cara memblokir nomor hp
Tutorial

Cara Memblokir Nomor HP Tak Dikenal yang Mengganggu

Artikel terakhir diperbaharui 04-08-2021 oleh Aldy Amrillah

Cara Memblokir Nomor HP – Keberadaan ponsel yang mudah dibawa dan berfungsi sebagai alat komunikasi yang praktis membuatnya dimiliki oleh hampir setiap orang.

Manfaat positif ponsel ini sayangnya disalahgunakan oleh beberapa orang untuk mengganggu bahkan melakukan tindak kejahatan.

Hanya dengan mengetahui nomor telepon seseorang, kiriman SMS atau bahkan telepon yang meneror dengan sering menelepon. Solusi untuk mengatasinya adalah dengan memblokir nomor tersebut.

Cara memblokir nomor HP beda merk untungnya tidak jauh berbeda. Walaupun istilah pada menu yang digunakan berbeda, namun semua tipe ponsel selalu dilengkapi dengan pengaturan ini.

Mau tahu bagaimana caranya? Simak informasi lengkapnya di bawah ini

Cara Blokir Nomor Telepon yang Mengganggu

Semakin canggih ponsel, maka banyak pula yang memanfaatkannya sebagai alat untuk melakukan kejahatan seperti penipuan. Penyadapan ponsel pun sering terjadi karena banyak orang yang menggunakan aplikasi e-banking.

Pelaku kejahatan pun menyadap ponsel untuk menguras isi rekening. Kejahatan yang cukup mengganggu lainnya adalah teror atau ada juga SMS berhadiah. Beberapa SMS bahkan mengambil pulsa si pengguna.

cara memblokir no hp

Sungguh hal yang sangat merugikan bagi semua pengguna ponsel. Demi mengatasi hal ini agar tidak mengganggu, ada beberapa cara memblokir nomor HP yang bisa dilakukan.

Dengan memblokir nomor tersebut, maka pesan yang mereka kirim tidak akan pernah sampai. Bahkan nomor yang sudah diblokir tidak bisa menelepon ke nomor yang dituju.

Mereka akan disambungkan ke voice mail. Bagaimana cara blokir nomor telepon dengan mudah? Ada beberapa pilihan caranya sebagai berikut:

Memblokir Nomor HP Melalui Menu Kontak

Cara pertama adalah yang paling mudah dan cepat untuk dilakukan. Menu blokir sudah tersedia di setiap ponsel, jadi kamu tinggal mengaktifkannya. Pada kasus ini, kamu bisa memblokir nomor yang sudah pernah disimpan ke dalam kontak.

Misalnya saja kamu sudah menyimpan nomor tersebut karena tadinya itu adalah nomor teman kamu. Tapi ternyata setelah diteliti itu adalah nomor yang mengganggu. Maka cara memblokir nomor HP langsung dari kontak adalah sebagai berikut.

1. cara memblokir nomor hp

1. Masuk ke fitur daftar kontak yang ada di ponsel kamu.

2. cara memblokir nomor hp

2. Carilah nomor yang ingin diblokir dari daftar kontak tersebut. Carilah nama yang kamu simpan kemarin.

3. cara memblokir nomor hp

3. Pada halaman kontak biasanya akan tertera aplikasi apa saja yang digunakan oleh nomor tersebut. Kamu bisa ketuk menu setting kontak yang ada di pojok kanan atas. Ikon yang digunakan pada ponsel ini adalah titik dua.

4. cara memblokir nomor hp

4. Setelah mengetuk maka akan muncul beberapa pengaturan. Kamu bisa memilih Add to blacklist atau blokir nomor ini pada menu yang muncul.

Maka nomor tersebut akan hilang dari daftar kontak dan masuk ke daftar blokir pada ponsel. Selama kamu menggunakan ponsel tersebut, maka nomor tersebut akan masuk ke daftar blacklist dan tidak akan bisa menghubungi nomor milikmu.

Memblokir Nomor HP Melalui Riwayat Panggilan

Cara memblokir no HP yang kedua adalah menggunakan riwayat panggilan. Di sini kamu tidak perlu menyimpan nomor tersebut.

Misalnya saja kamu tiba-tiba di telepon mengenai undian berhadiah dan nomor itu sering sekali menelepon, misalnya seminggu sekali.

Tentu saja hal tersebut sangat mengganggu dan membuat kamu ingin memblokir nomor tersebut. Dari riwayat panggilan yang sering didapatkan, kamu bisa memblokir nomornya. Begini cara yang bisa kamu ikuti.

5. cara memblokir nomor hp

1. Masuk ke menu call log yang ada di ponsel kamu.

6. cara memblokir nomor hp

2. Kemudian cari nomor tersebut dan ketuk bagian info.

7. cara memblokir nomor hp

3. Setelah masuk, pilih ikon titik dua yang ada di bagian pojok kanan atas.

8. cara memblokir nomor hp

4. Pilih menu add blacklist atau blacklist untuk memblokir.

Nomor tersebut akan masuk ke daftar blacklist dan tidak bisa lagi menelepon ke nomormu. Jika ada yang mengganggu lewat telepon lagi, kamu bisa mengikuti langkah ini untuk mengatasinya.

Memblokir Nomor HP Melalui Menu Pesan

Cara memblokir nomor HP lainnya yang cukup praktis adalah melalui pesan yang masuk yaitu SMS. Saat ini ada banyak SMS masuk untuk menawarkan pinjaman, berpura-pura salah kirim SMS atau mengirimkan pesan berisi tautan link.

Jangan sekali-kali untuk membuka link tersebut karena bisa saja kamu diarahkan ke web phising atau mengunduh malware secara otomatis. Ponsel kamu bisa mengalami penyadapan juga nantinya.

Jika muncul pesan kamu bisa langsung menghapus atau memblokir nomor tersebut. Cara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut untuk memblokirnya.

9. cara memblokir nomor hp

1. Buka pesan dari nomor yang mengganggu tersebut dengan fitur SMS di HP.

10. cara memblokir nomor hp

2. Pada pesan tersebut  akan muncul lagi menu titik dua di bagian atas ponsel sebelah kanan. Ketuk menu tersebut.

11. cara memblokir nomor hp

3. Ketika muncul menu lanjutan kamu bisa ketuk Add block list maka otomatis nomor tersebut akan langsung terblokir dari ponsel.

12. cara memblokir nomor hp

Ketika nomor tersebut akan mengirimkan sms, maka akan masuk ke kotak blokir.  Kamu jadi tidak terganggu lagi dengan sms tersebut.

Memblokir Nomor HP Melalui Whatsapp

Sudah lama tidak mendapatkan SMS yang mengganggu tapi justru banyak nomor masuk ke chat Whatsapp yang mengganggu? Tenang kamu bisa mengatasinya dengan memblokir langsung dari WA.

Adapun langkah-langkah untuk memblokir yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut ini:

  1. Masuk ke aplikasi Whatsapp yang saat ini kamu gunakan.
  2. Pada halaman chat kamu bisa ketuk tiga ikon titik di bagian pojok kanan atas.
  3. Pilih menu Opsi lainnya dan pilih Setelan atau Pengaturan.
  4. Masuk ke menu Akun kemudian Privasi dan Kontak Terblokir. Tinggal pilih menu Tambah.
  5. Kamu bisa langsung memilih nomor yang hendak diblokir dari daftar yang muncul.

Kamu bisa langsung juga melalui halaman chat pada kontak yang muncul untuk memblokir. Pada halaman chat akan muncul dua menu yaitu add kontak atau blokir kontak. Kamu bisa pilih menu kedua yaitu blokir kontak dan tak lama kontak tersebut akan langsung terblokir.

Memblokir Nomor HP Melalui Aplikasi Call Blocker

Jika kamu merasa cara blokir nomor HP menggunakan fitur bawaan dari ponsel kurang efektif, maka cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan aplikasi.

Saat ini ada banyak sekali pilihan aplikasi gratis yang bisa diunduh untuk memblokir nomor HP yang mengganggu.

Aplikasi yang paling laris digunakan salah satunya adalah Blocker. Aplikasi ini diciptakan oleh NQ Mobile Security dan gratis untuk HP android.

Cara  menggunakannya juga sangat mudah, kamu hanya perlu mengunduh aplikasi kemudian membukanya. Setelah itu pada halaman utama, pilih simbol yang ada di deretan kanan atas.

Maka akan muncul tiga daftar pengaturan, kamu bisa pilih blacklist dan tambahkan nomor yang ingin diblokir. Kamu bisa memilih nomor tersebut dari kontak, call log atau pesan.

mr number

Memblokir Nomor HP Melalui Aplikasi Mr. Number

Cara memblokir nomor HP dengan aplikasi selanjutnya adalah Mr. Number. Aplikasi ini  akan membantu kamu untuk menjaga privasi penggunaan smartphone.

Tampilannya yang simpel memudahkan siapa saja untuk bisa menggunakannya. Baik itu nomor yang mengganggu dari sms, telepon atau call log semua bisa diblokir.

Caranya adalah buka aplikasi setelah kamu mengunduhnya. Kemudian pilih kontak yang ingin diblokir, akan muncul menu titik tiga di pojok kanan atas. Ketuk dan pilih blok.

Memblokir Nomor HP Melalui Aplikasi Calls Blacklist

Aplikasi yang ketiga ini bisa jadi alternatif lain dari kedua aplikasi di atas. Untuk memblokir nomor tentu kamu harus mengunduh dan membuka aplikasinya, kemudian ketuk ikon plus yang muncul pada halaman utamanya.

Pilih nomor yang hendak diblokir dari sms atau telepon yang sudah langsung terintegrasi dengan aplikasi. Caranya sama persis ketika kamu ingin memblokir nomor dari ponsel. Hanya saja kamu memblokirnya melalui aplikasi.

Perlu diingat juga jika kamu memblokir melalui aplikasi artinya jangan hapus aplikasi tersebut. Jika terhapus aplikasinya maka nomor yang terblokir akan terbuka kembali.

Yuliarti Swan
Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *