Ini Cara Membuat Kuesioner di Google Form, Lebih Praktis 

Artikel terakhir diperbaharui 09-06-2021 oleh Aldy Amrillah

Cara Membuat Kuesioner di Google Form – Sedang melakukan survei? Bak itu survei untuk skripsi atau survei kepuasan pelanggan? Kini untuk membuat survei kamu tak perlu lagi merasakan kesulitan. 

Pasalnya kamu bisa memanfaatkan Google form untuk membuat kuesioner dalam bentuk digital. Mengapa Google form? Karena melalui program ini hasil jawaban yang diberikan akan langsung tertata rapi. 

Ditambah lagi cara membuat kuesioner di Google form tidak terlalu sulit. Kamu hanya perlu mempersiapkan pertanyaannya saja. Bagaimana cara lengkapnya bisa kamu ikuti berikut ini. 

Apa Itu Kuesioner Online?

Kuesioner online hadir untuk menggantikan kuesioner konvensional yang masih menggunakan kertas. Mudahnya kertas kuisioner rusak dan sulit untuk didata dengan cepat menjadi alasan mengapa banyak orang beralih ke kuisioner online. 

Adanya kuesioner online ini mampu menjangkau responden yang lokasinya sulit dijangkau. Kuesioner bisa dikirim menggunakan tautan ke email atau aplikasi chat sesuai dengan yang dimiliki oleh responden. 

Hal inilah yang akhirnya menciptakan Google form yang jadi salah satu produk dari Google. Kreatifitas dari Google ini sangat praktis dan mendukung segala kebutuhan. Pengelolaan hasil yang mudah dan data bisa diubah dengan cepat menjadi diagram. 

Apalagi ditambah dengan proses pembuatan yang sangat mudah. Hanya perlu memberikan judul kuesioner dan memasukkan pertanyaan-pertanyaan saja. Selama sudah menyiapkan materi baik itu pertanyaan dalam bentuk teks dan gambar semua bisa langsung diolah. 

Panduan Lengkap Cara Membuat Kuesioner di Google Form

Memanfaatkan Google form akan membantu kamu mempersingkat waktu dalam membagikan kuesioner, mengolah jawaban tanpa harus mendata satu per satu. Artinya kamu tidak perlu lagi kerepotan menempatkan hasil jawaban. 

Jika kamu ingin membuat grafik dari hasil jawaban bisa langsung dilakukan karena hasilnya akan otomatis terakumulasi. Kuesioner juga bisa dibagikan langsung melalui email atau aplikasi chat. 

Orang lain pun tinggal mengisi jawaban melalui smartphone, laptop atau tab mereka tanpa harus menulis secara manual di atas kertas. Banyak sekali keuntungan yang didapatkan dari Google form, jadi tak heran jika semuanya kini memanfaatkan program ini. 

 Untuk cara membuat kuesioner di Google form sendiri yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut:

Cara Masuk ke Halaman Google Form

Cara membuat kuesioner di google form pertama yang harus dilakukan adalah membuka halaman Google form. Halaman ini bisa dibuka jika kamu sudah memiliki akun Google. Jika kamu belum memiliki akun Google sebaiknya buat terlebih dahulu. 

Apabila sudah memiliki akun Google, kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini.  

  1. Masuk ke halaman docs.google.com/forms.
    tutorial ara membuat kuesioner di google form
  2. Kemudian akan muncul untuk memasukan email dan password. Kamu bisa mengisinya sesuai dengan email sesuai dengan akun Google yang sudah dibuat.
  3. Apabila kamu lupa dengan kata sandi bisa klik Lupa Sandi.  

Apabila kamu sudah berhasil login, maka akan muncul halaman utama Google form yang bentuknya formulir dan harus diisi. 

Selain langsung masuk ke link tersebut, kamu yang sering menggunakan Google Drive juga bisa mengaksesnya dari sana. Pertama masuk ke GDrive menggunakan akun Google. Kemudian klik ikon Plus dan pilih Google form. 

Kamu akan langsung diarahkan ke Google form tanpa harus mendaftar menggunakan email dan password lagi. 

Cara Membuat Formulir Kuesioner Baru

Langkah cara membuat kuesioner di Google form yang selanjutnya adalah untuk membuat halaman kerja baru. Sama seperti program Google lainnya, kamu harus membuat lembar kerja baru untuk bisa membuat kuisioner. 

Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan sebagai berikut ini. 

 

  1. Pilih template yang muncul pada halaman awal. Ada beberapa pilihan template yang sesuai dengan kebutuhan seperti undangan peserta, informasi kontak dan lainnya.
  2. Kamu bisa memilih yang paling cocok dengan jenis kuesioner yang hendak dibuat.
  3. Apabila kamu masih belum memiliki gambaran akan desain dan contoh pertanyaannya, kamu bisa juga pilih menu dengan ikon tanda Plus di bagian paling depan. Formulir ini adalah contoh kosong yang bisa kamu buat sesuai kebutuhan khusus.

  4. Jika memilih formulir kosong kamu akan melihat daftar yang benar-benar kosong dan harus mengisi judul serta deskripsi atau tujuan kuesioner secara manual. Kamu bisa menambahkan berapapun banyaknya pertanyaan. 

Pada tahapan ini akan lebih baik jika kamu memilih formulir kosong. Karena akan lebih leluasa untuk membuat isian dari kuesioner tidak menggunakan template yang sudah jadi. Kemudian baru dilanjutkan dengan mengisi pertanyaan pada kuesioner. 

Cara Mengisi Formulir Kuesioner 

Cara membuat kuesioner di google form selanjutnya adalah dengan mengisi formulir yang telah dibuat. Supaya tidak bingung kamu bisa melihat contoh kuesioner Google form yang didapatkan secara online. Dengan begitu akan lebih mudah untuk mengisinya. 

Ada beberapa tahapan yang bisa kamu ikuti secara berurutan agar informasi yang disampaikan dalam kuesioner tidak salah. Berikut ini tata cara pengisiannya. 

  • Mengisi Judul

Semua kuesioner selalu diawali dengan judul. Karena dengan begitu orang akan tahu mereka harus mengisi tentang apa pada formulir tersebut. Berikan judul yang mudah untuk dipahami.

Misalnya judul Formulir Kepuasan Pelanggan, pastikan judul ini dibuat dengan singkat. Selain itu pada bagian bawah judul juga diperlukan penjelasan singkat. Deskripsi ini dibuat untuk menjelaskan tujuan dari pengisian. 

  • Mengisi Pertanyaan

Usai membuat judul, kamu bisa beralih dalam pembuatan pertanyaan. Pada bagian bawah judul dan deskripsi akan terlihat jenis pertanyaan yang bisa diisi. Kamu bisa memilih juga format jawaban pilihan ganda atau esai.
Untuk pertanyaan pertama, akan lebih baik untuk menanyakan soal identitas dari pengisi jawaban. Baik itu nama lengkap atau inisial juga boleh dan sesuaikan dengan kebutuhan. 

Jika pertanyaan tersebut wajib diisi, kamu bisa mengaktifkan menu wajib diisi yang terdapat pada bagian bawah format pertanyaan. 

Baru setelahnya kamu bisa menambah pertanyaan dengan menekan ikon plus yang ada di sebelah kanan form. Maka otomatis akan keluar lagi pertanyaan tambahan yang bisa diikuti berikutnya. 

Khusus untuk pengisian nomor telepon, Google form menyediakan fitur validasi data. Supaya tidak ada kesalahan input oleh responden nantinya. Biasanya yang salah adalah angka 0 (nol) dan O. 

Caranya, ketik Nomor Telepon pada pertanyaan, kemudian pilih jawaban singkat. dan pada bagian bawahnya kamu bisa menuliskan Hanya bisa diisi dengan angka. Maka pertanyaan sudah mengenai nomor telepon sudah selesai dibuat. 

Selanjutnya adalah memanfaatkan fitur gambar. Jika pertanyaan kamu mengharuskan tersedianya gambar, maka bisa dengan klik ikon gambar di bawah format pertanyaan. Kemudian kamu tinggal pilih saja gambar yang hendak di upload dari komputer. 

Jangan lupa agar ukuran gambar ini tepat kamu perlu menyesuaikannya terlebih dahulu agar hasilnya rapi. Nah sampai di sini kamu bisa menambahkan pertanyaan sebanyak yang dibutuhkan. 

Cara Mengirimkan Kuesioner Google Form

Usai membuat pertanyaan, kamu bisa melanjutkan dengan mengirimkan kuesioner ini. Bagaimana caranya? Kamu bisa memanfaatkan akses tautan yaitu Google form yang sudah dibuat akan dikirimkan menggunakan link. 

Bentuknya sama ketika kamu hendak membagikan tautan file dari Google Drive. Caranya adalah sebagai berikut ini. 

  1. Klik menu Kirim yang berbentuk tanda panah pada bagian atas formulir.
  2. Maka akan muncul menu kirim formulir, di sini kamu bisa langsung mengirimkan dengan mengisi nama email saja. Jangan lupa untuk menambahkan pesan jika diperlukan.
  3. Tapi jika ternyata kamu ingin membagikan formulir ke banyak orang yang tidak tahu alamat emailnya bisa menggunakan menu tautan. Kamu bisa klik ikon tautan tersebut. 
  4. Setelah itu centang kolom perpendek URL, kemudian klik salin. Jika kamu masih merasa URL terlalu panjang bisa juga memanfaatkan bit.ly untuk memperpendeknya. 

Selesai klik salin, kamu bisa langsung membagikan link URL Google form yang telah dibuat tersebut. Dengan begitu ada banyak yang bisa langsung mengisinya dan kamu hanya perlu membuka hasil datanya saja. Praktis bukan. 

Cara Melihat Respon dari Kuesioner

Apabila kamu sudah berhasil membagikan kuesioner dan sebagian besar telah diisi, maka dilanjutkan dengan cara untuk melihat hasilnya. Hasil respon ini akan langsung masuk di Google form dan bisa diakses dengan mudah. Caranya adalah sebagai berikut ini. 

  1. Masuk ke Google Form kemudian pilih menu response. Maka yang muncul adalah bentuk grafik dari daftar jawaban semua kuesioner yang telah diisi. 
  2. Kemudian supaya bisa menganalisis secara terperinci kamu juga bisa menghubungkannya ke Google sheets. Cukup dengan klik ikon Sheets yang warnanya hijau pada tab response. 
  3. Maka akan muncul halaman baru berupa Google sheet yang sudah terisi dengan jawaban lengkap dari responden. 

Untungnya lagi, jawaban yang muncul ini sudah ditata dengan rapi jadi kamu akan mudah menemukan jawaban yang diinginkan. Apabila terdapat jawaban baru dari responden maka akan otomatis masuk ke Google Spreadsheet. 

Hasil dari responden tersebut juga bisa kamu bagikan dengan orang lain. Jadi baik itu kuesioner dan hasilnya bisa dibagikan dengan rekan kerja, atasan atau siapapun yang membutuhkannya. 

Mengenal Fitur-Fitur pada Google Form

Demi membantu cara membuat kuesioner di Google form dengan lebih mudah, kamu juga perlu tahu fitur apa saja yang tersedia di dalamnya. Jika mengikuti beberapa langkah di atas, kamu baru bisa membuat kuesioner secara umum. 

Masih banyak fitur tersembunyi yang semakin mempermudah kamu membuat segala jenis pertanyaan. Jika kamu mengamati tampilan dari Google form, ada banyak ikon yang merupakan fitur dan bisa dipahami. Berikut ini penjelasan dari fitur-fitur tersebut. 

  • Ikon mata

Ikon ini terdapat pada bagian pojok kanan atas formulir. Tujuannya adalah sebagai preview dari kuesioner yang sudah kamu buat. Misalnya kamu sudah selesai membuat kuesioner, sebelum dikirimkan akan lebih baik kamu klik ikon mata ini. 

Maka kamu akan melihat tampilan kuesioner dari pandangan responden yang akan mengisinya nanti. Jadi kamu bisa tahu apakah pertanyaan yang kamu ajukan akan dipahami oleh responden nantinya. 

Begitu juga dengan kelengkapan gambar dan kemudahan responden untuk menjawab. Kamu bisa merevisi ulang jika masih ada kekurangan pada formulir sebelum dikirim ke responden. 

  • Ikon Palet

Di sebelah ikon mata, kamu akan menemukan ikon palet. Jika kamu klik ikon ini maka akan ada berbagai macam tema formulir yang muncul. Baik itu tema gratis dan tema berbayar semua tersedia. 

Apabila kamu ingin menambahkan tema pada formulir agar semakin menarik bisa klik ikon palet. Kemudian pilih saja tema yang sesuai. 

  • Ikon Gerigi

Pada ikon ini kamu bisa melakukan setelan lebih lanjut yang berkaitan dengan formulir. Setelah diklik maka akan muncul pengaturan umum, presentasi dan juga kuis. Kamu bisa menjadikan formulir ini sebagai kuis dengan mengaktifkan menu kuis. 

Jika klik pengaturan umum kamu bisa mengatur untuk mengumpulkan alamat email, kemudian pembatasan jumlah jawaban, dan apa saja yang bisa dilakukan responden. Terakhir adalah menu pengaturan dari tampilan kuesioner. 

  • Menu Kirim

Pada menu kirim kamu bisa langsung mengirimkan kuesioner yang sudah dibuat langsung ke email dari responden. Bisa juga untuk mengcopy tautan atau url dari formulir tersebut baru kemudian membagikannya. 

Melalui menu ini juga kamu bisa menambahkan subjek pesan sesuai dengan tujuan dari formulir. Sehingga responden tahu betul apa yang dikirimkan. Kamu juga bisa mengirimkannya langsung melalui media sosial seperti Twitter dan Facebook. 

  • Menu Tiga Titik

Terakhir adalah menu tiga titik yang ada di bagian pojok kanan atas. Menu ini akan membuat kamu masuk ke pengaturan lebih lanjut mengenai formulir yang akan dibuat. Kamu bisa membuat salinan, memindahkan ke folder tertentu, atau menghapusnya. 

Kamu juga bisa langsung mencetak formulir dengan klik cetak. Sebelumnya pastikan terlebih dahulu jika komputer terhubung pada printer. Di sana kamu bisa mengatur ulang tampilan kuesioner. 

Terakhir kamu juga bisa menambahkan kolaborator. Jadi jika proyek yang sedang dikerjakan bukanlah proyek individu, kamu bisa klik tambahkan kolaborator. Kemudian isi dengan nama email kolabolatormu. 

Maka mereka bisa ikuti melihat sekaligus mengedit Google form sesuai dengan kebutuhan. 

Sangat mudah bukan cara membuat kuesioner di Google form. Bahkan fitur-fiturnya dibuat sesederhana mungkin sehingga kamu yang baru pertama kali menggunakan tidak kebingungan. 

Sampai di sini Sahabat Tedas.id pasti sudah tidak kebingungan lagi untuk membuat Google form. Karena semuanya bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Hasilnya pun akurat sesuai dengan yang diisi oleh responden. 

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *