cara membersihkan ram hp
Tutorial

Penyebab dan Cara Membersihkan Ram Hp Dengan Mudah 

Cara Membersihkan Ram HP – Ram adalah salah satu komponen yang sangat vital di dalam smartphone android.

Hal ini karena Ram berguna untuk menampung data dari smartphone kita sementara. Kapasitas dari ram di masing-masing hp tentu saja juga berbeda-beda.

Ada ram hp yang berkapasitas 1 GB, 2 GB. Bahkan saat ini sudah muncul hp yang memiliki RAM hingga berkapasitas 6 GB.

Sehingga untuk anda yang memiliki smartphone dengan RAM 1 GB saja saat ini tentu saja sering mengeluhkan performa smartphone yang lelet.

Lalu bagaimana cara membersihkan ram HP agar tidak penuh?

Penyebab Ram Hp Penuh dan Dampaknya

Untuk kita yang memiliki smartphone android tentu saja kita senang menginstall banyak aplikasi sekaligus di dalam smartphone android yang kita miliki.

Hal ini wajar saja karena sekarang untuk bisa mendapatkan aplikasi di smartphone android kita bisa dengan mudah kita lakukan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Memori Penuh

Hanya dengan bermodalkan email dan juga playstore saja kita sudah bisa menginstall berbagai macam aplikasi di smartphone kita. Namun tanpa kita sadari dengan menginstall banyak aplikasi sekaligus di dalam smartphone kita, hal tersebut bisa membuat smartphone kita menjadi lemot karena ram yang penuh.

Cara Membersihkan Ram Hp Dengan Mudah Dan Cepat

cara membersihkan ram hp dengan mudah

Ada beberapa cara membersihkan RAM hp yang bisa kita lakukan dengan mudah.

Tentu saja untuk anda yang memiliki smartphone dengan spesifikasi nanggung atau bahkan spesifikasi yang tidak mumpuni tentu saja wajib mengetahui beberapa cara membersihkan RAM hp dengan mudah.

Hal ini karena jika sampai kita tidak tahu bagaimana cara membersihkan RAM hp, tentu saja performa smartphone kita akan semakin lelet karena kondisi RAM yang sesak dan penuh.

Untuk itu, dibawah ini sudah saya tuliskan beberapa cara membersihkan RAM hp dengan mudah yang bisa anda praktekkan.

1.     Tutup Aplikasi Yang Sudah Tidak Terpakai Di Recent Apps

Cara membersihkan RAM di hp yang pertama adalah dengan cara menutup beberapa aplikasi yang sudah tidak kita pakai dari recent apps.

Recent Apps adalah fitur yang bisa menampilkan aplikasi yang baru saja kita pakai, sehingga jika kita tidak menutupnya tentu saja kondisi RAM di smartphone kita akan penuh dan sesak.

APlikasi yang sering kita buka dan kita lupa menutup aplikasi tersebut juga akan memerlukan konsumsi RAM. Hal ini karena aplikasi yang tidak kita tutup dengan sempurna tersebut akan masih berjalan di latar belakang smartphone kita.

Berikut adalah cara menutup aplikasi dari recent apps yang bisa kita lakukan untuk membuat kondisi RAM kita sedikit lega.

Langkah pertama anda ketuk pada bagian yang saya berikan tanda kotak berwarna merah di smartphone anda.

Berikutnya anda klik pada ikon sapu di smartphone android kalian. Dengan begitu semua aplikasi di Recent Apps akan tertutup dengan sendirinya.

2.     Hapus Aplikasi Yang Jarang Digunakan

Cara membersihkan RAM di hp berikutnya adalah dengan cara menghapus beberapa aplikasi yang tidak penting.

Cara ini terbukti sangat efektif dan tepat. Tentu saja anda pernah merasakan hp anda saat keadaan baru begitu lancar dan tidak lemot kan? Hal itu karena smartphone anda masih minim aplikasi yang terinstall di dalamnya.

Untuk anda yang termasuk dalam kategori orang yang sering sekali mencoba banyak aplikasi dan menginstall banyak aplikasi di smartphone. Lebih baik anda hapus atau uninstall beberapa aplikasi yang sudah jarang anda pakai.

Hal ini karena beberapa aplikasi yang walaupun tidak kita pakai sekalipun bisa juga memakan RAM walaupun tidak kita buka loh.

Untuk itu kita harus bisa menghapus atau meng uninstall beberapa aplikasi yang dirasa sudah tidak begitu penting.

cara membersihkan ram hp dengan mudah

Pertama anda harus pergi dulu ke pengaturan, selanjutnya anda gulirkan layar ke bawah sampai ketemu dengan pengaturan aplikasi atau manajemen aplikasi.

setelan apl

Selanjutnya anda pilih setelan aplikasi (APL).

Berikutnya anda pilih aplikasi mana yang akan anda hapus. Anda klik aplikasi yang akan anda hapus tersebut misalkan aplikasi diatas.

Terakhir anda hanya tinggal memilih copot pemasangan, atau jika smartphone anda menggunakan bahasa inggris anda pilih uninstall this apps.

3.     Paksa Berhenti Aplikasi Yang Jarang Digunakan

Cara berikutnya untuk bisa membersihkan ram hp dengan mudah adalah dengan cara memaksa berhenti beberapa aplikasi yang jarang kita pakai.

Seperti yang sudah saya katakan diatas bahwa dengan menginstall banyak aplikasi saja kita sudah bisa membuat kondisi ram di hp kita menjadi penuh dan sesak.

Untuk itu walaupun beberapa aplikasi di smartphone kita tersebut tidak kita gunakan, kondisi ram di hp kita tersebut juga bisa menjadi penuh.

Hal ini karena walaupun aplikasi sedang tidak berjalan atau sedang tidak kita gunakan, namun masih tetap memakan space atau tempat di ram kita.

Pertama anda harus pergi dulu ke pengaturan, selanjutnya anda gulirkan layar ke bawah sampai ketemu dengan pengaturan aplikasi atau manajemen aplikasi. Selanjutnya anda pilih setelan aplikasi.

Berikutnya anda pilih aplikasi mana yang akan anda paksa berhenti tersebut. Anda klik aplikasi yang akan anda paksa berhenti.

Terakhir anda hanya tinggal memilih paksa berhenti, atau jika smartphone anda menggunakan bahasa inggris anda pilih force close.

4.     Hapus Widget Dan Jangan Gunakan Live Wallpaper

Menggunakan perpaduan antara widget dan juga live wallpaper tentu saja bisa membuat tampilan smartphone kita menjadi semakin keren dan indah.

Namun sayangnya dengan kita menggunakan banyak sekali widget dan juga live wallpaper tentu saja bisa memakan banyak sekali konsumsi ram di hp kita.

Untuk itu lebih baik anda gunakan wallpaper standar saja, dan jangan menggunakan banyak widget.

Lebih baik tampilan smartphone kita biasa-biasa saja yang terpenting performa dari smartphone kita tetap lancar dan nyaman digunakan.

5.     Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

 aplikasi pembersih ram android

Image: play.google.com

Langkah terakhir yang bisa kita lakukan untuk bisa membersihkan ram hp dengan mudah adalah yaitu dengan menggunakan aplikasi pembersih RAM.

Menggunakan aplikasi pihak ketiga ini berarti kita akan menggunakan bantuan aplikasi lainnya di luar aplikasi yang ada pada smartphone android kita.

Saat ini ada banyak sekali aplikasi pihak ketiga yang bisa kita andalkan untuk membersihkan ram di smartphone android kita.

Kita hanya tinggal membuka Google Playstore, selanjutnya kita ketik saja “Aplikasi pembersih ram” dengan begitu ada banyak sekali daftar aplikasi yang termasuk dalam kategori aplikasi pembersih ram di smartphone kita.

Namun dalam memilih aplikasi pembersih ram ini tentu saja kita tidak boleh sembarangan dalam memilih, karena bisa-bisa aplikasi yang kita harapkan bisa menjadi pembersih ram untuk smartphone kita bisa berubah menjadi aplikasi yang malah membuat kondisi ram di smartphone kita penuh.

Berikut dibawah ini adalah beberapa kriteria dari aplikasi pembersih ram yang harus anda perhatikan, jadi tidak asal sembarangan memilih aplikasi pembersih ram.

  • Memiliki ukuran kecil
  • Memiliki ulasan yang positif
  • Memiliki rating bintang 4 keatas
Anton Wahyu
Nama Saya Anton Wahyu biasa dipanggil Anton. Saya adalah Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Swasta di Solo. Saya juga merupakan penulis artikel, punya hobi mendengarkan musik, di website ini Saya mencoba membagikan informasi yang semoga bermanfaat untuk Anda.

Comments are closed.