Tutorial

Mudah dan Praktis, Ini Cara Membuat Grafik di Excel dengan Rapi

Cara Membuat Grafik Excel – Cukup sulit untuk membaca data yang dipresentasikan dari excel.

Banyaknya data membuat tampilannya kurang menarik untuk dipresentasikan. Oleh karena itu, pembuatan grafik akan memudahkan siapa saja untuk membaca data dengan benar.

Grafik juga bisa dibuat dari data yang berasal dari excel. Visualisasi grafik membuat tampilannya lebih menarik dan cukup menjadi tren.

Bagi kamu yang bekerja dengan excel harus tahu bagaimana cara membuat grafik di excel.

Caranya tidak sulit dan cenderung sangat mudah. Kamu bisa membuatnya dalam waktu yang lebih singkat, hasilnya pun rapi.

Mengenal Jenis-Jenis Grafik

Grafik merupakan salah satu diagram yang bisa digunakan untuk memaparkan data atau statistik. Grafik termasuk dalam chart yang juga digunakan untuk memaparkan sebuah chart. Baik mahasiswa yang sedang membuat laporan atau karyawan membuat grafik sangatlah penting.

Sebelum mempelajari cara buat grafik di excel, kenali dulu apa saja jenis-jenisnya. Ada beberapa jenis grafik di excel yang bisa dipilih sebagai berikut :

1. Grafik garis

Jenis yang paling sering digunakan adalah grafik garis atau line chart. Grafik ini digunakan untuk menyajikan data yang berkelanjutan. Sangat tepat jika kamu ingin menampilkan data yang berupa sebuah tren.

2. Grafik kolom

Disebut juga sebagai column chart yang digunakan untuk membandingkan data yang bisa memperlihatkan terjadinya sebuah perubahan dalam waktu tertentu.

3. Grafik lingkaran

Sebuah chart yang berbentuk lingkaran, disebut juga dengan pie chart. Jenis grafik ini mampu memperlihatkan data secara proporsional bisa dalam bentuk persentase.

4. Grafik batang

Bisa berbentuk vertikal atau horizontal, hampir mirip seperti grafik kolom. Namun tujuannya adalah untuk menciptakan perbandingan dari beberapa item.

5. Grafik permukaan

Bentuknya adalah grafik 3D yang bisa digunakan untuk menggambarkan kombinasi dua rangkaian dengan optimal.

6. Grafik stok

Jenis grafik yang digunakan dalam menggambarkan harga stok. Bentuknya hampir mirip seperti line chart hanya saja ada begitu banyak garis yang menggambarkan beberapa data sekaligus.

grafik stok

Beragam Cara Membuat Grafik Excel dan Modifikasinya

Setelah mengetahui jenis-jenis grafik, tentunya kamu bisa lebih mudah menentukan manakah grafik yang sebaiknya digunakan. Tidak semua grafik cocok untuk data yang ingin kamu tampilkan.

Semua jenis grafik tersebut sudah tersedia di excel, yang harus kamu lakukan hanyalah melengkapi data dan mengubahnya menjadi grafik. Berikut ini beberapa cara yang bisa diikuti berikut modifikasinya secara lengkap.

a. Menyiapkan Data

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan data. Tidak ada grafik yang bisa diciptakan tanpa data induk. Nah, soal data ini biasanya tidak selalu dalam bentuk excel.

Data bisa saja berasal dari file Ms Word atau dalam bentuk CSV. Nah untuk mengubahnya langsung ke excel kamu perlu menggunakan software khusus. Contohnya saja software SPSS, sehingga tidak perlu memindahkan data secara manual.

Sudah banyak aplikasi yang bisa kamu install secara gratis di internet. Setelah mengkonversi data menjadi excel, teliti kembali. Karena biasanya masih ada beberapa data yang sering tertukar atau kurang lengkap. Rapikan data terlebih dahulu supaya grafik yang dibuat juga benar.

b. Cara Buat Grafik di Excel

Di excel sudah tersedia banyak sekali jenis grafik jadi kamu tinggal memilihnya nanti. Proses pembuatannya pun tinggal sekali klik.

Berikut ini cara membuatnya yang bisa kamu ikuti.

  • Buka file excel, kemudian cek kembali data yang hendak dibuat grafik. Blok seluruh tabel dari judul hingga data secara keseluruhan.

1. Cara Membuat Grafik Excel

  • Klik Insert pada toolbar lalu klik menu Chart yang dibutuhkan. Ada banyak pilihan grafiknya. Pada contoh kali ini akan dipilih column.

cara buat grafik di excel

  • Klik menu dropdown kemudian pilih desain dari grafik yang diinginkan, ada 2D dan 3D. Pilih salah satunya.

3. Cara Membuat Grafik Excel

  • Setelah klik salah satu desain grafik, maka akan muncul grafik yang dihasilkan dari data tersebut.

4. Cara Membuat Grafik Excel

Apabila kamu tidak yakin dalam memilih grafik, setelah klik Insert, pilih menu recommended charts.

5. Cara Membuat Grafik Excel

c. Cara Mengubah Jenis Grafik

Seringkali setelah dilihat grafik yang dipilih ternyata kurang cocok dengan data yang ingin disajikan. Misalnya kamu pertama memilih line chart tapi ternyata yang lebih tepat adalah grafik batang. Chart yang sudah dibuat nantinya bisa diganti dengan cara berikut:

  • Klik terlebih dahulu pada bagian grafik yang sudah jadi.

6. Cara Membuat Grafik Excel

  • Klik design pada toolbar kemudian pilih menu change chart type.

7. Cara Membuat Grafik Excel

  • Maka akan muncul kotak dialog yang berisi macam-macam pilihan desain chart. pilih pada bagian kolom kanan chart yang ingin digunakan dan pilih tipenya.

8. Cara Membuat Grafik Excel

  • Klik OK pada kotak dialog dan chart baru sudah teraplikasikan.

Kamu juga bisa mengubah gaya dari chart, caranya adalah klik dropdown pada menu change style. Tinggal klik desain mana yang cocok dan langsung teraplikasikan pada grafik.

d. Menambahkan Elemen Pada Grafik

Tidak semua grafik memiliki elemen yang lengkap setelah dibuat. Biasanya ada beberapa elemen tambahan yang perlu diberikan. Seperti judul grafik, memberikan label pada data, legenda atau yang lainnya.

Contohnya saja untuk memberi judul, kamu bisa memilih judul diletakkan di atas grafik, di tengah bagian atas atau yang lainnya. Untuk lebih lengkapnya ikuti cara di bawah ini.

  • Klik pada bagian grafik. Kemudian pilih menu Design pada toolbar.

9. Cara Membuat Grafik Excel

  • Klik menu Add Chart element pada bagian pojok kanan atas.
  • Klik elemen yang ingin ditambahkan, sebagai contoh judul. Maka pilih menu chart title. Pilih penempatan judul sesuai dengan yang diinginkan dan klik.

10. Cara Membuat Grafik Excel

  • Kemudian buat judul di dalam tabel yang sudah disediakan.

11. Cara Membuat Grafik Excel

  • Apabila kamu ingin menambahkan data di bawah grafik sebagai penjelasan, maka pilih Add Chart Element > Data Table. Pilih di mana letak data yang ingin disajikan.

12. Cara Membuat Grafik Excel

  • Tambahkan juga nama pada bagian sebelah kiri grafik untuk menjelaskan angka yang tertera. Caranya klik Add Chart Element > Axis Table.

13. Cara Membuat Grafik Excel

Kamu bisa mempelajari satu per satu menu dropdown yang tersedia dalam Add Chart Element. Masih ada menu legenda, grid lines, error bars dan masih banyak lagi.

e. Cara Mengubah data Baris serta Kolom

Cara membuat grafik di excel tidak lengkap jika kamu tidak mempelajari bagaimana cara mengubah baris serta kolom. Proses perubahan bukan dilakukan dengan mengganti data asli melainkan dengan cara berbeda. Berikut ini langkah yang bisa diikuti.

  • Klik pada grafik,
  • Kemudian pilih menu Design pada toolbars.

14. Cara Membuat Grafik Excel

  • Klik menu Switch Row/ Column. Otomatis pengelompokan data pada grafik akan berubah.

Kamu bisa mencoba untuk klik Switch Row/ Column untuk mendapatkan tampilan baris dan kolom berbeda.

f. Cara Memindahkan Grafik

Cara buat grafik di excel ini akan menghasilkan grafik yang berada di satu halaman dengan data yang dipaparkan. Letaknya biasanya di bagian bawah tengah dari tabel data. Namun seringkali adanya grafik pada halaman tersebut tidak bisa dipresentasikan dengan baik.

Oleh karena itu akan lebih baik jika memindahkan grafik ke sheet lain atau yang baru. Tentunya dengan tanpa latar belakang kolom serta baris sehingga grafik akan berdiri sendiri. Berikut ini langkah yang bisa diikuti.

  • Klik grafik yang ingin dipindahkan.
  • Klik Design pada toolbar kemudian klik menu Move chart yang ada di bagian pojok kanan.

15. Cara Membuat Grafik Excel

  • Maka akan muncul kotak dialog dari Move Chart yang harus diisi.

16. Cara Membuat Grafik Excel

  • Kamu bisa memindahkannya ke sheet baru dengan klik menu New sheet.
  • Namun jika ingin dipindahkan ke sheet pada halaman lain sebagai pelengkap data pilih Object in dan cari nama sheet.

17. Cara Membuat Grafik Excel

  • Terakhir klik Ok untuk bisa segera memindahkan sheet tersebut. Berikut terlihat hasil dari kedua pilihan yang berbeda.

18. Cara Membuat Grafik Excel

Pada bagian sheet yang baru, data akan terpampang secara utuh dan berdiri sendiri. Sedangkan untuk sheet yang dipindahkan ke halaman sesuai dengan yang diinginkan hasilnya juga berbeda.

g. Cara Membuat Grafik Mini di Excel

Cara di atas adalah langkah yang bisa kamu dilakukan jika ingin membuat grafik yang besar dan memuat seluruh data secara maksimal. Tapi ada juga bentuk grafik yang digunakan untuk setiap baris dari data. Bentuknya adalah line grafik.

Disebut dengan grafik mini yang akan memperlihatkan perkembangan data di setiap barisnya. Kamu bisa membuatnya di akhir kolom. Berikut ini langkah pembuatannya.

  • Pilih cell kosong di bagian kolom akhir dari baris yang ingin kamu buat grafiknya.

19. Cara Membuat Grafik Excel

  • Klik Insert pada toolbar kemudian klik Sparkline. Pilih jenis grafik mini yang ingin digunakan. Ada tiga pilihan, line, column dan win./ loss. Kali ini kita akan mencoba grafik line.

20. Cara Membuat Grafik Excel

  • Setelah diklik maka akan muncul kotak dialog. Isi bagian Data Range dengan data yang ingin dibuat grafik.

20. Cara Membuat Grafik Excel

  • Kamu bisa memblok cell data, kemudian klik OK.

22. Cara Membuat Grafik Excel

Jika ingin menghapus, klik kanan pada mouse kemudian pilih menu delete.

 

h. Cara Membuat Grafik Excel Dua Data

Seringkali ketika ada begitu banyak data, hanya data pada kolom satu dan dua saja yang ingin digunakan. Jika menggunakan cara membuat grafik yang pertama, data akan diubah secara keseluruhan. Lalu bagaimana jika kamu hanya ingin menggunakan sebagian saja?

Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat grafik dua data dengan mudah.

  • Buka data excel yang ingin kamu ubah menjadi grafik. Letakkan kursor di luar tabel.

23. Cara Membuat Grafik Excel

  • Klik menu Insert pada toolbar kemudian pilih jenis grafik yang ingin digunakan. Contoh kali ini memilih menu scatter.

26. Cara Membuat Grafik Excel

  • Maka akan muncul grafik kosong pada sheet kemudian klik bagian grafik tersebut dan pilih menu design. Klik select data kemudian klik add.
  • Sampai pada tahapan ini, akan muncul kotak dialog Edit series yang fungsinya untuk memilih data mana yang hendak digunakan secara terpisah. Isi bagian series X value dengan nilai pada sumbu, kemudian series Y value dengan nilai sumbu.

27. Cara Membuat Grafik Excel

  • Ulangi langkah tersebut untuk bagian data yang ingin disajikan, yang diubah hanya pada series Y value saja, sedangkan X value nya sama.

28. Cara Membuat Grafik Excel

  • Jika sudah selesai, maka klik OK pada jendela Select Data Source.
  • Grafik akan otomatis langsung muncul.

Supaya grafik yang kamu buat nanti lebih menarik jangan ragu untuk bermain soal desain. Kamu bisa memberikan warna dan menambahkan label sesuai dengan kebutuhan penyajian data.

Tak perlu lagi bingung bagaimana cara membuat grafik di excel hingga modifikasinya. Semua jenis tabel tersedia dan kamu tinggal menyediakan data yang jelas. Langkah-langkahnya pun tidak sulit dilakukan dan sudah pasti hasilnya rapi.

Yuliarti Swan
Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *