Bagaimana Cara Membuat Halaman Di Word? Simak Berikut Ini

Cara Mmebuat Halaman di Word – Microsoft Word merupakan salah satu jenis software yang penting untuk berbagai kepentingan, baik kepentingan kantor maupun sekolah. Salah satu hal yang harus dipahami dari software multifungsi ini adalah cara membuat halaman di Word.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk membuat halaman di Microsoft Word. Cara ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna dalam membuat halaman. Lalu apa saja cara yang bisa diterapkan untuk bisa membuat halaman di Word? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Cara Membuat Nomor Halaman Di Word

Hal pertama yang perlu dipahami oleh pengguna Microsoft adalah cara membuat nomor halaman dalam software ini. Cara membuat halaman di Word disertai dengan nomor sebenarnya cukup mudah, sebab sudah disediakan menunya.

Bagi para pemula yang belum memahami fungsi secara garis besar dari setiap menu di Word, sebaiknya mempelajarinya terlebih dahulu diawali dengan membuat nomor halaman. Berikut ini adalah tahapan yang harus dilakukan saat akan membuat nomor halaman di Word.

  • Pilih Menu Insert

Fungsi dari menu bar insert pada Microsoft Word sendiri adalah untuk menambahkan komponen tertentu pada dokumen. Pada saat akan membuat nomor halaman di Word, awali dengan mengklik menu bar insert terlebih dahulu.

  • Klik Page Number

cara memberi halaman pada word

Sub menu page number yang ada pada bar insert berguna untuk menambahkan nomor halaman pada file yang sedang dibuka. Klik satu kali pada menu page number untuk melanjutkan tahap selanjutnya dalam pembuatan nomor halaman pada dokumen di Microsoft Word.

  • Atur Letak Nomor Halaman

cara buat halaman di word

Tahapan terakhir yang perlu dilakukan untuk membuat nomor halaman di Microsoft Word adalah mengatur tata letaknya. Setelah Anda melakukan klik pada sub menu page number, maka akan muncul berbagai pilihan tata letak nomor halaman yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan.

Pilihan tata letak halaman antara lain adalah berada di header atau bagian atas dokumen. Di samping itu, ada juga pilihan letak nomor halaman di footer atau bagian bawah dokumen. Ada juga pilihan peletakan nomor halaman pada bagian tengah dokumen, baik di atas maupun bawah.

Cara Membagi Section Halaman

Cara membuat hal di Word berikutnya yang perlu diketahui adalah tahapan untuk membagi section halaman. Pengertian dari section halaman sendiri adalah bagian halaman yang terpisah untuk memberi batasan pada pembahasan tertentu.

Pembagian section halaman dalam satu dokumen Word ini sangat dibutuhkan, terutama untuk pengerjaan tugas akhir atau skripsi. Tahapan yang perlu dilakukan untuk bisa membuat section halaman di Word cukup mudah, yaitu dengan cara sebagai berikut dibawah ini.

  • Letakkan Kursor Ketik Di Kata Terakhir Di Halaman 1

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk bisa membagi section halaman di Word adalah menempatkan kursor ketik di kata terakhir halaman pertama. Selanjutnya klik 2 kali pada kursor panah, hingga menjadi ketik.

Perhatikan hal ini dengan seksama dan pastikan bahwa kursor ketik benar-benar berada pada kata terakhir di halaman pertama. Sebab, apabila kursor ketik salah ditempatkan, maka pembuatan section halaman di Microsoft akan berubah menjadi berantakan.

  • Pilih Menu Page Layout

Menu bawaan dari software Microsoft yang akan membantu pembuatan section halaman adalah Page Layout. Fungsi utama dari menu Page Layout adalah untuk mengatur tata letak segala komponen dalam dokumen di Microsoft Word, termasuk penataan section halaman.

  • Pilih Breaks

cara buat hal di word

Tahap terakhir yang perlu dilakukan adalah mengklik pada sub menu Breaks yang ada pada Page Layout. Fungsi menu Breaks dalam Microsoft Word ini sendiri adalah mengatur tata letak halaman yang ada pada satu dokumen.

Menu yang dipilih dalam Breaks untuk mengatur section halaman pada dokumen adalah Next Page. Klik pilihan menu Next Page, maka akan secara otomatis muncul section menu halaman baru dalam dokumen Microsoft Word.

Cara Membuat Halaman Berbeda Format Dalam Satu File Word

Format cara membuat halaman berbeda di Word terlihat cukup rumit. Namun, sebenarnya cara untuk bisa membuat halaman dengan format berbeda dalam satu dokumen Word cukup mudah.

Hal terpenting yang dilakukan pertama kali adalah memahami setiap tools yang ada pada Microsoft Word.

membuat nomor halaman di word

Halaman dengan format yang berbeda dalam satu file Microsoft Word biasanya diterapkan untuk penyusunan skripsi maupun tugas akhir. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk membuat format nomor halaman berbeda dalam satu dokumen Word dengan cara cukup mudah.

  • Membagi Section Halaman

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum membuat nomor halaman dengan format yang berbeda adalah membagi section terlebih dahulu. Pembagian section halaman ini bertujuan untuk pemisahan agar bisa lebih mudah melakukan pemisahan format dalam penomoran.

  • Menonaktifkan Link To Previous

cara buat halaman berbeda di word

Link to previous yang aktif berfungsi untuk membuat penataan nomor akan berlaku untuk halaman-halaman selanjutnya. Untuk membuat halaman dengan format berbeda dalam satu file, maka link to previous ini harus dimatikan terlebih dahulu.

Lupa menonaktifkan link to previous akan membuat Anda tidak dapat mengedit halaman berikutnya dengan format berbeda. Hasilnya adalah penomoran pada dokumen Microsoft Word akan monoton dan sulit diubah.

  • Klik Insert

cara beri halaman pada word

Langkah berikutnya dalam membuat nomor halaman dengan format berbeda di Word adalah dengan melakukan klik pada menu Insert. Selanjutnya klik pada pilihan menu Page Number sama seperti saat membuat halaman di Word pada umumnya.

Pilih jenis tata letak halaman bottom of page untuk memudahkan pengeditan. Selanjutnya, pilih plain number 2 agar pengeditan format halaman lebih mudah. Pilihan tata letak ini biasanya paling banyak digunakan untuk menyelesaikan dokumen penting.

  • Pilih Sub Menu Edit Footer

membuat halaman di word

Cara membuat halaman berbeda di Word yang berikutnya adalah dilakukan dengan mengedit footer pada halaman A. Klik pada menu page number untuk selanjutnya mengubah format nomor halaman. Ganti format nomor halaman yang semula angka menjadi bentuk lain, yaitu romawi.

  • Letakkan Kursor Ketik Pada Bagian Terakhir Halaman satu

Tahapan berikutnya adalah letakkan kursor ketik tepat pada kata terakhir di halaman satu. Cara ini sama dengan peletakkan kursor ketik saat akan membuat section halaman. Klik pada menu page layout, pilih breaks dan selanjutnya next page.

Langkah pembuatan nomor halaman pada tahap ini sama seperti yang terjadi saat melakukan pengaturan section. Apabila langkah tersebut sudah selesai dilakukan, maka secara otomatis halaman 1 dan berikutnya akan mempunyai format berbeda.

  • Klik Edit Footer

membuat hal di word

Proses terakhir yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan pembuatan halaman dengan format berbeda adalah mengedit footer. Matikan link to previous pada halaman yang sebelumnya sudah dipisahkan agar formatnya berbeda.

  • Menentukan Format Nomor Halaman

membuat halaman berbeda di word

Cara untuk membuat format nomor halaman pada tahap ini sama seperti pada umumnya, yaitu melalui fitur page number. Selanjutnya, klik menu format page number dan pilih jenis penomoran halaman menggunakan angka. Untuk memulai nomor halaman dari 1 klik start nomor halaman.

Mengenal Menu Microsoft Word Terkait Pembuatan Halaman

Cara membuat hal di Word sebenarnya cukup mudah, asalkan pengguna software memahami kegunaan setiap menunya. Microsoft Word menyediakan berbagai pilihan menu yang tergolong lengkap, sehingga bisa digunakan dengan mudah untuk mengedit nomor halaman.

Ada 3 menu utama yang harus dipahami oleh pengguna Microsoft Word untuk pembuatan nomor halaman. Setiap menunya mempunyai fungsi dan spesifikasi berbeda untuk keperluan pemberian nomor halaman. Berikut dibawah ini adalah penjelasan terkait fungsi dari 3 menu di Word tersebut.

  • Menu Insert

Fitur pada menu Insert yang mendukung dalam pembuatan nomor halaman Page Number. Pengaplikasianya cukup mudah, yaitu klik fitur Page Number pada menu Insert di Microsoft Word. Selanjutnya, tinggal pilih jenis penataan nomor halaman desain tersebut sesuai dengan keinginan.

  • Menu Page Layout

Menu Page Layout sangat berguna untuk membagi section halaman pada satu file Microsoft Word. Page Layout ini juga akan mengatur penataan file dokumen yang ada pada Microsoft Word. Penataan ini meliputi margin dan orientasi.

  • Pengeditan Header Dan Footer

Pengeditan Header Footer bertujuan untuk mengatur batas atas dan bawah setiap halaman yang ada di Word. Cara untuk mengedit header dan footer cukup mudah, yaitu klik kanan dua kali pada bagian atas atau bawah halaman pada Microsoft Word

Cara Menentukan Format Nomor Halaman, Size, Dan Font

Tahapan cara memberi halaman pada Word tergolong cukup mudah. Setiap dokumen di Word dapat diedit dengan dilengkapi dengan penomoran, font, dan size pada siap nomor halaman. Pengeditan ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan penomoran yang sebelumnya sudah dirancang.

Proses pengeditan font dan size pada penomoran halaman di dokumen Microsoft Word terbilang cukup singkat. Berikut adalah cara yang harus dilakukan untuk mengedit size dan font dalam penomoran dokumen menggunakan Microsoft Word.

  • Edit Header Dan Footer

memberi halaman pada word

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam menentukan format size dan font pada penomoran halaman adalah dengan mengedit header dan footer terlebih dahulu. Pengeditan ini berfungsi untuk menentukan batasan bagian atas dan bawah pada setiap halaman di dokumen.

  • Atur Jenis Dan Ukuran Font

Tahapan berikutnya adalah langsung mengatur jenis font pada penomoran halaman. Caranya adalah blok pada nomor halaman yang ada di header atau footer, lalu ganti fontnya sesuai keinginan. Penggantian font pada nomor halaman sama seperti saat mengedit dokumen Word pada umumnya.

bagaimana cara membuat halaman di word

Langkah berikutnya yaitu mengganti ukuran font penomoran halaman dengan cara yang sama, melalui header atau footer. Usahakan pemilihan ukuran font nomor halaman tidak terlalu besar, agar tidak memakan tempat terlalu banyak.

Membuat Letak Nomor Halaman Pertama Berbeda Dengan Halaman Berikutnya

Nomor halaman pertama dan selanjutnya sering kali ingin dibuat berbeda agar memisahkan bagian tertentu. Namun tidak jarang banyak yang bingung mengenai bagaimana cara memberi nomor halaman berbeda pada halaman berikutnya dengan Microsoft Word.

Pemisahan format nomor halaman awal dengan setelahnya ini biasanya dilakukan untuk membagi bab. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk membedakan nomor halaman berikutnya pada Microsoft Word.

  • Klik Insert

Langkah pertama yaitu Anda harus membuka menu insert pada Microsoft Word terlebih dahulu. Cara ini sama dengan ketika akan membuat nomor halaman biasa, yaitu klik pada bottom of page. Selanjutnya, klik pilihan plan 2 number untuk menentukan peletakan nomor halaman.

  • Klik Different First Page

bagaimana cara membuat hal di word

Klik centang pada different first page agar bisa membuat penomoran berbeda di halaman selanjutnya. Different first page ini untuk menandai bahwa format penomoran di halaman berikutnya bisa diubah dan tidak harus mengikuti halaman yang pertama.

  • Edit Header Atau Footer Halaman Berikutnya

Pengeditan header berfungsi jika penomoran halaman berada di bagian atas setiap lembar dokumen. Sementara pengeditan footer berfungsi jika nomor halaman berada di bagian bawah setiap lembar dokumen.

bagaimana cara membuat halaman berbeda di word

Proses pengeditan header atau footer ini guna menyesuaikan penomoran halaman berikutnya yang berbeda dari halaman awal. Penyesuaian secara manual ini memudahkan pengguna Microsoft Word untuk lebih mengelola penomoran halaman berikutnya.

  • Tekan Page Number

bagaimana cara memberi halaman pada word

Cara memberi halaman pada Word menggunakan format berbeda dengan sebelumnya adalah dengan memanfaatkan Page Layout. Klik pada Page Layout dan selanjutnya pilih top of page untuk peletakan nomor halaman di bagian atas halaman dan tepat berada di tengah.

Sudah paham bukan terkait cara pemberian halaman pada dokumen menggunakan Microsoft Word? Hal terpenting yang harus dipahami sebelum melakukan penggantian nomor halaman menggunakan Microsoft Word adalah memahami fungsi dari setiap menu yang ada di software tersebut.

Setiamah Setya

Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *