berbagi akses google drive
Tutorial

Cara Memberikan Akses Google Drive Pada Pengguna Lain

Artikel terakhir diperbaharui 07-06-2021 oleh Aldy Amrillah

Cara Memberikan Akses Google Drive – Seperti yang kita tahu, Google Drive adalah jenis penyimpanan data atau file berbasis Cloud secara online dan bisa diakses secara gratis.

Untuk semua pengguna Gmail, akun yang dimiliki akan otomatis terhubung langsung dengan Google Drive dengan batas maksimal penyimpanan sebesar 15 Gigabyte.

Di dalam Google Drive, data-data atau file penting kalian bisa tersimpan dengan aman. Kalian juga bisa dengan mudah untuk membuka dan menyunting data tersebut kapanpun kalian butuhkan selama perangkat kalian terkoneksi dengan internet.

Bagaimana Cara Menggunakan Google Drive?

Pada era modern seperti sekarang, semua orang sepertinya sudah harus memiliki penyimpanan data berbasis online termasuk Google Drive ini. Dengan Google Drive semuanya akan terasa mudah dan tak perlu banyak langkah khusus untuk menggunakannya.

memberikan akses google drive

Termasuk kalian yang bidang pekerjaannya adalah penulis ataupun desain grafis, dimana kalian harus sering kali mengirim, mengubah dan meneruskan hasil pekerjaan kalian kepada klien.

Dengan memiliki Google Drive, kalian akan sangat dimudahkan untuk bisa mengirimkan hasil pekerjaan dengan cepat.

Apalagi jika yang kalian kirimkan adalah jenis file yang berkapasitas lebih dari 25 Megabyte, maka kalian sudah pasti memerlukan Google Drive untuk mengirim file tersebut.

Karena jika dikirimkan melalui email, kapasitas datanya terlalu terbatas.

Lantas bagaimana langkah mudah menggunakan Google Drive? Simak penjelasan dibawah ini ya

  • Yang pertama adalah kalian harus membuka akun Gmail.  Jika kalian belum memiliki akun email, silahkan daftar dulu ya. Selanjutnya setelah akun Gmail terbuka, kalian bisa klik tombol menu di bagian atas sebelah kanan disamping profil Gmailmu hingga muncul beberapa pilihan menu seperti dibawah ini. Selanjutnya pilih dan klik gambar segitiga bertuliskan Google Drive.

cara memberikan akses google drive

  • Setelah Google Drive terbuka, selanjutnya akan muncul tampilan seperti di bawah ini

memberikan akses google drive

  • Selanjutnya, buka “file explorer” kemudian tahan file ke “my Drive” kemudian tunggu hingga file selesai terupload
  • Selanjutnya klik kanan pada file yang sudah berhasil ter-upload dan tersimpan di Google Drive, lalu klik share
  • Di kolom “share with other” atau “berbagi dengan”, tulis nama email di kolom yang bergambar orang “people” dan tulis keterangan pengiriman di catatan atau “add a note”, selanjutnya klik  send atau kirim

cara memberi akses google drive

  • Selesai. Kamu sudah berhasil menggunakan dan menambahkan file ke Google Drive kamu.

 Cara Memberikan Akses Google Drive Atau Berbagi File kepada Pengguna Lain

Seperti yang kita tahu, Google Drive menjadi salah satu tempat yang aman untuk menyimpan data dan berbagi atau berkolaborasi dengan teman atau relasi kamu. Dengan Google Drive, kamu juga bisa mengubah atau mengedit file dan datamu serta bisa melihat perubahan pada data yang telah kamu bagikan. Dengan begitu semua terlihat secara transparan dan akan bisa di lacak.

Dengan tersedianya kapasitas yang besar, Google Drive sangat di rekomendasikan untuk kamu yang akan mengirimkan file berkapasitas besar. Dan kamu bisa membatasi akses link yang kamu bagikan dengan mengaturnya melalui pilihan yang tersedia.

Lalu bagaimana cara agar orang lain bisa mendapatkan akses file yang sudah kamu bagikan melalui Google Drive? Silahkan simak langkah-langkah berikut ya

1. Buka akun Google Drive dengan alamat email kamu

2. Setelah terbuka, pilih file yang akan kamu kirimkan. Tekan dan tahan file tersebut kemudian klik tulisan bagikan seperti gambar dibawah ini

berbagi file di google drive

3. Selanjutnya akan muncul link yang bisa kamu bagikan kepada siapapun. Tetapi kamu pun  bisa mengatur akses link tersebut sesuai kebutuhan kamu. Klik pada kotak yang bertuliskan salin link seperti gambar di bawah ini.

sharing file di google drive

4. Selanjutnya, Anda bila langsung menyalin link dan membagikan ke pengguna lain, atau bisa juga melalui pilihan yang bergambar orang dengan tanda +, dan silahkan mengatur sesuai dengan yang Anda butuhkan, perhatikan gambar berikut

berbagi akses di google drive

5. Untuk mengatur agar orang lain bisa mengakses file yang kamu kirim, selanjutnya silahkan klik pilihan “Aktif publik”  dan silahkan mengatur pilihan untuk tindakan yang bisa dilakukan penerima file. Pilihan itu bisa diatur sebagai hanya melihat saja, memberi komentar ataupun sebagai editor.

6. Jika semua pengaturan sudah selesai, klik kirim dan file kamu sudah bisa diakses oleh orang yang email-nya tadi kamu sematkan di Google Drive.

cara mengakses google drive

7. Kamu juga bisa mengirimkan tautan yang sudah kamu salin di poin nomor 3, dengan langsung menempelkan salinan tautan ke kontak WhatsApp atau email kamu, dan selanjutnya orang yang mengklik tautan tersebut sudah otomatis bisa mengakses file di Google Drive kamu.

8. Selesai

Nah, mudah sekali bukan? Sekarang kamu sudah tahu cara memberikan akses Google Drive kepada orang lain. Saatnya kerja cerdas dengan berkolaborasi dan berbagi file atau dokumen kamu menggunakan Google Drive.

Kini kamu bisa menyelesaikan dan mengirim pekerjaan dengan cepat, tepat dan efektif tanpa terbatas oleh jarak dan waktu. Semoga bermanfaat.

Marita Ningtyas
A Writerpreneur, tinggal di kota Lunpia. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Selamat membaca.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *