Tutorial

Mudah! Ini Panduan Cara Membatalkan Pinjaman di Akulaku

Saat hendakmengajukan pinjaman di Akulaku, tidak sedikit pengguna yang berubah pikiran, baik itu mengubah nominal atau membatalkan. Terkait cara membatalkan pinjaman di Akulaku sebenarnya tidak terlalu sulit asalkan tahu ketentuan dan langkah-langkahnya yang akan dijelaskan pada kali ini.

Syarat Mengajukan Pembatalan Pinjaman

Seperti telah disebutkan di bagian sebelumnya, untuk membatalkan pinjaman ada ketentuan yang perlu dipahami. Tidak sedikit pengguna yang kurang memperhatikan sehingga pengajuan untuk pembatalan kerap ditolak. Berikut ini adalah beberapa ketentuannya.

Pinjaman Belum Telanjur Disetujui

Ketika mengajukan pinjaman, pengguna akan diminta mengisi beberapa data diri dengan lengkap seperti nama, nomor telepon, email, dan sebagainya. Untuk melakukan verifikasi data tersebut, sistem setidaknya membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 3 hari.

Di rentang waktu ini, pengguna masih memiliki kesempatan untuk membatalkan pengajuan pinjaman apabila belum disetujui. Oleh karena itu, waktu terbaik pembatalan dilakukan adalah sesaat setelah pengisian data diri atau maksimal dua hari.

Apabila pihak Akulaku sudah telanjur menyetujui, maka peminjam harus tetap menerimanya. Tak hanya itu saja, kewajiban untuk membayar cicilan juga sudah mulai berlaku sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati sebelumnya.

Pengajuan Belum Tercatat Sistem

Sistem pada Akulaku membutuhkan maksimal 30 menit dalam memproses pengajuan pinjaman oleh penggunanya. Di rentang waktu ini, silakan manfaatkan sebaik mungkin terutama apabila ingin membatalkan pinjaman karena alasan tertentu.

Bahkan, untuk kasus tertentu, sistem akan mencatat pengajuan hanya dalam waktu beberapa menit saja. Biasanya ketika data sudah masuk ke sistem, pengguna tidak dapat membatalkan kecuali terdapat alasan-alasan khusus.

Dana Belum Masuk Rekening

Dana Belum Masuk Rekening dari akulaku

Selanjutnya, ketika dana yang diajukan sudah masuk ke rekening nasabah, maka pinjaman tersebut sudah tidak dapat dibatalkan. Satu-satunya yang bisa dilakukan adalah menerimanya dan melunasi secepatnya agar masa pembayarannya berkurang.

Hanya saja, pihak Akulaku menerapkan peraturan bahwa pelunasan yang dipercepat akan dikenakan biaya tambahan. Biaya tambahan ini dapat berupa denda pelunasan dipercepat atau bunga berjalan. Jadi, harap berhati-hati dan pertimbangkan terlebih dahulu sebelum memproses seluruh pengajuan.

Persiapan Sebelum Mengajukan Pembatalan

Setelah mengetahui ketentuan di atas, masih ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Untuk lebih jelasnya, silakan simak pembahasan berikut.

Menyiapkan Alasan

Ini merupakan hal yang paling penting untuk dipersiapkan. Terdapat banyak faktor yang mungkin menyebabkan seseorang berubah pikiran setelah memutuskan mengajukan pinjaman. Faktor atau alasan ini harus dipersiapkan sebaik mungkin.

Nantinya, pihak Akulaku akan mempertimbangkan alasan yang melatarbelakangi pengajuan pembatalan pinjaman. Apabila alasan tersebut dianggap logis dan kuat, maka proses pembatalan bisa segera dilakukan. Jadi, sebaiknya tuliskan alasan dengan detail dan runut.

Akan tetapi, ketika alasan yang diberikan kurang penting atau tidak kuat, maka bisa jadi pengajuan pembatalan akan ditolak. Apabila ini terjadi, maka peminjam harus tetap menerima pinjaman dan membayar sesuai kesepakatan sebelumnya.

Menyiapkan Biaya

Bisa dikatakan bahwa pembatalan ini merupakan salah satu bentuk pelanggaran terhadap prosedur pinjaman. Oleh karena itu, nasabah yang ingin membatalkan pinjaman perlu membayar sejumlah biaya. Terkait besarnya, pihak Akulaku tidak menyebutkan secara pasti.

Hal tersebut dikarenakan denda atau biaya pembatalan tergantung dari jumlah pinjaman yang diajukan. Untuk lebih jelas terkait hal ini, nasabah bisa menghubungi bagian customer service dan menceritakan kronologi dengan baik agar mendapatkan jawaban memuaskan.

Memahami Ketentuan yang Berlaku

Terakhir adalah pastikan untuk memahami ketentuan yang berlaku untuk membatalkan pinjaman seperti di bagian sebelumnya. Untuk beberapa kasus, nasabah memang sudah tidak membatalkan pengajuan terlebih jika data sudah masuk dan diverifikasi.

Cara Melakukan Pembatalan Pinjaman

Untuk melakukan pembatalan, ada beberapa metode yang bisa digunakan. SilaHkan pilih cara mana yang paling cocok dengan kondisi saat ini. Sebagai contoh, gunakan metode panggilan telepon apabila ingin mendapatkan respons lebih cepat atau gunakan email jika tidak memiliki pulsa.

Melakukan Panggilan ke Call Center

Cara yang pertama adalah melakukan panggilan ke bagian call center. Call center merupakan bagian yang bertugas melayani konsumen seperti menjawab pertanyaan tertentu atau menerima pengaduan. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Hubungi nomor call center yang terdapat di website resmi atau aplikasi Akulaku
  • Setelah tersambung, sampaikan untuk melakukan pembatalan
  • Untuk hasil lebih baik, perkenalkan diri terlebih dahulu dengan singkat
  • Pihak Akulaku akan melakukan konfirmasi data diri terlebih dahulu
  • Jawab seluruh pertanyaan yang diberikan oleh pihak Akulaku
  • Pastikan untuk menjawab sebenar-benarnya
  • Setelah data diverifikasi, pengajuan akan diproses
  • Pembatalan pengajuan pinjaman membutuhkan waktu beberapa hari
  • Apabila lebih dari waktu yang diperkirakan tidak ada respons, silakan hubungi call center kembali
  • Untuk respons lebih cepat, lakukan panggilan di waktu kerja, yakni pukul 8 pagi sampai 3 sore

Menghubungi Lewat Email

Kelebihan cara pertama adalah mendapatkan respons yang lebih cepat. Akan tetapi, cara tersebut mungkin tidak bisa dilakukan karena beberapa provider akan mengenakan tarif pulsa. Oleh karena itu, salah satu alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan mengirimkan email. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pastikan sudah mempunyai email aktif
  • Siapkan pesan pengajuan pembatalan dengan jelas, detail, dan singkat
  • Kirimkan pesan ke alamat email resmi Akulaku sesuai tercantum di website
  • Untuk mendapatkan respons lebih cepat, kirimkan email di waktu kerja
  • Periksa status pengajuan di aplikasi Akulaku secara berkala
  • Terus cek hingga keterangan pinjaman berubah status menjadi Berhasil Dibatalkan
  • Apabila telah melebihi batas waktu namun pengajuan gagal, silakan hubungi pihak Akulaku kembali
  • Sampaikan pesan yang berisi telah mengajukan pembatalan dengan alasan tertentu namun belum mendapatkan konfirmasi
  • Apabila pengajuan diterima, maka status akan berubah menjadi Berhasil Dibatalkan

Menghubungi Media Sosial Akulaku

Menghubungi Media Sosial Akulaku

Akulaku juga memiliki beberapa kanal sosial media yang bisa digunakan untuk berkomunikasi, salah satunya adalah mengajukan pembatalan pinjaman. Cara ini tergolong praktis karena bagian admin sosial media cukup aktif sehingga kemungkinan respons yang didapatkan lebih cepat.

  • Buka kanal sosial media resmi Akulaku
  • Sampaikan pesan berisi pengajuan pembatalan pinjaman
  • Pihak admin akan membalas pesan tersebut
  • Ikuti seluruh instruksi yang diberikan
  • Jika diterima, maka admin akan membantu seluruh proses pengajuan pembatalan 

Mendatangi Kantor Akulaku

Cara terakhir adalah dengan datang langsung ke kantor Akulaku. Akan tetapi, metode ini hanya bisa dilakukan apabila nasabah berlokasi di dekat kantor pusat atau cabang Akulaku. Jika tidak, maka lebih baik gunakan metode online seperti telah dijelaskan sebelumnya.

Untuk melakukannya, pertama silahkan cari alamat kantor Akulaku terdekat, baik survei secara langsung atau menggunakan bantuan Google Maps. Setelah itu, kunjungi kantor tersebut di hari dan jam kerja. Ketika berada di lokasi, sampaikan kepada petugas atau satpam untuk menghubungi customer service.

Sampaikan pengajuan pembatalan dengan jelas beserta alasannya. Apabila alasan tersebut masuk akal dan masih ada kemungkinan pembatalan bisa dilakukan, maka customer service akan membantu mulai dari persiapan hingga proses membatalkan.

Jadi, itulah tadi beberapa cara membatalkan pinjaman di Akulaku. Bisa dikatakan bahwa sebenarnya proses ini sangat mungkin dilakukan asalkan masih sesuai ketentuan yang berlaku. Terlepas dari itu, tetap akan lebih baik untuk mempertimbangkan matang-matang terlebih dahulu sebelum mengajukan pinjaman.

Setiamah Setya

Setiamah Setya, merupakan lulusan jurusan teknik informatika dari Universitas IAIN Tulungagung di Jawa timur, mendalami dunia tulis sejak masih duduk di semester satu, pernah menulis selama 3 tahun di perusahaan internet service provider dan juga copywriting untuk berbagai project freelance untuk berbagai produk Kini setelah . Tertarik dengan penulisan konten SEO dengan gaya penulisan yang nyaman dibaca dengan spesialis topik tentang dunia teknologi seperti tutorial tips, komputer hingga berbagai macam pembahasan seputar tips android.

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button