Cara Membeli Masa Aktif Indosat dan Memperpanjangnya

Cara Membeli Masa Aktif Indosat – Indosat merupakan provider yang banyak digunakan di Indonesia, sebab memberikan banyak fitur dan layanan menarik untuk penggunanya. 

Harga yang ditawarkan oleh Indosat selaku provider juga cukup terjangkau, sehingga memudahkan pengguna untuk mengaksesnya dan membeli berbagai paket yang disediakan. 

Salah satu promo dan layanan yang banyak digunakan adalah pembelian dan perpanjang masa aktif. Promo tersebut akan membuat Anda bisa memperpanjang masa penggunaan dan masa aktif kartu. 

Seperti yang diketahui, masa aktif yang ditawarkan oleh Indosat cenderung singkat, membuat pengguna harus terus membeli pulsa untuk tetap menggunakan layanan jaringan internetnya. 

setting apn indosat
Image: Indosat

Misalnya untuk pulsa Indosat 5 ribu atau 10 ribu, masa aktif yang dapat ditambahkan oleh pengisian pulsa tersebut tidak lebih dari 2 minggu, kadang hanya satu minggu saja. 

Karena itulah banyak pengguna Indosat kemudian menggunakan berbagai cara untuk menambahkan penggunaan masa aktif kartu kuning ini, salah satunya dengan melakukan pembelian masa aktif Indosat. 

Cara membeli masa aktif Indosat tidak begitu sulit, Anda bisa mengetahui langkah lengkapnya dengan membaca penjelasan dan tutorial berikut ini. 

Cara Membeli Masa Aktif Indosat dan Memperpanjangnya

Untuk menambah masa aktif kartu ini, terdapat beberapa cara yang bisa pengguna lakukan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Membeli Pulsa

Cara yang pertama adalah melakukan pembelian pulsa, ini merupakan cara umum dan paling sering ditemui. Pembelian pulsa bisa dilakukan dimana saja, di toko online, minimarket, konter, maupun ATM. 

Pembelian pulsa internet akan mempengaruhi masa aktif yang didapatkan oleh pengguna. Semakin tinggi pulsa yang Anda beli, maka semakin panjang masa aktif yang akan didapatkan. 

Untuk pulsa 5 ribu rupiah, maka tambahan masa aktif yang diberikan adalah 7 hari, berbeda jika Anda melakukan pengisian pulsa satu juta rupiah, maka masa aktif yang akan didapatkan adalah 120 hari. 

  • Cara Membeli Masa Aktif atau Menukarkannya dengan Pulsa

Cara selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk menambah masa aktif adalah membeli masa aktif. Karena rentang waktu masa aktif yang pendek, Indosat memberikan pilihan untuk memanjangkan masa aktif dengan membelinya. 

Cara membeli masa aktif Indosat bisa dilakukan jika pulsa yang Anda miliki masih banyak, namun masa aktif yang dimiliki akan segera habis. Cara ini merupakan cara yang paling sering digunakan saat ini. 

Terdapat tiga pilihan menarik yang ditawarkan oleh Indosat ketika Anda hendak melakukan pembelian masa aktif dengan pulsa, Dengan jumlah pulsa yang dimiliki, Anda bisa mendapatkan masa aktif sesuai ketentuan. 

Daftar tiga pilihan masa aktif yang bisa Anda pilih adalah:

  • Pulsa 2 ribu rupiah bisa ditukar dengan masa aktif 3 hari. Kode yang digunakan adalah aktif3. 
  • Pulsa 5 ribu bisa digunakan untuk menambah masa aktif sebanyak 14 hari dengan kode aktif14. 
  • Pulsa 10 ribu bisa Anda gunakan untuk menambah masa aktif sebanyak satu bulan dengan memakai kode aktif30. 

Untuk melakukan pembelian tersebut, langkah yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Buka menu pada pesan, kemudian buatlah opsi untuk menulis pesan baru. 
  • Ketikkan SMS berisi nama paket yang hendak dipilih, misalnya Anda ingin menukarkan pulsa 2 ribu maka tuliskan aktif3. 
  • Cara selanjutnya untuk beli masa aktif Indosat adalah mengirimkannya ke nomor 555. 
  • Tunggu sejenak, maka Anda akan mendapatkan pemberitahuan bahwa pembelian masa aktif berhasil dan pulsa akan terpotong secara otomatis. 
  • Mendapatkan Transfer Pulsa 

Cara untuk memperpanjang masa aktif selanjutnya adalah nomor yang Anda miliki mendapatkan transfer pulsa dari nomor pengguna lain. 

Jika pulsa yang Anda miliki habis, Anda bisa meminta bantuan pulsa dengan meminta pada teman atau keluarga. Dengan begitu, otomatis masa aktif yang akan Anda miliki juga akan bertambah. 

Guna melakukan transfer pulsa, berikut merupakan cara mudah dan cepat yang bisa Anda lakukan, diantaranya:

  • Pada aplikasi pesan, buat pesan baru untuk menuliskan kode transfer pulsa. 
  • Cara selanjutnya adalah mengirimkan pesan dengan format transferpulsa (spasi) nomor yang Anda tujukan untuk mendapatkan kiriman pulsa (spasi) nominal pulsa yang ingin Anda kirimkan. 
  • Misalnya format penulisan yang benar adalah: transfer pulsa 98686392452 10000.
  • Setelah selesai, kirimkan format tersebut ke nomor 151. 
  • Berbeda dengan cara membeli masa aktif Indosat sebelumnya, nomor yang pengiriman yang digunakan berbeda. Sebab pembelian masa aktif dan transfer pulsa untuk menambah masa aktif memiliki perbedaan teknis. 
  • Tunggu sebentar, Anda akan mendapatkan SMS balasan berupa token yang harus dikirimkan ulang. 
  • Balas pesan tersebut dengan dengan menggunakan format OK (spasi) nomor token yang dikirimkan. Contohnya adalah: OK 6767.
  • Kirim kembali ke 151 dan tunggu sampai Anda mendapatkan balasan bahwa proses pengiriman telah selesai. 

Terdapat beberapa syarat khusus yang ditetapkan oleh Indosat mengenai perpanjangan masa aktif menggunakan cara ini, diantaranya adalah setiap transaksi yang dilakukan dikenai biaya 600 rupiah. 

Setelah mengirim pulsa menyelesaikan transaksi transfer, pulsa yang dimiliki tidak boleh kurang dari 5 ribu rupiah. Jumlah tersebut harus sudah dikurangi oleh biaya transfer dan potongan pulsa Indosat yang ditransferkan

Seperti halnya beli masa aktif Indosat menggunakan pulsa yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat aturan penambahan masa aktif tiap jumlah transfer yang diberikan, yakni:

  • Transfer pulsa 5 sampai 10 ribu akan menambah masa aktif sebanyak 3 hari. 
  • Transfer pulsa 10 ribu sampai 20 ribu akan menambah masa aktif satu minggu. 
  • Transfer pulsa 20 ribu sampai 25 ribu akan menambah masa aktif menjadi 15 hari. 
  • Transfer pulsa 50 ribu sampai 100 ribu akan menambah masa aktif kartu menjadi 22 hari. 
  • Transfer pulsa 100 ribu sampai 150 ribu akan menambah masa aktif menjadi 30 hari. 
  • Terakhir adalah transfer pulsa 150 ribu sampai 200 ribu akan menambah masa aktif menjadi 45 hari. 
  • Membeli Paket Hemat 

Cara membeli masa aktif indosat selanjutnya adalah dengan membeli paket hemat yang disediakan oleh Indosat

Paket hemat ini berisi paket telepon,kuota internet Indosat dan juga SMS, yang bisa Anda gunakan jika melakukan registrasi terlebih dahulu. Caranya dengan menggunakan SMS dengan format REG (spasi) HEBAT, kemudian kirimkan ke nomor 2020. 

Cara membeli masa aktif Indosat dengan teknis ini masih harus dilanjutkan dengan melakukan pembelian masa aktif. Pembelian bisa dilakukan karena Anda terdaftar dengan paket hemat. 

Terdapat dua cara yang bisa Anda lakukan untuk membelinya, yakni dengan menggunakan SMS dan menu dial. Untuk SMS Anda cukup mengetikkan HEBAT lalu kirim ke 888. 

Dalam waktu singkat Anda akan mendapatkan informasi mengenai pembelian masa aktif yang telah dilakukan. Pesan tersebut berisi konfirmasi bahwa masa aktif telah berhasil ditambahkan. 

Cara kedua adalah dengan melakukan pembelian paket menggunakan menu dial, yang bisa Anda lakukan dengan mengikuti langkah berikut:

  • Pada menu dial, tuliskan kode USSD *123*888# kemudian tekan menu untuk melakukan panggilan. 
  • Anda akan mendapatkan balasan untuk melakukan pembelian paket dan masa aktif, konfirmasi. 
  • Jika sudah selesai, cek apakah masa aktif sudah ditambahkan secara otomatis dalam nomor Anda. 

Langkah cara membeli masa aktif Indosat ini dikenakan biaya 500 rupiah untuk satu kali berkirim pesan. Namun tarif tersebut akan berbeda tergantung kota dimana Anda tinggal. 

Untuk berlangganan paket dan pembelian masa aktif ini Anda bisa mengirimkan SMS ke nomor 888 dengan format LGN. 

cara daftar kartu indosat
Image: Indosat

Cara Mengatasi Masa Aktif Sudah Terlanjur Habis dan Melewati Masa Tenggang

Masalah lain yang sering dialami oleh pengguna Indosat adalah masa aktif yang sudah terlanjur habis dan masuk ke dalam masa tenggang. Jika Anda masih berada dalam masa tenggang, Anda masih bisa mengisi kartu perdana tersebut. 

Berbeda jika kartu yang Anda miliki sudah melewati masa tenggang, maka kartu akan hangus dan tidak bisa digunakan kembali. Kartu yang melewati masa tenggang akan diblokir dan tidak bisa dipakai. 

Untuk mengetahui mengenai masa aktif dan tenggang, sebaiknya lakukan cek secara berkala kartu dan nomor yang Anda pakai. Jika sudah masuk masa tenggang, Anda bisa segera mengisi nomor tersebut agar tidak hangus. 

Apabila Anda ingin menggunakan kartu dan nomor yang sama padahal ia sudah hangus, maka Anda tidak bisa beli masa aktif Indosat lagi. Anda bisa mengaktifkannya dengan datang langsung ke gerai Indosat atau menghubungi Customer Service. 

Petugas akan mengalihkan Anda menggunakan kartu prabayar terlebih dahulu sebelum mengembalikan Anda ke kartu pasca bayar seperti kartu Indosat yang dijual pada umumnya. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir lagu masa aktif kartu akan habis. 

aplikasi indosat
Image: play.google.com

Mengapa Harus Membeli Masa Aktif Indosat?

Terdapat berbagai alasan kenapa Anda perlu memperpanjang masa aktif pada kartu yang Anda miliki. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kartu yang masa aktifnya habis akan masuk ke dalam masa tenggang. 

Ketika memasuki masa tenggang dan Anda tidak melakukan pengisian pulsa atau penambahan masa aktif, maka kartu Anda akan terblokir, hangus, dan tidak dapat digunakan kembali. 

Ini tentu menyusahkan Anda karena teman-teman tidak bisa menghubungi Anda di kartu atau nomor tersebut. Selain orang lain tidak bisa menghubungi Anda, Anda juga tidak bisa mengirimkan pesan atau menerimanya. 

Begitu pula dengan melakukan atau menerima telepon, semua fitur dan layanan yang disediakan oleh Indosat tidak bisa Anda gunakan. Kemudian kartu akan di blokir dan setelahnya Anda harus membeli kartu yang baru. 

Inilah mengapa Anda sebagai pengguna kartu dan provider Indosat perlu untuk mengetahui cara membeli masa aktif Indosat atau setidaknya mengetahui kapan masa aktif Anda berakhir agar kartu Anda bisa segera diisi dengan pulsa. 

Pilihan yang tersedia untuk pengguna yang kartunya diblokir adalah membeli kartu baru atau mengaktifkannya kembali dan menggunakan layanan prabayar.

Demikianlah penjelasan mengenai cara membeli masa aktif Indosat sehingga Anda tidak perlu mengganti kartu atau menggunakan layanan prabayar, namun perlu dicatat bahwa cara diatas sewaktu-waktu bisa saja mengalami perubahan.

Semoga informasi tersebut dapat membantu Anda untuk semakin aware dengan keadaan nomor yang Sahabat tedas miliki. 

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan. Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *