cara membuat fanspage facebook
Tutorial

Cara Membuat Fanspage Facebook untuk Pemula dan 5 Triknya

Cara Membuat Fanspage Facebook – Berbisnis dengan Facebook kini sudah menjadi hal yang biasa dilakukan oleh masyarakat yang memiliki usaha. Baik itu usaha skala kecil, menengah hingga besar memanfaatkan Facebook.

Banyak yang mengandalkan fanspage untuk memberikan berbagai informasi mengenai usaha.

Apa itu fanspage dan bagaimana cara membuat fanspage Facebook?

Bagi kamu yang baru belajar soal Facebook harus tahu mengenai fitur ini. Karena melalui fanspage nantinya kamu bisa lebih mudah untuk beriklan.

Yuk simak bagaimana cara lengkapnya.

Apa Itu Fanspage Facebook?

Mungkin di antara kamu masih ada yang belum paham tentang fanspage? Sesuai dengan namanyafanspage adalah halaman yang berisi mengenai konten menarik.

Berbeda dengan akun pribadi Facebook, karena fanspage kebanyakan memiliki tujuan untuk berbagi informasi mengenai sebuah brand.

Sebenarnya bukan hanya dimiliki oleh sebuah bisnis, fanspage juga bisa dibuat untuk sebuah acara tahunan.

Misalnya saja sebuah komunitas membuat acara setiap tahunnya yang pasti diselenggarakan. Nah untuk mempopulerkan acara tersebut bisa dibuat fanspage.

Sedangkan untuk bisnis, fanspage menjadi ajang untuk branding.

Di dalam fanspage sendiri harus berisi mengenai sebuah konten atau informasi yang terarah. Dengan begitu keuntungannya pada bisnis adalah mampu meningkatkan engagement.

Apa Itu Fanspage Facebook

Sebuah fanspage tidak memiliki batasan, sangat berbeda dengan akun personal yang batasannya hanya sampai 5000 pertemanan saja.

Di dalam halaman ini pemilik fanspage bukan hanya bisa memberikan informasi saja.

Namun konsumen atau pembaca juga bisa memberikan feedback mengenai konten yang disebarkan. Usaha pun jadi tampak profesional dengan adanya fanspage ini.

Nah untuk itu hampir semua jenis bisnis kini pasti memiliki fanspage.

Langkah-Langkah Cara Membuat Fanspage Facebook

Secara umum cara membuat fanspage tidaklah sulit. Kamu hanya perlu memiliki topik menarik untuk diangkat.

Bisa juga disesuaikan dengan nama produk. Selain itu sebelum membuat kamu juga harus memiliki akun Facebook personal terlebih dahulu.

Setelah itu kamu bisa mengikuti langkah lengkapnya berikut ini.

Langkah 1. Masuk untuk membuat halaman

Pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah masuk atau login terlebih dahulu ke akun pribadi. Agar lebih mudah buatlah fanspage menggunakan komputer atau laptop.
cara membuat fanspage

Setelah masuk ke Beranda akun sendiri kamu bisa klik pojok kanan yang merupakan Option dengan ikon tanda + (plus). Kemudian setelah muncul pilihan menu klik Buat Halaman.

Cukup dengan satu klik saja kamu sudah bisa memulai cara membuat fanspage Facebook. Langkah selanjutnya adalah kamu tinggal membuat rincian Facebook Page yang ingin dibuat.

Langkah 2. Mengisi rincian mengenai fanspage

Pada halaman yang muncul kamu akan diperlihatkan beberapa pilihan untuk diisi. Pilihan ini adalah informasi terkait fanspage yang ingin dibuat. Pastikan kamu sudah memiliki konten dan juga topik untuk dibuat.

cara membuat fanspage FB

Isilah pada bagian informasi halaman mengenai apa yang akan dibahas dalam fanspage tersebut. Misalnya kamu ingin menyampaikan informasi mengenai drama Korea terbaru. Maka kamu bisa menulis Info Drakor sebagai nama halaman.

Kamu juga bisa menulis dengan nama lain yang menarik sesuai topik. Setelah mengetik nama maka akan terlihat preview di bagian sebelah kanan. Lanjut pada kolom selanjutnya kamu bisa mengisi kategori.

Pada kategori ini kamu mengisi apa saja yang hendak dibahas. Misalnya Film, Acara Tv, seni dan hiburan. Maka kategori ini akan muncul pada bagian bawah nama fanspage. Kategori yang muncul adalah yang pertama kali dipilih.
cara buat fanspage

Kemudian isikan keterangan mengenai fanspage sesuai topik. Misalnya saja ‘’Menyajikan info-info menarik mengenai artis korea dan jadwal drama korea selatan’’.
cara buat fanspage FB

Jika sudah kamu tinggal klik Buat Halaman untuk proses pembuatannya. Walaupun halaman sudah jadi, namun cara membuat fanspage Facebook tidak berhenti di sini saja. Masih banyak yang harus dilanjutkan agar fanspage menarik.

Langkah 3. Mengatur halaman sampul

Tahapan cara buat fanspage dilanjutkan dengan membuat foto yaitu foto profil dan juga foto sampul. Sebenarnya kedua jenis foto ini sama ketika kamu hendak membuat foto untuk akun pribadi.

Masih pada halaman yang sama, setelah kamu klik Buat Halaman maka ada menu tambahan yang muncul di bawahnya.

Pertama adalah mengisi foto profil. Untuk foto ini kamu bisa menambahkan foto logo atau produk unggulan yang akan dibahas di fanspage ini.

Untuk bisa memasukan foto profil kamu tinggal klik saja pada menu tambahkan foto profil. Kemudian carilah foto di komputer atau laptop. Setelah pilih gambar klik gambar tersebut maka foto profil akan terupdate di fanspage.
cara buat fanspage facebook

Sama yang dilakukan pada foto profil, kamu juga bisa melakukannya pada saat membuat foto untuk sampul halaman. Tinggal klik tambahkan foto sampul pada kolom yang tersedia dan pilih fotonya dari komputer.

Klik foto tersebut maka halaman sampul pada fanspage akan langsung terupdate otomatis. Apabila foto sampul peletakkanya tidak pas kamu tinggal menggesernya untuk mengubah posisi pada gambar di kolom kiri. Jangan lupa pilih simpan.

Sampai pada langkah ini, cara membuat fanspage Facebook sudah hampir selesai. Kamu tinggal belajar bagaimana cara untuk posting dan pengaturan yang sering digunakan pada fanspage.

Langkah 4. Mencoba membuat update status

Foto profil dan sampul masih bisa kamu ubah nantinya jadi tidak terpaku pada gambar yang pertama kali digunakan. Orang yang bisa mengubah fanspage haruslah admin, karena kamu yang membuat otomatis sudah menjadi admin.

Nah langkah pertama yang harus dipelajari adalah bagaimana cara untuk posting. Tidak lengkap rasanya kamu mengikuti cara membuat fanspage Facebook saja tanpa bisa posting bukan?

Oleh karena itu setidaknya persiapkan tiga jenis postingan untuk pertama kali yang bisa kamu lakukan. Proses pembuatannya sangat mudah berlanjut pada tahapan ketiga di atas.

Klik Buat postingan yang terdapat pada menu di kolom kanan. Letaknya ada di bawah tab menu fanspage.
cara membuat fanspage fp

Kamu bisa menuliskan postingan yang menarik untuk pertama kalinya. Jangan lupa sesuaikan dengan topik fanspage dan jangan melenceng. Selain itu kamu bisa menambahkan beberapa hal ke dalam postingan dengan klik ikon tiga titik di tambahkan ke postingan Anda.

Kamu bisa memilih salah satu tambahan pada postingan sesuai dengan apa yang ingin disampaikan. Inilah untungnya, kamu bisa menambahkan foto atau video bahkan kontak dan posisi kamu saat ini. Mana yang paling mendukung tinggal dipilih.

Terakhir jika postingan sudah benar kamu tinggal klik kirim saja. Setelah itu postingan akan muncul pada fanspage seperti di bawah ini.

Selesai deh cara membuat fanspage Facebook kini kamu tinggal posting dengan rutin sehingga bisa memaksimalkannya. Karena dengan adanya fanspage ini kamu bisa menjangkau banyak orang untuk mengenal brand atau topik yang ingin disebarluaskan.

Trik Optimalkan Fanspage Facebook

Bonus! Trik Optimalkan Fanspage Facebook

Tanpa menggunakan iklan, kamu juga bisa memanfaatkan Facebook page ini sebagai media untuk pemasaran. Hanya saja dalam pembuatannya ada banyak hal yang perlu diperhatikan.

Oleh karena itu ada baiknya jika kamu memperhatikan lebih jauh bagaimana cara untuk menciptakan fanspage yang menarik perhatian banyak orang.

Berikut ini ada beberapa trik yang bisa diikuti untuk mengoptimalkan fanspage.

1. Membuat postingan konsisten

Profesionalitas sebuah perusahaan atau brand bisa dilihat dari konsistensi unggahan pada fanspage. Semakin sering artinya kamu peduli dengan konsumen lama dan baru sehingga bisa membuat mereka semakin loyal.

Karena mereka yang mengikuti fanspage akan melihat pada beranda bahwa selalu ada postingan baru dari fanspage yang kamu miliki. Supaya mudah kamu bisa menjadwalkan postingan dengan tools seperti Hootsuite.

Konsisten dalam mengunggah misalnya pagi dan sore dengan satu postingan foto dan video. Buatlah postingan yang selalu berbeda, bukan hanya foto saja atau video. Semakin bervariasi tentu lebih menarik dan jangan lupa isi kontennya ya.

2. Jangan lupa menambahkan tombol call to action (CTA)

Sebuah unsur yang wajib dimasukan ke dalam fanspage adalah call to action. Semakin mudah orang menemukan CTA maka akan tinggi pula engagement yang kamu dapatkan.

Pertama kamu harus memilih jenis CTA apa yang tepat apakah hanya message melalui Facebook atau menyertakan nomor Whatsapp? Selain itu Facebook juga menyediakan beberapa pilihan CTA seperti Start to Order atau Book Now.

Konsumen akan memilih manakah yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Jangan lupa pemilihan CTA ini juga berdasarkan tujuan kamu membuat fanspage. Apakah kamu ingin banyak orang hanya mengenal brand, mendapatkan kontak atau pembelian.

3. Selalu monitoring semua respon

Apakah Anda sudah mulai mendapatkan feedback dari pengguna Facebook? Saatnya Anda melakukan monitoring secara berkala. Setiap ada komen masuk baik itu pertanyaan atau pendapat segera jawab.

Terlalu lama menjawab akan memperlihatkan admin tidak aktif. Termasuk jawaban pada message yang masuk secara personal. Calon konsumen suka dengan tanggapan yang cepat karena mereka merasa diperhatikan.

4. Membuat Facebook shop

Dalam fanspage kamu juga bisa membuat facebook shop atau etalase toko milikmu. Jadi pada fanspage kamu bisa menjual produk secara langsung dan ini adalah strategi penawaran yang sangat jitu.

Pada halaman shop section kamu bisa mengatur jenis produk apa yang ingin ditawarkan, bagaimana proses pengiriman, hingga mengarahkan ke website sendiri. Misalnya saja kamu sudah memiliki web online shop cukup tautkan link saja.

Untuk bagian shop kamu harus menuliskan produk secara detail, menambahkan foto, harga, serta link. Bahkan kamu juga bisa menambahkan diskon atau promo tertentu di dalamnya.

Kamu juga bisa mengelompokkan produk sesuai kategori yang dibuat sendiri dalam koleksi. Sehingga orang lain bisa menemukan produk dengan mudah.

5. Melakukan pengukuran engagement

Terakhir adalah mengukur seberapa bermanfaatkah konten yang telah diposting di fanspage. Tujuannya adalah agar bisa menentukan strategi untuk postingan yang lebih menarik selanjutnya.

Mungkin saja ada banyak pertanyaan sama yang diungkapkan oleh konsumen melalui Facebook. Kamu bisa membuat jawaban dari pertanyaan tersebut dalam sebuah postingan.

Misalnya saja manfaat atau keuntungan khusus dari produk yang kamu tawarkan. Langkah ini juga bisa mengetahui apakah postingan yang menarik dan disukai. Pengukuran ini bisa dilakukan dengan tool berbayar atau Insight Facebook.

Sudah siap dengan cara membuat fanspage Facebook ini? Kamu tinggal mengikuti langkah-langkahnya saja kemudian mulai konsisten dalam posting. Selamat mencoba.

Yuliarti Swan
Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *