, kamu tinggal ikuti langkah berikut ini.

 

  • Masuk ke Google Meet kemudian pilih menu Rapat Baru. Setelah itu pilih menu Jadwalkan di Google Kalender. 

  • Setelahnya kamu bisa mengisi nama rapat dan simpan. 
  • Kamu perlu menentukan tanggal rapat setelahnya dan juga waktu dimulai dan berakhirnya rapat. 
  • Selanjutnya pilih menu untuk rutinitas rapat, apakah berulang, tidak berulang tergantung kebutuhan. 
  • Baru setelah itu kamu menambahkan peserta rapat berdasarkan nama email mereka. Kamu bisa menambahkan peserta, jadi cari tahu apa saja nama email mereka. 

  • Kamu juga bisa menambahkan pengingat beberapa waktu sebelum rapat dimulai. Terakhir pilih menu simpan. 

Nantinya pada saat waktu meeting tiba kamu akan mendapatkan pengingat di Google Kalender. Setelah itu tinggal masuk saja ke ruang rapat. 

Bagaimana, mudah bukan cara membuat link Google Meet. Semuanya sudah tersedia sesuai dengan kebutuhan dan Sahabat Tedas.id tinggal menggunakannya saja, semoga bermanfaat.

Yuliarti Swan
Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *