cara mematikan last seen whatsapp
Tutorial

Cara Mematikan Last Seen WhatsApp Pada Android dan iPhone

Semakin berkembangnya teknologi komunikasi, kadang membuat kita menjadi tidak punya privasi. Karena hampir seluruh informasi kita bisa didapatkan dengan mudah oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab.

Salah satu teknologi komunikasi yang biasanya kita pakai sehari-hari untuk bertukar pesan adalah WhatsApp. Aplikasi ini sudah digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. 

WhatsApp memiliki fitur yang bisa menjaga privasi kita. Cara mematikan last seen WhatsApp adalah salah satu fitur keunggulan dari aplikasi chatting ini. 

Kadang kita merasa terganggu ketika ada orang lain yang begitu banyak mengirim pesan. Padahal kita sedang tidak ingin diganggu.

Bisa dibayangkan mereka akan terus-terusan kirim pesan karena melihat last seen WhatsApp kita. Padahal kita sedang tidak ingin balas chat atau tidak ingin buka WhatsApp. 

Artikel kali ini akan membahas bagaimana cara mematikan last seen WhatsApp kita. Agar privasi kita bisa lebih terjaga. 

Sebelum beralih pada tutorialnya, simak dulu apa saja fitur yang ditawarkan WhatsApp pada menu last seen. 

Fitur-fitur Pada Menu Last Seen WhatsApp 

Ketika kamu masuk dalam pengaturan WhatsApp, kamu akan menemukan beberapa fitur pada menu last seen. Fitur ini menjadi keistimewaan pada aplikasi WhatsApp. 

Kamu tidak perlu lagi khawatir privasi kamu akan diganggu. Karena fitur last seen ini memberikan pilihan yang menguntungkan penggunanya.

Kamu tidak perlu menyembunyikan “last seen” kamu pada semua orang. Atau jika kamu ingin menghindari orang tertentu, kamu bisa memasukkan orang tersebut dalam kategori orang yang tidak bisa melihat last seen.

Lalu apa saja fitur yang ditawarkan WhatsApp untuk menonaktifkan last seen? Berikut daftarnya:

  • Semua Orang/ Everyone

Jika kamu klik pada pilihan “Tidak ada/None” maka kamu tidak menyembunyikan last seen kepada siapa pun. Kamu mengizinkan semua orang untuk melihat kapan terakhir kamu online di WhatsApp.

  • Kontak Saya / My Contacts

Jika kamu memberikan pilihan pada kotak kamu saja yang bisa melihat kapan terakhir kamu online. Maka kamu bisa pilih opsi “kontak saya / my contacts”. 

  • Tidak ada/ Nobody

Cara matiin last seen WA ini yang paling sering digunakan. Pada opsi ini artinya kamu tidak mengizinkan siapapun untuk melihat kapan terakhir kali kamu online. 

Pilihan ini paling tepat jika kamu ingin menjaga privasi. Karena tidak ada satupun yang bisa melihat kapan terakhir kali kamu online.

Ketika kamu menonaktifkan fitur last seen, tidak hanya kapan waktu terakhirmu online disembunyikan. Namun ketika kamu membuat WhatsApp story, maka WhatsApp hanya akan memberikan keterangan berapa saja orang yang sudah melihat statusmu.

Manfaat Mematikan Last Seen WhatsApp

Jika kamu adalah orang yang sibuk, maka mematikan last seen WhatsApp adalah salah satu cara untuk beristirahat. Pasalnya jika tidak dimatikan, maka orang-orang akan banyak mengirimkan pesan.

Apalagi jika kamu sedang ingin beristirahat. Tentunya membalas WhatsApp adalah hal yang mengganggu waktu istirahat.

Ada beberapa keuntungan jika kita mematikan last seen WhatsApp:

  • Privasi lebih terjaga
  • Tidak semua orang bisa melihat kapan terakhir kamu online WhatsApp
  • Menghindari orang tidak dikenal
  • Bisa menghindari chat dari orang-orang tertentu
  • Bisa lebih menikmati waktu

Memang terlihat sangat sederhana, tapi kamu bisa merasakan perubahan dalam kehidupanmu ketika kamu bisa menjaga privasi. 

Apalagi jika kamu ingin menikmati waktu sendiri. Rasanya jangan sampai ada orang yang ingin mengganggu waktu istirahatmu. 

WhatsApp juga memberikan fitur-fitur lainnya untuk menjaga privasi. Kamu bisa mengatur siapa saja yang boleh melihat foto profilmu.

WhatsApp akan memberikan pilihan untuk siapa saja dan untuk orang-orang yang ada di kontakmu. Jika foto profilmu tidak ingin disalahgunakan oknum tidak bertanggung jawab, kamu bisa mengaktifkan fitur foto profil hanya untuk kontak saja. 

Begitu pula dengan WhatsApp story. Kita bisa setting siapa saja yang boleh menonton WhatsApp story kita. 

Sama seperti halnya Instagram, fitur ini ternyata sangat membantu kita jika ingin menghindari seseorang.

Inilah Cara Mematikan Last Seen Whatsapp Android

Setelah membahas beberapa fitur yang dimiliki menu last seen WhatsApp, kini kita belajar bagaimana caranya untuk menyembunyikan status last seen kita.

Tentunya kita ingin privasi WhatsApp kita lebih aman. Jadi salah satu caranya adalah dengan menonaktifkan fitur last seen.

Ada beberapa cara menonaktifkan fitur last seen pada WhatsApp. Cara ini bisa digunakan oleh handphone Android, iPhone atau GBWhatsApp.

Berikut cara mematikan last seen di WhatsApp:

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Lalu pilih icon titik tiga di pojok kanan atas dan pilih menu “Settings”
  • Akan muncul tampilan seperti ini

  • Jika sudah muncul tampilan seperti ini, kamu bisa pilih menu “Account” 
  • Jika sudah di klik maka akan muncul tampilan seperti ini

  • Jika sudah muncul tampilan seperti ini, kamu bisa pilih menu “Last Seen”
  • Selain kamu bisa mengatur siapa saja yang tidak boleh melihat last seen, kamu juga bisa mengatur siapa saja yang tidak boleh melihat foto profilmu, bio WhatsApp dan status WA kamu. 
  • Setelah kamu klik pada menu “last seen” maka akan muncul tampilan seperti ini

  • Itulah fitur last seen yang tadi diatas sempat kita bahas.
  • Kamu tinggal pilih siapa saja yang tidak boleh melihat kapan terakhir kali kamu online. 
  • Jika sudah di klik, maka pengaturan otomatis sudah berubah

    Cara Mematikan Last Seen Whatsapp Iphone

Itulah cara mematikan last seen WhatsApp di handphone Android. Lalu bagaimana jika kita memakai iPhone? Sebenarnya caranya tidak jauh berbeda.

Karena pada dasarnya mengatur last seen WhatsApp ada pada pengaturan “accounts”. Berikut ini adalah cara mematikan last seen pada IPhone:

  • Buka aplikasi WhatsApp dan cari menu “settings”
  • Kamu bisa pilih menu “accounts” untuk mencari fitur last seen.
  • Setelah itu kamu bisa pilih menu “privasi”
  • Maka akan muncul tampilan yang sama persis dengan tampilan pada handphone Android.
  • Kamu bisa pilih opsi last seen yang tersedia yaitu Everyone, My Contacts dan Nobody.

Caranya sama bukan dengan menonaktifkan last seen di handphone android? Silahkan coba di handphone kamu. 

Itulah cara mematikan last seen WhatsApp di handphone Android dan IPhone. Semoga langkah-langkah diatas bisa bermanfaat untuk Sahabat Tedas.id

Dika Permana
Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

    Comments are closed.