Beragam Cara Mematikan Laptop Benar dan Mudah

Artikel terakhir diperbaharui 20-02-2021 oleh Aldy Amrillah

Cara Mematikan Laptop – Sebuah kesalahan jika kamu mematikan laptop atau komputer langsung melalui tombol power. Bahkan walaupun komputer dan laptop memiliki masalah seperti blue screen atau not responding, kamu harus sabar menunggu.

Bertindak gegabah bisa menimbulkan kerusakan pada laptop atau komputer kamu. Oleh karena itu kamu harus tahu bagaimana cara mematikan laptop yang benar. Yuk cari tahu mengapa cara mematikan harus tepat dan bagaimana cara mematikannya dengan keyboard.

Mengapa Harus Mematikan Laptop atau Komputer dengan benar?

Banyak yang tidak tahu mengapa harus mematikan laptop dan komputer dengan benar. Kebanyakan ketika terjadi permasalahan yang muncul seperti nge-hang maka langsung saja mencabut kabel atau menekan tombol power.

Sebelum gegabah menekan tombol power, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa yang akan terjadi pada komputer jika dimatikan secara paksa. Perhatikan tips berikut:

1. Fan tidak bekerja dengan semestinya

Fan akan bekerja dua kali lebih cepat ketika dimatikan melalui proses yang benar. Tapi jika dimatikan dengan cara yang salah maka fan tidak akan bekerja sebagai pendingin. Jika dilakukan terus menerus akan membuat prosesor cepat rusak.

2. Merusak memori komputer

Kerusakan juga akan terjadi pada sistem memori laptop. Jika dimatikan secara langsung, maka sistem memori tidak akan dikosongkan dengan benar. Lama kelamaan memori bisa rusak atau hilang.

3. Merusak hard disk

Hard disk akan bekerja untuk menyimpan data dari perintah prosesor dan menyalinnya ke dalam registrasi komputer. Kemudian hard disk akan kembali pada posisi awal atau tidak membaca hard disk. Jika tidak dimatikan dengan benar maka penyimpanan data tidak akan berjalan baik.

cara mematikan laptop dengan keyboard

4. Pemutusan arus daya

Tahukah kamu bahwa dengan cara shutdown yang tepat akan membuat pemutusan arus daya dengan normal.

Tapi jika dicabut langsung dari power, maka arus listrik bisa menimbulkan kerusakan pada hardware laptop.

Intinya jika kamu salah dalam proses shutdown atau tidak dilakukan dengan benar, maka kerusakan pada komponen laptop bisa terjadi.

Inilah salah satu alasan mengapa ada banyak komputer yang cepat rusak pada area rumah yang sering mati listrik.

Mengenal Fungsi Shut down, Sleep dan Restart

Sebelum masuk ke prosedur mematikan laptop, kamu harus tahu apa saja fungsi dari masing-masing menu yang tersedia.

Biasanya pada saat kamu klik menu Power dari Windows maka akan muncul beberapa pilihan menu yaitu Shutdown, Sleep dan Restart.

Masing-masing menu tersebut memiliki fungsi untuk mematikan laptop namun sedikit berbeda.

Apa perbedaanya dan bagaimana cara menggunakannya dengan keyboard, ikuti langkah berikut ini.

1. Mengenal apa itu Shut down

Arti dari shutdown adalah mematikan komputer secara total. Melalui langkah ini laptop akan memutus aliran listrik secara total. Dengan begitu laptop juga akan beristirahat dengan efisien.

Jika menggunakan mouse, langkah yang bisa diikuti adalah klik Start > Power > Shut down. Maka proses mematikan akan langsung dimulai. Langkah ini sama caranya pada Windows 7, 8, Vista atau 10.

Sedangkan untuk mematikan melalui keyboard kamu hanya perlu menekan Menu+D kemudian tekan tombol ALT+F4. Kemudian pilih menu Shutdown dan pilih OK. Maka proses sudah selesai.

2. Mengenal apa itu Sleep Mode

Jika shutdown artinya mematikan secara total aliran listrik ke dalam laptop, maka berbeda dengan sleep mode.

Jika kamu memilih menu ini, maka aliran listrik dalam laptop akan terus digunakan walaupun dalam tegangan yang rendah.

Itulah sebabnya laptop mungkin saja dalam keadaan mati tetapi baterai tiba-tiba habis. Jika memilih menu ini, nantinya ketika laptop dinyalakan kembali maka prosesnya akan lebih cepat.

Penggunaan sleep mode ini sebaiknya pada saat kamu hanya ingin beristirahat sebentar dan hendak menggunakan laptop dalam waktu dekat. Untuk cara mematikannya sebenarnya juga mudah.

Tinggal masuk ke menu Start > Power > Sleep, maka laptop akan langsung masuk ke mode Sleep. Jika ingin masuk mode Sleep dengan keyboard maka langkahnya adalah tekan Menu + D, kemudian tekan ALT + F4 dan pilih menu Sleep.

Laptop akan langsung masuk ke mode Sleep dan terlihat seperti mati, tapi sebenarnya tidak. Jika ditekan tombol power maka akan langsung menyala.

cara mematikan laptop asus

3. Mengenal apa itu Restart 

Restart adalah kondisi di mana laptop dimatikan secara paksa seperti shutdown, hanya saja laptop akan menyala kembali. Fungsi dari restart adalah penyegaran untuk mengosongkan prosesor, RAM dan ROM.

Khususnya ketika laptop terjadi crash, error dan lainnya. Cara kerjanya adalah dengan mengirimkan sinyal mati-hidup pada sistem.

Sehingga semua aktifitas yang sedang berjalan akan langsung berhenti. Nanti setelah laptop kembali menyala maka sistem akan bekerja lebih ringan.

Jika kamu menggunakan PC maka cara mematikannya cukup dengan menekan tombol restart. Hal ini berbeda dengan laptop. Untuk masuk ke proses restart, perlu pilih menu Start > Power > Restart. Maka proses akan berjalan.

Sedangkan untuk menggunakan keyboard, masuk proses restart adalah tekan Menu + D kemudian tekan ALT + F4. Pilih menu restart dan proses akan berjalan.

5 Cara Mematikan Laptop Menggunakan Keyboard

Mouse adalah bagian laptop atau komputer yang sangat penting. Dengan adanya mouse maka pengoperasian komputer akan lebih mudah. Mouse juga berperan penting untuk mematikan laptop dengan cara normal.

Tapi bagaimana jika ternyata tidak tersedia mouse atau kebetulan sedang rusak? Kamu harus bisa menggunakan keyboard untuk mematikan laptop atau komputer dengan cara yang benar.

Ada keuntungan cara mematikan laptop dengan keyboard , bahkan jika mouse tidak mengalami kerusakan. Cara mematikan dengan komputer bisa lebih singkat yaitu dengan sekali tekan tombol saja.

Sepuluh cara mematikan laptop bisa kamu ikuti dengan mudah. Pastinya cara mematikannya aman dan tidak sulit. Berikut ini beberapa macam caranya.

1. Menggunakan ALT+F4

Langkah pertama yang bisa diikuti adalah dengan menekan tombol ALT dan F4 secara bersamaan. Untuk mulai mematikan, pastikan bahwa semua data telah tersimpan. Kemudian tutup semua file atau browser yang tadi kamu buka.

Setelah itu, tekan ALT+F4 secara bersamaan menggunakan keyboard. Pada layar laptop akan muncul menu shutdown. Untuk menggunakannya, tekan Enter pada keyboard. Maka otomatis laptop akan mati.

cara mematikan laptop lenovo

2. Menggunakan CTRL+ALT+DEL

Jika cara pertama kamu masih merasa kesulitan maka bisa mengikuti langkah ini. Cara mematikan laptop dengan keyboard yang kedua ini bisa dilakukan ketika laptop mengalami macet.

Tujuannya agar laptop kembali dapat digunakan maka bisa menggunakan langkah ini. Caranya hampir sama yaitu tekan tombol CTRL+ALT+DEL secara bersamaan di keyboard. Kemudian akan muncul pilihan menu windows di pojok kanan bawah.

Klik kursor pada keyboard hingga masuk ke menu shutdown baru tekan Enter. Setelah itu, laptop akan masuk proses shutdown. Biasanya semua file yang terbuka atau browser akan langsung dimatikan terlebih dahulu sebelum shutdown berjalan.

3. Menggunakan tombol Windows

Langkah ketiga adalah dengan menekan tombol Windows pada keyboard. Cara ini juga akan memunculkan menu Windows pada pojok sebelah kiri bawah layar laptop. Cara ini bisa dilakukan jika laptop dalam keadaan normal.

Untuk memulai, hilangkan semua file dan browser yang terbuka. Kemudian lanjutkan dengan tekan tombol Windows di keyboard. Maka akan muncul menu Windows dan tekan kursor pada keyboard untuk masuk ke menu shut down.

Jika sudah terdapat pada menu shutdown, tekan Enter dan proses mematikan akan segera berjalan.

4. Mematikan Windows Xp

Langkah yang keempat ini dilakukan untuk laptop yang masih menggunakan Windows Xp. Langkah-langkahnya adalah pertama tekan tombol Windows di keyboard.

Kemudian ketik U dan U dan laptop akan masuk ke proses shutting down. Cara ke empat ini biasanya digunakan untuk laptop yang sering mengalami hang.

5. Menggunakan CMD

Cara mematikan laptop dengan keyboard selanjutnya adalah memanfaatkan Command Prompt atau CMD. Tujuanya adalah membuka terminal untuk membuat perintah pada Windows yaitu mematikan. Semua langkah ini dilakukan dengan keyboard.

Ada tiga langkah yang bisa kamu dilakukan yaitu :

  • Tekan tombol Windows+R bersamaan kemudian akan muncul kolom perintah dan ketik CMD di dalamnya. Baru tekan Enter dan pilih menu OK.
  • Maka akan muncul tab baru CMD dan ketuk di dalamnya shutdown.exe-s baru tekan Enter.
  • Perintah akan segera diproses dan laptop akan masuk dalam proses mematikan.

Waktu mematikan tentu saja berbeda-beda tergantung masalah laptop yang dimiliki. Tapi jika laptop berjalan normal maka prosesnya akan berjalan dengan lebih cepat. Bahkan dengan langkah ini kamu bisa mengatur waktu mematikan.

Caranya adalah dengan mengetik shutdown.exe -s -t 60. Maka proses shutting down akan berjalan selama 60 detik.

mematikan laptop

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Mematikan dengan Keyboard

Jika ingin mematikan laptop menggunakan keyboard maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Fungsinya agar proses mematikan berjalan dengan benar dan baik.

Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum mengikuti cara mematikan laptop yang benar.

1. Tutup semua aplikasi

Seperti yang sudah dijelaskan pada beberapa cara di atas, sebelum menekan tombol pada keyboard untuk mematikan maka semua aplikasi yang sedang berjalan harus dimatikan atau disimpan terlebih dahulu.

Dengan begitu laptop bisa dimatikan dengan lebih cepat dan kamu tidak akan kehilangan data yang mungkin saja belum disimpan. Tentu saja Anda tak ingin kehilangan file pekerjaan yang sudah dikerjakan selama beberapa hari bukan?

2. Pastikan tidak ada USB atau CD yang terpasang

Sebelum mematikan, kamu harus mencabut semua USB dan CD yang sedang terpasang. Jika masih terpasang biasanya CD dan USB akan menjadi kendala untuk mematikan laptop dengan lebih cepat.

3. Menghapus cache

Jika kamu sering menggunakan internet untuk browsing, sebaiknya segera hapus semua jejak rekam atau cache. Penumpukan file ini nantinya akan membuat laptop menjadi lemot dan sulit untuk dimatikan.

Cara menghapus cache dari riwayat browser adalah masuk ke dalam pengaturan. Kemudian lanjutkan ke proses mematikan laptop sesuai dengan beberapa langkah tadi menggunakan keyboard.

4. Biarkan laptop saat proses shutting down

Jangan pernah memaksa laptop untuk langsung ditutup padahal proses shutting down belum selesai. Oleh karena itu langkah paling tepat adalah dengan membiarkannya hingga laptop benar-benar mati.

Jika terburu-buru mematikan, maka proses shutting down tidak akan berjalan dengan sempurna. Laptop mungkin saja belum mati dan terus running walaupun kamu sudah merasa mematikannya.

5. Menyimpan laptop dengan benar

Apabila laptop sudah dimatikan, jangan lupa untuk menyimpannya dengan benar. Penyimpanan yang salah akan membuat laptop cepat rusak, misalnya terdapat barang yang terselip yang akan merusak laptop.

Kesalahan ini bisa menimbulkan pecahnya layar laptop atau keyboard yang rusak. Kerusakan ini tentu saja akan sangat merugikan pengguna.

mematikan laptop dengan keyboard

Cara Mematikan Laptop Windows 10

Rata-rata laptop saat ini sudah langsung diinstall menggunakan Windows 10. Penggunaan program ini juga sudah cukup umum, jadi jika kamu menggunakan laptop Asus atau merk lainnya, maka langkah mematikannya kurang lebih sama.

Ada beberapa cara normal yang bisa dilakukan untuk mematikan laptop yaitu dengan pilihan berikut ini:

1. Mematikan dari Menu Start

Cara mematikan laptop Asus dan merk lainnya ini bisa ditiru dengan sangat mudah. Langkahnya bisa menggunakan keyboard yaitu menekan menu Windows, tapi kali ini caranya dengan memanfaatkan mouse.

Menu yang terdapat pada Windows 10 rata-rata sama yaitu pada layar bagian bawah. Pertama klik menu Windows yang terdapat pada pojok kiri bawah layar. Setelah klik akan muncul beberapa menu dan pilihlah menu Power.

Dari situ akan muncul lagi pilih menu Shut Down, Sleep dan Restart. Kamu bisa memilih Shut Down untuk mematikan laptop. Tapi jika dalam jangka waktu dekat ingin menggunakannya kembali, cukup pilih menu Sleep.

Setelah selesai memilih menu yang tepat, maka laptop akan mati dengan sendirinya.

2. Menggunakan WinX

WinX ini disebut juga dengan Power User, yaitu sebuah fitur yang fungsinya sebagai jalan pintas dalam mempercepat akses ke berbagai fitur yang sering digunakan. Oleh karena itu, Power User ini berfungsi juga untuk mematikan laptop.

Cara menggunakannya adalah klik kanan pada Start di layar. Jika kesulitan, kamu bisa tekan menu Windows+X di keyboard, maka akan muncul Power User Menu. Setelah itu baru pilih menu Sign Out atau Shut Down.

Selesai menekan menu tersebut, laptop akan langsung masuk ke dalam tahapan shut down/mati.

3. Mengganti Tombol Power

Pada beberapa kasus seringkali pada saat menggunakan cara yang pertama tadi setelah menekan menu Power yang muncul hanya menu Shutdown saja, padahal kamu mungkin ingin memilih menu Sleep. Bagaimana cara mengubahnya?

Supaya kamu bisa mematikan sesuai dengan keinginan, maka harus masuk ke control panel untuk mengubah fungsi dari tombol Power. Berikut langkah-langkah yang bisa diikuti.

Masuk ke Control Panel, kemudian pilih menu Hardware & Sounds.
Klik menu Power & Options dan klik menu Change what the power buttons do.
Pada bagian menu When I press the power button, pilih menu Sleep menjadi Shutdown dan klik Save Change.

Maka setelah setelan berubah, kamu bisa masuk kembali ke menu Windows > Power dan pilih menu Sleep atau Shut down sesuai dengan kebutuhan.

4. Menggunakan Cortana

Microsoft mengembangkan asisten virtual bersama Cortana. Sistem ini akan membantu pengguna laptop dan memberikan perintah Shut down. Cara mematikannya pun cukup mudah.

Langkahnya adalah klik icon Mic pada bagian samping kanan di bagian menu pencarian atau Search berbentuk lingkaran. Maka pada layar akan muncul ‘’Listening …” artinya sistem sudah siap untuk mendengarkan perintah melalui suara.

Kemudian ucapkan kata Shut down dan Cortana akan bekerja mematikan sistem sesuai dengan perintah.

5. Menggunakan Win+L

Pada saat masuk ke lock screen Windows biasanya akan tampak beberapa pilihan menu di bagian pojok kanan bawah. Namun kamu perlu masuk ke menu lock screen terlebih dahulu dengan menggunakan keyboard.

Caranya tekan menu Win+L pada keyboard kemudian klik menu Power dan pilih menu Shut down. Maka laptop akan otomatis mati. Langkah ini bisa termasuk dalam cara mematikan laptop Acer atau merk laptop lainnya.

cara mematikan laptop acer

Mematikan Laptop yang Tidak Bisa di Shutdown

Seringkali ketika hendak mematikan laptop melalui menu shutdown laptop tidak bisa mati juga. Artinya laptop mengalami beberapa masalah yang harus diatasi terlebih dahulu.

Pada saat laptop hang atau mengalami masalah bisa juga menggunakan keyboard CTRL+ ALT+ DEL seperti yang dijelaskan di atas. Biasanya tab, file atau program apapun yang telah dibuka akan ditutup dengan perintah tersebut.

Namun jika langkah tersebut masih belum bisa mengatasinya, maka ada beberapa permasalahan yang biasanya harus diatasi.

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan ketika laptop tidak bisa langsung di shutdown.

1. Memperbaiki registry

Windows apapun yang digunakan harus menggunakan sistem registry yang selalu diupdate. Peranan registry ini sangat penting karena yang memberikan perintah untuk sistem operasinya.

Apabila sistemnya eror maka laptop tidak bisa dimatikan. Bagaimana cara memperbaiki sistem registry bisa dengan memanfaatkan CCleaner. Pilih menu registry untuk memperbaikinya dan setelah itu laptop bisa langsung dimatikan dengan mudah.

2. Membersihkan file sampah

Laptop biasanya tidak bisa dimatikan dengan mudah karena ada begitu banyak sampah yang tidak dibersihkan. File sampah bisa berasal dari history browser yang tidak rajin dihapus atau file pada recycle bin yang tidak dihapus sepenuhnya.

Semua program yang tidak digunakan juga bisa membuat laptop tidak bisa dimatikan. Untuk itu, kamu sebaiknya menghapus semua file yang sudah tidak digunakan. File tersebut hanya akan memenuhi hard disk.

Cara menghapusnya bisa dengan cara manual, menghapus melalui recycle bin dan membuka browser. Bisa juga menghapus file melalui aplikasi seperti CCleaner.

uninstall

3. Uninstall aplikasi yang tidak digunakan

Tak hanya file sampah, kamu juga harus uninstall aplikasi yang sudah tidak digunakan. Apalagi jika kamu sering install program berbahaya yang membawa virus. Bisa jadi program tersebut yang menjadi penyebab utama mengapa laptop tidak bisa di shut down.

Untuk uninstall program, kamu bisa masuk melalui control panel kemudian pilih menu aplikasi dan uninstall. Pilih program yang ternyata tidak bisa digunakan dan klik menu uninstall pada program tersebut.

Tunggu beberapa saat hingga semua program sudah terhapus. Baru setelahnya kamu bisa mulai shut down laptop melalui menu Power.

4. Membersihkan virus

Virus adalah salah satu penyebab utama yang seringkali merusak registry dan menimbulkan error. Apabila ketiga cara di atas sudah dicoba dan laptop tidak bisa dimatikan, maka perlu scan virus.

Gunakan anti virus terlebih dahulu untuk menghilangkan semua virus yang menginfeksi. Lanjutkan dengan langkah pertama, maka laptop bisa langsung dimatikan.

5. Merestart komputer

Komputer mungkin saja tidak bisa langsung mati walaupun virus sudah dihapus dan aplikasi sudah di uninstall. Untuk mengatasi hal ini, kamu harus merestart komputer terlebih dahulu. Tujuannya adalah supaya semua aplikasi benar-benar sudah dihapus.

Jika komputer sudah menyala normal, tunggu beberapa saat kemudian matikan kembali menggunakan proses shut down yang benar. Cara restart bisa melalui menu Power dan pilih menu restart.

6. Menginstal Ulang OS Windows

Apabila masih belum bisa dimatikan, maka langkah selanjutnya adalah menginstal ulang sistem windows.

Biasanya langkah ini perlu dilakukan jika laptop tidak bisa dimatikan berulang kali. Masalah yang kerap kali muncul ini membutuhkan install ulang sistem.

Kamu bisa juga mengganti sistemnya, jika sebelumnya hanya menggunakan Windows 7 bisa install ulang sistem Windows 8 dan 10. Pastikan bahwa hardware yang dimiliki laptop mumpuni untuk diinstal sehingga laptop tidak terlalu berat dijalankan.

7. Mengganti hardware yang rusak

Jika perbaikan melalui program masih belum juga bisa menyelesaikan masalah laptop yang sulit dimatikan, maka lakukan pengecekan pada hardware.

Untuk mengetahui manakah bagian perangkat keras yang mengalami kerusakan, sebaiknya kamu memberikannya kepada service center langsung sesuai merk.

Jangan membongkar sendiri jika kamu tidak memiliki keahlian khusus. Karena komponen di dalam laptop ukurannya sangat kecil. Salah sedikit dalam memperbaiki bisa berakibat fatal bahkan membuat laptop tidak bisa digunakan sama sekali nantinya.

Apalagi jika laptop masih memiliki garansi, sebaiknya langsung serahkan ke service center supaya tidak mendapatkan biaya tambahan untuk proses perbaikannya.

cara mematikan komputer

Tips Mematikan Laptop dengan Benar

Mengetahui cara mematikan laptop dengan benar bukan berarti semua bisa berjalan dengan lancar. Apalagi untuk laptop yang memiliki masalah seperti hang atau crash.

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan supaya nantinya laptop bisa mati dengan benar.

1. Mengetahui permasalahan yang dialami laptop

Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah mengetahui apa kerusakan yang dialami oleh laptop. Ketika laptop hang maka langkah yang harus dilakukan adalah menutup program penyebab hang.

Jika tidak bisa ditutup maka gunakan task manager untuk mengakhiri program yang sedang berjalan. Apabila kamu menggunakan CPU, maka kamu bisa langsung menekan tombol restart.

2. Menggunakan sistem untuk mematikan

Pastikan kamu menggunakan sistem untuk mematikan laptop. Hindari cara paksa dengan menekan tombol power. Kecuali setelah mencari permasalahan di atas dan masih belum bisa dimatikan baru kamu menggunakan tombol power untuk mematikannya.

Kemudian ingat untuk tidak menekan tombol power terlalu sering sebelum mencoba mematikan dengan sistem dan tidak berhasil. Terlalu sering akan mengakibatkan perangkat laptop mudah rusak.

3. Sabar menanti proses

Proses shutting down tidak bisa berjalan dengan sangat cepat, apalagi jika masih banyak program yang running. Kamu harus sabar menanti prosesnya dan tidak boleh terburu-buru untuk menutup laptop.

Berbagai cara mematikan laptop di atas bisa kamu gunakan baik dengan keyboard atau mouse, bahkan masuk ke dalam sistem. Pilih cara yang sesuai OS dan cara paling mudah.

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *