Tidak Sulit, Begini Cara Membatasi Pengguna Wifi

Jaringan internet berupa wifi sangat dibutuhkan oleh semua orang.

Tidak seperti kuota internet yang dinikmati pribadi, jaringan wifi bisa dinikmati untuk banyak orang.

Dalam hal ini, bagi Anda pemilik jaringan wifi wajib mengetahui cara membatasi pengguna wifi agar jaringan tetap aman dan lancar.

Manfaat pembatasan jumlah pengguna wifi ini berguna untuk mengurangi jaringan internet yang lemot akibat terlalu banyak yang mengakses.

Selain itu, hal ini juga dapat mencegah pembobolan wifi yang dilakukan oleh perangkat lain.

Berikut adalah panduan membatasi pengguna wifi yang bisa Anda pelajari.

Menggunakan Pengaturan Modem

Teknik paling mudah yang bisa dilakukan adalah langsung mengaturnya pada pengaturan modem.

Anda tidak perlu repot-repot mengunduh aplikasi tertentu.

Dengan mengkonfigurasikannya pada pengaturan modem, maka setting jumlah pengguna akan ditetapkan secara otomatis.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka aplikasi browser dan menuliskan alamat IP (tulis kode IP 192.168.1.1).

wireless router

Jika sudah, maka Anda akan ditampilkan halaman untuk mengisi username dan password sebagai user wifi tersebut. Isi username dan password dengan benar lalu klik ‘Login’.

Setelah berhasil login, langkah berikutnya Anda harus masuk ke menu Pengaturan, pilih ‘Network’, lalu pilih ‘SSID Setting’.

Pada kolom ‘Maximum Clients’, Anda bisa menentukan jumlah batas pengguna wifi sesuai keinginan.

Apabila sudah mengaturnya, klik ‘Submit’ untuk menyimpan perubahan tersebut.

perangkat wifi

Menggunakan Fitur pada Router

Pada sebuah wifi pasti ada router nya. Nah, pada router tersebut ada fitur yang bernama Bandwidth Management yang berfungsi untuk mengatur kecepatan serta limitasi penggunaan wifi.

Selain itu, fitur pada router itu juga bisa mengatur jumlah pengguna wifi yang bisa mengakses jaringan.

Sama seperti pengaturan modem, untuk mengatur pembatasan pengguna wifi dengan fitur router ini langkah awalnya Anda harus mengisi IP address pemilik wifi pada aplikasi browser, kemudian login dengan username dan password. Anda bisa mengecek username dan password pada buku panduan router.

Selanjutnya masuk panel router control, klik ‘Bandwidth Control’ dan pilih ‘Control Setting’. Kemudian dapat langsung klik ‘Bandwidth Control’, klik ‘Rules List’ lalu pilih ‘New’.

Untuk membatasi satu perangkat lain saja, pilih ‘Single IP’. Jika ingin membatasi lebih dari satu perangkat, pilih ‘Range IP’.

Anda juga bisa mengatur kecepatan upload pada ‘Egress Bandwidth’ dan mengatur kecepatan download pada ‘Ingress Bandwidth’.

Langkah terakhir beri tanda centang pada opsi ‘Enable’ untuk mengaktifkan perubahan pengaturan yang dilakukan. Lalu klik ‘Save’. Pengaturan baru pada wifi sudah aktif.

akses internet

Cara Membatasi Pengguna Wifi dengan Bantuan Aplikasi

Cara lain untuk membatasi pengguna wifi adalah menggunakan aplikasi pendukung.

Penggunaan aplikasi juga mampu dalam membatasi dan memblokir perangkat lain dengan mudah.

Untuk menggunakan aplikasi pembatasan jumlah pengguna wifi tersebut, maka Anda harus mengistallnya dulu.

Beberapa aplikasi untuk mengatur jumlah pengguna wifi tersebut memiliki beragam fitur di dalamnya.

Di bawah ini akan dijelaskan apa saja aplikasi yang bisa Anda gunakan beserta penjelasan langkah-langkah penggunaan fitur untuk membatasi pengguna wifi.

P2pover

Menggunakan P2pover

P2pover adalah software yang berfungsi untuk mengatur bandwidth internet berbasis wifi atau LAN.

Untuk menjalankannya, buka aplikasi dan pilih bagian ‘System Setting’ dan pilih jenis adaptor jaringan Anda. Setelah itu, pilih menu ‘Schedule Setting’ lalu klik ‘New’. Anda bisa memberi nama di ‘Schedules Name’.

Sesudah memberi nama, pilih ‘Select All (A)’ lalu OK. Tutup menu ‘Schedule Setting’ yang masih terbuka.

Untuk mengatur kecepatan wifi, klik ‘Option’, kemudian ‘Rules Settings’, pilih ‘New’. Beri nama sesuai keinginan pada ‘Rules Name’. Langkah selanjutnya pilih Schedule yang sudah dibuat sebelumnya.

Anda juga bisa mengatur kecepatan upload dan download. Untuk mengaturnya, masuk ke bagian ‘Incoming’ untuk mengatur kecepatan download serta ke bagian ‘Outgoing’ untuk mengatur kecepatan upload menggunakan wifi. Selanjutnya langsung klik ‘Next’ dan ‘Finish’, lalu tutup menu ‘Rules Setting’.

Untuk menampilkan daftar perangkat lain yang aktif terhubung dengan jaringan wifi Anda, klik saja menu ‘Scan’ yang berlogo kaca pembesar.

Jika Anda melihat ikon komputer pada daftar perangkat, itu adalah Local Host atau jaringan Anda sendiri, berbeda dengan perangkat-perangkat lain.

Untuk mengatur setiap pengguna jaringan wifi Anda, klik bagian ‘Control All’, lalu pilih ‘Start’. Untuk memutus koneksi caranya klik kanan pada nama perangkat tertentu yang terhubung, lalu klik ‘Apply Rule to Host Selected’. Untuk memblokirnya, klik kanan pada nama perangkat lalu klik ‘Drop Host Selected’.

NetLimiter

Menggunakan Aplikasi NetLimiter

NetLimiter adalah aplikasi OS windows yang juga berfungsi mengatur bandwidth internet. Langkah awal buka aplikasi NetLimiter.

Lakukan checklist pada bagian ‘Download Limit (DL)’ dan ‘Upload Limit (UL)’. Klik juga bagian ‘KB/s’, kemudian akan muncul ‘Rules Editor’ yang dapat mengatur kecepatan wifi.

Selain itu, ‘Rules Editor’ juga bisa membatasi jumlah pengguna wifi. Caranya klik opsi ‘Limit’, lalu pilih bagian ‘Value’ untuk memasukkan batasan angka untuk jumlah pengguna wifi.

Jika sudah, langkah terakhir klik ‘Save’ untuk menyimpan pengaturan terakhir yang telah dilakukan.

Keunggulan aplikasi NetLimiter ini adalah dapat diatur secara manual pada setiap PC.

Selain itu juga dapat membatasi bandwidth internet secara global pada tiap PC client dan pada tiap aplikasi.

Aplikasi ini dapat mendeteksi dan mengontrol penuh terhadap jaringan wifi Anda sehingga memiliki tingkat  keamanan yang cukup tinggi.

Namun, kelemahan aplikasi NetLimiter ini yaitu penyetingannya yang cukup rumit daripada aplikasi pembagi bandwidth internet yang lain.

Pembatasan jaringan internet terkadang juga tidak berjalan sesuai keinginan atau sering mengalami error dalam sistemnya.

netcut

Menggunakan Aplikasi Netcut

Netcut adalah software untuk mengatur jaringan internet berdasarkan ARP (Address Resolution Protocol).

Keunggulan aplikasi satu ini adalah saat Anda membuka aplikasi, maka pada menu utama akan otomatis menampilkan perangkat lain apa saja yang terhubung dengan jaringan wifi.

Anda bisa memutuskan satu per-satu perangkat lain yang mengakses wifi Anda. Caranya yaitu dengan menggeser bagian kiri tombol ‘Scroll’, kemudian pilih perangkat yang ingin diputus koneksinya.

Perangkat lain yang sudah Anda centang akan terputus dan terblokir otomatis.

Sedangkan untuk memutuskan koneksi semua perangkat lain yang terhubung dengan wifi, caranya mudah saja.

Anda perlu mengklik tombol ‘Cut Off All’, maka otomatis semua perangkat lain yang sudah di checklist akan otomatis tidak terhubung lagi dengan jaringan wifi.

Lalu bagaimana jika ingin kembali menghubungkan semua perangkat? Anda bisa mengembalikan pengaturannya pada tombol Scroll berwarna biru pada bagian awal aplikasi.

Caranya yaitu klik ‘Resume All’, setelah itu semua perangkat lain akan dapat terhubung kembali dengan jaringan wifi.

Untuk membuat jaringan wifi tetap stabil, beberapa cara membatasi pengguna wifi di atas dapat dicoba sebagai solusinya.

Penggunaan wifi yang tidak dibatasi akan menimbulkan kerugian, yaitu mempengaruhi kecepatan atau koneksi wifi. Di sisi lain, wifi akan sangat mudah dibobol.

Setiamah Setya

Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *