Tutorial

Intip Cara Membatalkan Pesanan di Akulaku Langsung Berhasil!  

Akulaku bukan hanya solusi untuk cicilan belanja tapi juga tempat belanja dengan banyak toko berkualitas. Namun jika salah beli tentu kamu ingin membatalkan pesanan. 

Banyak yang tidak tahu soal cara membatalkan pesanan di Akulaku. Akhirnya kamu pun harus menerima pesanan belanjaan yang mungkin salah dibeli. 

Tidak perlu khawatir, karena kamu sekarang bisa membatalkan pesanan kapan saja diinginkan. Bagaimana cara lengkapnya simak dulu selengkapnya. 

Apakah Pesanan Akulaku Bisa Dibatalkan? 

Masih banyak yang tidak tahu bahwa kamu yang terlanjur melakukan pemesanan di Akulaku bisa membatalkannya. 

Hal ini sebenarnya juga berlaku pada aplikasi e-commerce yang lainnya. Semua pesanan bisa dibatalkan dan uang akan dikembalikan jika kamu sudah membayarnya. 

Jadi kamu yang mungkin berubah pikiran untuk membeli bisa memutuskan untuk mengubah pesanan atau membatalkannya. 

Begitu juga kamu yang ternyata salah membeli namun sudah terlanjur checkout. Kamu yang mencoba melihat ke menu pesanan di aplikasi dapat melihat menu pembatalan. 

Jika klik menu tersebut maka akan diarahkan untuk ke tahapan pembatalan pesanan. 

Apa Saja Syarat dan Ketentuan Pembatalannya? 

Apa Saja Syarat dan Ketentuan Pembatalannya

Tentu saja untuk bisa membatalkan kamu harus memenuhi syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan terlebih dahulu oleh Akulaku. 

Pasalnya jika tidak ada aturan khusus maka akan sulit untuk mengendalikan jumlah pembatalan. Banyak seller yang akan rugi karena hal ini. 

Oleh karena itu kamu yang ingin membatalkan pesanan harus memperhatikan beberapa syarat dan ketentuannya berikut ini. 

  • Waktu Pembayaran 

Akulaku menyediakan sistem pembayaran 1X24 jam. Dalam masa waktu tersebut kamu harus melakukan pembayaran tepat waktu. 

Jika tidak maka pesanan akan otomatis dibatalkan dan seller akan mendapat notifikasinya. Jadi kamu yang tidak jadi membeli tinggal tidak perlu menyelesaikan transaksi saja. 

Namun, kamu akan mendapat notifikasi terus menerus dari Akulaku untuk melakukan pembayaran. Jika sudah melewati masa tunggu maka notifikasi akan berhenti sendiri. 

  • Belum Ada Proses dari Penjual 

Lalu bagaimana jika ternyata kamu sudah melakukan pembayaran dalam waktu 1X24 jam tersebut? Jangan khawatir, karena kamu masih bisa membatalkannya. 

Hanya saja ada catatan yang diperhatikan yaitu seller belum melakukan proses penjualan meskipun sudah menerima. 

Seller juga sebaiknya belum mengirimkan barang yang kamu pesan tersebut. Jika ini kasusnya maka kamu masih bisa membatalkan pesanan. 

Begitu juga dengan seller yang mungkin tidak kunjung melakukan proses pengiriman. Maka hal ini juga bisa jadi alasan kamu membatalkannya. 

  • Stok yang Kosong 

Beberapa seller mungkin saja lupa untuk input produk yang mereka miliki. Sehingga ketika kamu memesan ternyata barang tersebut kosong. 

Apabila ini masalahnya maka kamu masih bisa membatalkannya. Kamu akan mendapat pesan dari chat di Akulaku oleh seller yang menjelaskan bahwa barang tersebut kosong. 

Biasanya seller akan menawarkan alternatif barang lain yang mirip atau justru menyarankan kamu untuk membatalkan pesanan tersebut. 

Cara Batalkan Pesanan di Akulaku yang Belum Dibayar 

Secara umum ada dua pilihan pembatalan yang bisa kamu lakukan yaitu ketika barang sudah dibayar dan belum. 

Pada pembatalan yang pertama ini adalah kasus di mana kamu belum membayarnya. Di awal tadi sudah dijelaskan jika kamu tidak membayar 1X24 jam maka barang akan dibatalkan otomatis. 

Pembatalan akan dilakukan oleh sistem Akulaku terhitung dari waktu pemesanan awal. Jadi yang perlu kamu lakukan hanyalah menunggu pembatalan. 

Jika sudah tidak ada pesanan lagi maka pada bagian menu pesanan tidak akan muncul pesanan baru kamu yang belum dibayar. 

Meskipun sudah dibatalkan namun pesanan ini akan berada di riwayat pesanan dengan status tidak dibayar. 

Membatalkan Pesanan di Akulaku yang Sudah Dibayar Belum Dikirim 

Bagaimana jika ternyata kamu sudah membayar pesanan dan berubah pikiran untuk tidak lagi menginginkan barang tersebut? 

Pada saat mengecek pesanan maka statusnya masih belum dikirim oleh seller. Jika hal ini adalah kasusnya maka kamu bisa melakukan langkah ini. 

  • Menghubungi Seller 

Kamu perlu menanyakan status pesanan apakah barang sudah dikirim atau belum oleh seller. Pasalnya belum ada informasi bahwa barang sudah dikirimkan. 

Tunggu jawaban dari seller, apabila sudah dikirim maka kamu bisa menunggu barang sampai. Jika belum kamu bisa melanjutkan ke langkah berikutnya ini. 

  • Membatalkan Pesanan 

Kamu masih memiliki kesempatan untuk membatalkan pesanan dan uang akan kembali. Caranya buka akun Akulaku yang kamu miliki. 

Lanjutkan dengan ke menu Pesanan Saya kemudian klik Siap Dikirim. Kamu bisa melanjutkan klik pesanan yang ingin dibatalkan. 

Pilih menu Detail dan klik Pengembalian Dana kemudian klik Hanya Refund. Maka sistem otomatis akan membatalkan pesanan selama pesanan belum dikirimkan. 

Proses refund ini akan membutuhkan beberapa hari dan uang yang kamu pakai tadi akan masuk ke saldo Akulaku. Baru kamu bisa menariknya ke rekening. 

Bagaimanakah Membatalkan Pesanan di Akulaku yang Sudah Dibayar dan Dikirim? 

Membatalkan Pesanan di Akulaku yang Sudah Dibayar dan Dikirim 

Tidak sedikit juga pengguna Akulaku yang ingin membatalkan pesanan namun posisi barang sudah dikirimkan atau dalam perjalanan. 

Kasus seperti ini sangat sering dan yang bisa kamu lakukan adalah menunggu barang sampai. Siapa tahu setelah sampai kamu akan menyukai barang tersebut. 

Apabila setelah melihat atau kamu justru tidak membukanya sama sekali karena tidak berminat maka masih bisa melakukan pengembalian barang dan uang. 

Kamu perlu mengakses menu refund dan retur untuk mengembalikan barang tersebut. Berikut ini langkah yang bisa dilakukan.

  • Membuka Rincian Pesan 

Pertama-tama buka aplikasi Akulaku dan login ke akun. Kamu bisa pilih menu Pesanan dan cari Rincian Pesanan yang sudah dilakukan. 

Lakukan hal ini ketika kamu sudah menerima barang dan klik pesanan diterima. 

  • Meminta Refund 

Kamu sudah melepaskan uang ke pembeli dan saatnya untuk meminta refund. Caranya bisa klik pada kolom produk kemudian pilih Ajukan Refund di bagian bawah sendiri. 

Apabila kamu sudah klik menu tersebut maka akan muncul alasan mengapa kamu ingin refund dan juga retur barang. 

Konfirmasikan alasannya dan pilih lanjutkan untuk masuk ke proses selanjutnya. Terakhir klik Konfirmasi. 

  • Mengirimkan Barang Kembali 

Kamu akan diminta untuk mengirimkan barang yang diterima kembali ke alamat seller. Minta informasinya melalui chat. 

Setelah mengirimkan barang dan diterima oleh seller maka kamu bisa mendapatkan refund sampai dengan 7 hari kerja berikutnya. 

Kamu yang ingin meminta refund akan lebih baik untuk chat terlebih dahulu ke seller. Tentu saja harus disertai dengan alasan yang jelas. 

Misalnya barang yang sampai tidak sesuai pesanan atau ada beberapa bagian yang rusak. Komplain ini tentu saja harus sesuai dengan ketentuan toko. 

Mengingat ada juga beberapa seller yang tidak menerima pembatalan. Jika melakukannya kamu akan mendapat konsekuensi mendapat blacklist. 

Jadi cara membatalkan pesanan di Akulaku ini paling aman dilakukan jika kamu belum melakukan pembayaran. 

Menghindari kesalahan beli, akan lebih aman jika kamu bijak pada saat berbelanja. Pikir ulang apakah barang tersebut benar-benar kamu butuhkan. 

Yuliarti Swan

Yuliarti Swan, lulusan jurusan televisi dari ISI Jogja yang mendalami dunia tulis menulis sejak awal kuliah. Pernah menjadi staf marcomm selama 4 tahun dan kini berprofesi sebagai freelance Content dan Copywriter. Topik yang sering tulis saya sehari-hari saat ini antara lain teknologi, gaya hidup, dan keuangan. Saat ini saya bekerja sebagai freelance content di salah satu portal teknologi yang membahas secara detail mengenai tutorial, tips dan gadget.

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button