cara membuat instagram bisnis
Tutorial

Cara Membuat Instagram Bisnis dan Cara Memaksimalkannya

Artikel terakhir diperbaharui 24-03-2021 oleh Aldy Amrillah

Cara Membuat Instagram Bisnis – Fitur Instagram Bisnis diciptakan untuk membantu bisnis anda agar bisa lebih mudah menjangkau target audiens dan mempromosikan produk atau jasa yang anda jual.

Pelaku bisnis harus tetap memperhatikan perkembangan teknologi salah satunya media sosial. Sudah hampir semua kalangan masyarakat di era digital ini menggunakan sosial media.

Sehingga, sebagai pelaku bisnis, anda harus bisa mengikuti tren yang ada di hari ini agar bisnis anda tetap berkembang dan bisa menjangkau tujuan market anda.

Mengenal Instagram Bisnis

Salah satu cara agar bisnis anda berkembang di tengah masa digital adalah dengan membuat akun media sosial.

Namun bukan hanya membuat akun, di Instagram anda bisa mengaturnya menjadi profil akun Instagram Bisnis sehingga anda bisa melihat perkembangan detail akun anda.

Sehingga bagi anda yang memiliki bisnis, anda wajib mengetahui cara membuat toko di instagram agar membantu toko anda terus berkembang.

Cara membuat Instagram bisnis sebenarnya cukup mudah, pada artikel ini akan dibahas step by step bagaimana cara membuat akun Instagram bisnis.

Fitur Instagram Bisnis

Sebelum membahas cara buat Instagram bisnis, anda harus mengetahui terlebih dahulu fitur-fitur utama pada Instagram Bisnis yang nantinya bisa anda manfaatkan, diantaranya:

1. Fitur Content Insight

Dengan fitur content insight, anda bisa melihat dan memonitor aktivitas dan orang-orang yang terlibat dalam postingan yang anda buat.

Fitur ini dapat membantu anda untuk melihat dan mengetahui konten mana yang bisa menjangkau banyak audience. Selain itu, anda bisa mengetahui apa alasan konten tersebut sukses disukai banyak audience.

2. Fitur Audience Insight

Fitur audience insight dapat membantu anda melihat dan memantau demografi orang atau followers yang melihat setiap konten postingan anda di feed maupun di Instagram story.

Fitur audience insight dapat membantu anda melihat data audience yang tertarik dengan konten anda mulai dari usia, jenis kelamin, dan lokasi si audience.

Dengan fitur ini, anda bisa melihat dan mengatur waktu yang tepat untuk memposting konten dan juga merencanakan pembuatan konten sesuai dengan target audience anda yang pastinya harus menarik.

3. Fitur Activity Insight

Selanjutnya, fitur activity insight dapat membantu anda melihat dan mengetahui berapa jumlah action yang dilakukan oleh audience terhadap tautan yang anda cantumkan pada postingan.

Seperti mengetahui jumlah kunjungan profile, klik panggilan, email, atau kontak yang anda cantumkan, serta aktivitas-aktivitas lain seperti share dan save.

Jadi, dengan fitur ini, anda bisa menganalisis berapa banyak audience yang sudah berhasil dijangkau oleh akun Instagram anda.

Cara Membuat Instagram Bisnis

Setelah mengetahui fitur-fitur yang khusus ada pada Instagram bisnis, anda bisa mengetahui bahwa Instagram bisnis memang didesain untuk membantu para pelaku bisnis mempromosikan produk atau jasanya.

Selanjutnya, kita akan membahas bagaimana cara membuat Instagram bisnis. Cara buat instagram bisnis sangat mudah dan bisa anda lakukan sendiri.

Anda tinggal mengikuti langkah atau cara membuat akun Instagram bisnis di bawah ini:

1. Masuk ke Akun Instagram

Cara membuat Instagram bisnis yang pertama pastinya adalah dengan log in ke akun instagram anda. Apabila anda belum memiliki akun Instagram, anda harus membuatnya terlebih dahulu.

Apabila sudah memiliki akun Instagram, anda tinggal mengetik username dan password lalu klik log in.

2. Masuk Pada Profil Instagram

Setelah berhasil log in, cara membuat instagram bisnis selanjutnya adalah mengunjungi profil akun instagram anda.

Kemudian klik setting atau pengaturan di pojok kanan atas profil Instagram lalu klik account.
cara membuat akun instagram bisnis

3. Ubah Menjadi Akun Bisnis

Cara membuat Instagram bisnis selanjutnya yaitu mengubah akun Instagram anda menjadi akun Instagram Bisnis. Klik pilihan atau opsi Switch to business account atau switch to profesional account.
cara buat instagram bisnis

4. Pilih Jenis Bisnis

Cara membuat instagram bisnis selanjutnya adalah memilih jenis usaha bisnis yang anda jalani. Ada beberapa pilihan yang bisa anda pilih seperti Personal Blog, Product/Service, Local Business, dan masih banyak lagi.

Anda tinggal memilih pilihan jenis bisnis yang paling sesuai dengan produk atau jasa yang akan anda jual melalui akun Instagram. Aktifkan display on Profile agar kategori muncul di profil Instagram Bisnis.

5. Konfirmasi Alamat Email dan Nomor Telepon

Setelah itu, anda akan diminta untuk mengonfirmasi alamat email dan nomor telepon anda untuk mengaktifkan Instagram bisnis.

Hal ini akan membantu anda dan calon pembeli untuk menghubungi toko serta melakukan aktivitas transaksi.

6. Sambungkan ke Laman Facebook

Cara membuat Instagram bisnis terakhir setelah langkah di atas, anda akan diminta untuk menyambungkan akun Instagram dengan Facebook.

Jika anda tidak memiliki akun Facebook, maka anda tinggal klik opsi don’t connect to Facebook.

Setelah mengikuti langkah dan cara membuat Instagram bisnis seperti yang sudah dijelaskan di atas, akun Instagram bisnis anda sudah siap untuk digunakan.

Manfaatkan fitur-fitur Instagram seperti Instagram Story dan Instagram TV untuk membuat konten yang menarik audience.

Selanjutnya, manfaatkan fitur Instagram Ads yang berguna untuk meningkatkan brand exposure dan traffic website. Fitur Instagram Ads akan membantu anda untuk meraih jaringan audience yang lebih luas sesuai dengan target yang sudah dispesifikasikan.

Cara Menarik Audience Pada Akun Instagram Bisnis

Setelah mengetahui cara membuat instagram bisnis, saatnya anda mengatur bagaimana caranya menarik perhatian audience untuk meningkatkan popularitas akun Instagram bisnis anda.

Ada beberapa tips untuk anda yang baru memulai akun Instagram Bisnis untuk membantu perkembangan akun anda, diantaranya:

  1. Optimalkan profil akun Instagram bisnis. Jangan lupa untuk sertakan foto profil yang relevan dengan brand (logo atau foto), bio yang bagus berisi deskripsi dan kontak secara singkat dan lengkap, serta cantumkan link seperti link kontak WhatsApp atau link menuju website.
  2. Manfaatkan Instagram Ads dan Story Ads untuk menjangkau target audience yang lebih luas.
  3. Aktif mempromosikan produk di Feed maupun Instagram Story. Anda bisa juga melampirkan link produk atau kontak.
  4. Merapikan Feed Instagram anda. Selain menjual dan mempromosikan produk anda, buatlah konten yang kreatif dan berkaitan dengan produk yang akan menarik perhatian pelanggan anda.
  5. Membuat caption pada postingan produk dengan singkat, jelas, dan detail. Bila anda mempromosikan barang, maka cantumkan bahan yang digunakan, ukuran, serta harga. Jangan lupa untuk aktif membalas komentar audience agar membangun koneksi lebih akrab.
  6. Bangun mitra dengan influencer Instagram (selebgram) dengan endorsement. Jangan lupa untuk menganalisis terlebih dahulu selebgram yang akan anda endorse agar sesuai dengan sasaran target audience.
  7. Gunakan hashtag pada postingan Instagram. Cantumkan hastag yang tepat dan sesuai dengan demografis target anda. Anda bisa melihat hashtag yang digunakan oleh influencer di niche anda.

Itulah cara membuat instagram bisnis yang dapat anda lakukan sendiri melalui smartphone anda. Untuk meraih banyak audience, disarankan anda juga harus belajar mengenai strategi marketing media sosial.

Dengan mengetahui teknik digital marketing yang baik dan benar, anda bisa meraih keuntungan yang lebih besar lagi. Selamat mencoba.

 

Fina Fauziyah
Nama saya Fina. Pecinta drama korea genre drama misteri, law, dan politik. Tidak bercita-cita menjadi politikus, hanya mahasiswa tingkat akhir yang sedang mencari talenta.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *